Ingin Berinvestasi di Perhiasan Berlian?

Ingin Berinvestasi di Perhiasan Berlian?

Terdapat jutaan jenis perhiasan berlian yang telah dibuat dalam industri perhiasan di dunia.

Sifatnya yang dapat disesuaikan dengan segala macam bentuk menjadikan berlian unggul dari perhiasan dari batu mulia lainnya. Selain dari keindahannya, berlian juga unggul dalam sejarah warisannya.

Perhiasan berlian tersedia untuk berbagai macam perayaan dan tujuan tertentu, bisa dibilang hampir untuk seluruh perayaan bergengsi. Faktanya, berlian dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

Salah satu alasan berlian menjadi pilihan utama dibanding kompetitornya adalah kilaunya yang lebih indah dari kristal jenis mana pun. Selain itu level warna, potongan dan kejernihan berlian terlihat lebih jernih dari pesaingnya.

Perhiasan berlian juga menjadi favorit dari perancang perhiasan yang dapat menggunakan keuntungan maksimum dari berlian. Dan membuat artefak yang mengagumkan hanya dengan menggunakan satu jenis batu mulia tersebut.

Warisan dan reputasi dari berlian juga menjanjikan bahwa berlian adalah investasi paling aman dan menguntungkan yang tersedia di pasar saat ini.

Perhiasan ini bisa di bentuk untuk perayaan yang berbeda beda –mulai dari acara formal, non-formal, hingga pesta pernikahan mewah. Siapapun bisa memakai cincin berlian yang simpel atau sepasang anting berlian untuk penampilan terbaiknya.

Di kesempatan lain, dengan menggunakan kalung berlian yang seperti labirin untuk acara sosial yang formal akan memancarkan kesan mewah dan glamour. Walaupun cukup mahal, beberapa jenis perhiasan berlian di bentuk khusus untuk pemakaian sehari-hari.

Sedangkan, perhiasan yang dibentuk untuk perayaan formal atau non formal biasanya memerlukan hiasan dan detail yang khusus. Perhiasan yang dipakai sehari-hari di desain simpel dan bisa di bawa untuk acara santai. Dengan fakta berlian merupakan zat mineral yang paling keras, secara gamblang menjelaskan kalau berlian tidak gampang tergores.

Jenis dan Model Perhiasan Berlian

Perhiasan Berlian Pria

Seperti perhiasan pada umumnya, terdapat beberapa jenis perhiasan berlian yang umum dikenal, yaitu: kalung berlian, anting berlian, cincin berlian dan gelang berlian.

Adapun jenis berlian yang lebih kreatif, empat dasar bentuk perhiasan berlian tersebut selalu menjadi favorit. Walaupun kebanyakan perhiasan berlian wanita mendominasi pasaran, seiring perkembangan zaman, juga terdapat perhiasan berlian pria yang mulai diminati.

Cincin berlian adalah pilihan utama dari semua jenis perhiasan berlian. Karena alasan ukuran dan mudah untuk dilihat, harganya yang relatif lebih terjangkau dari jenis perhiasan berlian lain juga menjadi faktor utama.

Cincin berlian juga terdapat dalam berbagai model yang indah dan cantik di pasaran. Teknik yang di gunakan pun bermacam-macam, mulai dari yang tradisional hingga berbentuk kontemporer.

Beberapa model umum dapat dikategorikan seperti yang dijelaskan sebagai berikut.

Model Solitaire Princess Cut

Model solitaire dengan rangka cincin yang membungkus di sekeliling berlian menjaganya agar aman di tempat. Model seperti ini juga dikenal dengan teknik cakar.

Teknik seperti ini meminimalisir jumlah logam yang digunakan, menjadikan cahaya lebih banyak masuk menembus berlian. Rangka cincin merupakan jumlah yang pas untuk tipe Princess Diamond dan beberapa bentuk potongan lain.

Model Listring Princess Cut

Berbeda dengan model sebelumnya, cincin listring memiliki beberapa berlian yang tersusun mengelilingi lingkarang rangka cincin.

Setiap berlian yang tersusun satu sama lainnya memiliki ukuran dan cutting yang sama. Tipe ini meminimalisir penggunaan logam seperti teknik yang digunakan pada model rangka cincin klasik.

Model Listring Full Diamond

Berlian diamankan di antara dinding logam bagian dalam dan di susun di antara berlian lain berurutan pada lingkaran cincin. Berlian tampak seolah olah ditanam pada dasar cincin tanpa bantuan apa pun.

Model Gipsy

Sebagian orang mungkin mengetahui model ini dari perhiasan pria. Logam yang semakin tebal di bagian atasnya ini menjadi pilihan banyak orang.

Tanpa menggunakan rangka yang rumit, berlian dimasukkan ke dalam cincin yang membuatnya tampak mulus dan indah.

Model Halo

Model halo sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta perhiasan. Berlian dengan ukuran besar pada bagian tengah, dikelilingi berlian yang lebih kecil disusun rapi satu sama lain.

Hal ini tentu saja untuk memberikan ilusi bentuk berlian yang tampak lebih besar dari aslinya.

Model Flower

Model flower berpusat pada batu mulia yang besar di tengah yang dikelilingi berlian lebih kecil di sekelilingnya membentuk kelopak bunga.

Investasi Perhiasan Berlian

Perhiasan Berlian Gelang

Bagi masyarakat Indonesia, umumnya, investasi pada berlian belum sepopular investasi logam mulia.  Sejak zaman dahulu, investasi berlian belum mendapatkan tempat yang luas seperti sekarang. Tapi seiring dengan perubahan zaman, maka investasi pada periasan berlian mulai di minati masyarakat, khususnya wanita.

Menurut para pemain industri satu ini, berlian memberikan peluang keuntungan yang cukup baik. Lebih penting lagi, apresiasi harga berlian beberapa tahun belakangan mulai berkembang dengan baik. Walaupun begitu, seperti bentuk investasi pada umumnya mempunyai pro dan kontra tersendiri. Berikut beberapa pro dan kontra investasi perhiasan berlian.

Keuntungan pertama dari berlian daripada logam mulia batangan adalah ukurannya. Berlian memiliki ukuran yang lebih kecil dan bisa digunakan oleh pemiliknya untuk menunjang penampilan. Batu mulia ini telah dipakai sebagai salah satu bentuk transfer keuangan yang dipercaya sejak dahulu.

Perhiasan berlian kecil dapat dihargai tiga kali lipat daripada emas batangan dengan ukuran yang sama. Itulah alasan kenapa berlian merupakan bentuk investasi yang lebih baik

Dengan ukuran yang kecil mendatangkan kemampuan penyimpanan yang baik. Siapapun dapat menyimpan berlian yang berharga ratusan hingga jutaan rupiah hanya dalam kotak kecil. Terlebih, berlian adalah investasi dimana orang bisa melihat, memegang dan memakainya.

Sebagai hasilnya, banyak yang lebih memilih berlian daripada membeli saham dan investasi digital lainnya. Ketahanan dari berlian adalah keuntungan yang secara alami telah ada pada perhiasan. Berlian adalah benda paling keras yang sulit dihancurkan.

Kekurangan Dalam Investasi Berlian

Perhiasan Berlian

Kurangnya adalah transparansi harga. Tidak seperti emas yang harga pasarnya lebih jelas, berlian masih belum begitu transparan masalah harga.

Perhiasan berlian juga sulit untuk ditukarkan. Membeli berlian lebih mudah daripada menjualnya. Beberapa toko perhiasan mungkin membelinya, akan tetapi harga yang diberikan di bawah harga awal.

Selain itu, butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan keuntungan dari berlian. Jika mencari perhiasan dengan keuntungan yang cepat dalam setahun, maka berlian bukan salah satunya.

Perawatan Berlian

Walaupun berlian merupakan batu mulia terkeras di muka bumi, berlian bisa kehilangan kilauannya hanya dari minyak yang berasal dari sentuhan tangan manusia. Beberapa lapisan yang digunakan untuk memperkilat perhiasan berlian juga dapat tergerus oleh gosokan kasar dari tangan atau dari bahan kimia.

Bahkan, logam yang membungkus berlian bisa berpori, lunak dan terancam beberapa kerusakan jika bereaksi dengan bahan kimia keras. Berikut beberapa cara membersihkan perhiasan berlian yang baik dan benar.

  1. Rendam berlian pada larutan detergen dan air yang hangat. Detergen juga dapat dengan sabun cuci piring berbahan kimia rendah.
  2. Gunakan sikat yang lembut jika memungkinkan untuk membersihkan kotoran. Lembut adalah kuncinya –jangan menggosok dengan sikat yang kasar yang mungkin cukup keras untuk menggerus logam perhiasan berlian.
  3. Perhatikan baik-baik saat membersihkan berlian, khususnya bagian bawah-dalam dari perhiasan. Biasanya kotoran menumpuk pada sudut antara cabang-cabang logam penahan perhiasan.
  4. Jika berlian terlihat kelam atau samar dari sebelumnya, kemungkinan karena lapisan tebal dari minyak di area tersebut. Gunakan sikat yang paling lembut dan panjang agar dapat menjangkau sudut-sudut yang sulit dijangkau.
  5. Kucek sedikit perhiasan tadi dalam larutan dan rendam kembali selama 2-3 menit.
  6. Jika mencuci di wastafel, pastikan sumbat dahulu saluran pembuangan agar cincin tidak jatuh dan masuk ke dalam.
  7. Cucilah dengan air hangat perhiasan yang telah di rendam dan digosok tadi sambil di gosok dengan sikat halus.
  8. Keringkan perhiasan dengan kain tanpa serat.
  9. Jika berlian dan pelatnya membutuhkan bantuan ekstra, gunakan semprot air seperti Waterpik untuk membersihkan butiran-butiran kecil yang menyangkut.
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Perhiasan Berlian

Untuk berlian yang tidak pernah di aplikasikan bahan kimia sebelumnya, bisa menggunakan amonia dan air sebagai larutan pembersihnya.

Pastikan untuk membaca instruksi cara membersihkan dengan baik agar tidak menggunakan terlalu banyak amonia. Hal tersebut bisa berakibat pada kerusakan pada perhiasan berlian. Amonia dapat menghilangkan lapisan pengilat yang dipasang pada perhiasan berlian.

Tidak semua perhiasan dapat diaplikasikan teknik pembersihan yang sama. Perhiasan berlian mempunyai kelemahan yang berbeda-beda satu sama lain. Jika perhiasan berlian di pasangi batu mulia jenis lain, temukan cara agar tidak merusak salah satu dari batu mulia tersebut.

Menggunakan larutan pembersih sendiri yang dapat bekerja pada perhiasan dengan berbagai batu mulia bisa jadi alternatif. Jaga perhiasan berlian ketika mencuci, lebih baik lepaskan terlebih dahulu. Terlalu sering terkena sabun cuci piring tidak baik untuk perhiasan berlian, hal tersebut justru bisa menimbulkan kerusakan yang lebih cepat.

Cara Merawat Perhiasan Berlian

Perhiasan Berlian Mewah

Walaupun berlian adalah batu mulia paling kuat, goresan dan kerusakan masih dapat terjadi. Apa pun penyebabnya, perhiasan berlian butuh perawatan dan pembersihan dari waktu ke waktu. Berikut cara merawat perhiasan berlian agar tetap berkilau dan tahan lama.

  • Hindari menyentuh langsung berlian pada perhiasan. Jika mencintai kilauan berlian, maka hindari menyentuh langsung berliannya. Sentuhan yang dilakukan pada permukaan berlian akan meninggalkan minyak dari jari ke perhiasan berlian yang dapat membuat kilauannya menjadi suram
  • Lepas perhiasan jika bekerja menggunakan bahan kimia. Bahan kimia dapat membuat kamar mandi atau piring dan gelas di rumah menjadi bersih, akan tetapi bahan tersebut tidak akan membuat perhiasan terjaga kilauannya.
  • Lepas berlian saat bekerja kasar. Pekerjaan kasar seperti: perbaikan rumah, menggeser furnitur, berkebun, dan lain-lain, dapat menggores logam dasar.
  • Lepas berlian saat berenang. Pada dasarnya, klorin tidak baik bagi berlian. Terlebih lagi, ketika berenang tubuh manusia akan menyusut dan kemungkinan perhiasan berlian dapat dengan mudah lepas.
  • Bawa perhiasan pada pembuat perhiasan profesional dua kali dalam setahun. Perhiasan berlian perlu di periksa oleh pembuat perhiasan profesional secara berkala. Mereka akan memeriksa setiap detail perhiasan untuk memastikan perhiasan berada pada keadaan baik.
  • Dapatkan asuransi untuk berlian yang dibeli. Perhiasan adalah barang berharga, tentu masuk akal jika berlian di asuransikan. Lakukan penaksiran perhiasan setiap 5 tahun sekali, karena nilai berlian akan meningkat.

Karakteristik Perhiasan Berlian Asli

Perhiasan Berlian Cantik

Sebelum menikmati indahnya kilau berlian, pastikan perhiasan tersebut adalah barang asli. Kadang sulit untuk menentukan antara berlian asli dengan berlian imitasi. Walaupun tidak pernah dilatih untuk membedakannya, berikut ini cara mengetahui ciri perhiasan dengan berlian asli.

Ciri-Ciri Perhiasan Asli:
  • Berlian adalah batu mulia paling keras di bumi. Jika perhiasan itu hancur hanya karena terjatuh di lantai semen, sudah dipastikan berlian itu palsu.
  • Berwarna berbeda. Berlian paling langka berwarna merah muda, kuning atau biru. Jika pembuat perhiasan mengatakan berlian tersebut langka tapi tidak di dalam warna tersebut, sebaiknya tanyakan lebih banyak.
  • Berlian dapat menggores apa pun. Karena tingkat kekerasannya yang luar biasa dari batu mulia lainnya di bumi, ini berarti berlian dapat menggores apa pun.
  • Tidak tembus pandang. Jika mempunyai berlian asli, maka mata tidak bisa melihat menembus berlian tersebut.
  • Melihat warna abu-abu. Berlian asli hanya bisa memperlihatkan pantulan cahaya abu-abu. Jika yang dimiliki adalah berlian imitasi, maka pantulan cahayanya akan berwarna-warni.
  • Embun yang menghilang. Cobalah untuk meniup berlian dengan nafas, jika terdapat embun diatasnya, maka berlian yang dimiliki adalah palsu. Berlian asli secara otomatis akan menghapus sendiri bekas embun yang ditimbulkan dari napas, bahkan sebelum mata sempat melihatnya.
  • Tidak bisa dipanaskan. Berlian asli memencarkan panas secara cepat seperti menghilangkan embun. Cobalah memanaskan berlian selama 30 detik. Jika berlian tetap panas, maka berlian tersebut palsu. Berlian asli tidak akan menjadi panas dan tidak akan merasakan panas ketika memegangnya.
  • Walaupun cukup sulit untuk menemukan berlian yang sempurna, perhiasan yang asli tidak akan memiliki goresan sebanyak yang terdapat di permukaannya. Berlian asli tidak bisa di gores dengan mudah, dan akan jarang menemukan berlian dengan banyak goresan.
  • Ketika melakukan tes keaslian berlian, pastikan melihat hingga detail. Terkadang, penjual menyambung berlian asli dengan berlian palsu pada bagian bawah. Untuk mengetahuinya, celupkan berlian ke dalam segelas air, jika mengapung berarti berlian tersebut palsu.

Perhiasan Berlian Wanita

Seperti perhiasan pada umumnya, terdapat beberapa jenis perhiasan berlian yang umum dikenal, yaitu: kalung berlian, anting berlian, cincin berlian dan gelang berlian. Walaupun perhiasan lebih banyak pilihannya untuk wanita, sekarang telah banyak berkembang pembuat perhiasan yang khusus untuk pria.

Ketahanan berlian adalah keuntungan terbesar dari mineral ini. Walaupun begitu, berlian perlu di asah dari waktu ke waktu untuk menjaga permukaan yang mulus. Tingkat kekerasan berlian telah membawa formula baru ke atas meja untuk kombinasi yang tepat. Dengan platinum –kombinasi yang memberikan garansi ketahanan terhadap waktu-.

Platinum adalah logam berharga yang cocok dijadikan dasar dari perhiasan berlian yang beredar di pasar sekarang. Beberapa tipe perhiasan berlian juga ada yang memakai emas, perak atau palladium sebagai dasar, tetapi tidak dapat menyamai ketahanan platinum.

Perhiasan yang di produksi oleh hampir setiap desainer perhiasan di seluruh dunia. Sebagai hasil dari pasar yang bersaing ketat dan terus meningkatnya konsumen, rentang produk-produk yang dihasilkan juga ikut meningkat seiring waktu.

Harga berlian alami pastinya sangat mahal, di sisi lain, berlian dari hasil sintesis buatan mempunyai harga yang lebih miring. Contohnya berlian Amerika, dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan berlian alami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *