White Gold diamond

12 Tips Membeli Kalung Emas di Toko Perhiasan, Pahami Supaya tidak Tertipu Harga Mahal

Kalung emas merupakan perhiasan yang sering digunakan oleh perempuan untuk mempercantik diri, khususnya di bagian leher. Pemakaian kalung dapat memberikan statement pada penampilan seseorang. Namun, dalam memilih kalung baik untuk pemakaian sehari-hari ataupun untuk instrumen investasi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk menghindari ketidakcocokan.

Pada umumnya, kalung emas memiliki berbagai jenis desain, bentuk dan juga harga yang cukup bervariasi. Terutama kalung emas yang saat ini beredar di pasaran. Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan zaman yang sangat dinamis sehingga pola dan bentuk kalung semakin hari semakin up to date.

Sering kali menjadi simbol kekayaan, keindahan, dan status sosial, tak heran aksesori yang satu ini menjadi pelengkap penampilan dalam acara-acara formal atau perayaan sebagai perhiasan yang elegan. Pun sebagai hadiah berharga untuk merayakan momen-momen penting dalam kehidupan, seperti pernikahan, ulang tahun, atau perayaan lainnya.

Membeli perhiasan emas merupakan keputusan yang penting dan memerlukan pertimbangan hati-hati. Hal ini membantu memastikan bahwa kamu mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli kalung emas di toko perhiasan:

1. Pelajari Tentang Emas

Kalung Emas Putih
Kalung LTS0024 – V&Co Jewellery

Ketahui tentang karat emas dan jenis-jenis emas, termasuk emas murni (24 karat) dan campuran emas dengan logam lain seperti perak atau tembaga. Pahami perbedaan antara emas kuning, putih, dan merah muda (rose gold). Emas kuning adalah emas murni, sedangkan emas putih dan emas rose gold adalah emas campuran dengan logam lain yang memberikan warna berbeda.

Sebagai pembeli perhiasan, baik yang sudah berpengalaman atau baru, wajib mempelajari tentang perhiasan yang akan kamu beli. Kamu bisa mulai mencari tahu tentang harga, desain, keunikan dan lain sebagainya. Jangan membeli perhiasan terutama emas jika kamu hanya ingin terlihat keren tanpa mempertimbangkan beberapa hal penting lainnya, sebab berisiko rugi secara tidak langsung.

2. Tentukan Anggaran

Tetapkan anggaran yang sesuai dengan keuangan kamu sebelum pergi berbelanja. Emas murni lebih mahal daripada emas campuran, jadi sesuaikan pilihan kamu dengan anggaranmu.

Karena membeli perhiasan secara langsung di toko memiliki risiko kecil, namun persiapan anggaran tetap diperlukan untuk mengantisipasi beberapa hal di luar ekspektasi kamu. Hal tersebut disebabkan harga emas yang cukup fluktuatif.

3. Pahami Harga Emas

Periksa harga emas di pasar saat ini untuk mendapatkan pemahaman tentang harga yang wajar. Harga emas bisa bervariasi setiap hari, jadi perhatikan fluktuasi harga. Hal ini tidak kalah penting selain menentukan anggaran, karena harga emas yang setiap hari berubah. 

Jangan membuat keputusan sepihak terhadap harga emas yang beredar. Sebab bisa saja harga tersebut berubah sewaktu waktu.Cara yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi seakurat mungkin dari beberapa sumber tentang harga emas yang ingin kamu beli.

4. Pilih Toko yang Terpercaya

Apa Manfaat Mengenakan Kalung Emas?
Model kalung terbaru LTH0045 – V&Co Jewellery

Belilah dari toko perhiasan yang memiliki reputasi baik dan telah lama berada di bisnis ini, hindari membeli perhiasan di toko yang belum pernah  kamu coba sebelumnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Tidak hanya itu saja, memilih toko perhiasan juga menjadi penentu emas yang kamu beli sesuai atau tidak. Karena setiap toko perhiasan biasanya memiliki standar harga yang berbeda-beda. Jangan datang ke toko yang terlihat sepi atau jarang dikunjungi orang, karena berisiko harga perhiasan tersebut berbeda jauh atau selisih harga yang lumayan tinggi. Selain itu, untuk mengantisipasi penipuan dan kerugian materi.

5. Periksa Sertifikat dan Tanda Pengenal

Kalung Emas Rose Gold DP326
Kalung Emas Rose Gold DP326 – V&Co Jewellery

Pastikan kalung emas yang kamu pilih disertifikasi. Sertifikat memastikan keaslian dan kualitas emas. Periksa juga tanda pengenal resmi toko perhiasan. Jika kamu ragu untuk datang ke toko perhiasan, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah mengecek tanda resmi toko perhiasan yang terpasang di ruangan tersebut.

Namun jika tidak ada, kamu bisa meyakinkan kepada karyawan toko perhiasan untuk menanyakan keaslian, sertifikat dan garansi yang tersedia. Biasanya akan banyak hal menarik yang diberikan oleh toko perhiasan berkualitas.

6. Pilih Jenis Emas Sesuai Kegunaan

Pertimbangkan kegunaan kalung emas. Jika kamu akan mengenakan kalung emas sehari-hari, pertimbangkan emas campuran yang lebih tahan terhadap goresan dan aus. Namun, jika ini adalah investasi atau perhiasan untuk acara-acara istimewa, pertimbangkan emas murni.

Selain itu pentingnya memilih perhiasan sesuai kegunaan, jika membeli perhiasan hanya untuk investasi maka beli perhiasan yang bisa disimpan dan bisa dijual dengan cepat. Begitu pula sebaliknya, jika tujuannya untuk penggunaan sehari-hari, maka pilihlah perhiasan sesuai dengan kebutuhan mulai dari desain, harga dan juga kegunaan.

7. Perhatikan Desain dan Kekuatan

Kalung emas Bagus kadar berapa?
Kalung emas LTD0003 – V&Co Jewellery

Pilih desain yang sesuai dengan selera pribadi dan mempertimbangkan kekuatan kalung. Pastikan kalung emas memiliki konstruksi yang kuat untuk menghindari kerusakan.

8. Pertimbangkan Gaya dan Kecocokan

Jika kalung emas tersebut akan kamu hadiahkan untuk seseorang, maka perhatikan gaya dan preferensi penerima kalung. Apakah mereka lebih suka desain yang sederhana dan elegan atau yang lebih rumit dengan hiasan tambahan seperti batu permata?

9. Periksa Kebijakan Pengembalian dan Garansi

Pastikan kamu memahami kebijakan pengembalian dan garansi toko. Ini penting untuk melindungi investasi kamu dan memberi kamu jaminan jika ada masalah dengan kalung emas yang dibeli.

Menanyakan tentang garansi pengembalian adalah hak sebagai konsumen, karena jangan sampai kamu rugi atas apa yang kamu beli. Pentingnya mengetahui syarat dan ketentuan pengembalian barang perhiasan, untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Periksa Kilau dan Kualitas Emas

Perhatikan kilau kalung emas. Emas yang baik memiliki kilau hangat yang khas. Pastikan tidak ada bercak atau noda pada kalung. 

11. Tawar Harga dengan Bijak (Jika diperbolehkan)

Jika tawar-menawar diizinkan di toko tersebut, bersikaplah bijak. Cari tahu harga yang wajar berdasarkan riset kamu dan negosiasikan harga dengan sopan. Biasanya setiap toko memiliki harga diskon tersendiri, sehingga tawar menawar menjadi hal yang lumrah dilakukan.

Namun perlu kamu ingat bahwa tawar harga dengan bijak dan sesuai, jangan menawar sebuah perhiasan dengan harga yang tidak wajar. Hal tersebut akan membuat pemilik toko merasa tersinggung bahkan berdampak pada tawaran yang mereka miliki tidak akan diberikan kepada kamu.

12. Periksa Perhiasan Secara Teliti Sebelum Membeli

Apa Manfaat Mengenakan Kalung Emas?
Kalung Emas – V&Co Jewellery

Terakhir, periksa kalung emas dengan teliti sebelum membeli. Periksa potongan, retakan, atau cacat lainnya yang mungkin ada pada emas. Saat membeli perhiasan jangan langsung 100 persen percaya, namun pentingnya memeriksa terlebih dahulu secara menyeluruh mulai dari bentuk hingga kandungan karat yang tersedia.

Dengan mempertimbangkan tips-tips ini, kamu dapat membeli kalung emas yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan preferensi kamu dengan percaya diri. Sekarang kamu tidak perlu khawatir tertipu membeli perhiasan, dengan membeli di laman resmi V&Co Jewellery, selain terpercaya juga terjamin keasliannya. Tidak hanya itu saja, membeli perhiasan di V&Co Jewellery kamu bisa mendapatkan diskon hingga 25 persen. Tunggu apa lagi, cek sekarang, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *