Tips Memilih dan Membeli Perhiasan Berlian

berlian
Aug 25, 2016By Eko Wahyudi
68


Perhiasan berlian adalah jenis batu mulia yang melambangkan keeleganan dan juga kemewahan. Selain itu, kilau dari berlian memiliki keindahan yang dipercaya menyimbolkan keromantisan. Berlian sendiri tidak jarang kerap dijadikan pilihan hadiah/ gift yang diberikan seorang pria kepada wanita yang ia cintai atau ingin melamar (tanda lamaran).

Untuk anda yang berencana untuk membeli cincin berlian, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui yang dapat digunakan untuk sebagai parameter untuk menentukan kualitas berlian yang anda ingin beli. Nah, berikut ini vnco telah merangkumkan beberapa parameter tersebut. Check this out..

Warna berlian

Tips pertama yang dapat digunakan sebagai dasar memilih berlian sebagai perhiasan adalah dapat dilihat dari warnanya. Secara umum, berlian berwarna putih kekuningan. Namun berlian yang berkualitas bagus adalah berlian yang berwarna putih jernih. Selain itu ada juga berlian yang berwarna biru dan juga merah muda, kedua jenis berlian ini adalah jenis berlian yang langka dan sangat jarang di jual dipasaran Indonesia.

Clarity

Parameter kedua yang dapat digunakan untuk membeli atau memilih perhiasan berlian adalah clarity. Sedikit menjelaskan, clarity adalah tingkat kebebasan berlian dari berbagai macam cacat, baik cacat dalam (inclusion) maupun cacat luar (blemishes). Umumnya, berlian yang memilki cacat dalam akan dihargai lebih murah dibandingkan dengan berlian tanpa cacat dalam. Namun cacat dalam pada berlian tidak akan mempengaruhi kilau dari berlian.

Jika anda hanya menjadikan berlian hanya sebagai perhiasan semata, maka cacat dalam kecil bukanlah sebuah masalah besar. Selain itu, cacat dalam atau yang juga dikenal dengan istilah externally flawless hanya dapat dilihat oleh ahli berlian dengan kaca pembesar 10 kali pembesaran.

Karat berlian(carat)

Sedikit berbeda dengan emas, jika pada emas karat dikenal sebagai kadar dari emas. Pada berlian, karat berlian adalah berat. Singkatnya, berlian merupakan satuan standar untuk berat berlian. Berat atau karat berlian juga umumnya dinyatakan dalam satuan points, dimana satu karat berlian sama dengan 100 points.

Cut/ potongan berlian

Parameter terakhir yang umumnya digunakan untuk pembelian atau pemilihan perhiasan berlian adalah cut atau potongan berlian. Secara umum, potongan berlian bergantung dengan 2 faktor, yakni:

  • Bentuk dan gaya pemotongan (biasanya kebanyakan berlian akan dipotong dalam bentuk pear, round, marquise, princess, heart).
  • Cara pemotongan berlian kasar (faktor yang satu ini dapat dikatakan sebagai yang paling penting, dimana pemotongan berlian kasar akan sangat mempengaruhi kehalusan dan juga tingkat kecermelangan (kilau) dari berlian yang dihasilkan. Sehingga, dalam pemotongan berlian haruslah dikerjakan oleh ahlinya)

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui dan juga pahami dalam memilih atau membeli perhiasan berlian, sehingga anda dapat memperoleh berlian dengan kualitas yang baik.

SHARE TO FRIENDS
Tags cloud Natural Fashion