Galau? Ada Tips Atasi Rasa Bimbang Sebelum Menikah

Persiapan pernikahan memang menjadi salah satu proses yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Namun, dalam beberapa pengalaman sebagian pasangan justru muncul konflik ketika sedang mempersiapkan pernikahan. Dan lebih bahayanya lagi, beberapa pasangan merasa tidak yakin terhadap pasangan bahkan bimbang sebelum menikah. Seperti perasaan apakah sudah siap menikah, sudah yakin dengan semuanya, dan lainnya. Hal seperti ini bisa saja terjadi, dan kamu tidak boleh membiarkannya semakin buruk. Kamu harus mengatasi keraguan tersebut agar tidak berakibat fatal pada kalian sebagai pasangan yang akan menikah.

Maka dari itu, ada beberapa saran yang bisa kamu lakukan guna mengatasi rasa bimbang menjelang hari pernikahanmu. Berikut seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber, simak artikel di bawah ini, yuk!

1. Catatlah apa saja keraguan dan kegelisahanmu

Menuliskan keraguan dan kegelisahanmu di satu lembar kertas biasanya akan membuatmu lebih tenang dan mengetahui secara pasti masalah seperti apa yang sedang kamu hadapi. Akan lebih baik lagi jika kamu berbagi keraguan dan kegelisahanmu dengan orang terdekatmu seperti sahabat, atau saudara agar tidak menjadi beban.

Siapa tahu sahabat dan saudara lebih mengetahui cara mengatasi keraguan dan kegelisahanmu. Berbagi cerita sebelum pernikahan itu penting, lho. Agar orang terdekatmu mengetahui apa yang kamu rasakan. Hal itu membantu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat menjalani rumah tanggamu nanti.

2. Bicarakan dengan pasangan untuk mencari solusi bersama

Terkadang ketika sedang ada masalah dengan pasangan, kita menghindarinya agar tidak terjadi konflik. Namun dengan membicarakan kegelisahan yang kamu rasakan, bisa jadi ada solusi yang ditawarkan oleh pasanganmu. Dengan mengajaknya berdikusi, segala hal bisa dicari jalan keluar yang terbaik. Saling memberi masukan dan menguntungkan kedua belah pihak.

Kamu bisa membayangkan jika kamu tidak membagikan masalahmu dengan pasangan, tentunya pasanganmu akan berpikir jika kamu tidak memercayainya. Padahal kamu hendak menikah dengannya. Hal ini bisa menimbulkan pertengkaran yang lebih besar lagi.

3. Ketika sudah buntu, mintalah saran dari orang tua

Agar keraguanmu tidak berujung buruk, cobalah meminta nasihat kepada orang tua. Semakin runyam permasalahan, akan semakin fatal akibatnya. Nah, dengan membicarakan dengan orang yang lebih berpengalaman, saran dan  solusi lebih masuk akal bisa kamu dapatkan. Dibanding bercerita dengan orang yang tidak dekat, belum tentu dia berpengalaman dan memiliki solusi. Yang ada hanya membuang-buang waktu.

4. Konsultasi dengan konselor professional

Di saat masalah tidak ada jalan keluar sama sekali, menemui konselor pernikahan bisa jadi alternative untuk menemukan solusi dari keraguanmu. Meski kurang popular, peran konselor pernikahan cukup membantu calon pengantin. Kamu akan mendapatkan saran yang netral, yang membuatmu bisa berpikir lebih positif dan hal itu bisa mengurangi keraguan dan kegelisahanmu. Apalagi perasaan bimbang sebelum menikah.

5. Berdoa meminta Tuhan Yang Maha Kuasa

Langkah yang tidak kalah penting adalah berdoa sepanjang waktu sampai hari pernikahan kamu tiba. Persiapan pernikahan yang mantap perlu dibersamai dengan doa agar tetap lancar di hari H. percaya bahwa niat baik selalu menghasilkan hal yang baik pula. Merasakan bimbang sebelum menikah adalah hal yang wajar, kamu hanya perlu lebih berusaha untuk menghilangkannya.

Jadi, jangan menyerah dan takut bila mengalami keraguan tersebut. Agar tidak semakin melebar masalahnya, lebih baik dituntaskan segera. Kamu tentunya tidak mau, kan, jika terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan saat pernikahanmu nanti? Hilangkan rasa bimbang sebelum menikah dengan lakukan tips-tips di atas, ya.

vncoartikeladmin

Recent Posts

Kupas Tuntas Taklik Talak! Pengertian, Fungsi dan Praktiknya dalam Pernikahan

Hey there! Pernah denger istilah "taklik talak" nggak? Atau mungkin kamu pernah ngerasa bingung kenapa…

22 jam ago

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

2 hari ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

2 hari ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

4 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

5 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

6 hari ago