Fakta Tentang Emas yang Belum Kamu Tahu

Perhiasan emas menjadi sebuah barang menarik karena cantik dan kilaunya. Tak hanya itu, banyak fakta tentang emas yang perlu diketahui sebelum kamu memilikinya. Selain emas batangan (logam mulia), banyak orang yang menjadikan perhiasan emas sebagai sebuah investasi dalam jangka waktu yang lama.

Tak hanya sebagai investasi, perhiasan emas pun menjadi aksesoris yang digunakan sebagai pelengkap serta menyempurnakan penampilan kamu. Selain banyak fungsinya, kamu juga perlu mengetahui beberapa fakta tentang emas yang menarik. Mau tahu apa saja? Simak artikel di bawah, yuk!

Karat Perhiasan Emas

Karat pada emas merupakan sistem pengukuran tingkat kemurnian sebuah emas. Sedangkan, kemurnian sebuah emas akan diukur berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terdapat pada suatu logam emas/ perhiasan. Emas yang telah dibentuk menjadi sebuah perhiasan umumnya telah dicampur dengan logam lain.

Karena sifatnya yang lunak, perhiasan emas tak cukup kuat jika tidak menggunakan campuran logam lain dalam pembuatannya. Karat emas untuk perhiasan hadir dalam beberapa ukuran, seperti emas 24K, 18K, 14K, dan 10K. Lalu, manakah karat terbaik untuk sebuah perhiasan emas?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, emas memiliki sifat yang lunak, jadi akan sangat buruk jika menggunakan emas murni untuk membentuk sebuah perhiasan. Beberapa toko perhiasan umumnya menyediakan perhiasan emas 10K, 14K, dan 18K.

Sebenarnya, emas 18K merupakan ukuran standar untuk sebuah perhiasan emas. Perhiasan emas 18K pun sangat populer di Eropa dan Amerika Serikat sebagai standar karat untuk perhiasan. Emas 18K terdiri dari 75% emas murni dan 25% logam lain. Sedangkan untuk emas 14 karat terdiri dari 58,5% emas murni dan 41,5% logam lain.

Emas Tua Vs Emas Muda

Banyaknya perbincangan terkait emas muda dan emas tua di masyarakat, membuat informasi yang sebenarnya menjadi simpang siur. Hal tersebut justru bisa jadi sebuah mitos yang terus menerus berkembang. Yuk, bahas sedikit mengenai perbedaan emas muda dan tua.

Sama halnya dengan karat sebuah emas, emas tua dan emas muda pun ditentukan oleh kadar emas yang terdapat pada emas tersebut. Emas muda merupakan perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua adalah perhiasan emas dengan kadar di atas 42%.

Namun, ada beberapa sumber mengatakan bahwa emas muda adalah perhiasan emas dengan kadar emas di bawah 70%. Sedangkan emas tua merupakan perhiasan emas dengan kadar emas di atas 70%. Jadi kesimpulannya adalah, emas muda menggunakan campuran emas lebih sedikit dibandingkan dengan campuran logam lain saat membentuk sebuah perhiasan emas.

Ragam Warna Emas

Perhiasan emas hadir dalam berbagai warna, seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink atau rose gold. Namun, pada dasarnya perhiasan emas hadir dengan warna seperti namanya, yaitu emas.

Lalu mengapa terdapat emas putih, emas pink atau rose gold dan warna lainnya? Warna-warna tersebut didapat dari campuran emas dengan logam lain saat dibentuk menjadi sebuah perhiasan. Logam lain tersebut adalah nikel, alumunium, dan beberapa jenis logam putih lainnya.

Hal yang Mempengaruhi Harga Perhiasan Emas

Harga sebuah perhiasan emas pada satu tempat dengan tempat yang lain, biasanya tidak akan sama, walaupun model dan desainnya sama. Banyak hal yang membuat harga perhiasan emas berbeda-beda. Hal pertama yang mempengaruhi harga emas adalah harga emas itu sendiri di pasaran.

Pasalnya, harga emas dunia pasti akan sangat berpengaruh terhadap harga perhiasan emas itu sendiri. Selain itu, yang mempengaruhi harga perhiasan emas adalah ongkos produksi. Sebuah perhiasan emas tentunya tidak dibuat begitu saja, karena membutuhkan pengrajin (ahli pembuat perhiasan) serta bahan-bahan lain (campuran logam lain). Selain itu, semakin rumit modelnya tentu pengerjaannya pun akan semakin sulit dan ongkos produksinya akan semakin mahal.

Tempat atau toko perhiasan pun menjadi hal yang dapat mempengaruhi harga emas itu sendiri. Menjual perhiasan emas pada toko di mall tentu akan membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada menjualnya pada kios/ ruko di sebuah pasar. Nah, biaya sewa tempat tersebut umumnya akan dibebankan pada harga perhiasan emas yang dijual. Tetapi tidak untuk V&Co Jewellery. Kamu bisa mendapatkan harga terbaik dengan kualitas terbaik juga. Selain itu, kamu bisa membelinya secara online atau datang ke toko.

Tak hanya itu, biasanya toko perhiasan online menjual perhiasan dengan harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan toko online tak perlu menambah sewa toko pada perhiasan yang dijualnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perhiasan emas dnegan kualitas yang baik, namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Hal lain yang dapat mempengaruhi harga emas adalah kadar emas. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kadar sebuah emas berbeda-beda, dan akan berpengaruh pada harga perhiasan emas tersebut. Jadi, perhiasan emas 14K umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan perhiasan emas 18K.

Tempat Membeli Perhiasan

Setelah menentukan jenis perhiasan, pilih tempat atau toko perhiasan mana yang akan kamu jadikan tempat bertransaksi, toko offline atau toko online. Kedua toko tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalnya saja, jika kamu membeli perhiasan pada toko offline,kamu harus menyiapkan waktu yang banyak. Karena kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk mencari toko perhiasan yang cocok dengan selera kamu. Bukankah hal tersebut membutuhkan waktu?

Kamu bisa memilih toko perhiasan online untuk meminimalisir waktu. Karena dengan berbelanja online, kamu memiliki banyak waktu. Kamu dapat mencari perhiasan favorit kamu kapanpun dan dimanapun selama masih terintegrasi dengan koneksi internet.

Dengan diulasnya fakta tentang emas, kamu pasti semakin memahami bahwa emas merupakan perhiasan yang sangat unik dan memiliki ciri khasnya sendiri. Ulasan ini berguna agar kamu tidak salah beli perhiasan emas. Mau datang ke toko offline ataupun ke toko online, pastikan kamu datang ke V&Co Jewellery, ya!

vncoartikeladmin

Recent Posts

From Traditional to Trendy: Mengapa Upacara Siraman Masih Relevan?

Hey there! Kita semua tahu, kan, kalo tradisi dan tren itu kayak dua dunia yang…

13 jam ago

Panduan Memilih Perhiasan untuk Bayi, Hindari Material Berbahaya Ini!

Kehadiran seorang bayi adalah sebuah berkah yang diidam-idamkan oleh banyak pasangan, begitu pula nenek, kakek,…

19 jam ago

Kupas Tuntas Taklik Talak! Pengertian, Fungsi dan Praktiknya dalam Pernikahan

Hey there! Pernah denger istilah "taklik talak" nggak? Atau mungkin kamu pernah ngerasa bingung kenapa…

3 hari ago

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

4 hari ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

4 hari ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

5 hari ago