Ini Cara Merawat Cincin Kawin yang Harus Dilakukan!

Cincin kawin juga biasanya terbuat dari logam. Layaknya perhiasan lainnya, umumnya cincin kawin terbuat dari emas. Namun, ada beberapa jenis logam lainnya yang dipakai sebagai bahan dasar cincin kawin. Misalnya palladium, emas putih, platinum hingga perak. Apapun bahan yang dipilih, pastinya kamu dan pasangan akan memakai cincin tersebut kemana pun kamu pergi. Sering dipakai pastinya bisa membuat cincin tersebut menjadi kusam sehingga kamu juga perlu mengetahui cara merawat cincin kawin.

Cara merawat cincin kawin sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun, kamu tetap harus ingat dan konsisten supaya cincin yang dipakai masih tampak mengkilap meskipun dipakai setiap hari. Berikut sederet cara perawatan cincin yang perlu kamu ketahui.

10 Cara Merawat Cincin Kawin yang Wajib Diketahui
Grooms, Ring, Commitment, Marriage, wedding, married, romance ...

  1. Lepas Cincin Saat Melakukan Kegiatan Tertentu

    Perawatan cincin ternyata dimulai dengan kebiasaan sederhana yaitu melepas cincin dalam kegiatan tertentu. Bahan logam seperti emas termasuk jenis yang sangat mudah tergores. Maka dari itu, emas wajib dilepas ketika kamu melakukan pekerjaan yang berat.

    Namun, ini mungkin tak berlaku bagi beberapa jenis logam yang tahan gores. Misalnya palladium atau platinum. Keduanya memiliki lapisan platina yang membuat cincin tidak mudah tergores. Tapi jika kamu memiliki cincin dengan bahan emas biasa, ada baiknya menyimpannya saat melakukan aktivitas yang terhitung berat.

  2. Membersihkan Cincin dengan Sabun

    Kamu dan pasangan bisa melakukan perawatan cincin sendiri di rumah. Jika merasa sudah terlalu kotor atau kusam, kamu bisa menyiapkan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Setelah itu, rendam dan usap cincin secara perlahan. Kamu juga bisa memakai sikat gigi yang lembut. Terakhir keringkan dengan lap yang lembut untuk tetap menjaga cincin dari goresan.

  3. Membersihkan Cincin Ke Tempat Professional

    Meski kamu rutin membersihkan cincin sendiri di rumah, kamu tetap harus membawa cincin ke tempat professional untuk dibersihkan. Dengan tenaga professional, cincin akan dibersihkan secara menyeluruh bahkan ke kotoran yang tidak terlihat. Cincin akan dibersihkan hingga ke celah-celahnya. Kalau kamu membeli cincin di V&Co Jewellery, kamu bisa menggunakan jasa free poles, lho!

  4. Tempat Penyimpanan

    Cara merawat cincin kawin juga berhubungan dengan tempat penyimpanan. Jika kamu dan pasangan sedang melepas cincin tersebut, jangan asal disimpan. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang sering menyimpan berbagai perhiasan berharga. Jangan asal ditaruh di tempat tertutup.

    Kamu sebaiknya menyiapkan kantung anti noda. Bila tidak memiliki kantung tersebut, kamu bisa menyimpan kotk yang sudah dilapisi kawin. Letakkan dalam laci yang pastinya tidak terlalu lembap. Hal ini demi menjaga agar cincin tetap mengkilap

  5. Hindari Paparan Bahan Kimia

    Salah satu yang wajib diperhatikan adalah menghindari cincin dari paparan bahan kimia. Misalnya saat sedang membersihkan rumah. Kamu dan pasangan mungkin akan menggunakan bahan pembersih yang terdiri dari bahan-bahan kimia. Meski tidak berbahaya, tetap saja di dalamnya terdapat paparan bahan kimia.

    Bahan kimia yang ada di dalam cairan pembersih bisa merusak cincin kawin. Jadi, kamu dan pasangan bisa melepaskan cincin tersebut saat melakukan kegiatan membersihkan rumah. Tak hanya itu saja, kamu dan pasangan juga sebaiknya melepas cincin saat berenang. Ada kandungan bahan kimia dalam kolam renang yang bisa merusak cincin. Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa menghindari cincin yang hilang.

  6. Hindari Cincin Mendapatkan Tekanan

    Cara merawat cincin kawin berikutnya adalah menghindari cincin mendapatkan berbagai tekanan. Hal ini bisa membuat cincin menjadi mudah tergores. Biasanya jika sedang melakukan pekerjaan berat. Maka, kamu bisa melepaskan cincin terlebih dahulu bila sedang melakukan pekerjaan berat.

    Bahkan bagi sebagian orang, kondisi tidur juga bisa menyebabkan cincin mendapatkan tekanan dan akhirnya mengalami goresan. Terkadang seseorang tidak menyadari bahwa cincin tergores saat sedang tertidur. Jika merasa cincin jadi mudah tergores saat tidur, kamu bisa melepaskannya.

  7. Memberishkan Cincin dengan  Pasta Gigi

    Pembersihan cincin di rumah menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan sebagai cara merawat cincin kawin yang mudah. Bersihkan cincin kawin setidaknya dua kali dalam satu bulan. Sebelumnya sudah dipaparkan bahwa kamu bisa memakai air sabun sebagai pembersih cincin.

    Tidak hanya memakai air sabun saja. Kamu bisa memakai pasta gigi untuk membuat cincin jadi lebih bersih. Caranya, cukup letakkan pasta gigi di area cincin. Kemudian bersihkan dengan sikat gigi yang lembut. Kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Jangan lupa keringkan bagian cincin secara menyeluruh dengan kain lembut. Setelah itu, jangan lupa simpan cincin di kotak penyimpanan dalam kondisi kering ya.

  8. Ubah dan Perbaiki Ukuran Cincin

    Ukuran jari bisa berubah seiring pertambahan usia. Selain itu, ukuran cincin juga bisa ditentukan dari kegiatan serta gaya hidup orang sehari-hari. Maka, kamu bisa mendatangi toko perhiasan untuk mengubah ukuran cincin kawin. Dalam kondisi sudah tidak nyaman, ada baiknya kamu langsung membawanya ke toko perhiasan.

    Pastinya pengubahan ukuran ini akan membuat kamu jadi lebih nyaman karena cincin kawin umumnya dipakai dalam hidup sehari-hari. Pastinya tidak membuat jari terlalu tertekan. Memperbaiki ukuran cincin juga bisa mencegah cincin rusak di kemudian hari.

  9. Tempat Penyimpanan Khusus Saat Bepergian

    Jika kamu sudah menyiapkan tempat penyimpanan di rumah, ada kalanya kamu juga harus menyiapkan tempat perhiasan khusus bila ingin bepergian. Saat bepergian mungkin kamu akan melakukan kegiatan ekstrim atau aktivitas luar ruangan.

    Bila terlalu berbahaya atau berat, ada baiknya kamu menyiapkan kantung anti noda untuk menyimpan perhiasan sementara waktu. Kantung ini juga membantu kamu agar lebih aman saat menyimpan benda berharga lainnya. Aktivitas yang terlalu keras bisa menyebabkan cincin mudah tergores. Apalagi jika kamu dan pasangan memiliki cincin dengan bahan yang pada dasarnya mudah tergores.

  10. Asuransikan Cincin

    Cara merawat cincin kawin yang tak boleh terlewat adalah mengasuransikan cincin tersebut. Benda berharga sebaiknya dijaga dengan banyak cara. Tak hanya dari segi fisiknya saja tetapi juga dari segi nilai. Apalagi jika kamu dan pasangan adalah orang dengan mobilitas tinggi dan sering melakukan kegiatan ekstrim. Hal ini penting untuk menjadi pertimbangan.

Baca juga:  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Cincin Tunangan Emas

Ada banyak cara merawat cincin kawin yang wajib kamu ketahui. Perawatan cincin ini berguna supaya cincin tetap tampil mengkilap dan tidak banyak goresan. Tapi kamu juga tak perlu khawatir sebab saat ini sudah banyak toko perhiasan yang memberikan jasa pembersihan cincin kawin. Tak hanya soal bersih dari luar saja, kamu juga perlu merawatnya dari aspek lain seperti penyimpanan hingga memastikan cincin aman dari ancaman hilang.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin