Kelebihan dan Kekurangan Membeli Emas Online

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Emas Online

Di zaman yang serba canggih ini, kebanyakan orang sangat menggemari aktivitas belanja online, termasuk kegiatan membeli emas online. Perkembangan teknologi begitu memanjakan masyarakat sehingga, tidak perlu repot-repot untuk menghabiskan waktu kesana kemari hanya untuk mencari toko emas yang terbaik. Emas berkualitas dengan harga yang terjangkau selalu menjadi sasaran para calon pembeli.

Namun, emas merupakan barang yang berbeda, tidak seperti barang lainnya yang dapat dengan mudah dibeli secara online. Banyak hal yang dikhawatirkan dan harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati. Emas barang mewah yang tidak bisa sembarangan saat proses pembeliannya, jika tertipu maka akan menimbulkan kerugian yang besar.

Apalagi di zaman sekarang banyak sekali penjual online yang melakukan penipuan. Jadi, sebagai pembeli kamu harus cermat dalam memilih toko emas online yang aman dan terpercaya. Beli emas online maupun offline memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kamu memilih untuk membeli emas secara online, kamu bisa mempersingkat waktu dan tidak perlu mendatangi toko emas satu per satu. Cukup duduk menatap layar telepon genggam atau laptop, kamu dapat mengunjungi banyak situs website toko emas ataupun toko cincin kawin online.

Di dalam situs tersebut, kamu bisa langsung memilih model emas yang diinginkan dan melakukan proses pembayaran. Setelah itu, kamu tinggal menunggu emas yang kamu pesan sampai di depan pintu rumahmu. Sangat mudah, bukan?

Jika kamu sibuk dengan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, maka membeli emas online adalah cara yang paling praktis. Namun, proses pembelian emas online dibutuhkan kewaspadaan agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika kamu merasa takut dan tidak yakin untuk membeli emas secara online kamu bisa mendatangi langsung toko emas langgananmu.

Namun, untuk membeli emas tidaklah cukup jika hanya mendatangi satu toko saja. Kamu harus berkeliling ke beberapa toko untuk mendapatkan harga dan kualitas emas terbaik. Hal tersebut membutuhkan banyak waktu dan tenaga, tidak semudah membeli emas online.

Singkat kata, beli emas online memang cara termudah untuk dilakukan tapi, kamu harus teliti dan berhati-hati. Jangan sampai asal dalam memilih toko emas online. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli emas online, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan dan kemungkinan kerugian ketika membeli emas online. Maka dari itu, cari tahu melalui artikel ini, agar kamu tidak salah langkah.

Keuntungan Membeli Emas Online

  • Menghemat Biaya Pengeluaran

Membeli emas online dapat memperkecil biaya pengeluaranmu, mengapa? Pernahkah kamu menemukan model perhiasan dengan jumlah gram serta karat yang sama di toko emas online tapi, memiliki harga yang lebih mahal di toko emas offline? Pada umumnya, membeli emas secara online akan lebih murah dibanding dengan membeli emas di toko langsung.

Hal tersebut disebabkan karena toko online tidak perlu membayar biaya sewa tempat yang mahal di mall besar. Berbeda dengan toko offline yang harus bisa menutupi biaya sewa tempat dan juga service charge. Maka dari itu, para pemilik toko emas akan menaikan harga emas.

Sangat disayangkan jika kamu dapat memiliki perhiasan cantik yang berkualitas dengan harga terjangkau tapi, hal tersebut tidak bisa kamu dapatkan ketika membeli di toko emas secara offline. Beli emas online, bukan hanya keuntungan harga yang lebih murah, kamu juga bisa mendapatkan promo spesial.

  • Pilihan Perhiasan yang Beragam

Perkembangan fashion mempengaruhi tren perhiasan yang semakin memiliki beragam model unik dan menarik perhatian para pembeli khususnya wanita. Saat ini, begitu banyak perhiasan dengan model variatif dimulai dari jenis bahan hingga warna pada perhiasan.

Menemukan model perhiasan yang sesuai dengan keinginan dan selera merupakan kepuasan tersendiri. Namun, seringkali ketika ingin memilih model perhiasan, pilihan model yang tersedia terbatas dan terkesan itu-itu saja. Tentu saja hal seperti ini akan mempersulitmu untuk menentukan pilihan.

Jika kamu ingin membeli emas dengan mendatangi toko emas secara langsung kemudian ketersediaan model perhiasan sedikit, tentu kamu harus menjelajahi beberapa toko emas yang cukup  memakan waktu. Sedangkan ketika kamu memutuskan untuk membeli perhiasan secara online, kamu tidak perlu khawatir.

Karena toko emas online kebanyakan selalu menyediakan beragam model perhiasan. Sehingga kamu dapat melihat lebih banyak model dan puas dalam menentukan pilihan.

  • Membeli Tanpa Terganggu oleh Pembeli Lain

Ketika beli emas online, tentu kamu dapat memilih dengan santai tanpa merasa terganggu oleh pembeli lainnya. Namun, membeli perhiasan dengan santai, tidak akan terjadi ketika kamu mendatangi toko emas secara langsung.

Pernahkah kamu merasa ketika sedang dilayani oleh penjual di toko emas kemudian di dahului oleh pembeli yang lain? Hal seperti itu tentu terasa tidak nyaman bukan? Terkadang toko emas yang sedang ramai dikunjungi membuatmu menjadi tidak leluasa dalam membeli perhiasan.

Hal seperti itu terasa menjengkelkan dan melelahkan, belum lagi ketika kamu tidak menemukan perhiasan yang model dan harganya sesuai dengan keinginanmu. Berbeda dengan membeli perhiasan secara online, kamu tinggal duduk manis sambil memilih dan memilah perhiasan tanpa ada satu orangpun yang mengganggu. Dengan begini, kamu bisa menemukan model perhiasan dan harga yang memuaskan.

Kekurangan Membeli Perhiasan Online

TREN PERHIASAN 2019

  • Salah Dalam Menentukan Ukuran

Meskipun beli emas online memang jauh lebih praktis tapi, masih ada beberapa kerugian yang mungkin terjadi sehingga, membuat kamu ingin mendatangi toko emas secara langsung. Salah satu kerugian membeli perhiasan secara online adalah kamu tidak bisa mencoba ukuran perhiasan.

Mencoba perhiasan merupakan hal yang penting terutama saat kamu membeli cincin kawin dan belum terbiasa dengan ukuran lingkar jari karena, pada umumnya orang-orang langsung mencobanya saja. Walaupun begitu, kamu tidak usah khawatir karena toko emas online biasanya sangat mengerti akan hal seperti itu. Sehingga, mereka memiliki berbagai cara agar kamu tidak kesulitan dalam menentukan ukuran cincin tanpa harus mencobanya.

  • Tidak bisa Melihat  Model/fisik Perhiasan Secara Langsung

Beli emas online membuatmu tidak dapat melihat model dan keadaan fisik perhiasan secara langsung, Hal ini tentu saja akan menimbulkan banyak pertanyaan dan rasa khawatir. Bagaimana jika model perhiasan tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan pada situs website?

Bagaimana jika keadaan fisik pada perhiasan terdapat kecacatan? Agar terhindar dari kekecewaan tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli emas di toko perhiasan online, sebaiknya kamu mencari tahu tentang testimoni atau review dari orang-orang yang sudah pernah membeli perhiasan di toko emas online yang telah kamu tentukan. Selain itu, kamu juga bisa meminta foto perhiasan secara real kepada penjual. Jika kamu cukup berhati-hati, beli emas online pun akan terasa memuaskan.

  • Khawatir Akan Penipuan

Beli emas online memang terkadang mengkhawatirkan, karena kita tidak akan pernah tau siapa penjualnya dan alamatnya apa benar atau tidak? Walaupun tertera alamat toko emas dalam website tapi, hal itu belum terlalu meyakinkan karena, kita belum pernah mendatangi toko emas secara langsung.

Selain itu, bisa saja alamat dan nomor telepon telah dipalsukan. Beli emas online menimbulkan berbagai kecurigaan dan kekhawatiran. Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih dan memastikan toko emas online yang dipilih adalah toko yang aman dan terpercaya.

Pilihlah toko emas yang memang sudah sering terdengar namanya, selain itu pastikan kembali bahwa toko emas tersebut adalah toko yang official, bukan fake store yang dibuat kembali website-nya oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Selidiki toko emas dengan tanggapan orang-orang yang sudah pernah membeli di toko emas online tersebut. Karena toko emas yang terpercaya biasanya mencantumkan beberapa testimonial terverifikasi yang berisi bukti kepuasan para pelanggan.

Dan jika kamu membeli emas dengan kartu kredit, pastikan bahwa penjual akan menjaga kerahasiaan identitas bank dan kartu kredit mu. Karena, saat ini banyak terdapat kasus pencurian identitas.

Pada intinya, beli emas online memang cara yang paling praktis dan menguntungkan. Hanya saja kamu perlu berhati-hati dan tidak sembarangan dalam memilih toko emas online. Selain itu kamu juga tidak perlu terlalu khawatir karena, saat ini banyak sekali toko emas online berkualitas yang aman dan terpercaya. Sehingga, kini kamu dapat beli emas online secara mudah, nyaman, dan aman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *