EDUKASI BERLIAN

Banyak yang menganggap berlian sama dengan intan. Padahal, berlian dan intan adalah dua hal yang berbeda.

Intan, atau biasa disebut rough diamond, merupakan batu permata yang masih kasar dan belum diolah. Batu permata ini berasal dari karbon murni yang mengristal karena proses kimiawi di perut bumi selama ratusan hingga jutaan tahun.

Sedangkan berlian adalah intan yang telah diasah sehingga terlihat berkilau.

ANATOMI BERLIAN

TABLE

Sisi mendatar dan paling luas yang berada di bagian atas berlian

Crown (mahkota)

Bagian atas berlian, dimulai dari bagian table hingga girdle (sabuk).

Pavilion

Bagian bawah berlian, dimulai dari girdle hingga bagian culet.

anatomi berlian

Girdle (sabuk)

Perpotongan antara bagian crown (mahkota) dan pavilion (pavilyun).

Depth (kedalaman)

Tinggi berlian yang diukur dari bagian table hingga bagian culet.

Culet

Bagian ujung bawah berlian.

anatomi berlian cut

DIAMOND CUT

Cut atau potongan berlian mengacu kepada proporsi berlian. Keindahan suatu berlian sangat bergantung kepada keseimbangan potongan berlian. Hal ini dikarenakan potongan berlian akan mempengaruhi pantulan dan penyebaran cahaya pada berlian.

Potongan berlian yang baik adalah yang mampu memantulkan kembali cahaya ke arah cahaya itu datang, sehingga berlian akan terlihat lebih berkilau dan bersinar. Berikut ini adalah tiga pola cahaya yang dipantulkan oleh berlian:

SHALLOW

Jika berlian dipotong terlalu pendek, cahaya akan masuk ke bagian pavilyun berlian dalam sudut yang rendah sehingga cahaya tidak akan dipantulkan kembali, tetapi dibelokkan keluar melalui bagian bawah berlian.

DEEP

Jika berlian dipotong terlalu tinggi, cahaya akan masuk ke pavilyun pertama dengan sudut yang cukup sehingga dapat dipantulkan kembali ke pavilyun kedua. Namun, cahaya tersebut akan masuk ke pavilyun ke dua dalam sudut yang rendah sehingga cahaya akan belok keluar melalui bagian bawah berlian.

IDEAL

Jika berlian memiliki potongan yang proporsional, cahaya akan masuk ke pavilyun dengan sudut yang tepat sehingga memungkinkan cahaya untuk memantul kembali ke bagian mahkota berlian.

Tingkat potongan berlian

CUT
Cut, atau potongan, adalah faktor penting yang menentukan keindahan suatu berlian.
Ideal Berlian pada kategori ini dapat merefleksikan cahaya yang masuk dengan sempurna karena didesain untuk memaksimalkan kilau pada berlian.
Excellent Hampir seluruh cahaya yang masuk dapat direfleksikan oleh berlian pada kategori ini. Berlian kategori Excellent hampir mirip dengan berlian kategori Ideal, namun harga berlian kategori ini lebih rendah dibanding berlian kategori Ideal.
Very Good Berlian pada kategori ini merefleksikan sebagian besar cahaya yang memasukinya. Hal ini dikarenakan, berlian ini memiliki potongan yang sedikit tidak proporsional untuk mendapatkan ukuran berlian yang lebih besar.
Good Berlian dengan kategori ini mampu merefleksikan sebagian besar cahaya. Kualitas berlian ini mendekati berlian dengan kategori
Fair Berlian kategori ini hanya mampu merefleksikan sedikit cahaya yang memasukinya karena berlian kategori ini memiliki potongan yang tidak proporsional untuk membuat berlian menjadi lebih besar.

BENTUK BERLIAN

*Dari berbagai bentuk berlian di atas, round (bulat) adalah bentuk berlian yang paling populer. Berlian berbentuk bulat umumnya lebih unggul dibanding berlian bentuk lainnya karena mampu memantulkan cahaya dengan tepat sehingga mampu memaksimalkan kilau pada berlian.

DIAMOND COLOR

Selain potongan, warna berlian menjadi faktor terpenting kedua yang harus diperhatikan saat membeli berlian. Pada berlian berwarna putih,adanya jejak warna kekuningan dapat menurunkan harganya. Semakin tidak berwarna berlian tersebut, maka akan semakin mahal harganya.

diamond color leve

Tingkat warna berlian

COLOR
V&Co Jewellery hanya menggunakan berlian dengan tingkat warna "F" (tanpa jejak kekuningan) untuk produk perhiasan.
D - E - F Berlian dengan kategori D - E - F merupakan berlian tanpa warna. Berlian ini memiliki kualitas terbaik karena dapat memancarkan cahaya dengan sempurna.
G - H - I - J Berlian tingkat G - H - I - J masuk dalam kategori berlian hampir tanpa warna. Berlian kategori ini memiliki sedikit jejak warna, namun warna tersebut sangatlah sulit dilihat secara kasat mata.
K - L - M Berlian yang memiliki tingkat warna K, L dan M memiliki warna yang samar yang mudah dilihat secara kasat mata.
N - O - P - Q - R Berlian pada kategori ini memiliki warna yang sangat tipis, biasanya berwarna kekuningan atau kecokelatan.
S - T - U - V - W - X - Y - Z Berlian tingkat S hingga Z memiliki warna tipis yang sangat mudah dilihat secara kasat mata.

*juga hadir dalam warna lainnya seperti merah muda, biru, kuning, hitam dan sebagainya. Berlian warna lain ini disebut juga sebagai fancy color diamond.

DIAMOND CLARITY

Karena berlian dibentuk di perut bumi dengan panas dan tekanan yang ekstrim, maka seringkali berlian memiliki �tanda lahir� berupa cacat di bagian dalam yang disebut inclusion/ inklusi, dan cacat pada permukaannya, atau disebut blemishes.

Clarity, atau kejernihan, adalah standar ukuran jumlah dan besar cacat yang terdapat pada bagian dalam berlian. Berlian yang memiliki banyak cacat di dalam dan luar akan terlihat kurang berkilau karena cacat tersebut mengganggu jalan masuk cahaya ke berlian. Karena itulah, semakin sedikit jumlah cacat pada berlian, maka semakin berkilau dan semakin tinggi nilai berlian tersebut.

Tingkat kejernihan berlian

CLARITY
Clarity mengacu pada ada atau tidaknya cacat di dalam batu berlian. V&Co Jewellery menghadirkan berlian dengan tingkat kejernihan flawless (tanpa cacat) hingga slightly included (dengan sedikit cacat).
FL (Flawless) Tidak ada cacat di dalam maupun bekas tanda di luar berlian saat dilihat menggunakan kaca pembesar dengan 10x pembesaran.
IF (Internally Flawless) Tidak ada cacat di dalam tetapi memiliki bekas tanda di luar berlian yang hanya bisa dilihat jika menggunakan kaca pembesar dengan 10x pembesaran.
VVS1, VVS2 (Very Very Slightly Included) VVS1
Cacat pada bagian dalam berlian sulit dilihat meskipun menggunakan kaca pembesar dengan 10x pembesaran. Cacat ini biasanya terletak pada bagian pavilion (bawah/ dasar) berlian.

VVS2
Cacat pada bagian dalam biasanya terlihat pada bagian crown (mahkota) berlian, namun cacat tersebut sulit dilihat meskipun menggunakan kaca pembesar dengan 10x pembesaran.
VS1, VS2 (Very Slightly Included) Cacat pada bagian dalam berlian tidak terlihat dengan menggunakan mata telanjang, namun cukup mudah terlihat jika menggunakan kaca pembesar dengan 10x pembesaran.
I1, I2, I3 (Included) I1
Cacat pada bagian dalam berlian sangat mudah dilihat dengan menggunakan kaca pembesar dengan 10x pembesaran

I2
Cacat pada bagian dalam besar dan banyak sehingga terlihat oleh mata telanjang, selain itu cacat ini juga mempengaruhi ketahanan dan kecemerlangan berlian.

I3
Cacat pada bagian dalam lebih besar dan banyak dibanding berlian dengan tingkat kejernihan I2. Cacat ini juga mempengaruhi ketahanan dan kecemerlangan berlian.

DIAMOND CARAT

"Carat" adalah satuan berat untuk semua batu permata. Satu karat dibagi menjadi 100 "poin". Oleh karena itu berlian berukuran 75 poin adalah 3/4 karat beratnya atau 0,75ct. Ada lima karat dalam 1 gram. Kata "karat" berasal dari benih pohon "carob pod" yang ditemukan di iklim tropis. Biji ini digunakan hingga abad ini untuk menimbang permata.

Apa itu CT.TW ?

Jika istilah karat (ct) digunakan untuk mengukur satu buah berlian, maka CT.TW atau carat total weight digunakan untuk mengukur beberapa berlian yang terdapat pada satu perhiasan. Misalnya, sebuah cincin menggunakan tiga berlian dengan berat masing-masing 0,10 ct, maka berat total berlian tersebut adalah 0,30 CT.TW.

SERTIFIKASI BERLIAN

Sebelum membeli berlian, Anda harus memastikan apakah berlian tersebut dilengkapi dengan sertifikat sebagai bukti bahwa berlian tersebut telah menjalani dievaluasi, diukur dan diteliti oleh tenaga ahli dengan menggunakan kaca pembesar, mikroskop dan peralatan lainnya. Sertifikat berlian, atau biasa disebut diamond grading report, berisi data-data ilmiah yang mencakup analisis dimensi berlian, kejernihan, warna, simetri dan karakteristik lainnya yang dibuat oleh ahli batu permata (gemologist). Umumnya berlian yang menggunkana sertifikasi laboratorium dimulai dari berlian dengan berat 0,30 karat.

Hingga saat ini, ada banyak laboratorium yang membuka program sertifikasi berlian di seluruh dunia, salah satu laboratorium yang dikenal memiliki konsistensi dan akurasi yang tinggi dalam mengevaluasi berlian adalah GIA (Gemological Institute of America).

Scroll