7 Bentuk Mahar Pernikahan Berbentuk Investasi

Bentuk mahar pernikahan tidak melulu berupa seperangkat alat sholat, dan sejenisnya. Banyak benda maupun jasa bernilai yang bisa dijadikan mahar. Mahar juga tidak memiliki nilai minimal atau maksimal. Ketentuan dalam mahar adalah segala hal yang sah dijadikan sebagai alat tukar. Salah menyebut mahar tidak mempengaruhi keabsahan akad nikah, yang penting nikah harus ada maharnya.

Sehingga bisa disimpulkan, mahar bisa berupa apapun yang memang dianggap memiliki harga di lingkungan masyarakat. Mulai dari yang paling umum seperti uang tunai, emas, perhiasan, hingga hal yang sederhana namun bermakna seperti bacaan ayat suci Al-Quran.

Bagi calon pengantin yang tengah memikirkan bentuk mahar namun tak ingin menjadikan uang mainan sebagai hiasan di hari pernikahan nanti, berikut beberapa alternatif lainnya yang tak kalah bernilai dengan uang tunai dan juga memiliki nilai investasi. Apa saja?

Emas Batangan

bentuk mahar pernikahan

Emas memiliki bentuk yang beragam. Bisa berbentuk perhiasan, koin, hiasan, hingga emas batangan. Selain bernilai, bentuk emas batangan juga disebut sebagai model investasi yang baik dan aman. Dikutip dari kumparanBISNIS, pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menilai, meski anggapan investasi emas dianggap jadul, emas masih cukup menarik sebagai instrumen investasi. Apalagi dalam tiga tahun terakhir, harga emas dunia mengalami kenaikan hingga 4,76 persen.

Sehingga, mahar emas ini juga bisa berguna untuk kehidupan di masa depan jika memang diperlukan. Tertarik menjadikan emas batangan sebagai bentuk mahar pernikahan?

Perak

bentuk mahar pernikahan

Selain emas, perak juga seringkali dijadikan alternatif untuk mahar pernikahan di Indonesia. Dibandingkan emas, perak memiliki harga yang relatif lebih terjangkau. Keuntungannya, dengan jumlah uang tertentu yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan perak dengan total berat lebih banyak dibandingkan emas.

Meski belum jadi tujuan investasi yang populer dan harganya yang terus menurun sejak awal 2018, tak ada salahnya berjaga-jaga untuk masa depan agar bisa mendapatkan keuntungan dari investasi perak ini.

Berlian

bentuk mahar pernikahan

Berkilau dan cantik. Berlian atau intan memang selalu sukses menyajikan kesan yang mewah. Selain bernilai tinggi, berlian juga merupakan batu mulia paling mahal, langka, keras, dengan proses pembentukan panjang lewat tekanan dan panas yang bisa mencapai ribuan tahun. Bentuknya yang timeless, bisa digunakan untuk berbagai bentuk perhiasan di masa depan.

Perhiasan

bentuk mahar pernikahan

Jika material asli dari perhiasan seperti emas, perak, dan berlian terkesan terlalu mahal dan mungkin sulit untuk digunakan sehari-hari, mahar berbentuk perhiasan berupa kalung, gelang, cincin, dan lainnya bisa jadi alternatif terbaik untuk pengantin.

Tak hanya bernilai, perhiasan yang dipakai juga bisa menjadi aksesori menawan dan ‘bukti’ cinta atas momen pernikahan tersebut.

Barang Favorit

barang favorit

Barang favorit yang dimohon langsung dari calon pengantin juga populer bagi kalangan masyarakat Indonesia. Contohnya, ada mahar berbentuk tas dari brand tertentu, sepatu, pakaian, alat musik, hingga kerajinan tangan.

Kembali pada definisi sebenarnya, mahar bisa berbentuk apa saja yang dinilai berharga. Sehingga, sah-sah saja untuk memberikan calon pasangan dengan mahar berbentuk hal-hal lain yang beda dari biasanya.

Reksa Dana

Ketertarikan milenial pada investasi di pasar modal, membuat banyak orang menjadikan tren ini sebagai mahar di hari pernikahan mereka. Bahkan, reksa dana disebut-sebut sebagai pilihan investasi favorit milenial. Tak heran jika tren mahar menggunakan reksa dana juga digandrungi beberapa tahun belakangan ini.

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Contohnya, seperti yang pernah dilakukan oleh Teja Amanda dan Chintania Rosaline, pasangan suami istri yang pernah viral karena pilihan mahar pada pernikahan mereka. Keduanya yang memang bekerja di industri pasar modal, menggunakan mahar berupa 9 produk reksa dana.

Saham

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Saat ini, selain reksadana, lembar saham juga bisa menjadi bentuk mahar pernikahan yang memiliki nilai investasi. Jika pasanganmu sudah memahami permainan saham, sepertinya ide ini cukup menarik. Saham memiliki nilai investasi untuk jangka panjang, yang akan membantumu di waktu yang akan datang.

Itulah 7 bentuk mahar pernikahan yang memiliki nilai investasi. Apakah kamu sudah menjatuhkan pilihan mahar apa yang akan kamu berikan ke pasanganmu? Jangan lupa didiskusikan, ya, agar mahar yang kamu berikan tidak mubadzir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *