Jenis berlian berwarna biru

5 Jenis Berlian Biru yang Paling Mahal di Dunia. Nilainya Fantastis!

Banyak sekali batu berlian yang tersebar di seluruh penjuru dunia, dan sebagian besar digunakan untuk mempercantik perhiasan yang seringkali kita kenakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tak sedikit pula batu berlian yang tidak hanya dihargai sebagai hiasan semata, tapi juga memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada sekadar unsur dekoratif. Salah satu contoh berlian yang sangat menawan dan bernilai tinggi secara ekonomi adalah berlian biru, atau yang lebih dikenal dengan istilah blue diamond.

Dari banyak jenis berlian biru yang ada di dunia ini, tahukah kamu bahwa ada yang menjadi salah satu batu berlian termahal di dunia. Dengan harga jual hingga $57,8 atau jika di rupiahkan, maka harganya berkisar 867 miliar! Wow! Tenang, masih ada lagi lho berlian biru lainnya yang juga masuk ke dalam daftar berlian biru yang harganya paling fantastis. Dalam artikel berikut, kamu akan mengetahui lebih lanjut tentang 7 jenis berlian biru dengan harga paling mahal di dunia. Siap-siap terkaget-kaget ya!

Apa itu Berlian Biru?

Berlian biru atau blue diamond merupakan suatu jenis berlian berwarna yang sangat langka di dunia. Diperkirakan, berlian berwarna indah ini terbentuk di kedalaman yang sangat ekstrem, yakni sekitar empat kali lebih dalam daripada sebagian besar berlian lainnya. Proses pembentukannya pun bisa dibilang tidak biasa dan melibatkan faktor-faktor yang tidak umum selayaknya pembentukan berlian lainnya.

Warna biru pada berlian ini diyakini berasal dari sejumlah kecil unsur boron, suatu elemen yang terdapat di dasar lautan kuno dan kemudian terbawa jauh ke dalam lapisan dalam bumi selama proses geologis yang panjang, yang mencemari struktur kisi kristalnya dan membuat batuan ini berwarna kebiruan.

Dalam klasifikasi berlian, berlian biru masuk ke dalam sub kategori yang dikenal sebagai berlian warna mewah, sebuah istilah umum yang digunakan untuk menyebut berlian yang menunjukkan tingkat kejenuhan warna yang intens. Maka dari itu, keunikan berlian biru bukan hanya terletak pada karakteristik fisiknya yang luar biasa, tapi juga karena penampilannya yang memancarkan keindahan warna biru yang langka dan eksklusif. Wajar banget ya kalau harganya fantastis?

Keberadaan berlian biru diperkirakan muncul dari penambangan di lokasi-lokasi tertentu di seluruh dunia, dengan beberapa tambang terkenal berada di negara-negara seperti Afrika Selatan, India, dan Australia. Tambang berlian yang mencapai ketenaran tinggi dalam menghasilkan berlian biru alami adalah Tambang Cullinan di Afrika Selatan. Lokasi ini dikenal sebagai produsen beberapa berlian biru alami terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah penambangan berlian.

Apakah Semua Berlian Biru “Asli”?

jenis berlian paling mahal di dunia
Foto: crisscut.stevenstone.co.uk

Namun perlu kamu ketahui, bahwa berlian biru yang diakui sebagai batuan langka dan bernilai tinggi hanyalah batu yang alami, atau asli berasal dari alam. Berlian biru dikatakan alami apabila berlian biru yang ditemukan tersebut dalam kondisi aslinya dengan warna biru yang sudah ada sejak awal penambangan, bukan ditambahkan pewarna biru.

Sejak era 1950-an, berbagai metode telah dikembangkan untuk mengubah penampilan berlian, termasuk penambahan warna pada batu yang awalnya tidak memiliki warna. Jenis berlian yang telah mengalami modifikasi ini dikenal sebagai berlian yang disempurnakan dan cenderung kehilangan nilai sebagai berlian biru alami atau memiliki nilai jual kembali yang terbatas.

Berlian biru yang telah disempurnakan umumnya tidak dianggap sebagai investasi atau barang yang dapat dijual kembali dengan nilai yang tinggi. Di sisi lain, berlian biru sintetis juga telah berhasil diproduksi dengan menggunakan metode HPHT atau High-Pressure High-Temperature. Meskipun sifat fisiknya serupa dengan berlian biru alami, tapi berlian biru sintetis umumnya memiliki nilai pasar yang lebih rendah dibandingkan dengan berlian biru alami. 

Harga berlian biru alami sendiri sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya ialah berat karatnya, warna, tingkat kejernihan, kualitas potongan (cut), serta adanya sertifikasi berlian. Berlian biru alami yang memiliki berat karat besar dan menampilkan warna biru yang intens cenderung memiliki nilai yang sangat tinggi. Kejelasan dan ketepatan potongan juga menjadi faktor penentu, sementara sertifikasi oleh otoritas gemologi terpercaya seperti GIA (Gemological Institute of America) dapat memberikan kepastian mengenai kualitas dan otentisitas dari berlian tersebut. Penasaran apa saja berlian biru yang masuk ke daftar berlian termahal di dunia?

5 Berlian Biru Termahal di Dunia

Di antara banyak jenis berlian biru yang ditemukan, terdapat lima varian yang terkenal dengan nilai yang luar biasa tinggi di pasar permata dunia. Yuk, cari tau lebih jauh apa saja lima berlian biru termahal di dunia!

1. The Zoe Diamond

Dengan berat 9,75 karat, kejernihan VVS2, dan warna Fancy Vivid Blue, The Zoe Diamond benar-benar merupakan batu permata yang sangat luar biasa. Keistimewaannya tidak hanya terletak pada karakteristik fisiknya yang mengesankan, tapi juga pada pencapaian sejarahnya dalam dunia lelang batu permata.

Pada tahun 2014, The Zoe Diamond berhasil terjual dengan harga $32,6 juta atau jika dikonversi ke rupiah, maka kisaran harganya menjadi 489 miliar! Dengan nilainya yang selangit, The Zoe Diamond menjadi permata biru pertama dengan harga termahal yang pernah terjual dalam sebuah acara lelang. Prestasinya ini bahkan berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh The Wittelsbach, dan juga menjadikan The Zoe Diamond sebagai berlian biru pertama yang berhasil mencapai lebih dari $30 juta dalam nilai penjualan lelangnya.

berlian biru termahal di dunia
Foto via Naturally Colored

Keberhasilan lelang The Zoe Diamond tidak hanya mencerminkan ketertarikan dan keinginan pasar atas batu permata yang langka dan indah, tetapi juga menonjolkan posisinya sebagai salah satu blue diamond paling berharga dan dicari di dunia. Kehadirannya memberikan penghargaan bagi keindahan alam yang langka dan seni pahat batu permata yang menghasilkan karya seni yang tak tertandingi.

Keistimewaan The Zoe Diamond bahkan disebut-sebut sangat layak untuk mendapatkan tempat terhormat dalam buku rekor perhiasan. Ketika menerima pergerakan cahaya alami, The Zoe Diamond mengalami perubahan nuansa biru yang sangat kuat. Hal ini memperkuat kesan bahwa batu ini bukan hanya sekadar permata, melainkan sebuah karya seni alam yang mempesona. Karena nilai jualnya yang sangat tinggi, The Zoe Diamond menunjukkan bahwa ia tak hanya bisa menjadi barang investasi yang berharga, tapi juga menyimpan keunikan artistik dan keajaiban alam yang memikat hati setiap orang yang melihatnya.

2. The Memory of Autumn Leaves Diamond

Sepasang berlian yang serasi, Apollo dan Artemis, mencuri perhatian dunia. Diluncurkan pada tahun 2017, kedua berlian ini memiliki warna yang berbeda, yakni merah muda pekat seberat 16 karat, dan berlian biru cerah seberat 14,54 karat.

Namun, ketika keduanya dijual masing-masing seharga US$15,3 juta dan $42 juta, pemiliknya memutuskan untuk memberi nama baru, yakni The Dream of Autumn Leaves untuk berlian yang berwarna merah muda dan The Memory of Autumn Leaves untuk berlian biru. Dengan harga jualnya yang fantastis, sepasang anting ini bahkan dinobatkan menjadi satu pasang anting mahal sepanjang sejarah.

berlian paling mahal di dunia
Foto: Sothebys.com

Berlian berbentuk pir yang berhasil dijual sekitar 630 miliar rupiah ini tidak memiliki cacat internal, dan termasuk dalam kategori Tipe IIb, dengan kejernihan VVS2. Meski dijual terpisah, keindahan dari kedua batu permata ini tidak hilang sama sekali, namun justru keduanya memiliki bersinar dengan pesonanya masing-masing. Berlian ini terjual kepada Joseph Lau, seorang ayah dari tiga anak, sekaligus kolektor berlian asal Hong Kong yang memberikan berlian biru termahal di dunia kepada sang anak yang bernama Zoe, dan hal inilah yang menjadikan berlian biru ini bernama The Zoe Diamond. Kisah ini menunjukkan bahwa berlian tidak hanya menjadi simbol kemewahan dan keindahan, tetapi juga dapat menjadi ungkapan cinta dan kasih sayang dalam keluarga. 

3. The Blue Moon of Josephine

Berlian seberat 12,03 karat ini awalnya dikenal dengan nama The Blue Moon, dan menciptakan sejarah ketika terjual seharga $48,4 juta pada tahun 2015 di Jenewa. Batu berwarna biru cerah ini tidak hanya menjadi blue diamond termahal yang pernah dijual, tetapi juga memecahkan rekor harga per karat tertinggi dari semua batu permata dengan harga lebih dari $4 juta per karat.

Berlian The Blue Moon of Josephine
Foto: Tatler Asia

Sama seperti The Zoe Diamond, pembeli batu ini adalah Joseph Lau, yang kemudian menambahkan bagian nama Josephine pada batu permata tersebut. Ia menamai batu tersebut dengan nama putrinya yang masih kecil dan memberikannya sebagai hadiah. Tidak hanya merupakan hadiah yang sangat mengesankan, tetapi juga menunjukkan tingkat kekaguman dan keunikan batu tersebut, sehingga memutuskan untuk menyematkan nama putrinya sebagai bagian dari identitas batu permata tersebut.

FYI, penjualan Blue Moon Diamond ini terjadi sehari setelah Joseph Lau menghabiskan $28,5 juta untuk membeli berlian merah muda 16,08 karat yang langka, yang terbesar dari jenisnya yang pernah dijual. Berlian merah muda ini dinamai ulang oleh Lau menjadi “Sweet Josephine“, yang juga diambil dari nama anaknya. The Blue Moon of Josephine adalah bukti betapa berlian bukan hanya sebuah batu permata mewah, tetapi juga menjadi lambang kasih sayang dan keindahan alam yang sangat dihargai.

4. The De Beers Blue

Menjadi berlian biru termahal kedua dalam daftar, The De Beers Blue yang juga merupakan salah satu batu besar pertama yang ditawarkan untuk dijual, dan menarik perhatian banyak peminat. Meskipun ada spekulasi bahwa batu ini bisa saja menjadi blue diamond termahal yang pernah dijual, namun ternyata posisinya dalam daftar mungkin tidak menempati peringkat tertinggi.

The De Beers Blue - Berlian Biru
Foto: Sothebys.com

eski begitu, batu biru cerah mewah seberat 15,10 karat ini memiliki tampilan yang begitu sempurna, tanpa cacat internal, dan tergolong sebagai salah satu berlian terbaik yang pernah dijual. Bisa tebak harganya? Harga jual The De Beers Blue ternyata mencapai $57,4 juta, atau sekitar 861 miliar rupiah. Menakjubkan, bukan?

Blue diamond yang ditemukan di tambang Cullinan, Afrika Selatan pada tahun 2021 ini sangat langka, dan menjadi salah satu dari lima contoh berlian dengan berat lebih dari 10 karat yang pernah dilelang. Maka dari itu, kemunculan The De Beers Blue seberat ini di pasaran menjadi peristiwa yang sangat penting dan langka. Keunikan, keindahan, dan ukuran berlian ini memberikan daya tarik luar biasa bagi para kolektor dan pecinta batu permata mewah yang selalu mencari permata yang sangat istimewa dan langka untuk menambah kekayaan koleksi mereka.

5. The Oppenheimer Blue Diamond

Bersiap untuk melihat keindahan berlian biru termahal dan terindah di dunia, yakni The Oppenheimer Blue Diamond yang terjual di Jenewa pada tahun 2016. Dengan berat 14,62 karat, berlian biru ini benar-benar menakjubkan dengan kualitas Fancy Vivid Blue dan kejernihan VVS2. Berlian ini memecahkan semua jenis rekor saat dijual dengan harga mencapai $57,8 juta atau sekitar 867 miliar rupiah.

Keberhasilan penjualan ini tidak hanya mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh berlian-berlian biru lainnya, tetapi juga menjadikan The Oppenheimer Blue Diamond sebagai berlian termahal yang pernah dijual pada saat itu, menjadi yang pertama terjual dengan harga lebih dari $50 juta.

The Oppenheimer Blue Diamond
Foto: NBC News

Berlian termahal dengan warna birunya yang cerah ini dulu dimiliki oleh Sir Philip Oppenheimer, tokoh penting dalam industri berlian. Keberhasilan The Oppenheimer Blue Diamond dalam mencapai status sebagai salah satu yang termahal dan paling berharga di pasar perhiasan mewah juga mencerminkan keistimewaan dan keanggunan dari batu ini.

The Oppenheimer Blue Diamond ditempatkan dengan elegan di tengah cincin dan dijepit di kedua sisinya oleh berlian berbentuk trapeze. Selain itu, cincin ini disertai dengan pemasangan “Eight Blades” asli dari Verdura, yang memberikan sentuhan desain yang unik dan menarik. Desain cincin ini begitu istimewa dengan kombinasi berlian berwarna biru cerah dan bentuk trapeze yang elegan. Pemasangan di platinum menambah kilau dan keanggunan pada keseluruhan desainnya. Selain itu, tanda tangan Verdura pada cincin tersebut menambah nilai artistik dan otentisitas pada karya seni perhiasan ini. Tidak salah ya kalau berlian biru ini menjadi berlian paling mahal di dunia?

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca artikel di atas tentang lima berlian biru termahal di dunia? Selain kelima berlian di atas, tentu masih banyak berlian lain dengan harga selangit, dengan desain dan warna yang beragam.

Nah, kamu juga bisa lho memiliki berlian dengan kualitas terbaik untuk menambah koleksi perhiasan kamu! Kamu bisa langsung kunjungi V&CO Jewellery untuk mendapatkan perhiasan berlian dengan kualitas tinggi, dan sudah tersertifikasi oleh GIA (Gemological Institute of America). Jadi, tunggu apa lagi? Temukan berlian cantik pilihan kamu di webstore V&CO Jewellery!