kalung berlian eksklusif

Cara Merawat dan Membersihkan Kalung Berlian

Kalung berlian menjadi salah satu dari sekian fashion item yang digemari oleh sebagian besar kaum wanita, namun juga pria.

Ketika dihadapkan dengan sejarah penemuan berlian, maka jawabannya adalah India. Secara umum berlian terdapat di seluruh dunia, akan tetapi India dipercaya sebagai awal mula penemuan berlian.

Awal pemakaian berlian bukan dijadikan sebagai perhiasan, melainkan sebagai hiasan dan dekorasi. Seiring berjalannya waktu, berlian mulai digunakan untuk hal yang berbeda-beda. Salah satunya kalung berlian.

Di zaman kegelapan, orang-orang percaya bahwa berlian mengandung kekuatan mistis yang dapat menyembuhkan. Berlian kemudian berevolusi dari objek pengobatan menjadi barang berharga di abad pertengahan. Berlian menghabiskan lebih dari 1.000 di India hingga akhirnya masuk ke Eropa.

Pada tahun 327 sebelum Kristus, Alexander yang agung merupakan raja Makedonia, membawa berlian pertama dari India ke Eropa. Walau begitu, barulah setelah 100 tahun setelah diperkenalkan berlian di gunakan pada perhiasan.

Setelah 300 tahun kemudian barulah ditemukan teknik potong ujung. Dengan teknik ini, berlian dapat dengan efektif dipotong berdasarkan bentuk alaminya juga mengurangi sisa buangan. Pada saat itu, hanya berlian dengan bentuk sempurna yang dapat dipakai. Selebihnya dibuang karena tidak ada yang bisa memotong berlian dengan baik dan benar.

Perkembangan Kalung Berlian

kalung berlian

Menghiasi tubuh dalam keindahan dan gaya dengan perhiasan berupa kalung adalah hal yang klasik dan telah dilakukan sejak beratus tahun lamanya. Dengan pancaran feminimitas atau kilauan yang berasal dari berlian pada kalung tersebut. Berlian telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Salah satu Fashion statement yang datang dari kehadiran berlian adalah kalung berlian. Kalung berlian telah menjadi crème de la crème, barang berharga tetapi tidak pasaran seperti perhiasan lainnya, khususnya di negara Eropa.

Hal ini membuatnya sangat diminati untuk dimiliki dan signifikan dalam bentuk hadiah dan benar-benar bagian spesial dari pakaian apa pun. Kalung adalah bagian utuh dari perhiasan seperti yang kita tahu. Faktanya, perhiasan pertama kali ditemukan dalam bentuk hiasan cangkang yang ditemukan di sebuah gua di Afrika.

Setelah diketahui umurnya, ternyata perhiasan kalung pertama kali berada saat zaman batu sekitar 75.000-100.000 tahun yang lalu. Ketika membicarakan tentang kalung berlian, biasanya akan teringat akan kalung rantai yang dipakai mengitari leher.

Dimana desainnya memperlihatkan struktur rantai dengan sangat jelas. Kemungkinan salah satu hal yang terkait dengan perhiasan ini adalah liontin berlian. Ini membuat fokus dari perhiasan adalah liontin yang menggantung pada kalung.

Beberapa kalung berlian memakai logam mulia sebagai rangkanya untuk membentuk kalung yang indah. Bentuk kalung berlian lain memakai paduan kain dan logam platinum agar tercipta nuansa kultural. Bahan tradisional seperti kayu dan keramik juga menjadi pilihan zaman sekarang.

Kalung Berlian Terkenal Di Dunia

Kalung Ruby Malisandre

Kostum dan perhiasan selalu memegang peranan penting dalam memberikan elemen drama, sejarah dan keindahan dalam lensa.

1. Titanic – Jantung Samudra (the heart of the ocean)

Urutan pertama adalah kalung populer di dalam sejarah perfilman, kalung ini digadang-gadangkan menjadi kalung berlian terindah di dunia.

Jantung Samudera Titanic mempunyai bentuk permata safir besar dan indah dikelilingi berlian putih di sekitarnya. Jantung Samudera yang asli pernah dipakai oleh Louis ke-XVI di mahkotanya, yang kemudian hilang setelah dia di eksekusi.

Kemudian berlian tersebut di potong sehingga membentuk hati dan dikenal dengan Jantung Samudra (the heart of the ocean). Setelah kesuksesan filmnya, Asprey dan Garrard bekerja sama untuk membuat kalung Jantung Samudra seperti di Titanic.

Perbedaannya, batu mulia yang dipakai adalah safir dengan ukuran 171-karat yang dikelilingi 103 berlian.

2. Game of Thrones – Kalung Ruby Malisandre

Game of thrones, sebuah buku seri popular yang menjadi terkenal setelah diangkat menjadi acara televisi di Amerika penuh dengan fantasi dan drama. Menambah keindahan cerita dan karakter yang kompleks, terdapat kostum, tatanan rambut dan makeup.

Kalung rubi yang dipakai oleh seorang pemain, Melisandre (Carice Van Houten) adalah salah satu daya tariknya, dengan faktor sejarah dan religius. Rubi yang di desain oleh Chaumet (the Hope Ruby) adalah salah satu rubi termahal yang pernah terjual.

Dengan ukuran 32.08 karat, rubi tersebut terjual di tahun 2012 pada sebuah pelelangan dengan harga $6,742,440.

3. The Other Boleyn Girl – Boleyn “B”

Kalung dengan inisial huruf telah lama ada dalam sejarah. Pada tahun 1520, saat pemerintahan Henry ke-VIII, perhiasan yang dimodifikasi sangat popular. Salah satu bagian terindah itu adalah kalung emas dan mutiara “B” yang dipakai oleh Anne Boleyn.

Terdapat spekulasi bahwa lukisan terkenal dengan inisial “B” bukanlah Boleyn –yang ternyata salah satu inisial nama dari keluarga lain yang bernama Brandon.- Terlepas dari teori yang menyelimutinya, kalung tersebut di pakai dalam salah satu film ternama yang berjudul “The Other Boleyn Girl” (Natalie Portman).

Kalung ini, bersamaan dengan kalung lain yang mempunyai inisial “AB” dan kalung rantai dengan inisial “H” yang dipakai Henri ke-VIII. Kemudian di wariskan kepada anak perempuan yang bernama Elizabeth dan juga terlihat pada beberapa lukisan Elizabeth.

4. Pretty Woman – Kalung Rubi dan Berlian

Salah satu adegan terkenal di perfilman Amerika dimana Vivian (Julia Roberts) dihiasi dengan kalung rubi dan berlian yang mengagumkan. Kalung tersebut dibuat dengan rubi berbentuk hati yang ditaruh di antara berlian yang mengelilinginya.

Kalung tersebut dibuat khusus oleh pembuat perhiasan berkebangsaan Prancis, Fred Joalilier. Pada saat itu, harga kalung tersebut mempunyai nilai sangat besar.

5. Moulin Rouge – Satine

Kalung berlian yang terurai indah yang dipakai Nicole Kidman dalam film Mouline Rouge dibentuk dari ribuan berlian. Kalung berlian mewah Satine adalah salah satu perhiasan termahal yang pernah di buat untuk sebuah film. Kalung ini, bukanlah kalung fiksi. Dibentuk dengan 1,380 berlian dengan total 134 karat.

Bahkan, produksi kalung ini menggunakan teknik keterampilan yang telah berusia 100 tahun dan membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya. Selain indah dan mewah, harga berlian yang terbilang cukup mahal menjadi faktor utama kenapa investasi berlian sangat menjanjikan.

Ciri-Ciri Perhiasan Berlian Asli

kalung berlian fashion

Di antara kalung berlian yang asli, juga terdapat yang palsu. Kenali ciri-ciri perhiasan yang asli dengan mudah dengan langkah berikut ini.

  • Gunakan kaca pembesar. Amati dengan saksama berlian yang akan di periksa, apakah terdapat goresan atau seperti sambungan di berlian. Perhiasan berlian asli tidak akan mempunyai banyak goresan baik di bagian luar maupun di bagian dalam.
  • Lakukan tes uap pada berlian. Hembuskan nafas ke arah berlian, jika berlian tampak berkabut bisa jadi berlian itu palsu. Pada perhiasan berlian asli tidak akan meninggalkan kabut pada permukaannya.
  • Berlian tidak tembus pandang seperti kaca. Jika mencoba melihat melalui berlian, maka tulisan yang di lihat akan samar-samar dan tidak jelas.
  • Berlian memantulkan cahaya dengan baik, sehingga semua warna dipantulkan kembali di sekitarnya.

Jenis dan desain kalung berlian memberikan dampak signifikan pada penampilannya dan pesona dari perhiasan tersebut. Potongan berlian yang bundar telah lama menjadi bentuk berlian yang popular disematkan pada perhiasan, walaupun banyak bentuk lain dari berlian.

Beberapa bentuk berlian seperti cushion, princess dan round adalah alternatif terbanyak yang dipilih sebagai bentuk yang menarik. Umumnya, pemakaian kalung berlian di ikuti dengan liontin atau disebut juga dengan bandul kalung berlian.

Agar liontin terlihat menonjol, kalung dibentuk lebih sederhana. Adapun bentuk kalung  tanpa liontin dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat cantik dan mewah.

Model-Model Kalung Berlian

kalung berlian choker

Beberapa contoh model kalung berlian yang terkenal diantaranya:

Kalung Berlian Simple

Keindahan dan elegan dari berlian bisa dengan sempurna ditangkap dengan menghiasinya pada kalung. Kalung berlian tidak harus di desain secara khusus untuk membuatnya indah, dengan bentuk yang simpel pun akan melengkapi penampilan.

Juga disebut dengan kalung berlian minimalis, kalung ini dapat terlihat cantik dan elegan saat dikenakan, meskipun desain yang sederhana. Polanya dapat berupa kelopak bunga, huruf, bintang, bunga, desain abstrak dan lain-lain. Rantai pada kalung bisa berbentuk lebih tebal yang akan membuat pola menjadi terlihat bagus jatuh di leher.

Kalung Berlian Eksklusif

Seperti namanya, berlian ini di desain pada sisi yang mahal. Kalung ini sebagian besar di kerjakan dengan berlian yang harganya mahal. Kalung ini juga memiliki nilai merek sebagaimana berlian yang dipakai adalah merek internasional.

Sehubungan dengan mereknya, kualitas dari berlian adalah kualitas yang nomor satu dan kilauannya adalah bukti nyata hanya dengan melihat kalung berlian tersebut.

Kalung Berlian Fashion

Salah satu perhiasan yang terbilang cukup mahal adalah kalung berlian choker. Berlian dengan gaya choker tampak memukau dan fashionable.

Kalung Berlian Vintage

Perhiasan vintage tidak bisa dikatakan tua jika dibandingkan dengan barang antik yang berusia lebih dari ratusan tahun. Berbeda dengan kalung berlian model terbaru, perhiasan vintage sendiri masih popular digunakan saat ini jika dipadankan dengan pakaian klasik yang tepat.

Dengan memakai perhiasan vintage, akan membuat Fashion statement jadul yang berkelas dan terlihat kontemporer pada seorang wanita. Terlihat berkelas tetapi tetap bercita rasa vintage.

Cara Membersihkan Kalung Berlian

kalung berlian dengan mutiara

Seperti objek berharga lainnya, berlian membutuhkan pemeliharaan dan perlindungan yang baik. Walaupun berlian adalah batu mulia paling keras di bumi, masih ada kemungkinan berlian bisa retak, suram dan bahkan pecah. Debu, kotoran, minyak dan bekas sabun bisa meninggalkan lapisan yang mengurangi keindahannya.

Berbagai macam benturan juga bisa berpotensi membuat berlian pecah. Agar kalung berlian dapat bersinar seperti baru, sangat penting untuk menjaganya dan membersihkannya secara periodik. Cara merawat perhiasan yang satu ini sebenarnya sangat mudah dilakukan di rumah. Selalu pastikan untuk melepaskan kalung di saat melakukan kegiatan fisik yang keras.

Bermain olahraga seperti tenis bisa membuat rusak kalung, bahkan hilang jika tidak hati hati. Selain untuk tujuan pemotretan atau video, lebih baik lepaskan kalung saat ingin berenang. Biasakan untuk meletakkan satu perhiasan berjauhan dari perhiasan berlian lainnya, karena bisa menggores permukaan berlian satu sama lain.

Lakukan perawatan rutin, setidaknya satu hingga dua kali dalam setahun agar kualitas kalung berlian terjaga. Untuk kebersihan berlian, juga dapat melakukannya di rumah dengan bahan-bahan yang ada. Berikut beberapa cara membersihkan kalung berlian dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di rumah.

Bersihkan Dengan Cuka

Ambil ¼ gelas kecil cuka, campurkan dengan air hangat dan 2 sendok makan baking soda. Aduk perlahan campuran bahan hingga berbentuk seperti pasta.

Gunakan sikat halus seperti gosok gigi untuk membersihkan seluruh permukaan kalung berlian selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat dan gosok kembali hingga benar-benar bersih. Bilas kembali untuk terakhir kalinya dan keringkan dengan kain bersih.

Untuk lebih bagusnya, berlian dapat di rendam perhiasan di dalam larutan pasta tersebut selama 5 menit sebelum menggosoknya dengan sikat.

Bersihkan Dengan Baking Soda

Gunakan 2 sendok makan baking soda dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk pasta kental. Dengan sikat gigi, gosok perhiasan berlian sembari menggunakan pasta tadi untuk membersihkannya. Cucilah dengan bersih menggunakan air hangat dan ulangi proses ini hingga perhiasan berlian benar-benar bersih.

Bersihkan Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi adalah salah satu alternatif mudah, murah dan efektif secara bersamaan untuk membersihkan kotoran pada perhiasan. Dengan bantuan kain katun atau sikat halus, oleskan pasta gigi pada kalung berlian dan gosok dengan kain katun atau gosok gigi tadi secara menyeluruh. Bersihkan dengan handuk basah yang bersih setelah digosok.

Bersihkan Dengan Hidrogen Peroksida

Tuangkan satu cangkir hidrogen peroksida di dalam wadah. Pastikan semua bagian perhiasan terendam di  dalamnya. Kotoran pada perhiasan akan bereaksi dengan hidrogen peroksida dan akan mulai membuat gelembung-gelembung kecil.

Ambil perhiasan dari larutan tadi, dan setelah beberapa saat masukan kembali untuk beberapa menit. Ambil dan bersihkan perhiasan dengan air biasa.

Bersihkan Dengan Alkohol

Rendam kain lembut ke dalam larutan alkohol dan gosok dengan lembut pada perhiasan. Selain untuk konsumsi, alkohl juga bisa dipakai untuk membersihkan berlian. Sangat banyak faktor yang mempengaruhi harga dari sebuah kalung berlian. Salah satu faktor utamanya adalah desain dari kalung tersebut.

Kalung berlian yang di desain oleh desainer perhiasan akan mempunyai harga yang lebih mahal daripada kalung berlian biasa.

Hal lain yang mempengaruhi harga berlian terletak pada potongan, kejernihan, warna dan karatnya. Tidak lupa, logam yang digunakan juga memberikan perbedaan harga; perak, emas atau platinum akan mempengaruhi harga kalung berlian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *