menentukan tanggal pernikahan

Bukan Sekedar Angka! 8 Panduan Memilih Tanggal Pernikahan yang Ideal

Menentukan tanggal pernikahan merupakan langkah penting dalam perjalanan cintamu bersama pasangan. Keputusan ini haruslah berdasarkan kesepakatan bersama antara keluarga kamu dan pasangan. Meskipun setiap tanggal, hari, dan bulan memiliki nilai yang sama baiknya, beberapa kepercayaan meyakini bahwa pemilihan tanggal pernikahan dapat membawa pengaruh pada kelancaran acara dan kehidupan rumah tangga kamu bersama pasangan di masa depan.

Dalam proses memilih hari baik untuk pernikahan ini, kamu harus  menyiapkan waktu yang cukup bersama pasangan dan keluarga untuk berdiskusi, merencanakan, dan menyesuaikan preferensi mereka. Dengan begitu, kamu dan pasangan tentunya dapat merayakan hari istimewa dengan penuh kebahagiaan dan tanpa penyesalan. Maka dari itu, tentunya tidak boleh sembarangan dalam menentukan tanggal pernikahan. Sebab ada banyak elemen-elemen yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan. Kemudian, apa saja yang perlu kamu pertimbangkan?

1. Persetujuan Keluarga Kedua Pihak 

cara menghitung hari baik pernikahan
Foto: Freepik

Hal yang utama dalam menetapkan tanggal pernikahan yang ideal adalah sangat penting untuk memastikan bahwa kedua belah pihak telah sepakat. Sebaiknya kamu mengadakan pertemuan antara kedua keluarga, baik keluargamu maupun keluarga pasanganmu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil adalah hasil dari kesepakatan bersama, bukan hanya keputusan sepihak yang mungkin dapat menyakiti perasaan salah satu pihak keluarga.

Dalam pertemuan tersebut, kamu dapat membahas berbagai hal terkait dengan rencana pernikahan, termasuk pemilihan tanggal yang sesuai untuk semua pihak. Diskusikan dengan baik tentang jadwal, preferensi, dan pertimbangan lainnya yang perlu dipertimbangkan. Dengan demikian, kamu dapat mencapai kesepakatan yang memuaskan semua pihak.

Ingatlah bahwa pernikahan tidak hanya melibatkan kedua pasangan yang akan menikah, tetapi juga melibatkan kedua keluarga. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus memastikan bahwa keputusan yang diambil dapat diterima oleh semua pihak terkait.

2. Jarak Penetapan Tanggal Pernikahan dan Hari Acara

Sebaiknya hindari menetapkan tanggal pernikahan terlalu mendekati waktu acara pernikahan. Meskipun ada beberapa pasangan yang memilih untuk melakukannya, tetapi ada baiknya kamu memberikan jarak waktu yang cukup menuju hari H pernikahan. Hal ini memungkinkan kamu dan pasangan memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan segala sesuatunya dengan matang.

Ketika menentukan tanggal pernikahan, penting untuk mempertimbangkan berbagai hal seperti lokasi acara, katering, serta hal-hal teknis lainnya. Menyediakan waktu yang cukup, biasanya antara 6 bulan hingga 1 tahun sebelum hari pernikahan. Hal tersebut akan memberikan ruang yang cukup bagi kamu dan pasangan untuk merencanakan segala sesuatu dengan hati-hati dan tanpa tekanan.

Dengan memberikan waktu yang cukup, kamu dapat memastikan untuk mendapatkan tempat pernikahan yang diinginkan, memilih gaun yang sempurna, dan menyiapkan segala sesuatu dengan baik tanpa perlu terburu-buru. 

3. Tetapkan Pada Hari Libur

Pentingnya memilih tanggal pernikahan yang tepat tidak bisa diabaikan bagi setiap pasangan yang akan menikah. Salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah tamu undangan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih tanggal yang jatuh pada hari libur, seperti Sabtu atau Minggu. Dengan begitu, kemungkinan besar tamu-tamu yang diundang akan dapat hadir tanpa harus memikirkan kewajiban kerja atau kegiatan lainnya.

Selain itu, penting juga untuk menghindari menyelenggarakan pernikahan pada hari-hari besar agama atau perayaan umum, seperti Hari Lebaran, bulan puasa, Natal, atau Tahun Baru. Pada hari-hari tersebut, biasanya banyak orang yang memiliki rencana atau tradisi bersama keluarga terdekat, sehingga kemungkinan mereka untuk hadir di pernikahan bisa menjadi lebih kecil.

Memilih tanggal pernikahan yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa semua orang yang kamu undang dapat hadir dan merayakan hari bahagiamu bersama. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini bersama pasangan dengan cermat saat menentukan tanggal untuk pernikahanmu.

4. Tanggal Istimewa

hari baik pernikahan
Foto: Freepik

Salah satu acuan yang bisa kamu gunakan dalam memilih tanggal pernikahan ideal adalah dengan mempertimbangan tanggal istimewa bersama pasangan. Kamu dan pasangan bisa memilih tanggal yang memiliki nilai simbolis, seperti tanggal cantik atau tanggal yang mudah diingat. Selain itu kamu juga bisa memilih tanggal yang memiliki makna khusus dalam hubungan kamu bersama pasangan, seperti tanggal yang berhubungan dengan momen penting dalam hubunganmu bersama pasangan, seperti tanggal pertama kali kamu bertemu atau tanggal jadian dengan pasanganmu.

Pentingnya tanggal pernikahan seringkali mencerminkan keinginan pasangan untuk merayakan dan mengenang momen penting dalam perjalanan cinta. Menetapkan tanggal pernikahan pada hari yang istimewa juga dapat menjadi cara kamu dan pasangan untuk mengabadikan dan memperingati ikatan yang ingin dibangun bersama-sama. Jadi, tanggal pernikahan bukan hanya sekadar angka melainkan juga simbol dari komitmen cinta yang kamu miliki bersama pasangan.

5. Hindari Musim Hujan

Ketika menetapkan tanggal pernikahan, sebaiknya kamu hindari memilih waktu di musim hujan. Hal ini penting karena cuaca buruk dapat mengurangi kemungkinan kehadiran tamu undangan. Memilih tanggal pernikahan saat musim hujan juga membutuhkan pertimbangan ekstra dalam pemilihan konsep dan dekorasi.

Untuk kamu yang  memiliki impian untuk membuat acara pernikahan di luar ruangan, cuaca hujan akan dapat menjadi hambatan besar. Meskipun tenda-tenda telah disiapkan, hujan deras dapat merusak dekorasi dan membuat tamu basah kuyup. Ini tentu saja akan mengurangi kesenangan acara dan meningkatkan risiko ketidaknyamanan bagi semua orang yang terlibat termasuk kamu dan pasangan serta keluarga.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan musim dan cuaca secara cermat saat menetapkan tanggal pernikahan. Memilih musim kemarau dan stabil dapat meningkatkan peluang untuk memiliki pernikahan yang lancar dan berkesan bagi semua pihak yang terlibat. 

6. Mempunyai Tanggal Cadangan 

Dalam mempersiapkan hari pernikahan, kamu harus juga harus menetapkan opsi tanggal cadangan untuk acara pernikahan mu. Walaupun kamu beserta keluarga telah merencanakan segalanya dengan baik dan teliti, kadang-kadang ada hambatan yang muncul pada waktu yang tidak terduga. Untuk memastikan kelancaran persiapan menuju hari pernikahan, penting untuk memiliki tanggal cadangan yang tersedia. Dengan menetapkan tanggal cadangan, kamu Bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai seorang calon pengantin, kamu sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk tanggal cadangan. Dengan cara ini, kamu dapat menghadapi tantangan apa pun yang mungkin muncul dengan tenang dan terorganisir. Jadi, jangan ragu untuk menetapkan tanggal cadangan untuk pernikahan kamu, sehingga kamu dapat melanjutkan dan melaksanakan perencanaan pernikahan dengan percaya diri dan tenang.

7. Tanggal Ketersediaan Venue 

Untuk memilih tanggal pernikahan, kamu dan pasangan juga harus memperhatikan tanggal ketersediaan venue yang kamu pilih sebagai lokasi acara pernikahan. Jika kamu memiliki venue impian yang sudah kamu incar, pastikan untuk mengetahui ketersediaan tanggal yang masih tersedia. Booking venue jauh-jauh hari adalah langkah yang bijaksana untuk menghindari peningkatan harga atau kehabisan tanggal yang diinginkan.

8. Primbon

Prosesi sungkeman pernikahan adat Jawa
Foto: Faralljibrill Photo & Film

Jika kamu berasal dari Suku Jawa, menggunakan primbon dan weton bisa menjadi panduan bagi kamu dan pasangan untuk memilih hari pernikahan. Primbon Jawa merupakan salah satu sistem perhitungan yang dipercaya dapat memberikan petunjuk tentang berbagai hal, termasuk tanggal pernikahan yang baik. 

Salah satu metode yang sering digunakan adalah mencocokkan tanggal lahir kamu dan pasangan. Dalam primbon Jawa, setiap orang memiliki weton atau hari kelahiran yang dipercaya memiliki pengaruh dalam kehidupannya. Dengan mencocokkan weton pasangan, maka dapat ditentukan waktu pernikahan yang dianggap baik berdasarkan kecocokan atau keharmonisan kedua weton tersebut. 

Meskipun banyak yang percaya pada primbon Jawa dan metode ini telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Jawa selama berabad-abad, namun tidak ada jaminan bahwa hasil perhitungan primbon Jawa akan menjadi kenyataan. Akhirnya, keputusan untuk menentukan tanggal pernikahan tetap menjadi hak pribadi kamu bersama pasangan.

Itulah 8 panduan dalam memilih tanggal pernikahan yang ideal bagi kamu dan pasangan. Semoga kamu dapat menemukan tanggal yang sempurna untuk merayakan hari istimewamu dengan cinta dan sukacita yang tiada tara!