Cincin Tunangan Emas Putih: Pilihan Tren Masa Kini

Cincin Tunangan Emas Putih: Pilihan Tren Masa Kini

Cincin tunangan dari emas putih saat ini sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat. Emas putih menjadi salah satu alternatif pilihan dalam memilih perhiasan selain emas kuning. Kilau dan warna yang dipancarkan emas putih dikenal lebih halus dan elegan ketimbang emas kuning. Hal itulah yang menjadi daya tarik utama dari cincin tunangan emas putih.

Mungkin emas putih memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Semakin banyak masyarakat yang menjadikan emas putih sebagai pilihan dalam membeli cincin, baik cincin tunangan ataupun cincin pernikahan. Namun, apakah sebenarnya emas putih dan apa perbedaannya dengan emas kuning?

Emas sebenarnya hanya ada satu warna, yaitu emas murni 24 karat. Namun, ketika akan dijadikan perhiasan, emas harus dicampur dengan logam lain agar lebih kuat dan tahan lama. Alasannya, kadar emas yang murni yakni 24 karat terlalu lentur sehingga tidak bisa dijadikan perhiasan karena akan mudah berubah bentuk. Perbedaan campuran logam dengan emas murni inilah yang menyebabkan perbedaan antara emas kuning dan emas putih.

Perhiasan emas kuning terdiri dari campuran emas murni dengan tembaga atau perak, sedangkan pada perhiasan emas putih campurannya terdiri dari emas murni dengan perak atau palladium. Ada juga yang mencampur emas putih dengan rhodium atau nikel. Meski begitu, nikel sudah mulai kurang digunakan karena disinyalir dapat memicu alergi pada kulit. Kadar emas murni yang digunakan dalam perhiasan umumnya adalah 75% saja dan sisanya adalah campuran logam lain.

Mengapa Emas Putih menjadi Tren?

Bagi para kaum muda saat ini, memilih cincin tunangan dari emas putih mungkin menjadi lebih tren ketimbang memilih cincin dari emas kuning. Hal tersebut juga terlihat dari semakin banyaknya toko perhiasan yang lebih banyak memiliki koleksi cincin dari emas putih. Lantas, apa keistimewaan cincin tunangan dari emas putih?

Emas putih merupakan campuran emas murni dengan perak, palladium, rhodium, atau nikel. Sifat logam-logam tersebut yang lebih kuat dari campuran emas kuning dan tembaga menjadi alasan mengapa banyak orang yang beralih memilih emas putih. Selain itu, cincin tunangan biasanya identik dengan adanya pemasangan batu permata atau berlian. Warna yang dihasilkan oleh cincin tunangan dari emas putih dinilai lebih netral dan elegan sehingga akan terlihat lebih cocok dan menyatu dengan batu permata jenis apapun yang dipasang pada cincin. Kilau dari batu permata juga lebih terang jika menggunakan cincin dari emas putih.

Selain itu, cincin tunangan dari emas putih terkesan lebih modern dibandingkan dengan cincin tunangan dari emas kuning. Hal itu dipengaruhi tampilan emas putih yang tidak terlalu mencolok, sehingga tidak menimbulkan kesan norak khususnya bagi kaum muda.

Harga Cincin Tunangan Emas Putih

Dari sisi harga, tidak terlalu ada perbedaan pada saat membeli cincin tunangan emas putih dan emas kuning. Meski begitu, memiliki perhiasan yang terbuat dari emas kuning biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan emas putih. Namun, harga cincin tunangan emas putih tentu saja harus dilihat dari berbagai faktor, seperti popularitas dan juga model cincin.

Karena popularitasnya yang semakin tinggi saat ini, cincin tunangan dari emas putih bisa memiliki harga beli yang lebih tinggi dibanding dengan cincin tunangan dari emas kuning dengan kadar dan berat yang sama. Desain dan model cincin tentu juga akan mempengaruhi harga. Semakin kompleks model dan semakin ekslusif desain cincin maka harga cincin tunangan dari emas putih juga akan semakin tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Emas Putih

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan emas putih. Emas putih yang mengandung campuran perak,  palladium, atau rhodium yang merupakan logam kuat membuat karakteristik cincin dari emas putih cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan emas kuning. Emas putih juga tidak mudah tergores. Selain itu, kilau dan warna yang dihasilkan oleh cincin dari emas putih lebih halus dan elegan.

Untuk yang tidak terlalu suka tampil mencolok, warna putih cenderung lebih netral, sehingga membuat cincin tunangan dari emas putih lebih cocok digabungkan dengan batu permata jenis apa pun. Untuk kamu yang gemar berinvestasi, kamu juga menggunakan cincin tunangan emas putih untuk investasi, karena harganya cenderung meningkat tiap tahunnya.

Tentu saja, bila ada kelebihan dari cincin tunangan emas putih, kamu pun tidak bisa menutup mata mengenai kekurangannya. Campuran logam rhodium membuat warna dan kilau pada cincin emas putih dapat memudar seiring berjalannya waktu, sehingga perlu dilapis ulang. Kemudian untuk beberapa jenis cincin emas putih yang dicampur nikel dapat menyebabkan reaksi alergi kulit pada beberapa orang tertentu dengan kulit sensitif. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada penjual toko!

Cara Merawat Cincin Emas Putih

Semua perhiasan, termasuk cincin tunangan yang terbuat dari emas putih perlu dirawat secara berkala agar keindahannya terus terpancar. Berikut tips-tips yang dapat digunakan untuk merawat keindahan cincin:

  • Cuci cincinmu

Cincin yang digunakan setiap hari tentunya akan menjadi kotor. Oleh sebab itu, cincin emas perlu dicuci untuk agar terlihat bersih kembali. Cara mencucinya pun sederhana, hanya dengan merendam cincinmu air hangat yang diberi sabun cuci piring atau deterjen selama 15-20 menit, kemudian bila masih ada yang kotor, tinggal sikat saja dengan sikat berbulu halus. Sebelum mencuci, perhatikan terlebih dahulu kondisi cincinmu.

Jika ada batu permata, pastikan masih merekat dengan baik sebelum direndam. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa membungkus bagian batu permatanya dengan kain sebelum direndam. Setelahnya, bilas sampai bersih dan jangan lupa juga untuk mengelapnya dengan kain atau lap halus, supaya tidak menimbulkan goresan di cincin tunangan emas putih yang kamu miliki. Ingat, jangan terlalu sering mencuci cincin dari emas putih karena akan mengikis lapisan rhodium yang terkandung di dalamnya. Bersihkan secukupnya saja.

  • Memoles cincin emas putih

Selain dicuci agar tetap bersih, seperti yang diketahui bahwa lapisan rhodium pada emas putih dapat memudar seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, cincin tunangan emas putih perlu dilapis ulang secara berkala. Pergilah ke toko emas terdekat untuk melapis ulang cincin tunanganmu.

Beberapa hal yang dibahas di atas seputar karakteristik dan perawatan yang tepat, dijabarkan dengan harapan cincin tunangan emas putihmu bisa awet, tahan lama, dan tetap berkilau untuk waktu yang lama. Sehingga, kamu pun masih dapat menggunakannya meski sudah mempunyai cincin yang baru. Lagipula, siapa yang tidak suka bila cincin mereka tetap berkilau setelah bertahun-tahun berselang?

Bagi kamu yang membeli cincin emas putih di V&Co Jewellery, kami menyediakan jasa chrome dan poles secara free alias gratis! Jadi, kalau kamu yang belum memiliki cincin emas putih, temukan cincin idamanmu dengan value dan benefit lebih, hanya di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *