Cara Merawat Gelang Berlian? Baca di Sini!

Berlian merupakan logam mulia yang paling kuat dan tahan lama dibanding dengan yang lainnya. Memiliki perhiasan berlian merupakan dambaan setiap orang. Gelang berlian menjadi salah satu perhiasan yang banyak diminati oleh sebagian orang. Agar bertahan lama, kamu harus tahu caranya merawat gelang berlian.

Kecantikan sebuah perhiasan berlian bisa dilihat dari kilauannya. Kilau pada berlian menghasilkan kesan yang elegan sekaligus mewah bagi pemakainya. Tapi seiring pemakaian, kilau berlian akan redup karena terkontaminasi dengan debu, kotoran dan lapisan minyak yang dapat menyebabkan perhiasan berlianmu memudar.

Memakai gelang berlian mempunyai makna tersendiri, lho. Bila kamu suka menghiasi pergelangan tanganmu dengan gelang berlian, artinya kamu orang yang suka menjalin hubungan dengan banyak orang. Kamu tipe orang yang mencintai kesibukan dan bergaul dengan banyak orang, tidak betah jika hanya diam di rumah. Nah, jika kamu menyukai perhiasan berupa gelang berlian, kamu harus tahu cara merawat gelang berlian agar tidak mudah rusak. Simak poinnya di bawah ini, yuk!

Tips Merawat Gelang Berlian

https://vncojewellery.com/

1 Tempat penyimpanan gelang berlian

Pada perhiasan yang terdapat berlian di dalamnya, kamu harus pisahkan gelang berlianmu dengan perhiasan lainnya karena berlian dapat menggoreskan perhiasan lainnya. Kamu dapat memisahkan gelang berlianmu dengan menyimpannya di kotak perhiasan khusus, plastik kecil, ataupun menggunakan kain lembut untuk membungkusnya. Letakkan gelang berlianmu di atas permukaan kain yang lembut. Pastikan kotak perhiasanmu selalu kering dan diletakkan di tempat yang bersih.

2 Jauhkan gelang berlian dari bahan kimia

Sebaiknya kamu melepaskan gelang berlianmu pada aktivitas sehari-hari seperti mandi, make up, mencuci dan memasak. Kamu juga harus menghindari pengunaan parfume, lotion dan hairspray saat sedang memakai gelang berlian. Kamu dapat menggunakan gelang berlianmu kembali sekitar lima menit setelah menggunakan produk kosmetik pada tubuhmu.

3 Jaga dari pancaran sinar matahari

Pancaran sinar matahari langsung pada gelang berlian dapat menyebabkan warna gelang berlianmu cepat pudar dan mudah rusak. Maka, kamu harus menghindarkan gelang berlianmu dengan sinar matahari langsung, ya.

4 Lepaskan gelang berlian saat berenang

Air yang diklorinasi yang terdapat pada kolam renang dapat memicu kerusakan pada gelang berlianmu. Sebaiknya, kamu harus melepaskan gelang berlianmu saat melakukan aktivitas berat lainnya karena aktivitas itu dapat merusak gelang berlianmu.

5 Jangan tekankan gelang berlian pada sesuatu yang keras

Jika gelang berlianmu tertekan atau terbentur oleh sesuatu yang keras, kamu harus memeriksanya segera mungkin untuk memastikan bahwa tidak adanya kelonggaran pada gelang berlian tersebut. Kamu juga harus memastikan untuk mencegah berlian pada gelangmu tidak hilang atau copot.

6 Lepaskan gelang berlian saat tidur

Jika kamu sering lupa untuk melepaskan gelang berlianmu sebelum tidur, kamu tidak bisa terus melakukannya hingga menjadi kebiasaan. Karena kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan saat kamu tidur. Bisa jadi gelangmu tersangkut ranjang tempat tidur atau tergores, yang menyebabkan berlian pada gelangmu copot.

Cara Membersihkan Gelang Berlian

Jika kamu sudah benar dalam merawat gelang berlianmu, pastikan juga kamu membersihkan dengan benar dan rutin agar gelang berlian mu selalu berkilau. Cara membersihkannya cukup mudah, kamu dapat membersihkannya sendiri di rumah dan tidak perlu memakan banyak pengeluaran.

1 Buat larutan sabun dan air

Pertama, kamu hares menyiapkan air hangat dan sabun lembut seperti sabun bayik. Kamu campur keduanya di dalam satu wadah dan aduk sampai berbusa. Lalu, kamu bisa merendam gelang berlian mu ke dalam larutan tersebut selama 15 menit guna melarutkan debu ataupun melunakan kotoran yang mengeras.

2 Bersihkan kotoran yang tidak larut

Setelah 15 menit, kamu bisa angkat dan periksa gelang berlianmu, apakah masih ada kotoran yang menumpuk untuk dibersihkan lebih lanjut. Jika masih ada, kamu bisa menggosok celah yang kecil dan sulit dijangkau pada gelang berlian dengan menggunakan kain yang lembut, lalu sikat berlian menggunakan sikat gigi lembut.

3 Bilas dengan air bersih

Jika sudah membersihkan kotoran yang terdapat pada gelang berlian, kamu bisa membilas gelangmu dengan air yang bersih. Sebaiknya, jangan menggunakan tisu untuk membersihkan karena akan meninggalkan serpihan serat di gelang berlian mu. Kamu juga dapat menggunakan hairdryer dalam jarak yang tidak terlalu dekat untuk mengeringkan gelang mu.

Kain yang bisa digunakan untuk membersihkan gelang berlian yaitu kain khusus perhiasan maupun kain untuk membersihkan kacamata. Selain menggunakan air hangat dan sabun yang lembut, kamu juga bisa menggunakan alkohol cair untuk membersihkan gelang berlianmu. Caranya, kamu bisa merendam gelang berlianmu sebentar ke dalam larutan alkohol, kemudian kamu keringkan menggunakan kain lembut.

Bagi kamu yang takut menggunakan alat yang salah saat membersihkan gelang berlian, kamu dapat membeli cleansing tool yang dapat kamu temukan di toko online atau toko perhiasan terdekat. Beberapa pilihan cleansing tool yang bisa digunakan di antara lain gel dan sikat, kertas pembersih khusus (jewellery wipes), kain pembersih khusus (polishing cloth), dan kuas pembersih.

Nah, itulah cara merawat dan membersihkan gelang berlian. Bagi kamu yang baru mengetahuinya, lakukanlah secara rutin dan jangan lupa untuk selalu menaruh berlian di tempat yang berbeda dengan perhiasanmu yang lain. Selamat mencobanya!

vncoartikeladmin

Recent Posts

Kupas Tuntas Taklik Talak! Pengertian, Fungsi dan Praktiknya dalam Pernikahan

Hey there! Pernah denger istilah "taklik talak" nggak? Atau mungkin kamu pernah ngerasa bingung kenapa…

1 hari ago

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

2 hari ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

2 hari ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

4 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

5 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

6 hari ago