Tertarik Investasi Cincin Emas? Yuk Telusuri Artikel Berikut!

Investasi adalah salah satu cara terbaik dalam selain menabung di Bank. Investasi juga memiliki banyak komoditinya seperti saham, properti, logam mulia, jam tangan mewah dan yang paling disukai oleh para wanita yaitu investasi cincin emas. Namun, apakah bisa berinvestasi dengan benda kecil satu ini?

Emas memang menjadi komoditi investasi yang semakin dilirik karena terbukti harganya selalu mengalami kenaikan. Tercatat harga emas pada tahun 2011 berkisar di angka Rp 400.000, kini di tahun 2020 mencapai angka Rp 950.000 per gramnya. Angka yang sangat fantasti karena kenaikannya melebihi 2 kali lipat.

Bila kamu tertaik untuk berinvestasi emas, saatnya kamu perlu mempelajari lebih lanjut mengenai benda satu ini agar investasi kamu bisa semakin menguntungkan di masa mendatang.

Kenapa harus memilih emas?

Memilih investasi cincin emas tentu saja tidak tanpa alasan. Setidaknya ada 3 alasan kuat mengapa emas menjadi barang yang tepat untuk investasi. Yang pertama adalah bahwa emas tidak mudah untuk tergerus inflasi. Tidak seperti kamu menabung uang kertas yang semakin lama nilainya semakin turun, emas tidak akan mudah berubah nilainya meski jaman telah silih berganti.

Hal kedua dalam faktor investasi cincin emas adalah fakta bahwa harga emas selalu stabil bahkan cenderung naik. Memang akan ada momen dimana harga emas itu sedikit turun, namun bisa dipastikan dalam jangka waktu yang tidak lama, harganya akan naik kembali. Kamu bisa cek grafik harga emas di situs Google dan kamu akan temukan grafiknya yang terus melambung.

Alasan terakhir dalam invetasi emas adalah benda ini tidak mudah rusak dan mudah disimpan. Tidak seperti menyimpan uang kertas yang bisa saja sobek atau digigit tikus bila kamu simpan di rumah, emas lebih aman karena bentuknya yang tebal dan kuat. Selain itu, bila kamu tidak ingin menyimpannya di rumah, saat ini sudah banyak lembaga yang menerima jasa penitipan emas, salah satunya adalah Pegadaian.

Bagaimana proses emas menjadi cincin dan perhiasan lainnya?

Bila kamu ingin investasi cincin emas, mungkin kamu bertanya seputar cara emas itu dijadikan sebuah cincin. Pada asalnya, emas yang ada merupakan emas batangan dalam bentuk besar misalnya 1000gr yang kemudian dicampur dengan bahan baku lain yaitu tembaga dan perak.

Ketiga bahan ini kemudian dileburkan menjadi satu hingga akhirnya dicetak dalam berbagai bentuk seperti cincin, liontin, kalung, gelang dan lainnya. Tak hanya untuk perhiasan yang berbentuk kecil saja, kamu juga bisa menjumpai patung yang terbuat dari emas lho!

Mengapa perlu memakai perak dan tembaga? Hal ini dikarenakan sifat dasar dari emas adalah sangat lunak. Perak dan tembaga –yang kadang diganti dengan logam lain- ini berfungsi sebagai penguat emas agar bisa dijadikan benda-benda yang bisa dikenakan. Presentase dari percampuran logam ini nantinya akan mempengaruhi kadar karat emas yang akan berdampak kepada harga emas tersebut.

Sebagai contoh, emas dengan kadar 22 Karat memiliki presentase emas sebanyak 91% dan sisanya adalah logam campuran, kadar 18 Karat memiliki presentase emas sebanyak 85% dan begitu seterusnya.

Mengapa banyak orang menyukai investasi emas?

Banyak kalangan yang ingin menyimpan uangnya tidak lagi di Bank, namun lebih memilih untuk berinvestasi di emas atau perhiasan emas. Mengapa demikian? Sebenarnya, ada beberapa alasan yang mendasari mereka, mungkin kamu juga akan tertarik saat mengetahuinya!

Investasi cincin emas dan perhiasan lainnya lebih menarik dibanding emas batangan dikarenakan harganya yang bervariasi. Seperti yang telah dijabarkan bahwa perhiasan emas memiliki kadar karat yang berbeda, hal ini juga berdampak lurus pada harganya. Sehingga mereka bisa memilih perhiasan mana yang hargnya lebih terjangkau untuk dijadikan alat investasi.

Alasan lainnya adalah harga emas bisa ditawar. Ya, bila kamu membeli di toko perhiasan kamu bisa melakukan tawar menawar untuk harganya. Berbeda bila kamu membeli logam mulia atau emas batangan, harganya sudah net dan bisa kamu cek di halaman internet penyedia harga emas.

Wanita menjadi yang paling banyak dalam melakukan investasi cincin emas karena sambil menabung, mereka juga tetap bisa menggunakannya untuk sekaligus mempercantik diri. Seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air!

Cara Investasi Cincin Emas yang Tepat

pic: unsplash/sabrinnaringquist

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam berinvestasi, tentu saja kamu perlu memahami aturan-aturan tertulis ataupun yang tidak tertulis dalam berinvestasi emas. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Cara investasi cincin emas

  1. Perhatikan harga

    Ketika membeli cincin emas, tentunya kamu tidak hanya membayar untuk emasnya saja. Ada juga biaya desain, pengerjaan, dan batu permata cincin tersebut. Berbeda desain dan batu permata, pastinya akan memberikan harga yang bervariasi pula. Karena itu, kamu harus cermat memilih model cincin yang harganya tepat.

  2. Miliki sertifikat emas

    Sebagai orang awam, kamu pasti akan sulit membedakan mana cincin emas asli dan palsu. mana yang karatnya besar dan kecil. Pastikan kamu membeli cincin emas di toko yang memberikan sertifikat pula agar bisa dipertanggungjawabkan keaslian emas tersebut.

  3. Rawat perhiasan dengan baik

    Tahukah kamu? Cincin emas yang hitam karena luntur pemakaian akan dihargai lebih murah dibandingkan cincin emas yang terawat. Hal ini dikarenakan toko perhiasan tersebut akan melakukan perawatan ulang apabila menerima jual emas yang lusuh tersebut. Oleh karenanya, pastikan saat kamu memakai perhiasan, tetap dirawat dengan baik ya. Bagaimana caranya? Klik di tautan ini: Cara Merawat Cincin.

  4. Selalu beli di toko perhiasan terpercaya

    Langkah terakhir dalam investasi cincin emas adalah pastikan kamu membeli perhiasan emas apapun dari toko perhiasan yang sudah kredibel dan terpercaya. V&Co Jewellery adalah salah satu contoh toko yang paling sesuai dengan kriteria ini. Berdiri sejak 2011, toko perhiasan di Melawai Plaza dan Cikini Gold Center ini telah memuaskan puluhan ribu pelanggannya.

Tentu saja, dengan membeli emas di toko perhiasan yang terpercaya akan menghindari kamu dari segala macam bentuk penipuan mulai dari kadar emas hingga keaslian emas tersebut.

Memulai investasi di perhiasan tidak rumit dan sangat mudah. Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk mencobanya?

vncoartikeladmin

Recent Posts

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

22 jam ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

23 jam ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

3 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

4 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

5 hari ago

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

1 minggu ago