cincin kawin emas

Mengapa Cincin Kawin Emas Begitu Berharga?

Emas adalah sebuah logam transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, malleable dan ductile. Emas (Au:Aurum) tidak bereaksi pada zat kimia lain, namun dapat terganggu dengan klorin, fluorin, dan aqua regia. Logam emas dapat melebur menjadi cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius. Adapun kekerasannya berkisar antara 2,5 sampai 3 Mohs, sementara berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Kamu bisa bayangkan bagaimana kerennya cincin kawin emas kan? Ya, cincin kawin yang terbuat dari bahan logam emas ini banyak peminatnya.

Seperti pada cincin emas biasanya, cincin kawin emas tidak akan menjadi cincin jika kandungannya hanya emas. Melainkan perlu campuran logam lain seperti rhodium, dan lainnya. emas sendiri terbentuk proses magmatisme, atau bisa dikatakan konsentrasi di permukaan bumi. Sementara geneas emas ada dua kategori, yaitu endapan primer dan endapan plaser.

Emas biasa digunakan sebagai bahan pembuatan uang di banyak negara. Selain itu, emas juga kerap dikonversi menjadi perhiasan, seperti cincin kawin emas, kalung, gelang, dan lain-lain. Tidak hanya itu, emas juga kerap dipakai untuk memperkuat unsur-unsur yang dibutuhkan kabel elektronik.

Mengapa Cincin Kawin Emas Dinilai Berharga?

cincin kawin emas

Emas dinilai begitu berharga karena pengaruhnya yang cukup besar untuk kehidupan manusia. Tidak hanya karena keindahannya, tapi juga kegunaannya yang sudah dari dulu menjadi alat transaksi oleh masyarakat. Jika melihat dari sejarah, banyak negara yang rela menjelajah bumi untuk mencari emas. Bahkan banyak dari mereka yang rela bertumpah darah demi sebuah emas. Dari dulu,  kedudukan emas begitu tinggi bahkan sampai sekarang. Namun jika dinilai dari ketersediaannya, emas tidak selangka platina.

Logam emas juga merupakan logam abadi yang terjaga kemurniannya. Emas tidak dapat berkarat dan unsur pembentukannya sama, bagaimanapun bentuknya. Begitu juga kualitasnya yang sama di manapun emas berada. Karena kedudukannya yang dianggap tinggi ini, emas banyak dipakai untuk membuat sesuatu yang dipandang pentng, misalnya mahkota raja, patung dewa-dewa persembahan, bahkan untuk melapisi bangunan penting.

Nah, sampai sini kamu pastinya paham mengapa cincin kawin emas masih menjadi favorit para pasangan yang ingin menikah, kan? Yup, tentunya karena emas tidak bisa berkarat, tahan lama, tahan panas tinggi, memiliki konduksi listrik yang baik dan juga tahan korosi. Selain itu, emas juga dinilai sangat langka. Dalam setahun, produksi emas di seluruh dunia hanya 2000 ton saja, lho.

Nilai emas sangat stabil sehingga layak menjadi alat tukar dan pengukur kekayaan juga. Jadi, selain sebagai simbol pernikahanmu, cincin kawin emas ini juga bisa dijadikan alat investasi untuk kamu dan pasanganmu.

Beberapa Tips Sebelum Membeli Cincin Kawin Emas

Cincin kawin emas memang masih diminati hingga saat ini. Bahkan pasangan-pasangan muda masih membeli model cincin kawin emas kuning yang lawas, lho. Meski begitu, cincin kawin emas kuning terus berkembang model-modelnya. Sebelum membeli cincin kawin emas, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui tips untuk membelinya. Dengan begitu, calon pengantin lebih spesifik membeli cincin kawiin, karena cincin kawin digunakan untuk prosesi yang krusial, hanya sekali seumur hidup.

1  Tentukan Toko Emas yang Tepat

Sudah banyak sekali toko-toko perhiasan yang  menjual cincin kawin emas. Mulai di pasar tradisional, mal, sampai website online sekalipun. Dari sekian banyak toko yang ada, calon pengantin patut berhati-hati dalam memilih lokasi pembelian. Pilihlah toko yang punya reputasi terbaik sehingga bisa dipercaya. Di zaman yang canggih ini, masih banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memiliki banyak trik untuk meraih keuntungan secara ilegal. Jadi, kamu harus berhati-hati.

2 Tentukan Berapa Karat Emasnya

Sebagai pembeli, calon pengantin patut memahami unsur-unsur apa saja yang membuat nilai emas naik ataupun turun. Hal ini agar tidak dipermainkan oleh pemilik toko. Salah satu yang menentukan harga emas naik ataupun turun adalah seberapa besar jumlah karatnya. Semakin tinggi karat emas, maka semakin tinggi harganya.

Contohnya cincin kawin emas dengan 15 karat. Dengan begitu, cincin ini memiliki kandungan emas murni kurang lebih 63% dari total usai dicampur dengan unsur logam lain sebagai pembentuknya. Perlu diketahui, emas tidak akan bisa terbentuk menjadi cincin tanpa dicampur dengan unsur lain seperti nikel, seng, ataupun perak. Hal ini karena sifatnya yang begitu cair atau lembek. Meski begitu, saat sudah beku, logam emas cukup keras untuk dijadikan cincin. Tapi memang tetap perlu campuran logam lain sebagai penguatnya. Adapun jumlah karat maksimal untuk emas adalah 24 karat, lebih dari itu sudah terlalu cair sehingga tidak bisa dibentuk menjadi cincin.

Kembali ke jumlah karat emas. Sebelum membeli emas, calon pengantin pun harus memahami bagaimana penghitungan kadar emas. Caranya dengan membagi kadar emas tersebut dengan kadar karat maksimal, yakni 24 karat.

3 Tentukan Modelnya

Jika sudah menentukan toko dan berapa karat untuk cincin kawin emas yang ingin dibeli, calon pengantin perlu untuk menentukan model-model terbaik. Pilihlah lebih dari satu model cincin emas agar tidak kebingungan saat stok cincin kawin emas yang diinginkan sudah habis. Jika yang diinginkan kosong semua, calon pengantin bisa meminta rekomendasi pemilik toko. Rekomendasi itu bisa saja berdasarkan best seller, desain yang berkelas ataupun timeless, dan dengan pertimbangan lainnya.

Rekomendasi Cincin Kawin Emas V&Co Jewellery

Mungkin kamu merasa bingung saat memilih model cincin kawin emas mana yang pas untukmu dan pasanganmu. V&Co Jewellery memiliki ribuan cincin kawin emas yang bisa kamu jadikan referensi. Atau bahkan kamu menyukai salah satunya. Yuk, lihat desain cincinnya di bawah ini!

1. Cincin Kawin WR0382

cincin kawin emas

V&Co Jewellery menghadirkan cincin kawin yang didesain sederhana tetapi begitu elegan. membuat cincin kawin ini dapat dikenakan setiap hari dalam segala suasana. Ukiran pada bagian sisi cincin membuatnya memiliki nilai unik tersendiri. Dengan desain sederhana dan tampak elegan, V&Co Jewellery menghadirkan cincin kawin yang dapat kamu kenakan setiap saat. Dengan ukiran di kedua sisi cincin yang begitu unik, perhiasan jari keluaran V&CO Jewellery ini siap memanjakan jari kamu. Berlapis emas putih 18 karat dengan kualitas terbaik, meskipun cincin ini memiliki desain yang simpel, berlian yang ditanam di salah satu celahnya menampakan kemewahan tersendiri. Tak usah khawatir dengan kejernihan yang ditawarkan melalui round diamond yang melekat di cincin ini.

2. Cincin Kawin WR0064

cincin kawin emas

V&Co Jewellery kali ini menghadirkan cincin kawin cantik dengan taburan 30 berlian! Berlian-berlian yang digunakan juga bukanlah berlian sembarangan. Berlian yang digunakan merupakan berlian grade F dengan tingkat Vvs sehingga berlian berada pada kondisi yang nyaris sempurna serta kemampuan memantulkan cahayanya begitu baik. Berlian-berlian ini ditata rapi melingkari badan cincin secara spiral dengan menyisakan bagian tengah cincin yang polos dengan ukiran yang menyerupai simbol diamond kartu poker. Betul-betul desain menarik yang membuat overall look-nya begitu mempesona, elegan, dan eksklusif. Cincin kawin ini juga diberi finishing glossy dan doff yang membuat tampilannya lebih berkilau dan cantik.

3. Cincin Kawin WR0140

cincin kawin emas

Desain cincin kawin milik V&Co Jewellery yang minimalis tapi bergaya modern yang satu ini menampilkan lekukan indah yang terdapat pada bagian atas cincin pria dan wanita. Dengan lapisan rhodium berkualitas tinggi yang membuatnya tampak bercahaya dan tahan lama, cincin ini didesain dengan tambahan potongan berlian berbentuk round diamond dengan kilauan yang sangat indah. Dengan berat 0,04 karat untuk masing-masing cincin kawin, baik pria maupun wanita, yang terbilang ringan dan membuat sang pemakai nyaman, berlian pada cincin ini memiliki tingkat kejernihan mencapai Vvs di mana tidak terlihat cacat sedikitpun.

4. Cincin Kawin WR0172

cincin kawin emas

Memiliki center diamond dengan potongan round diamond yang menawan, salah satu model cincin kawin dari koleksi exclusive V&Co Jewellery ini tampil dalam desain yang begitu elegan. Model cincin kawin ini memiliki bentuk yang glossy dan doff di mana membuatnya begitu berkilau. Rancangannya terlihat begitu unik karena salah satu bagiannya yang lebih menonjol daripada yang lain dan memiliki permukaan yang bergelombang. Pada tengah-tengah lingkaran, terdapat sebuah berlian sebesar 0,12 karat pada model cincin kawin pria dan 0,11 karat pada model cincin kawin wanita.

5. Cincin Kawin WR0054

V&Co Jewellery menghadirkan cincin kawin dengan tampilan simpel tapi tetap terlihat elegan saat disematkan pada jari manis. Didesain dengan tambahan garis lekukan yang bertemu pada bagian tengah cincin dan menjadi pelindung bagi potongan berlian. Hal itu bertujuan agar berlian tidak terkena goresan dan benturan oleh suatu benda. Cincin ini memiliki kualitas tinggi yang tidak perlu diragukan lagi. Dilapisi dengan lapisan rhodium yang membuat tampilan cincin terlihat mengkilap dan anti korosi.

6. Cincin Kawin WR0162

Meneriakkan kemewahan taburan round diamond berkualitas tinggi, salah satu cincin kawin dari koleksi exclusive V&Co Jewellery ini memiliki tampilan yang begitu memukau. Berlian yang menjadi center diamond pada model cincin kawin ini sebesar 0,25 karat pada cincin kawin pria dan 0,15 karat pada cincin kawin wanitanya. Tidak hanya itu saja, cincin kawin ini memiliki side diamonds sebanyak 18 butir, yang masing-masingnya sebesar 0,15 karat. Dirancang dengan begitu unik dimana bagian tengah untuk menahan center diamond seperti tapal kuda, cincin kawin ini diberi lapisan rodhium yang akan membuatnya anti korosi dan dalam bentuk yang glossy dan doff yang berkilau.

7. Cincin Kawin WR0218

V&Co Jewellery menampilkan model cincin kawin dengan ukiran yang menyerupai gelombang air disertakan batu permata yang bercahaya di tengah-tengah desain gelombang tersebut. Hal ini dapat melambangkan kisah cinta kamu yang tak akan tergoyahkan. Ukiran berbentuk gelombang air yang mengikat batu permata di tengah ini memberikan kesan mewah dan bernilai tinggi. Cincin ini memiliki lapisan rhodium yang berfungsi untuk melindungi cincin dari korosi, benturan, dan gesekan. Selain itu, cincin ini juga dapat bertahan hingga tahunan dikarenakan kualitasnya yang sudah teruji. Kedua cincin memiliki bobot karat yang berbeda antara pria dan wanita. Untuk cincin wanita memiliki bobot karat yang terletak pada center diamond sebesar 0,08 karat. Untuk cincin pria memiliki bobot sebesar 0,12 karat. Untuk dapat membantu kamu dalam memutuskan pilihan yang tepat, V&Co Jewellery menyediakan berbagai pilihan jenis logam seperti white gold, rose gold, yellow gold, palladium, platina, dan silver.

8. Cincin Kawin WR0118WG

Tampil dalam bentuk yang simpel nan menawan, cincin kawin V&Co Jewellery yang satu ini cocok untuk kamu yang cinta akan keminimalisan. Sesuai dengan namanya, cincin ini memiliki bentuk yang sederhana, tapi memberikan kesan elagan yang luar biasa. Berbahan dasar emas putih 18 karat dengan kilauan yang mampu membuat siapapun jatuh hati padanya, cincin ini diberikan penambahan ornamen berupa round diamond yang membuatnya tampak semakin anggun di jemari kamu. Selayaknya cincin kawin pada umumnya, kamu dapat menambahkan ukiran namamu dan pasangan di bagian dalamnya. Berlian round diamond dengan warna putih bening senantiasa memantulkan kilau cahayanya dengan sangat indah.

Nah, itulah kedelapan cincin kawin emas milik V&Co Jewellery yang bisa kamu jadikan referensi. Masih banyak model lainnya, lho! Kamu bisa melihat preview-nya di website V&Co Jewellery ataupun di Instagram milik V&Co Jewellery. Sekarang kamu sudah paham kan mengapa cincin kawin emas masih diminati hingga saat ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *