Tips Mempersiapkan Photobooth Pernikahan

Tips Mempersiapkan Photobooth Pernikahan

Sebuah acara resepsi rasanya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan adanya photobooth pernikahan, bukan?

Keberadaan sebuah photobooth dalam acara pernikahan menjadi sebuah hiburan bagi para tamu. Hal itu juga sebagai sebuah sarana untuk membantu memecah konsentrasi tamu undangan yang biasanya terfokus hanya pada antrian untuk memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Semakin lama semakin banyak ide kreatif yang bisa dituangkan untuk menghias sebuah photobooth pernikahan agar menarik perhatian tamu undangan.

Tips Mencari Vendor Photobooth Pernikahan

Apa saja yang perlu dipersiapkan agar photobooth kamu sempurna di hari istimewamu? Coba simak beberapa tips berikut ini:

  1. Melakukan Survey

Semakin banyak yang menggunakan jasa photo booth pernikahan, maka semakin banyak juga pihak vendor penyedia layanannya. Memang beragam, ada yang dari studio foto profesional, ada juga yang hanya sebagai tambahan pelengkap dari paket wedding organizer. Lalu, dengan keberagaman itu semakin banyak juga variasinya dan kamu semakin sulit untuk menentukan layanan dari vendor yang mana.

Karena itu, untuk mengurangi kebingunganmu, mulai lah untuk melakukan survey. Seperti biasa, social media seperti Instagram adalah salah satu media yang paling mudah untuk kamu menemukan berbagai referensi jasa photo booth yang bisa kamu pilih. Hal paling utama yang wajib dilakukan saat kamu mencari referensi di Instagram adalah dengan mengintip tab photo tag yang dimiliki oleh akun-akun penyedia jasa photo booth pernikahan tersebut.

Biasanya para klien vendor photo booth akan dengan senang hati mengunggah hasil-hasil foto dari acara pernikahan mereka ke Instagram dan melakukan tag pada akun sang vendor. Di sini kamu akan melihat sebuah review yang jujur dan tidak dibuat-buat. Jika vendor tersebut memang bagus, tentunya ragam photo tag-nya akan semakin banyak dan terpercaya. Dan jangan lupa, dengan melakukan pencarian lebih dalam pada halaman tag ini, kamu juga akan mendapatkan berbagai inspirasi variasi tema photo booth yang lebih beragam juga untuk dijadikan pilihan tema yang bisa kamu pilih nantinya.

Selain melakukan survey sendiri, kamu juga bisa menanyakan pada teman atau keluarga yang baru-baru ini menikah. Tanyakan saja ke mereka siapa vendor yang mereka gunakan dan jangan lupa minta nomor yang bisa dihubungi. Rekomendasi dari teman atau keluarga sendiri biasanya akan lebih bisa dipercaya, karena kamu kenal baik dan mereka juga tentu akan memberikan review yang jujur tentang pengalaman mereka sebelumnya.

  1. Tema dan Konsep

Jika kamu sudah menentukan siapa vendor yang akan diajak kerja sama, kini saatnya untuk menentukan seperti apa tema photo booth pernikahan di acaramu nanti. Beberapa vendor memang sudah memiliki konsep tertentu yang akan kamu pilih sesuai dengan tema acara pernikahanmu.

Sementara beberapa vendor lainnya ada yang memberikan kebebasan penuh kepada kamu untuk memilih konsep photo booth seperti apa yang diinginkan. Lalu, kini jasa photo booth pernikahan juga memiliki ragam konsep yang berbeda-beda, salah satu yang mulai menjadi trend dalam satu-dua tahun belakangan ini adalah konsep photo booth dengan konsep hasil foto berupa photostrip. Biasanya hasil cetak dari photo booth berbentuk foto cetak ukuran 3R atau postcard.

Sementara photostrip ini merupakan rangkaian foto berukuran kecil-kecil yang bersusun sebanyak 3 foto. Jadi, para tamu yang berfoto juga bisa bergaya lebih dari satu kali. Hasil foto yang tidak biasa ini kini mulai banyak disukai dan semakin banyak pula vendor penyedianya. Tinggal kamu pilih konsep yang seperti apa yang akan cocok untuk acara pernikahanmu.

  1. Kualitas dan Kuantitas

Ini adalah tips terakhir yang paling penting. Kenapa penting? Karena pada akhirnya ini akan berkaitan dengan penghitungan dana yang kamu keluarkan. Dengan semakin bersaingnya bisnis photo booth pernikahan ini, maka semakin banyak juga kelebihan yang ditawarkan kepada calon klien mereka. Disini lah kamu harus jeli, jangan sampai terjebak hanya karena discount atau promo yang ditawarkan, tapi perhatikan juga aspek kualitas hasil foto mereka.

Selain itu, perhatikan juga mengenai jumlah hasil foto yang didapat. Ada 2 alternatif yang biasanya ditawarkan oleh vendor photo booth pernikahan. Pertama adalah konsep durasi jam. Dengan konsep ini, vendor photo booth memberikan jumlah hasil foto yang tidak terbatas untuk para tamu, tapi mereka membatasi durasi penggunaan jasa mereka. Jadi, harga yang diberikan adalah berdasarkan durasinya, bukan kuantitas fotonya. Contohnya jasa photo booth pernikahan untuk acara 2 jam harganya Rp 3,500,000.00, untuk acara 3 jam harganya Rp 5,000,000.00 dan seterusnya.

Lalu, ada lagi yang berdasarkan jumlah fotonya, konsep yang ini biasanya tidak akan memberikan batasan durasi, mereka akan tetap stand by di acara pernikahan sampai acara selesai, tapi mereka membatasi jumlah fotonya, misalkan 500 foto, 1000 foto, dan seterusnya.

Banyak hal yang dipersiapkan dan dipertimbangkan sebelum kamu menentukan photobooth pernikahan seperti apa yang akan diterapkan di acara pesta pernikahan elegan kamu? Yuk, tentukan dari jauh-jauh hari agar kamu bisa beranjak ke detil persiapan pernikahanmu yang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *