destinasi prewedding di sumba

6 Tips Memilih Lokasi Prewedding Outdoor Agar Hasilnya Indah dan Berkesan!

Beberapa hari ini sedang ramai kasus foto prewedding yang menyebabkan kebakaran savana di Gunung Bromo. Hal ini terjadi karena persiapan yang kurang matang dan kurang mempertimbangkan beberapa hal penting dalam memilih lokasi prewedding. Untuk kamu yang sedang merencanakan foto prewedding, pasti tidak ingin, kan, prosesnya berakhir petaka seperti kejadian di Gunung Bromo?

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips memilih lokasi prewedding dan persiapannya agar hasil foto kamu sesuai dengan keinginan dan prosesnya dapat berjalan lancar. Yuk, simak!

Kelebihan Prewedding Outdoor

tema prewedding outdoor
Fotografi: Terralogical

Kamu dan pasangan masih bingung mau foto prewedding indoor atau outdoor? Setiap pemilihan lokasi untuk foto pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak calon pengantin yang memilih foto prewedding di luar ruangan karena hasilnya yang lebih cantik dan estetik. Tapi tidak hanya itu saja, ternyata pemilihan lokasi prewedding outdoor juga bisa meningkatkan kedekatan kamu dan pasangan, loh. Ini dia kelebihan prewedding outdoor yang akan kamu dapatkan bersama pasangan:

1. Banyak pilihan lokasi

tema foto prewedding piknik
Foto via Pinehill Cibodas

Kelebihan pertama dari lokasi prewedding outdoor adalah pilihannya yang beragam. Mungkin kamu dan pasangan malah akan semakin bingung karena terlalu banyak opsi. Namun kamu bisa mendiskusikan bersama pasangan mengenai kesukaan masing-masing. Kamu bisa memilih prewedding di pantai, gunung, museum, taman, hutan, hingga jalan raya, atau bahkan halaman rumah sebagai lokasi foto bersama pasangan.

Bagaimana jika tidak bisa memutuskan satu lokasi saja? Justru bagus, dong? Kamu dan pasangan bisa menggunakan 2 lokasi prewedding atau lebih, sehingga menghasilkan foto prewedding yang bervariasi. Tentunya hal ini membuat biaya yang perlu dikeluarkan jadi lebih besar, tapi hasilnya juga pasti akan lebih memuaskan.

2. Semakin kreatif membuat konsep

tema foto prewedding piknik
Fotografi: LV Photography

Karena ada banyak pilihan lokasi, kamu juga memiliki lebih banyak inspirasi untuk mengembangkan konsep foto prewedding. Dengan berbagai pilihan latar belakang, kamu dan pasangan bisa berkreasi seunik dan semenarik mungkin untuk membuat foto pra nikah yang berkesan. Soalnya bakal sayang banget, dong, kalau sudah jauh-jauh ke lokasi prewedding tapi konsepnya kasual dan biasa saja? Yang ada malah kamu dan pasangan bisa menyesal nantinya.

3. Sambil liburan

prewedding outdoor
Fotografi: Terralogical

Mempersiapkan pernikahan membuat kamu dan pasangan lebih sibuk dan stres karena harus memastikan banyak hal sekaligus, agar prosesinya dapat berjalan lancar. Untuk itu, melakukan sesi prewedding ke suatu tempat bisa membuat kamu dan pasangan lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan urusan pernikahan.

Jadikan lokasi prewedding outdoor sebagai salah satu cara untuk menenangkan diri dari segala kesibukan persiapan pra nikah. Anggap saja kamu dan pasangan sedang liburan dan ditemani oleh fotografer profesional untuk mengabadikan momen berharga. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih rileks selama sesi foto berlangsung.

Selain liburan, kamu juga bisa belajar untuk berpose dan mengatur ekspresi dengan arahan fotografer. Hal ini akan bermanfaat di hari pernikahan ketika kamu menjadi pemeran utama dalam sehari dan pasti fotografer akan selalu mengambil fotomu di setiap kesempatan. Selain itu, akan banyak tamu undangan yang akan meminta berfoto denganmu, jadi kamu memiliki banyak persiapan pose agar tampil menarik di setiap hasil jepretan.

4. Meningkatkan kedekatan bersama pasangan

tema foto prewedding outdoor
Fotografi: Terralogical

Ketika kamu dan pasangan tidak dapat bertemu sesering ketika masa pacaran karena sama-sama sibuk dengan persiapan pernikahan masing-masing. Kamu bisa memanfaatkan momen untuk merekatkan kembali koneksi bersama pasangan di lokasi prewedding.

Tunjukkan kedekatan dan saling berbagi kasih ketika fotografer mengambil foto agar hasilnya juga indah. Kamu dan pasangan juga bisa mendiskusikan pose yang diinginkan agar lebih nyaman ketika berada di depan kamera.

5. Hasil foto natural

konsep prewedding piknik
Fotografi: Tosuka

Mengambil foto di lokasi prewedding outdoor akan menghasilkan foto yang natural. Cahaya alami dari sinar matahari dengan keindahan alam dan birunya langit tidak akan bisa ditandingin dengan kecanggihan teknologi. Kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai lokasi prewedding untuk mendapatkan foto yang variatif dan menarik.

Tips Memilih Lokasi Prewedding Outdoor

Setelah mengetahui beberapa kelebihan di atas, apakah kamu dan pasangan jadi ingin melakukan foto prewedding di luar ruangan? Masih bingung mikirin persiapan, properti, dan transportasinya? Tenang, kami akan berikan beberapa tips memilih lokasi prewedding outdoor agar proses foto bisa berjalan dengan aman, lancar, dan bebas hambatan!

1. Tentukan tema foto prewedding

foto prewedding unik
Fotografi: Polar Photograph

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa lokasi prewedding outdoor ada banyak sekali pilihannya, kamu dan pasangan bisa mengevaluasi dan memilihnya berdasarkan konsep foto prewedding. Hal ini bertujuan agar tema yang ditentukan dan latar belakangnya sesuai.

Kamu juga bisa mendiskusikan tema foto bersama fotografer yang bertanggung jawab agar bisa mendapatkan beberapa saran dan masukan mengenai lokasi prewedding outdoor mengingat mereka pasti sudah mengerjakan foto prewedding dengan berbagai konsep. Kamu juga bisa meminta saran memilih lokasi prewedding kepada teman, saudara, atau kolega untuk mendapatkan referensi dan ulasan mereka terkait suatu lokasi agar kamu bisa menyiapkan hal lainnya dengan baik.

2. Pilih lokasi

Destinasi prewedding sumba
Fotografi: Terralogical

Lokasi prewedding outdoor bisa kamu pilih berdasarkan jarak, akses, hingga pilihan tempat yang berkesan. Jika kamu dan pasangan tidak memiliki banyak waktu luang dan tidak bisa cuti untuk ke tempat yang jauh, kamu bisa memilih lokasi prewedding yang masih berada di kota yang sama. Kamu bahkan bisa melakukan foto prewedding di halaman rumah, loh.

Selain itu, kamu juga bisa memilih tempat berkesan seperti restoran atau lokasi pertama kali bertemu dengan pasangan, pertama kali jalan bareng, atau tempat-tempat memorable lainnya. Kamu juga bisa memilih destinasi prewedding outdoor ke tempat yang sudah menjadi wishlist kalian sebagai salah satu tempat yang ingin dikunjungi. Jadi kamu bisa foto prewedding sekaligus liburan ke tempat impian.

3. Tentukan biaya

Lokasi prewedding outdoor
Fotografi: Tosuka

Melakukan foto prewedding secara outdoor memang membutuhkan biaya yang lebih banyak. Kamu perlu memikirkan biaya untuk transportasi untukmu dan pasangan serta untuk fotografer, biaya properti, hingga biaya masuk ke lokasi prewedding outdoor jika tempatnya berbayar. Dengan menentukan anggaran, kamu bisa memilah lokasi prewedding dengan lebih mudah.

Namun jika ingin memangkas biaya foto prewedding, kamu bisa melakukan foto prewedding sederhana di tempat-tempat terdekat dan gratis seperti halaman rumah, taman kota, atau ruang publik lainnya.

4. Persiapkan dengan matang

foto prewedding sederhana tapi menarik
Fotografi: Polar Photograph

Melakukan foto prewedding di luar ruangan tidak bisa kamu lakukan secara mendadak. Kamu perlu mempersiapkan pakaian, properti, menghitung waktu yang tepat saat posisi matahari memancarkan sinar tanpa membuat kulit terbakar, perizinan khusus dengan pihak yang bersangkutan, dan lainnya.

Siapkan dari jauh-jauh hari agar kondisi fisikmu dan pasangan sedang dalam kondisi prima agar hasil fotonya memuaskan. Pastikan juga tidak ada properti yang tertinggal agar foto di lokasi prewedding outdoor dapat sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. 

Kamu juga harus mengetahui detail lokasi prewedding agar setidaknya memiliki gambaran mengenai medan, akses, dan beberapa spot foto yang bisa kamu jadikan sebagai latar belakang. Kamu bisa mencari informasi ini ke kenalan yang pernah menggunakan lokasi yang sama, bertanya ke fotografer, maupun mencarinya di sosial media.

5. Pilih fotografer profesional

prewedding di pantai
Fotografi: Terralogical

Jangan lupa, pemilihan fotografer juga penting. Pilih fotografer yang sudah berpengalaman mengambil foto prewedding di luar ruangan, dengan begitu fotografer akan lebih lihai dalam mengatur posisi dan pemilihan spot foto. Bahkan jika lokasinya terlihat biasa saja, namun jika kamu mendapatkan fotografer yang berpengalaman, hasilnya pasti akan diatas ekspektasi.

6. Pilih lokasi cadangan

Tempat prewedding estetik
Fotografi: Tosuka

Selalu memiliki rencana cadangan adalah hal yang perlu kamu persiapkan. Hal ini perlu untuk persiapan jika misalnya saja terjadi hal-hal yang di luar kuasa kamu. Seperti misalnya lokasi tiba-tiba ditutup karena ada alasan tertentu, ijin yang ditolak, cuaca tidak mendukung, atau hal lainnya.

Pastikan kamu juga membahas ini bersama fotografer agar mereka menyiapkan semua kebutuhan fotografi di lokasi prewedding lain, sehingga hasil foto tetap bisa sesuai keinginan.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan tips memilih lokasi prewedding outdoor yang bisa kamu pertimbangkan sebelum melakukan sesi foto. Semoga ulasan ini membantu kamu untuk mempersiapkan foto prewedding impian, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *