Bagaimana Membuat Susunan Acara Lamaran yang Sempurna?

Susunan acara lamaran tidak bisa kamu remehkan. Tanpa kamu susun dengan baik, acara lamaran tidak akan bisa berjalan lancar. Apalagi buat kamu yang memiliki karakter perfeksionis, yang selalu mengonsep segala sesuatu menjadi sempurna termasuk acara lamaran. Pasti semuanya akan dipikirkan sedetail mungkin. Tidak bisa hanya dengan pertemuan dua keluarga saja, akan tetapi ada acara hiburan, pembawa acara, konsumsi, seserahan, dan berbagai hal lain yang perlu kamu diskusikan.

Karena ini bukan acara untukmu sendiri, tentunya acara lamaran tidak bisa kamu konsep seorang diri. Harus ada komunikasi perihal susunan acara lamaran dengan pasangan dan orang tua kedua belah pihak. Terutama untuk kamu yang merupakan pasangan dari dua budaya yang berbeda. Ada tugas tambahan untukmu, yakni berdiskusi dan berkompromi dengan kedua keluarga, supaya bisa mencapai kesepakatan mengenai adat apa yang harus digunakan, berikut dengan urutannya; apakah adat keluargamu yang digunakan lebih dahulu, adat keluarga pasangan, atau kamu ingin anti-mainstream dan membuat konsep fusion?

Budaya memang masalah yang menarik sekaligus sensitif, sehingga selain berbicara mengenai konsep lamaran dan pernikahan, disarankan juga untuk hati-hati membahas budaya yang hendak digunakan. Hati-hati juga dalam penggunaan bahasa dan kosa kata yang kamu pilih saat diskusi!

Yang pasti, sebelum berdiskusi bersama dengan keluarga, sebaiknya kamu membawa bekal berupa pengetahuan yang matang. Terutama, tentang gambaran susunan acara lamaran secara umum. Dengan begini, kamu pun tidak mudah disetir dengan pandangan dari banyak pihak. Selain itu, suaramu dalam diskusi pun akan lebih didengar, karena kamu tahu apa yang hendak dilakukan saat lamaran!

  • Kedatangan Mempelai Pria

Awal prosesi lamaran ditandai dengan kedatangan calon mempelai pria. Ketika datang, rombongan keluarga dari calon mempelai pria akan berjalan dengan rapi sambil membawa seserahan. Pembawa acara yang sudah siap di rumah calon mempelai wanita (atau venue manapun yang akan kamu gunakan untuk tempat acara lamaran) akan menyambut dengan ucapan “Selamat datang kepada seluruh keluarga calon mempelai pria (ini menyebutkan namanya atau bisa juga nama kedua orang tua dari calon mempelai pria).”

Setelah itu, keluarga dari calon mempelai pria akan dipersilakan duduk di tempat yang sudah disediakan. Kalau kamu memiliki konsep acara lamaran yang mewah, tempat para keluarga duduk akan dihias sedemikian rupa sesuai selera yang sudah disepakati sebelumnya.

  • Acara Pembuka

Setelah seluruh keluarga sudah duduk tenang dan santai di tempat yang sudah disediakan, barulah pada saat itu acara lamaran yang sesungguhnya akan dimulai. Biasanya, susunan acara lamaran yang satu ini dimulai dengan pembawa acara yang akan menyampaikan terima kasih atas kedatangan seluruh keluarga dan undangan di acara lamaran yang membahagiakan ini. Kemudian, dilanjutkan dengan sapaan ringan dan beberapa obrolan ringan, sebelum akhirnya pembawa acara melanjutkan pembacaan urutan acara pada seluruh undangan yang hadir.

Barulah kemudian pembawa acara bisa melanjutkan dengan sedikit cerita singkat tentang pertemuan kedua calon. Bahasan utama di bagian ini adalah mengenang bagaimana awal perkenalan kedua calon mempelai yang sebentar lagi akan menikah. Entah cerita ini akan disampaikan secara interaktif atau hanya monolog dari pembawa acara, semuanya terserah kamu! Akan tetapi, usahakan cari sebanyak mungkin sisi humor dari cerita kamu dan pasangan, ya, agar tamu terhibur!

  • Penyampaian Maksud Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Pria

Setelah selesai dengan cerita pertemuan pertama kamu dengan pasangan, berikut petualangan yang ada, maka acara selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan pihak calon mempelai pria. Dalam sambutannya, perwakilan keluarga calon mempelai pria akan menyampaikan maksud dan tujuan mereka mendatangi keluarga calon mempelai wanita. Tak perlu berpikir terlalu jauh, karena tujuannya tak lain dan tak bukan adalah melamar si calon mempelai wanita.

Biasanya, dalam sambutan ini, akan ada pertanyaan wajib: “Apakah maksud dan tujuan baik keluarga calon mempelai pria, akan diterima oleh keluarga calon mempelai wanita?” Pihak keluarga calon mempelai wanita akan menyampaikan jawaban juga melalui perwakilan mereka, menyatakan bahwa mereka menerima itikad baik yang dibawa oleh keluarga calon mempelai pria. Jika lamaran dianggap baik adanya, pihak keluarga wanita akan menyampaikan bahwa keluarga calon mempelai pria diterima.

  • Kedatangan Calon Mempelai Wanita

Sebenarnya, ketika prosesi pembukaan acara sampai penyampaian maksud kedatangan, calon mempelai wanita sendiri belum hadir di tempat acara. Jadi, semua langkah yang tadi disebutkan, dilakukan tanpa kehadiran calon mempelai wanita, ya! Setelahnya, mempelai wanita akan turun didampingi dengan saudara kandung atau sahabatnya. Agar lebih dramatis dan membuat tamu-tamu terkesan, biasanya calon mempelai wanita datang dengan begitu cantik dan anggun!

  • Pemberian Seserahan

Biasanya penyerahan seserahan akan diberikan ketika mempelai wanita sudah berada di acara. Dalam susunan acara lamaran pada umumnya, kepala atau tetua keluarga calon mempelai pria akan memberikannya kepada perwakilan keluarga calon mempelai wanita. Biasanya, calon mempelai pria akan memberikan buket bunga atau hadiah yang spesial supaya seserahannya makin bermakna!

Bila kamu masih kebingungan mencari isi seserahan yang spesial, cobalah berpikir out of the box! Seperti Tsamara, si politikus, misalnya. Dia diberikan buku ringkasan sidang BPUPKI oleh calon mempelai laki-laki untuk acara lamarannya!

  • Pemberian Cincin secara Simbolis

Jika kedua belah pihak menghendaki adanya tukar cincin atau pertunangan, maka inilah saatnya! Dilewati juga tidak masalah, yang penting sesuai kesepakatan kedua pihak keluarga saja. Biasanya, jika ada prosesi tukar cincin, ibu calon mempelai pria akan memasangkan cincin tunangan ke calon mempelai wanita. Begitupun sebaliknya.

Tukar cincin ketika lamaran sendiri, bukanlah sebuah kewajiban. Boleh dilakukan, boleh tidak, kok! Ada yang keluarga yang memilih tukar cincin dilangsungkan ketika pernikahan. Ada pula yang memilih tukar cincin di saat lamaran dan pernikahan. Yang penting, komunikasikan saja sebaik mungkin dengan pasangan dan kedua keluarga, ya!

  • Kedua Keluarga Saling Memperkenalkan Diri

Perkenalan kedua keluarga biasanya tidak begitu formal, tetapi santai sambil dikemas ice breaking. Karena suasananya sendiri kasual, kamu tentunya dibolehkan menambahkan beberapa hiburan, seperti tarian adat, pertunjukan musik band, dansa kontemporer, atau apapun itu!

Perkenalan kedua pihak keluarga menjadi salah satu yang penting dalam susunan acara lamaran. Hal ini dikarenakan dalam sesi ini kehangatan dua keluarga akan terwujud dengan nyata, sehingga kebahagiaan kedua pihak akan begitu terasa dengan canda tawa yang memenuhi ruangan. Di acara ini, tentunya kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin. Entah dengan cara apapun itu, selama kedua pihak keluarga bahagia dan sudah sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

  • Acara Penutup

Setelah segala rangkaian susunan acara lamaran selesai, tentunya akan lebih sempurna bila ditutup dengan doa! Di dalam doa sendiri, diharapkan niat baik kedua belah pihak akan dilancarkan. Setelah doa, tentunya wajib foto bersama. Terlalu banyak momen yang harus diabadikan dalam acara lamaranmu yang menegangkan sekaligus membahagiakan ini, bukan?

Setidaknya sebuah foto bersama antara kamu, calon pasangan, dan keluarga kalian akan membuat kamu mengingat momen lamaranmu yang begitu penuh makna!

  • Makan-Makan

Makan-makan tentunya adalah salah satu susunan acara lamaran yang paling ditunggu, paling dipikirkan saat membuat konsep acara, dan paling jadi perdebatan! Bagaimana tidak, tentunya makanan adalah hal yang dapat menjadi sasaran komentar dari para tamu yang datang.

Apalagi dengan makanan enak, maka semua yang datang pun akan gembira! Makan bersama dengan kedua pihak keluarga pun dapat menambah keakraban antarkeluarga. Jangan lupa, makanlah dengan santai!

  • Balasan Seserahan dari Keluarga Calon Mempelai Wanita

Setelah semua acara sudah selesai, maka yang terakhir dalam susunan acara lamaran adalah pembalasan seserahan dari mempelai wanita. Ini adalah acara pamungkas, sebelum acara lamaran benar-benar diakhiri.

Baca: Lamaran dan Tunangan Apa Bedanya?

Biasanya pembalasan seserahan bisa dalam bentuk makanan dan kebutuhan sehari-hari sesuai dengan adat masing-masing. Seserahan ini sendiri, diberikan ketika keluarga calon mempelai pria hendak meninggalkan tempat.

Itulah susunan acara lamaran yang bisa kamu lakukan di hari spesialmu. Ingat, semua yang ada di sini hanyalah gambaran umum saja. Selanjutnya, kamu bisa berkreasi dengan segala ide yang muncul di kepala, lalu membuat konsep dengan keluarga sesuai keinginanmu! Satu hal yang paling penting dalam mempersiapkan atau menyusun acara lamaran adalah komunikasi, baik itu komunikasi dengan pasanganmu atau dua keluarga. Semoga acaramu lancar dan selamat berbahagia!

vncoartikeladmin

Recent Posts

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

2 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

3 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

4 hari ago

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

1 minggu ago

Nikah Modal 20 Juta? Bisa!

Biaya nikah 20 juta, memang bisa? Menggelar pernikahan seringkali dipandang sebagai tantangan finansial yang cukup…

1 minggu ago

Kapan Sih Waktu Paling Pas Buat Foto Prewedding?

Memasuki fase perencanaan pernikahan, pasti kamu dan pasangan nggak mau melewatkan satu momen penting yang…

1 minggu ago