Uncategorized

Jari Kanan atau Kiri yang Pas untuk Cincin Nikah?

Pernikahan yang sempurna adalah impian dari semua pasangan, mulai dari gaun yang cantik, dekorasi yang mewah, sampai dengan aksesoris pernikahan yaitu cincin yang harus dipersiapkan dengan baik. Tapi apakah kamu sudah mengetahui jari kanan atau kiri yang pas untuk cincin nikah? Untuk kamu yang masih bingung.

Masih banyak orang yang bertanya tentang jari kanan atau kiri yang pas untuk cincin nikah, tetapi sebagian orang juga menyematkan cincin nikah di jari manis yang mana kebiasaan ini memang sudah ada sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Sebagai simbol pernikahan cincin nikah memang selalu identik dipasangkan di jari tersebut baik di jari kanan atau kiri. Simak penjelasan dari kami ya, dears, karena setiap penggunaan cincin di jari memiliki arti yang berbeda.

Sejarah Cincin Sebagai Simbol Pernikahan

Cincin nikah berasal dari tradisi Mesir Kuno, cincin yang berbentuk lingkaran mempunyai simbol yaitu suatu hubungan tanpa akhir, melingkar tak berujung mewakili harapan sebuah pernikahan yang selalu bersatu dan tiada akhir, abadi selamanya.

Sejak awal Mesir Kuno belum mengenal cincin nikah dengan emas, karena mereka awalnya menggunakan rumput atau ilalang untuk membuat cincin dengan cara dipilin melingkar.

Karena zaman sudah semakin canggih dan orang-orang berfikir bahwa cincin yang berfilosofi tiada akhir harus lah tidak sembarang dalam pemilihan materialnya. Dimulai dari cincin bermaterial besi dan berkembang menjadi cincin emas karena dianggap lebih memiliki keindahan.

Saat ini cincin nikah yang semakin kebaruannya menghadirkan berbagai macam jenis yang sering menarik setiap pasangan karena banyak pilihan yang elegan dan mewah. Mulai cincin yang terbuat dari material emas, platinum, palladium, dan untuk menambah kecantikkan cincin diberikan permata atau berlian, dengan pilihan warna sesuai keinginan.

Makna Memakai Cincin di Setiap Jari

Sekarang banyak pasangan yang memilih cincin nikahnya dengan berlian. Walaupun terkesan mahal dan glamour, cincin yang di pilih dianggap sebagai barang spesial yang memiliki kekuatan tiada akhir seperti hubungan yang akan mereka jalankan. Setiap cincin yang kamu gunakan di jari, memiliki pemaknaannya tersendiri,

Memakai Cincin di Tangan Kanan

Foto: Photo Stock Editor

Mengapa lebih baik memakai cincin nikah di tangan kanan? karena tangan kanan merupakan tangan yang pas dan dominan. Kebanyakan orang menggunakan tangan kanannya untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa tangan kanan lebih kuat, terbukti juga dengan ukurannya yang lebih besar.

Berdasarkan itulah mengapa cincin nikah digunakan di tangan kanan. Karena sebagai lambang bahwa pernikahan didasarkan atas cinta yang kuat dan kokoh, serta dapat bertahan lama.

1. Ibu Jari

Cincin di ibu jari kanan bisa menjadi fashion statement yang menarik, tetapi juga bisa melambangkan sifat keras kepalamu. Dalam beberapa tahun terakhir, para pemimpin perusahaan terlihat memakai cincin di ibu jari mereka juga.

2. Jari Telunjuk

Jika kamu suka memakai cincin di jari telunjuk, maka itu artinya kamu adalah sosok yang sangat percaya diri dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Kamu cenderung suka menjadi seseorang yang berkuasa, namun kamu pun juga yang memiliki rasa kesetiakawanan yang cukup tinggi.

3. Jari Tengah

Simbol memakai cincin di jari tengah dapat menunjukkan kamu adalah sosok dengan rasa kepercayaan tinggi dan penuh tanggung jawab. Kamu juga sebenarnya adalah sosok yang suka pamer dan ingin semua orang tahu mengenai kesuksesan yang telah kamu raih. Selain itu, kamu juga gigih dan bukan orang yang mudah menyerah akan sesuatu hal.

4. Jari Manis

Pemakaian cincin di jari manis di simbolkan sebagai bentuk rasa cinta dan juga simbol sebuah komitmen terhadap pernikahan. Tetapi, sebagian orang dengan sifat yang romantis dan kasih sayang juga suka memakai cincin di jari manis meskipun dirinya belum menikah.

5. Jari Kelingking

Orang yang menggunakan cincin di telunjuk umumnya memiliki sifat setia kawan. Mereka juga sangat percaya diri dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi

Cincin di Jari Tangan Kiri

Foto: Petar Milošević

Beberapa budaya percaya bahwa nadi di tangan kiri langsung terhubung ke jantung. Inilah sebabnya mengapa memakai cincin di jari tangan kiri ada hubungannya dengan status perkawinan.

1. Jari Kelingking

Memakai cincin di kelingking tangan kiri memberikan simbol bahwa kamu adalah orang yang lebih berani. Jika kamu membutuhkan cincin sesuai keinganmu kamu bisa membelinya di V&Co Jewellery yang menyediakan berbagai macam pilihan perhiasan.

2. Jari Manis

Dalam budaya barat, cincin nikah umumnya dikenakan di jari manis tangan kiri. Karena tangan kiri mereka bukan tangan yang dominan digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Penempatan cincin nikah di tangan kanan yang lebih dominan, akan menyebabkan perhiasan tersebut mudah rusak atau tergores sehingga lebih aman jika dikenakan pada tangan kiri.

3. Jari Tengah

Jari tengah bisa dibilang jari yang cukup pas untuk semua cincin. Karena posisinya di tengah, cincin di jari ini juga dapat menunjukkan rasa keseimbangan dan tanggung jawab. Cincin di jari tengah juga dipercaya dapat menambah kesan glamor dan berkelas.

4. Jari Telunjuk

Jari telunjuk kiri berarti kepemimpinan dan juga merupakan jari yang ideal untuk memamerkan cincin yang unik, kamu yang memakai cincin di jari ini sering dikatakan sebagai orang yang mudah bersosialisasi. Benar demikian, dears?

5. Ibu Jari

Untuk kamu yang suka memakai cincin di ibu jari, biasanya kamu memiliki sifat yang keras kepala, ambisius, dan tidak suka dengan aturan. Kamu juga lebih fleksibel akan segala ketentuan.

Jadi, Jari Mana yang Paling Pas untuk Cincin Nikah?


Jawabannya adalah di jari kanan atau kiri yang penting kamu nyaman dan tidak perlu dijadikan perdebatan karena keduanya sama-sama memiliki sisi positif dan makna tersendiri bagi kamu dan pasangan

Hal terpenting ketika membeli cincin nikah itu harus sesuai dengan keinginan dan cerminan pasangan. Jangan sampai salah memilih cincin nikah dan ukurannya. Sangat disayangkan kalau sampai beli yang tidak sesuai keinginan pasangan.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai arti dan makna di balik tentang jari kanan atau kiri yang pas untuk cincin nikah dan beberapa pilihan model yang diberikan oleh V&Co Jewellery untuk kamu. Sekarang kamu akan memilih pakai cincin di jari yang mana, nih? Tentukan pilihanmu dengan cincin nikah dari V&Co Jewellery.

Temukan ribuan model cincin nikah yang cocok untuk jari pilihanmu, di V&Co Jewellery

vncoartikeladmin

Recent Posts

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

19 jam ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

20 jam ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

3 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

4 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

5 hari ago

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

1 minggu ago