Konsep Pernikahan Sederhana

Tips Mewujudkan Konsep Pernikahan Sederhana

Menikah itu tidak harus mahal, kamu bisa tetap mewujudkan hari bahagiamu dengan konsep pernikahan sederhana. Sebenarnya, esensi dari pernikahan adalah proses ijab dan kabul-nya, bukan pestanya.

Karena itu, sesungguhnya kamu bisa membuat pesta yang sederhana tanpa bermegah-megah. Keindahannya akan terpancar, bukan dari kemegahan dekorasinya tetapi dari kamu, pasanganmu, dan keluarga. Lalu, seperti apa kira-kira konsep pernikahan yang tidak akan membuat kantong kering? Berikut beberapa konsep unik yang bisa membantumu berhemat dalam menyelenggarakan pernikahan.

  1. Undangan Sederhana

Undangan adalah salah satu pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu memakan biaya terlalu banyak. Coba bayangkan jika kamu menghabiskan banyak sekali uang untuk undangan cetak, nantinya undangan itu akan dibuang. Sia-sia bukan? Sudah mengeluarkan biaya besar, lalu berakhir di tempat sampah. Karena itu, cobalah kreatif dengan undangan yang berbahan dasar tidak terlalu mahal.

Tidak perlu menggunakan hard cover, kamu bisa mencetak undangan dengan soft cover yang tetap tampak elegan jika memilih desain yang sesuai. Atau bahkan untuk lebih berhemat biaya undangan, undanglah teman-teman kalian dengan undangan online. Undangan cetak cukup hanya diberikan kepada keluarga jauh, dan posisinya cukup tinggi seperti atasan di perusahaan tempat bekerja.

Sementara untuk teman terdekat, tentu tidak akan menolak hadir saat kamu memberikan undangan melalui chat personal WhatsApp dan sejenisnya. Namun, tetap harus diperhatikan aspek kesopanannya dalam mengundang secara online. Kamu tetap harus memberikan undangan online yang informatif, menarik, dan mudah dipahami, serta mudah disimpan di ponsel mereka. Jangan kirimkan file undangan yang terlalu berat atau terlalu banyak tulisannya. Itu karena akan membuat teman-temanmu malas mengunduh file dan akhirnya lupa hadir di hari istimewamu.

  1. Limited Invitation

Tentunya ini adalah praktik matematika sederhana. Semakin banyak jumlah yang diundang, maka semakin besar juga biaya yang dialokasikan. Karenanya, cobalah untuk mengurangi biaya acara pernikahanmu dengan cara mengurangi jumlah tamu yang akan diundang.

Acara istimewamu itu, tentu akan terasa semakin spesial saat yang hadir adalah orang-orang yang memang spesial juga. Saat orang-orang tersayang ada di hari bahagiamu, itu adalah saat-saat yang membuat hatimu terasa semakin hangat. Pastikan kamu hanya mengundang orang-orang yang memang spesial saja. Mulai sekarang, pilah dan pilih nama-nama calon tamu undanganmu, agar total pengeluaran tidak membengkak.

  1. Pesta Pernikahan Outdoor

Image result for outdoor simple weddingSalah satu hal yang ternyata bisa menjadi kunci konsep pernikahan sederhana adalah mengenai pemilihan lokasinya. Dengan sedikit tambahan kreativitas, pesta di luar ruangan ternyata adalah sebuah jurus jitu untuk menghemat anggaran.

Tahukah kamu berapa biaya yang dibutuhkan untuk menyewa gedung pernikahan? Untuk yang berkapasitas minimal 500 orang bisa puluhan juta rupiah, bahkan lebih. Sementara, biaya sewa ruang terbuka biasanya jauh lebih murah. Terutama, jika tempat itu bukan tempat yang milenial. Carilah area di dekat rumah, misalnya lapangan atau kebun, tentu biayanya akan lebih murah.

Untuk dekor yang menunjang konsep pernikahan sederhana ini, kamu bisa bekerja sama dengan anak jurusan seni atau teman-temanmu yang hobi menghias kamar. Pesta outdoor tidak perlu dekorasi yang terlalu meriah dan megah. Selama propertinya unik dan tidak biasa, pesta pernikahanmu pasti akan dikenang.

  1. Menyewa Band

Image result for band weddingPemilihan musik dalam acara pernikahan merupakan hal yang cukup penting. Tentunya acara pernikahan akan terasa sangat membosankan jika tidak ada hiburan atau musik di dalamnya bukan? Biaya pengisi acara seperti ini pun juga tidak murah. Untuk band atau hiburan khas adat tertentu bisa memakan biaya mulai dari 5 juta rupiah.

Untuk melakukan penghematan di bagian ini, kamu bisa mengajak kerja sama temanmu yang bisa bermusik. Ajak mereka untuk bekerja sama sekaligus menjadikan acaramu sebagai media promosi untuk band mereka. Izinkan mereka untuk memasang branding, seperti membagikan kartu nama. Selain menjadi salah satu konsep pernikahan sederhana, kalian bisa jadi saling menguntungkan satu sama lain bukan?

  1. Catering

Image result for catering weddingBiasanya alokasi dana untuk catering adalah salah satu alokasi dana yang paling besar untuk sebuah acara pernikahan. Untuk konsep pernikahan sederhana, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk turut berpartisipasi di bagian ini juga. Terutama jika kamu memiliki beberapa teman yang merintis usaha kuliner.

Ajak mereka untuk berpartisipasi, misalnya temanmu ada yang baru memulai usaha dessert, kamu bisa tawarkan acara pernikahanmu menjadi media promosi untuknya. Terkadang dengan penawaran ini, temanmu bisa jadi memberikan potongan harga atau bahkan menggratiskan pesananmu. Pantas untuk dicoba, bukan?

  1. Souvenir

Souvenir memang merupakan barang yang tidak terpisahkan lagi dari resepsi pernikahan, apalagi bagi calon mempelai wanita. Biasanya, mereka sangat menginginkan souvenir yang unik dan berbeda dari pernikahan lainnya. Namun untuk ini, tidak perlu mencari souvenir yang terlalu kekinian dan cenderung mahal. Coba kamu pikirkan souvenir yang hemat biaya dan juga memiliki fungsi di kemudian hari.

Sudah bukan zamannya lagi memberikan souvenir yang kemudian tidak dapat dimanfaatkan oleh sang penerima. Misalnya, kamu bisa memberikan berbagai bibit tanaman, mug atau tote bag. Kemaslah dengan cantik dan kemasan yang berkesan eksklusif. Pastikan untuk tidak mencantumkan foto atau namamu terlalu besar di souvenir, agar para tamu tidak merasa enggan untuk menggunakan souvenir kelak.

Sudah mulai terbayang konsep pernikahan sederhana versi impianmu? Sudah tidak bingung lagi bagaimana caranya memangkas budget nikah yang membengkak, bukan? Tidak ada salahnya mencoba beberapa cara di atas agar biaya pernikahanmu tidak terlalu besar. Jadi, uangmu nanti bisa disimpan untuk kehidupan pascaresepsi pernikahan. Karena, sesungguhnya, kehidupan rumah tangga yang bahagia bukan diukur atau diawali dari pesta yang megah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *