gelang emas sebagai mahar

Coba Gelang Emas sebagai Mahar, Yuk!

Apakah ada pasangan pengantin yang pernah mempertimbangkan untuk menggunakan gelang emas sebagai mahar? Mas kawin, atau biasa disebut mahar, biasanya berupa uang tunai atau seperangkat alat ibadah, tapi tak jarang juga orang memilih menggunakan perhiasan sebagai mas kawin. Di antara banyak perhiasan yang dijadikan mas kawin, gelang emas merupakan salah satu jenis perhiasan yang paling banyak digunakan. Sebenarnya, apa keuntungan yang dimiliki oleh perhiasan yang satu ini?

Keunggulan Gelang Emas sebagai Mahar

gelang emas sebagai mahar

Nilai Investasi

Seperti yang sudah kita ketahui, emas merupakan logam mulia dengan nilai investasi yang baik. Nilai investasi emas cenderung selalu naik dan hanya turun di saat-saat tertentu ketika uang tunai banyak dicari, misalnya saja saat lebaran di mana perputaran uang tunai meningkat. Pada saat-saat seperti itu, nilai investasi emas biasanya akan menurun, tapi akan segera meningkat lagi setelah beberapa saat. Dibandingkan dengan uang yang nilainya cenderung menurun karena inflasi dan faktor ekonomi lainnya.

Jika cincin mungkin sudah terlalu biasa dijadikan mas kawin, lalu kenapa tidak kalung atau anting-anting? Menggunakan kalung setiap harinya mungkin terlihat agak berlebihan, bukan? Lalu, anting-anting emas, tidak semua wanita nyaman menggunakan perhiasan yang satu ini. Dan lagi, bagi wanita yang menggunakan jilbab, tidak ada gunanya menggunakan kalung ataupun anting emas karena akan tertutup oleh jilbabnya. Jadi, menjadikan gelang emas sebagai mas kawin, selain merupakan langkah investasi yang cerdas, juga memang yang paling pas dibandingkan jenis perhiasan emas lainnya.

Nilai Kegunaan

Berbeda dengan uang tunai, perhiasan seperti gelang emas bisa dikenakan untuk keperluan sehari-hari. Banyak orang yang menggunakan uang tunai sebagai mas kawin memilih untuk menyimpan uang tersebut dengan alasan sayang untuk menggunakannya, apalagi jika uang yang digunakan sebagai mas kawin memiliki nomor seri yang berurutan atau memiliki nilai sentimental, itu akan membuat semakin sayang untuk menggunakannya, bukan? Berbeda dengan perhiasan. Meskipun dikenakan untuk menghadiri acara-acara penting, nilai sentimental maupun bentuknya tidak akan hilang atau berubah. Jadi, bisa dikenakan dengan tenang tanpa perlu khawatir.

Mudah Disimpan

Saat sedang tidak dipakai, gelang bisa disimpan gelang emas di kotak perhiasan yang cantik. Dibanding dengan bentuk mas kawin lainnya, cara penyimpanan ini tergolong cukup ringkas dan tidak makan tempat. Kebanyakan orang yang memilih uang tunai sebagai mas kawin menyimpannya dalam bentuk pigura atau kotak pajangan yang cukup banyak memakan tempat. Apalagi jika harus menyimpannya di dalam kamar karena merasa segan jika ingin memajangnya di ruangan lain di rumah. Menyusahkan sekali, bukan?

Tabungan Untuk Kebutuhan

Tidak ada yang pernah tahu jalannya hidup. Kadang kita berada di atas, tetapi bisa juga kita berada di bawah. Di saat-saat seperti ini, memilih gelang emas sebagai mas kawin bisa memberikan manfaat tambahan karena bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup ketika terjadi situasi darurat.

Berbeda dengan uang yang akan langsung habis saat digunakan, bisa menjaminkan perhiasan berharga di badan-badan keuangan seperti pegadaian dan semacamnya. Setelah keadaan kembali membaik bisa menebusnya kembali.

Estetika Saat Penyerahan

Dengan menjadikan perhiasan berharga ini sebagai mas kawin, calon pengantin bisa berkreasi pada saat ijab atau pemberkatan maupun resepsi dengan menghias gelang-gelang tersebut secantik mungkin. Calon pengantin juga bisa mencari contoh kreasi seserahan berupa gelang yang menarik, atau bisa juga jika ingin mengembangkan kreativitas dan menghiasnya sendiri.

Mahar umumnya akan diletakkan di dekat mempelai sebelum diserahkan dari pihak laki-laki ke pihak perempuan. Jadi, calon pengantin bisa memanfaatkannya sebagai dekorasi tambahan yang dapat membuat setiap undangan yang melihatnya terkagum-kagum.

Itulah 5 keuntungan yang akan diperoleh jika memilih gelang emas sebagai mas kawin atau seserahan. Calon pengantin bisa menjadikan keuntungan-keuntungan tersebut sebagai bahan pertimbangan tambahan sebelum menjatuhkan pilihan akhir. Selamat memilih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.