Ragam Perhiasaan Menarik Ala India

Banyak film bollywood yang menampilkan para wanitanya sedang menggunakan perhiasan India. Sebab, India dikenal dengan penyuka emas. Emas pun menjadi patokan kekayaan seseorang. Semakin berat dan banyak emas yang dipakai, semakin tinggi pula status kekayaannya.

Tak hanya di Indonesia, di India pun emas digunakan sebagai investasi. Mereka percaya bahwa emas adalah investasi yang paling aman. Emas juga dijadikan kado untuk diberikan pada saat acara pernikahan atau bahkan ulang tahun. Hal itu merupakan sesuatu yang biasa di India.

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa perhiasan yang dipakai memiliki nama yang berbeda. Jenis perhiasan India yang dipakai pun berbeda mulai dari perhiasan kepala, perhiasan hidung, gelang, kalung yang dikenal dengan nama mangalsutra serta titik yang terdapat di dahi dan dikenal dengan nama bindi.

Untuk Lebih Jelasnya, Mari Lihat Beberapa Jenis Perhiasan India Berikut Ini

  • Perhiasan kepala

Perhiasan India yang diletakkan pada kepala mempunyai fungsi untuk memperindah tampilan rambut. Sang pemakai akan terlihat cantik dengan rambut yang dilengkapi oleh hiasan. Terdapat 3 jenis perhiasan kepala dengan penempatan yang berbeda.

Maang Tikka adalah perhiasan yang terletak pada belahan rambut dan memanjang hingga ke atas kening. Selain untuk kecantikan, perhiasan ini juga dipercaya dapat menambahkan kebijaksanaan sang pemakai. Selanjutnya Jhumar, perhiasan ini biasa dipakai oleh wanita India dan diletakkan pada bagian kiri rambut. Last but not least adalah Matha Patti, perhiasan India yang melingkari kepala dan menutupi belahan rambut. Biasanya perhiasan kepala yang satu ini memiliki beberapa lapisan yang menjuntai.

  • Perhiasan hidung

Perhiasan yang terletak pada hidung mempunyai beberapa macam bentuk dan ukuran. Kebanyakan memiliki bentuk bulat seperti cincin dengan ukuran yang kecil maupun besar. Umumnya, ukuran yang besar dipakai untuk menghadiri acara pernikahan. Sedangkan yang berukuran kecil memiliki bentuk seperti tindik.

Perhiasan India yang terletak di hidung terkadang juga ditambahkan dengan rantai yang terhubung dengan telinga. Penempatan perhiasan hidung terletak pada lubang hidung sebelah kiri. Sebab, bagian itu terhubung dengan organ wanita yang membuatnya tidak terlalu merasakan sakit saat hendak melahirkan.

  • Gelang

Perhiasan India berupa gelang ini dikenal dengan nama bangles. Bentuknya yang indah dan menawan dengan bermacam ornamen mampu mempercantik tampilan tangan wanita India. Sama seperti perhiasan hidung, bangles pun biasa dipakai untuk menghadiri acara pernikahan.

Bangles biasanya dipakai dengan jumlah yang banyak pada setiap tangannya. Warna yang dimiliki pun berbeda-beda dengan arti yang beraneka ragam. Menurut wanita India, bangles ini akan membawa keuntungan bagi sang pemakai. Selain itu, bangles juga dikenal dapat memperlancar sirkulasi darah.

  • Mangalsutra

Perhiasan India yang satu ini berasal dari kata mangal yang berarti menguntungkan dan sutra yang berarti benang. Jadi, mangalsutra adalah benang yang menguntungkan atau membawa keberuntungan. Perhiasan India yang berupa kalung ini memiliki rantai berwarna hitam.

Tak hanya itu, liontin dengan bahan dasar berlian dan emas pun menghiasi tampilan kalung. Mangalsutra merupakan perhiasan yang penting pada saat acara pernikahan wanita.

  • Bindi

Tentunya kamu sering melihat wanita India dengan titik yang ada di dahinya. ya, itu adalah bindi. Titik ini memiliki warna yang merah dan diletakkan diantara alis. Warna merah itu dihasilkan dari bubuk yang bernama vermilion. Akan tetapi, terdapat pula bindi dengan berbagai ornamen.

So, itulah beberapa jenis perhiasan India yang mungkin sering kamu jumpai tapi baru kamu ketahui namanya setelah membaca artikel ini.

vncoartikeladmin

Recent Posts

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

19 jam ago

Nikah Modal 20 Juta? Bisa!

Biaya nikah 20 juta, memang bisa? Menggelar pernikahan seringkali dipandang sebagai tantangan finansial yang cukup…

21 jam ago

Kapan Sih Waktu Paling Pas Buat Foto Prewedding?

Memasuki fase perencanaan pernikahan, pasti kamu dan pasangan nggak mau melewatkan satu momen penting yang…

2 hari ago

Memilih Lab Grown Diamond sebagai Cincin Pernikahan, Bukan Berlian Biasa!

Hey kamu yang sedang mengulik cincin pernikahan yang istimewa! Memberikan perhiasan menjadi salah satu cara…

2 hari ago

Ingin Menikah? Ini lah 8 Kriteria Pasangan Menurut Islam yang Perlu kamu Tahu

Menurut ajaran Islam, memilih pasangan hidup adalah keputusan yang sangat penting dan harus dilakukan dengan…

3 hari ago

Apa itu Dipingit? Serba-Serbi Pingitan Mulai dari Pengertian sampai Pandangan Dalam Islam

Kalian tentu sudah tidak asing lagi kan dengan kata pingitan, bukan? Ya, pingitan merupakan salah…

5 hari ago