Engagement ring

10 Cara Spesial Memberikan Promise Ring Kepada Pasangan

Belakangan ini, pemberian promise ring atau cincin janji kepada pasangan cukup populer di media sosial. Banyak pasangan membagikan momen manis saat pemberian promise ring dan berhasil membuat warganet meng-iri. 

Sebenarnya, apakah promise ring ini merupakan tren baru? Jawabannya tidak. Cincin janji ini memang sudah dikenal lama oleh para muda-mudi. Berbeda dengan cincin lamaran, promise ring merupakan tanda janji seorang pria pada pasangannya.

Berjanji untuk bersama selamanya, tetap mencintai di waktu senang dan sedih, ataupun akan selalu menemani pasangan sampai mereka mengucap janji suci sehidup semati serta membangun masa depan bersama lewat pernikahan kelak.

Momen indah ini merupakan kenangan berharga yang akan terus diingat sekaligus tempat mengekspresikan ide kreatif pasangan kepada wanitanya. Agar momen menyematkan promise ring di jari pasangan lebih spesial, kami memberikan 10 ide kreatif khusus buat kamu. Ssh, jangan sampai pacarmu tahu kamu lagi baca ini!

  • Perjalanan cinta

Lamaran pernikahan
Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Berikan hadiah spesial bertajuk perjalanan cinta bersama pasangan. Kamu bisa mengajaknya berlibur ke tempat-tempat indah, seperti gunung, pantai, ataupun pergi ke kota yang ingin dia kunjungi.

Kamu bisa memenuhi salah satu wishlist kegiatan impiannya selama berlibur dan berikan promise ring ketika kalian sedang melakukannya. Memberikan cincin janji ketika ia melakukan aktivitas impiannya tentu merupakan keinginan banyak wanita.

Rasa bahagianya double-double. Di mana ia berlibur bersama kekasih dan diajak untuk hidup bersama selamanya membangun masa depan sebagai suami istri. Kamu tidak perlu ragu, cincin pemberianmu akan menjadi hadiah paling berharga bagianya. Namun, tentu saja lebih berharga kalau kamu menyematkan cincin pernikahan di jarinya.

  • Menggunakan bunga

Cincin lamaran
Foto: Pexels/Lucas

Dalam beberapa waktu ini, sudah berapa kali kamu memberikan bunga sebagai bentuk cinta kepadanya? Nah, memberikan promise ring menggunakan bunga juga salah satu ide kreatif. Ya, kamu jangan memberi bunga dan cincinnya secara terpisah. Terlalu biasa kalau cara memberikannya terlalu jadul seperti itu.

Cara uniknya, sembunyikan kotak cincin di dalam tumpukan kelopak bunga. Tunggu sampai ia menyadari bahwa didalamnya ada surprise spesial darimu. Jika pasanganmu tidak menyadari begitu menerimanya, ingatkan untuk meletakkan bunga di tempat aman – takut-takut bunganya diletakkan disembarang tempat dan kotak cincinmu hilang.

Tunggu beberapa hari sampai ia menyadari keberadaan cincin istimewa yang kamu berikan. Setelah itu, kamu akan melihat betapa bahagianya wanitamu!

  • Tanpa rencana

Promise ring cincin lamaran
Foto: Pexels/Marko Klaric

Loh, kaget melihat judul ‘tanpa rencana’? Terkadang, memberikan promise ring tidak selalu membutuhkan rencana matang. Ya, kalau niat memberikannya harus benar-benar matang. Namun, cara memberikannya bisa saja spontan tanpa dekorasi atau apapun.

Kamu pasti pernah melihat bagaimana cara spontan seorang pria memberikan promise ring saat sedang asik makan bersama pasangannya. Sesederhana itu, berikan cincin ini ketika makan malam di tempat favorit kalian. 

Bagaimanapun cara memberikannya, asal kamu menyatakan niat dengan tulus, pasanganmu tentu akan sangat menyukainya. Eits, tetapi rasa bahagia menerima cincin dengan cara spesial akan jauh berbeda.

  • Tumpukan kertas di dalam botol

surprise wedding proposal dengan promise ring
Foto: Pexels/Jesus Arias

Pernah melihat seseorang memberikan banyak kertas berbentuk gulungan, bintang, bangau, dan lain-lain kepada pacarnya? Kamu bisa menggunakan cara spesial ini untuk memberikan promise ring. Masukkan cincin ke dalam botol dengan tumpukan kertas berisi kata-kata cinta untuknya. Letakkan cincin di dekat dasar botol.

Ia harus membaca hampir semua pesan cintamu sebelum menemukan cincinnya. Kalau kamu meletakkan cincin di atas kertas, bisa-bisa tidak semua pesan cintamu terbaca olehnya, karena terlalu bahagia melihat cincin pemberian dari kekasihnya.

  •  Merancang pertunjukan

wedding promise ring
Foto: Pexels/ TranStudio Photography & Video

Kamu punya suara merdu? Atau bisa menulis karya sastra? Mungkin kamu bisa bermain drama? Boleh, tuh, jadi salah satu cara spesial kamu memberikan promise ring ke pacar. Kalau kamu punya suara merdu, mungkin kamu bisa bernyanyi di hadapannya dan memberikan cincin di sela-sela lagu.

Atau lebih effort lagi dengan membuat film pendek dan kamu pemerannya. Nanti, kamu bisa ajak dia untuk menonton hasil karyamu tersebut. Kamu bisa memberikan promise ring melalui salah satu adegan film yang kamu buat itu. Keren, kan?

Selain bahagia karena mendapatkan promise ring, pacarmu akan sangat bangga karena melihat kekasihnya bisa membuat surprise seindah itu.

  • Berburu harta karun

Cara melamar kekasih
Foto: Unsplash/ Ashin K Suresh

Ini bukan kamu yang effort, tetapi si dia! Rancang permainan berburu harta karun dengan promise ring sebagai benda hilang yang harus ditemukan olehnya. Kamu bisa melihat bagaimana lucunya pacarmu memecahkan setiap teka-teki yang diberikan.

Jadikan momen ini untuk menghabiskan waktu bersama dengan canda tawa. Sebelum akhirnya ia menangis karena terharu dan bahagia menemukan benda yang benar-benar harta karun berharga.

  • A walk down memory lane

A walk down memory lane
Foto: Unsplash/ Kristyana Squared

Foto: Unsplash/ Kristyana Squared 

Membuka kembali kenangan-kenangan lama juga cara spesial memberikan promise ring. Agar terlihat berbeda, kamu bisa menyusun sebuah scrapbook dan didalamnya kamu menuliskan bagaimana kisah cinta kalian selama ini beserta foto kebersamaan. Di akhir buku penuh kenangan tersebut, kamu bisa menempelkan promise ring untuknya.

  • Puzzle cinta

pasangan bermain puzzle
Foto: Unsplash/ Jacob Owens

Buat sebuah puzzle kustom dengan gambar promise ring yang akan kamu berikan. Kemudian, pecahkan puzzle dan ajak pasanganmu untuk menyelesaikan bersama-sama.  Tadaaa, setelah puzzle terbentuk, gambar cincin ini akan terlihat.

Lalu, berikan cincin yang asli kepadanya dan berikan kata-kata rayuan penuh cinta. Pengalaman ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga akan membuat pasanganmu terharu.

  • Di tengah kegiatan ekstrim

Di tengah kegiatan ekstrim
Foto: Unsplash/ Kamil Pietrzak

Saatnya kamu mengajak pasanganmu memacu adrenalin dan lihat apakah dia akan tetap bahagia menerima promise ring di tengah-tengah kegiatan ekstrim seperti sky diving ataupun wall climbing.

Oh, tentu saja akan tetap bahagia! Ketakutannya pada air dan ketinggian akan dikalahkan dengan rasa haru menerima promise ring dari orang yang berhasil merebut hatinya.

  • An online deal

Cincin lamaran emas
Cincin WR558 – V&Co Jewellery

Para programmer sini, sini! Saatnya kamu menunjukkan kemampuanmu disini! Pencinta teknologi juga boleh maju dan buat website interaktif khusus untuk memberinya promise ring. Kamu bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan unik melalui website tersebut. Wajib dicoba, sih!

Idenya sudah ada, nih. Kalau cincinnya, udah ada, kah? Sebagai saran tambahan, sebelum kamu memberikan promise ring, pastikan sudah menyewa fotografer atau videografer untuk mengambil momen spesial tersebut. Namun, part paling penting adalah jangan lupa beli cincinnya di V&Co Jewellery! Wink, wink!