wo dalam pernikahan

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Setiap orang menginginkan agar pernikahannya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, dekorasinya pun harus indah agar suasana pernikahan terasa mewah dan berkesan. Tidak hanya itu, susunan acaranya pun harus jelas dan tertata agar kedua mempelai dan para tamu undangan merasa nyaman selama prosesi pernikahan berlangsung. Itu semua bisa kamu capai dengan mudah jika menggunakan jasa wedding organizer.

Namun, masih ada yang ragu apakah mereka membutuhkan jasa wedding organizer atau tidak. Tidak sedikit pasangan yang merasa bahwa mereka sanggup mengurus segala persiapan pernikahan sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. Nah, untuk kamu yang masih bimbang, kami bakal bagiin 7 alasan kenapa kamu harus menggunakan jasa wedding organizer untuk pernikahan. Yuk simak!

Apa Itu Wedding Organizer?

jasa wedding organizer
Foto: Tritynco via BrideMarket

Pasti kamu sudah tidak asing ketika mendengar wedding organizer atau WO, bukan? Singkatnya, jasa wedding organizer adalah jasa yang membantu kamu dan pasangan mempersiapkan pernikahan agar prosesi bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pihak wedding organizer ini jugalah yang akan bekerja sama dan menghubungi vendor dan pihak lainnya selama prosesi pernikahan. Perlu diingat bahwa wedding organizer berbeda dengan wedding planner, ya.

Jasa wedding organizer hanya bekerja mendekati hari pernikahanmu saja. Seperti mulai dari menyiapkan lokasi pernikahan, dekorasi, katering, tim fotografi, hingga tim hiburan yang akan kamu gunakan di hari bahagiamu. Sedangkan wedding planner sendiri bekerja jauh mulai dari persiapan pernikahan. Jasa wedding planner akan membantu kamu merencanakan setiap detail pernikahan yang diimpikan. Jadi, tim wedding planner yang akan mewujudkan pernikahan yang kamu inginkan dan menghubungi setiap vendor yang dibutuhkan.

Jasa wedding organizer sendiri biasanya akan bekerja dua hingga satu bulan sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Tugas mereka adalah menghubungi semua vendor yang sudah ditentukan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan pernikahanmu sudah siap dan sesuai dengan kesepakatan yang ada.

Tidak itu saja, wedding organizer juga akan bekerja sama dengan wedding planner dan wedding designer di hari pernikahanmu agar semua persiapan yang sudah dilakukan bisa dijalankan sesuai rencana. Jadi, semuanya akan saling berhubungan. Muncul lagi pertanyaan, “apa itu wedding designer?”. Singkatnya, wedding designer adalah orang atau tim yang bantu menyusun konsep pernikahanmu. Tidak hanya itu saja, wedding designer juga menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mempertimbangkan pilihan pencahayaan, lantai, furnitur, ornamen, pakaian pengantin, pemilihan bunga, hingga anggaran untuk vendor dekorasi.

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah kamu membutuhkan ketiga jasa tersebut? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan biaya yang dimiliki. Tentunya semakin banyak jasa yang digunakan, akan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan. Namun jika kamu tetap ingin menggunakan bantuan pihak ketiga dengan biaya yang lebih hemat, kamu cukup menggunakan jasa wedding organizer saja.

7 Keuntungan Menggunakan Jasa Wedding Organizer

arti ngunduh mantu
Foto via Asa Wedding Planner

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan antara wedding organizer dengan wedding planner, berikut kami bagikan 7 keuntungan dari menggunakan jasa wedding organizer di hari bahagiamu:

1. Ada Bantuan Mempersiapkan Pernikahan

Menyiapkan pernikahan sangat memakan waktu, tenaga, biaya, dan pikiran. Apalagi jika kamu dan pasangan hanya menyiapkan keseluruhan kebutuhannya hanya berdua saja. Membutuhkan banyak waktu dan komunikasi agar semua persiapan bisa dilakukan dengan aman dan lengkap. Tidak menutup kemungkinan kamu dan pasangan akan terserang rasa panik dan stress karena mengurus pernikahan sendirian.

Untuk itu dengan menggunakan jasa wedding organizer, kamu akan menerima bantuan untuk tidak pusing sendirian. Pihak WO yang sudah berpengalaman mengelola dan mengatur berbagai pernikahan sebelumnya akan lebih tenang dalam menghubungi setiap vendor. Selain itu, WO juga tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja, namun oleh satu tim yang bekerja sama untuk bantu melangsungkan pernikahan yang kamu inginkan.

WO saja membutuhkan banyak orang untuk mengelola sebuah pernikahan, masa kamu dan pasangan hanya akan melakukan segala persiapannya berdua saja? Yuk beri rasa tenang dan aman dengan menggunakan jasa wedding organizer yang terpercaya!

2. Hemat Tenaga

Keuntungan lainnya dalam menggunakan jasa wedding organizer adalah kamu jadi lebih hemat tenaga. Seperti yang kita ketahui, mempersiapkan pernikahan berarti kamu harus mondar-mandir untuk memastikan segala sesuatunya. Mulai dari gedung atau lokasi pernikahan, jasa dekorasi, katering, fitting baju pengantin, hingga mencari jasa hiburan untuk pernikahan. Proses ini akan menyulitkan untuk kamu dan pasangan untuk meluangkan waktu, terutama jika keduanya sama-sama bekerja. Kamu dan pasangan harus mengorbankan akhir pekan yang harusnya digunakan untuk beristirahat dengan mempersiapkan pernikahan.

Namun dengan adanya wedding organizer, kamu mungkin cukup mendatangi tempat-tempat tersebut satu hingga dua kali saja untuk menyesuaikan pilihan yang diinginkan. Komunikasi selanjutnya bisa diambil alih sepenuhnya dan diurus oleh pihak jasa wedding organizer. Jadi, kamu dan pasangan memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan hal lain atau gunakan waktunya untuk beristirahat.

3. Hemat Waktu

Pengantin adat Betawi
Foto via Jafa’s Wedding Organizer

Melanjutkan dari poin kedua di atas, kamu dan pasangan akan menghemat lebih banyak waktu dalam mempersiapkan pernikahan. Hal ini karena pemilik jasa WO sudah dipercaya dan berpengalaman dalam mengatur pernikahan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan perkembangan persiapan pernikahanmu sendiri

Jika ada perubahan atau hal yang perlu disesuaikan, pihak WO yang akan menanyakannya kepada kamu, sehingga kamu tidak perlu berkomunikasi secara langsung kepada pihak vendor. Kamu bisa menyerahkan semua urusan ini kepada jasa wedding organizer yang digunakan. Jadi kamu dan pasangan pun tidak perlu meluangkan waktu untuk mengatasi masalah atau perubahan yang ada, deh!

4. Pikiran Lebih Tenang

Mempersiapkan pernikahan mampu memecah fokus dan waktu istirahat kamu. Tidak jarang banyak calon pengantin yang sampai harus ambil cuti agar bisa mempersiapkan pernikahan mereka. Tidak sedikit juga yang sampai jatuh sakit karena harus mengandalkan diri sendiri untuk mempersiapkan pernikahan. Namun kamu tidak perlu sampai mengalami hal tersebut jika menggunakan jasa WO.

Cukup berikan informasi lengkap mengenai vendor apa saja yang kamu gunakan, konsep pernikahan, dan detail lainnya yang dibutuhkan oleh pihak wedding organizer, dan kamu bisa duduk santai sambil menunggu kabar baik selanjutnya. Kamu tidak perlu pusing memikirkan semuanya sendiran. Kamu juga memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat dan fokus dengan hal lain.

5. Lebih Hemat

Resepsi nikah outdoor
Foto: via Glow Planner

Mungkin kamu beranggapan bahwa dengan menggunakan wedding organizer, kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar karena kamu harus membayar jasa mereka. Namun pada kenyataanya, kamu justru akan lebih hemat, loh! Hal ini karena jasa yang kamu bayarkan sudah termasuk ke seluruh pelayanan yang diberikan.

Sedangkan jika kamu mempersiapkan pernikahan sendiri, akan ada banyak pengeluaran tak terduga yang harus dikeluarkan. Seperti misalnya kamu harus mengecek lokasi pernikahan yang membutuhkan biaya transport seperti untuk bahan bakar dan biaya makan untuk kamu dan pasangan. Atau ada barang yang lupa kamu beli sebelum acara pernikahan berlangsung, kemudian kamu harus membeli barang tersebut di hari pernikahan yang tidak hanya mengeluarkan biaya mendadak juga, namun juga butuh mengorbankan waktu agar bisa membeli barang yang dibutuhkan.

Jika kamu ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membeli paket wedding organizer sekalian agar tidak perlu menyewa vendor lain. Selain lebih murah, metode ini juga akan memudahkan pihak wedding organizer untuk koordinasi dengan setiap kebutuhan pernikahan yang ada. Bahkan, ada banyak jasa wedding organizer yang menawarkan paket pernikahan sesuai dengan anggaran yang kamu punya. Jadi, nggak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak, deh!

6. Hasil Lebih Maksimal

Keuntungan dari menggunakan jasa wedding organizer berikutnya adalah persiapan pernikahan jadi lebih matang dan hasilnya akan lebih optimal. Hal ini karena tim WO itu sendiri terdiri dari orang-orang yang sudah ahli dan professional di bidangnya. Dengan begitu, pernikahan impian kamu pun bisa lebih mudah untuk diwujudkan.

Berbeda dengan mempersiapkan pernikahan sendiri yang mungkin akan ada banyak trials and errors dan ada kemungkinan untuk gagal apalagi jika ini adalah pernikahan pertama kamu. Jadi better safe than sorry, alangkah baiknya jika kamu menggunakan jasa wedding organizer saja agar tidak menyesal nantinya.

7. Fokus ke Persiapan Lain

Dengan bantuan jasa wedding organizer, kamu jadi memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk fokus ke hal lain. Kamu bisa menggunakannya untuk mempersiapkan mental dan fisik agar tetap sehat dan bisa tampil prima di hari pernikahan. Jangan sampai kamu terlihat lelah atau lemas di hari pernikahan sendiri, ya.

Sekian penjelasan mengenai apa itu wedding organizer serta 7 alasan mengapa kamu harus menggunakan jasa wedding organizer untuk pernikahan. Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu semakin yakin untuk menggunakan WO? Atau malah semakin penasaran dan tertantang untuk mempersiapkan pernikahan sendiri?

Jangan lupa baca artikel lain seputar persiapan pernikahan di sini, ya!