Model Gelang Berlian yang Cantik, Cari Tahu Yuk!

Beragam model gelang berlian bisa kalian miliki apabila memiliki bugdet yang cukup. Gelang berlian adalah jenis perhiasan yang dilingkarkan atau dikaitkan di pergelangan tangan. Di gelang tersebut terdapat berbagai bentuk berlian yang disusun sesuai dengan gaya dan model. Ukuran dari batu berliannya sendiri juga sangat bervariasi, ada yang menggunakan potongan berlian berukuran kecil-kecil untuk disusun menjadi sebuah model. Namun ada juga yang menggunakan berlian berukuran besar di sepanjang lingkarannya.

Seiring dengan berkembangnya dunia fashion, gelang berlian kini tidak hanya digunakan sebagai pelengkap penampilan saja, akan tetapi juga sebagai alat untuk menunjukkan status sosial dan juga sebagai investasi yang menjanjikan.

Hal itu disebabkan oleh harga dari berlian yang sangat mahal, karena materialnya yang keras dan sulit untuk dibentuk. Gelang berlian juga merupakan pilihan yang tepat untuk dikenakan dalam berbagai acara, dengan pilihan gaya yang beragam mulai dari model yang formal hingga model yang lebih sederhana.

Dari sisi keawetannya, bisa bertahan lama mengingat berlian merupakan salah satu batu mulia yang tidak dapat dihancurkan kecuali dengan menggunakan berlian lainnya.

Sejarah Gelang Berlian

Dalam sejarah, perhiasan gelang telah ada sejak peradaban manusia terbentuk. Dalam bahasa Inggris, gelang disebut dengan bracelet yang berasal dari bahasa Latin, brachile, yang berarti “terletak di lengan”. Setiap negara memiliki sejarah ditemukannya gelang, namun secara umum gelang telah ditemukan sejak zaman prasejarah. Bentuk awal dari gelang ini adalah berupa rangkaian manik-manik yang terbuat dari batu, yang juga bisa difungsikan sebagai kalung.

Di wilayah Indonesia sendiri, perhiasan gelang telah digunakan sejak masa awal bercocok tanam atau zaman Hindu-Buddha. Batu-batuan seperti kalsedon, agate serta jaspis yang memiliki berbagai warna masih menjadi bahan yang digunakan untuk membuat gelang saat itu.

Ukuran dari gelang tersebut juga bervariasi, mulai dari 4-54 mm hingga 6-17 mm. Selain sebagai perhiasan, gelang juga digunakan sebagai zimat yang dapat menolak bala. Tidak jarang juga berbagai bentuk gelang itu digunakan sebagai benda untuk menyimpan kekuatan magis.

Gelang juga digunakan sebagai salah satu penanda mengenai status sosial orang yang mengenakannya. Pada saat itu hanya keluarga dari raja, golongan bangsawan dan orang yang sangat kaya saja yang bisa mengenakan perhiasan gelang. Bahkan suku-suku tradisional yang ada di Tanah Air, seperti Suku Batak, Nias, Dayak juga telah mengenal gelang dan berbagai perhiasan lainnya, sebagai penanda sosial khususnya bagi kepala suku.

Manfaat Mengenakan Gelang Berlian

Gelang berlian tidak hanya bagus untuk dipakai di tangan saja, banyak manfaat lain yang dapat diberikan oleh gelang ini. Salah satunya adalah bermanfaat untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Karena kualitas serta tingkat kesulitan yang tinggi untuk membuat berlian ini, harganya juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menyimpan perhiasan ini tidak akan merugikan, namun harus disertai juga dengan sertifikat khusus yang menyebutkan bahwa gelang tersebut memiliki berlian yang asli.

Selain itu gelang berlian juga seringkali dijadikan pilihan untuk koleksi, dengan berbagai model dan ukuran yang ditawarkan. Tidak hanya tahan lama, gelang dengan hiasan berlian juga memancarkan warna unik yang sangat cantik. Dan semakin unik bentuknya maka akan semakin banyak orang yang akan tertarik untuk memilikinya, terutama para kolektor perhiasan berlian. Karena itu harga dari gelang berlian tidak akan turun, dan cocok untuk dijadikan barang koleksi sekaligus investasi.

Ada banyak pilihan perhiasan gelang yang cantik dan memiliki keunikan luar biasa, akan tetapi gelang berlian juga menawarkan banyak hal bagus. Tujuan memilih perhiasan yang satu ini adalah kemewahan yang dapat terlihat dari berbagai sudut.

Gelang ini menjadi pilihan paling tepat untuk acara penting ataupun perayaan mewah. Perhiasan ini juga tidak sulit untuk disimpan serta tidak membutuhkan banyak perawatan, selain dibersihkan dalam kurun waktu tertentu. Seperti setiap tahun sekali.

Berbagai Model Dari Gelang Berlian

Gelang berlian memiliki banyak sekali pilihan model, gaya dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini berbagai model gelang berlian:

  • Model Gelang Berlian Wanita

Bagi kaum wanita, gelang merupakan salah satu perhiasan yang paling banyak digemari baik sebagai pelengkap penampilan maupun hanya untuk mempercantik bagian pergelangan tangan. Kini sudah ada berbagai macam pilihan desain untuk gelang berlian wanita, disertai dengan berbagai pilihan ukuran. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan gelang yang tepat adalah gaya dari masing-masing individu serta menyesuaikan dengan acara atau tempat yang akan dihadiri.

Karena ukuran pergelangan tangan wanita yang cenderung lebih kecil dari pria, maka lebar dari model gelang berlian wanita juga  tidak terlalu besar. Walau begitu, model desain berlian wanita lebih beragam. Mulai dari desain minimalis hingga gelang dengan ukuran lebar dan bertabur berlian.

  • Model Gelang Berlian Pria

Perhiasan gelang memang lebih identik dengan kaum wanita ketimbang kaum pria. Namun tidak sedikit kaum pria yang memang suka menggunakannya sebagai aksesoris penunjang penampilan. Karena gaya pria yang berbeda, maka desain gelang tersebut juga berbeda dari gelang yang diperuntukkan bagi wanita. Gelang untuk pria ukurannya lebih besar dengan desain berlian yang tentunya lebih terkesan macho.

Gelang berlian pria ini sering dipadukan dengan emas putih, sehingga menghasilkan kombinasi yang maskulin. Selain itu kebanyakan desain gelang untuk pria terkesan berbentuk seperti rantai, karena itu warna emas putih sangat serasi dengan warna berlian yang juga putih berkilau.

  • Model Gelang Berlian Simple

Untuk acara yang formal, pilihan model yang simple adalah yang terbaik. Selain masih bisa tampil menawan dengan perhiasan berlian, tapi masih dapat terlihat mempesona dan tidak berlebihan. Gelang dengan desain yang simple belum tentu tidak dapat terlihat elegan, seperti model gelang tennis bracelet dan juga gelang dengan desain rantai yang kecil. Model tersebut juga cocok untuk dikenakan di lingkungan kantor sehari-hari, tidak terlalu mencolok namun tetap dapat menunjang keseluruhan penampilan.

Selain itu jika gelang berlian tersebut menggunakan desain minimalis maka bisa juga menggunakan dua gelang bersamaan, untuk mempermanis penampilan. Namun untuk acara yang tidak terlalu formal atau jika lingkungan kerja adalah lingkungan yang casual maka model yang patut untuk dicoba adalah dengan desain cuff. Akan tetapi tetap perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaan, sebaiknya dipastikan agar model yang dipilih tidak mengganggu.

  • Model Gelang Berlian Fashion

Fashion tidak selalu berbicara mengenai tren busana saja, namun aksesoris pendukungnya juga selalu mendapatkan model-model terbaru, dimana salah satunya adalah gelang berlian yang masih menjadi favorit. Gelang berlian fashion ditujukan untuk melengkapi desain busana, dengan gaya yang disesuaikan menurut masing-masing busana. Bagi para pecinta fashion, gelang yang satu ini juga merupakan item yang penting dalam penampilan. V&Co Jewellery memiliki banyak desain gelang berlian yang mengikuti tren zaman sekarang, lho.

Cara Mengetahui Gelang Berlian Asli Atau Palsu

Ada berbagai ciri khas yang hanya dimiliki oleh gelang berlian asli saja, perlu kejelian untuk dapat melihat apakah perhiasan tersebut palsu atau asli. Dilihat dari bentuknya, perhiasan yang asli memiliki bentuk yang kuat dan tidah mudah bengkok apalagi patah.

Selain itu batu berliannya sendiri juga terlihat berkilauan indah, dan memancarkan warna berbeda-beda tidak hanya putih transparan saja. Diantaranya ada warna pink, warn kuning dan warna biru.

Karena berlian merupakan batu mulia yang paling keras di permukaan bumi, maka salah satu cara untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli adalah dengan menggorekannya ke benda lain. Contohnya adalah kaca, apabila kaca tersebut terdapat goresan dan berliannya masih utuh, maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut asli.

Kemudian salah satu bahan yang dimanfaatkan untuk menciptakan berlian tiruan adalah kaca.  Sifat kaca sangat bertolak belakang dengan berlian yang asli, karena itu ada cara yang sangat mudah untuk membedakannya. Jika yang asli tidak dapat merefleksikan sesuatu secara jelas, sedangkan kaca bersifat merefleksikan hal-hal yang ada didepannya. Hasilnya berlian asli menghasilkan pencerminan yang buram dibandingkan dengan yang palsu.

Selanjutnya ada sifat cantik yang dimiliki oleh berlian, yang bahkan tidak dimiliki oleh batu mulia lainnya. Berlian yang asli dapat merefleksikan cahaya dari setiap sisi yang dimilikinya, itulah salah satu alasan mengapa berlian dapat terlihat berkilauan di bawah cahaya apapun. Akan tetapi yang palsu hanya dapat terlihat berkilauan di bagian atasnya saja, sedangkan sisi-sisinya tidak memancarkan kilau yang indah.

Kemudian cara paling mudah lainnya untuk dapat mengetahui gelang berlian asli atau palsu adalah dengan memasukkan gelang tersebut ke dalam air. Yang asli memiliki struktur yang kokoh sehingga berat dari perhiasan tersebut juga tidak ringan. Ketika dimasukkan ke dalam air, maka yang asli akan langsung tenggelam ke dasar.

Sedangkan yang palsu, yang biasanya dibuat hanya dengan menggunakan material yang murah dan ringan, hanya akan terlihat mengapung di permukaan air saja. Beberapa gelang berlian palsu bisa saja tenggelam ketika dilakukan tes ini, akan tetapi kecepatan tenggelamnya tidak akan secepat yang asli.

vncoartikeladmin

Recent Posts

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

21 jam ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

22 jam ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

3 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

4 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

5 hari ago

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

1 minggu ago