Berkenalan dengan Koh-i-Noor, Berlian Termewah di Dunia!

Berlian termewah di antara semua jenis batu mulia, adalah hadiah dambaan setiap wanita. Tampilannya yang elegan, mewah, tapi tidak membuatmu terlihat norak, menjadikannya sebagai sahabat setiap wanita. Selain berlian menjadi salah satu benda yang harus dimiliki oleh semua orang.

Awalnya berlian berada pada tingkat kebutuhan tersier namun dengan seiring waktu dan juga tren gaya hidup, berlian telah berpindah dan masuk ke dalam tingkat kebutuhan primer terutama untuk kalangan profesional, public figure, dan sosialita. Berlian yang awalnya hanya berupa aksesoris perhiasan menjadi sebuah tolak ukur kesuksesan dan kekayaan seseorang.

Berlian, termahal dari semua batu permata, yang dalam bahasa Inggris disebut ‘diamond’ berasal dari bahasa Yunani yaitu adamant yang berarti logam terkeras, atau tidak dapat dipecahkan, keras. Berlian pertama kali ditemukan di India pada tahun 1000 sebelum Masehi. Karena berlian sendiri merupakan material alami terkuat di bumi dan tahan terhadap suhu tinggi, maka berlian kerap digunakan sebagai alat dalam pembuatan perkakas logam.

Berlian merupakan material karbon murni yang tersembunyi jauh di dalam lapisan tanah, berada pada kedalaman 144-300 km di dalam permukaan tanah atau berada pada lapisan litosfer bumi serta berada pada kondisi tekanan dan suhu yang ekstrem dalam waktu yang lama. Hal yang unik dari berlian adalah komposisi berlian sama persis dengan grafit, tapi bentuk fisik mereka sangat berbeda, di mana berlian memiliki tampilan yang berkilau dan bening dan grafit memiliki wujud hitam pekat yang membuat nilai ekonomi mereka jauh berbeda. Di antara semua batu mulia, berlian dihargai sangat mahal dan dianggap benda termahal, sementara grafit tidak memiliki nilai yang begitu tinggi.

Awalnya, kita sering melihat bahwa berlian sering digunakan sebagai hiasan pada mahkota. Hampir semua mahkota keluarga kerajaan menggunakan berlian termewah dengan berbagai macam warna dan ukuran. Salah satu mahkota yang memiliki berlian termewah adalah salah satu mahkota Ratu Inggris yaitu pada Imperial State Crown. Mahkota ini tersusun atas 2.783 berlian, 17 batu safir, 27 butir Mutiara, 11 batu jamrud, dan 5 batu rubi.

Namun, yang menarik perhatian adalah berlian putih yang terletak tepat di tengah mahkota. Berlian tersebut bernama Koh-i-Noor yang berasal dari India. Berlian tersebut merupakan salah satu berlian termewah dengan bobot berkisar 105,6 karat (21,12g). Berlian ini memiliki sejarah yang panjang, berawal dari berukuran 793 karat, namun karena terjadi kesalahan pemotongan menjadi tinggal 186 karat yang kemudian dipotong lagi untuk mendapat kilau yang sempurna sehingga menjadi 105,6 karat. Dengan perjalanan sejarah yang panjang, keunikan, dan keistimewaannya, maka berlian ini menjadi salah satu berlian termewah yang tidak dapat dinilai harganya. Orang-orang (termasuk beberapa spekulan dan ahli batu mulia) sempat menaksir bahwa harga Koh-i-Noor berada di kisaran lebih dari 1 milyar dollar.

Apa Penyebabnya Menjadi Berlian Termewah?

Nilai dan kualitas dari suatu berlian ditentukan dari beberapa aspek yang dikenal dengan 4C yaitu Color (warna), Clarity (kejernihan), Cut (potongan), dan Carat (berat).

  • Color

Berlian akan bernilai tinggi bila warnanya semakin bening. Terdapat kelas-kelas dalam penggolongan warna pada berlian yaitu kelas D untuk berlian termewah dengan warna yang sangat bersih dan bening/putih sampai pada kelas Z untuk berlian dengan tingkat warna yang sangat rendah. Akan tetapi, berlian dengan warna-warna langka seperti merah muda, biru, sampai kuning juga akan berharga mahal, tergantung dari bagaimana kualitas warna berlian tersebut. Berlian termewah akan memiliki warna yang murni dan cerah, tanpa ada sedikitpun gangguan dari warna-warna lainnya.

  •  Clarity

Kejernihan berlian juga mempengaruhi harga karena jika berlian memiliki noda atau retakan maka ini akan mengurangi kilau yang dipancarkan oleh berlian tersebut.

  • Cut

Begitu juga dengan potongan dari berlian yang sangat mempengaruhi kilauannya. Berikut ini beberapa jenis potongan berlian:

  • Carat

Dan terakhir ukuran serta berat berlian tersebut mempengaruhi nilai jualnya.

Selain terdapat pada mahkota, berlian juga mulai banyak terdapat dalam segala bentuk perhiasan terutama pada cincin. Cincin yang bertahtakan berlian seringkali digunakan sebagai cincin tunangan dan tak jarang juga digunakan sebagai cincin kawin, bahkan ada satu dari berlian termewah yang dijadikan cincin kawin. Cincin melambangkan sebuah komitmen dikarenakan cincin biasanya dikenakan pada jari manis tangan kanan yang konon dipercaya sebagai tempat pembuluh vena yang mengalirkan darah langsung ke jantung. Awalnya cincin hanya berbentuk sederhana seiring perkembangan zaman maka cincin berhiaskan  berlian menjadi tren bagi kalangan bangsawan dan kelas atas. Berlian yang memiliki sifat keras dan tahan terhadap tempaan kondisi dan suhu ekstrem diibaratkan menjadi lambang dari cinta yang akan selalu bertahan menghadapi kerasnya kehidupan.

Salah satu cincin tunangan yang sangat berharga dan dianggap sebagai salah satu berlian termewah adalah cincin pertunangan milik Lady Diana yang sekarang dimiliki oleh Kate Middleton merupakan cincin dengan berlian safir berpotongan oval 12 karat dan dikelilingi oleh 14 berlian kecil dengan nilai sebesar lebih dari US$ 500.000.

Cincin berlian sekarang telah menjadi patokan dalam sebuah acara pertunangan dan pernikahan dan kerap kali suksesnya sebuah lamaran bergantung pada besar kecilnya berlian tersebut. Namun, satu hal yang harus selalu kita ingat adalah cincin berlian tersebut sebenarnya hanyalah melambangkan komitmen dan keteguhan cinta kita.

Itulah sejarah singkat tentang batu permata termahal yang disebut dengan diamond, juga beberapa hal yang menentukan kualitas dan harganya. Berlian termewah pastilah memiliki color (warna), clarity (kejernihan), cut (potongan), dan carat (berat) yang tertinggi pula. Berlian selalu jadi tamu istimewa di acara pertunangan dan pernikahan karena keindahan dan kemewahannya. Jangan pernah lewatkan memiliki batu permata termahal ini dalam hidup Anda!

vncoartikeladmin

Recent Posts

Kupas Tuntas Taklik Talak! Pengertian, Fungsi dan Praktiknya dalam Pernikahan

Hey there! Pernah denger istilah "taklik talak" nggak? Atau mungkin kamu pernah ngerasa bingung kenapa…

6 jam ago

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

1 hari ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

1 hari ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

3 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

4 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

5 hari ago