Cincin Nikah yang Sesuai untuk Pria

Tradisi dan agama menjadi hal yang memuat berbagai aturan penting. Salah satunya adalah penggunaan cincin nikah. Memang cincin nikah dipakai oleh tradisi pernikahan Indonesia. Namun, kamu dan pasangan harus mengetahui ada beberapa jenis cincin nikah untuk pria yang perlu diperhatikan.

Dalam ajaran agama Islam, pria dilarang untuk memakai emas dalam bentuk perhiasan apapun. Maka dari itu, kamu dan pasangan perlu mengetahui cincin nikah yang sesuai untuk pria.

Mengapa kamu dan pasangan perlu memikrikan bahan cincin tersebut? Agama Islam mengajarkan bahwa pria diharamkan untuk memakai perhiasan emas. Maka dari itu, kamu dan pasangan perlu mengetahui jenis cincin yang bisa dipakai sebagai pengganti emas. Berikut ini alternatif cincin nikah yang bisa digunakan untuk pria.

5 Jenis Cincin Nikah untuk Pria
Man Holding Two Wedding Rings Stock Footage Video (100 ...

  1. Perak

    Cincin dengan bahan ini bisa dibilang pas untuk para laki-laki. Cincin dengan bahan perak biasanya polos. Maka dari itu, cincin tersebut cocok untuk pria agar tetap tampak berwibawa dan gagah. Cincin perak biasanya tidak didesain aneh. Biasanya hanya polos dengan satu permata di atasnya. Maka, banyak laki-laki yang memilih cincin perak karena desainnya yang sederhana.

  2. Titanium

    Cincin model ini termasuk bahan yang sering dipakai laki-laki. Salah satu keunggulannya adalah bahannya yang padat. Meski agak sedikit berat, cincin model titanium ini cukup digemari karena bentuknya yang sangat kokoh. Salah satu keunggulannya adalah cincin ini akan sangat sulit tergores.

    Hanya saja ada yang perlu diperhatikan yakni dari segi bobot. Cincin dengan bahan platinum umumnya lebih berat. Jadi, kamu perlu memperhatikan bila cincin tersebut akan dipakai selama kegiatan sehari-hari. Dari segi design, platinum sendiri tetap akan tampak menawan meski designnya polos. Kamu akan tetap tampak maskulin dengan cincin platinum.

  3. Palladium

    Jenis bahan satu ini memang baru dikenal oleh banyak orang. Baru belakangan banyak pasangan yang memilih palladium sebagai bahan dasar logamnya. Ternyata memang ada banyak kelebihan dari jenis logam ini. Pertama, logam ini adalah logam mulia seperti emas.

    Kandungan palladium di dalam sebuah cincin bisa mencapai 95%. Artinya campuran logam lainnya hanya 5%. Cincin ini juga tidak dicampur dengan nikel sehingga cocok untuk kamu dan pasangan yang mengalami alergi logam. Terkadang banyak orang yang tak memahami bahwa kulit sensitif bisa saja mengalami alergi pada logam.

    Selain itu, palladium juga lebih ringan sehingga cocok dipakai sehari-hari. Warnanya yang seperti perak mengkilap akan membuat cincin tampak elegan meski dengan model sederhana. Kelebihan lainnya adalah dari segi ketahanan. Kamu dan pasangan tak perlu khawatir sebab palladium tahan terhadap korosi.

    Dari segi harga, cincin palladium juga jauh lebih terjangkau. Perawatannya juga mudah sebab palladium memiliki lapisan pelindung platina. Kamu tinggal membersihkannya dengan air hangat dan sabun. Jadi sangat mudah bukan untuk merawatnya?

  4. Platina

    Meski bernama emas putih, tetapi bahan ini berbeda dengan emas munri yang berwarna kuning. Emas putih atau yang biasa disebut dengan paltina merupakan jenis logam yang paling kurang reaktif. Sebelum membeli emas putih, kamu dan pasangan wajib meneliti bahannya terlebih dahulu. Jangan sampai memiliki kandungan emas sedikit pun di dalamnya.

    Emas putih sendiri memiliki bobot yang ringan sehingga cocok bagi kamu yang malas memakai cincin dengan bobot terlalu berat. Selain itu, banyak orang yang merasa repot bila harus memakai emas putih karena soal perawatannya. Namun, kamu tak perlu khawatir sebab sudah banyak jasa memoles kembali emas putih supaya lebih mengkilap dan juga menawan.

  5. Tungsten Karbida

    Jenis logam ini mungkin juga asing di telinga. Tapi, bahan ini termasuk jenis logam yang sudah biasa untuk diolah menjadi perhiasan khususnya cincin nikah. Salah satu kelebihan dari logam ini adalah bisa mempertahankan bentuk aslinya sehingga tidak mudah tergores.

    Tungsten karbida memiliki titik lebur yang cukup tinggi sehingga cocok menjadi alternatif cincin nikah selain emas. Warnanya memang tidak mengkilap seperti emas tetapi logam ini tetap nyaman bila digunakan sehari-hari. Maka, logam ini wajib menjadi rekomendasi bahan cincin pengganti emas.

Baca juga:  Cara Merawat Cincin Kawin Emas Putih

Ternyata ada banyak cincin nikah yang sesuai untuk pria. Semua bahan di atas memang cocok untuk pernikahan islami karena tidak mengandung emas. Tak hanya itu saja, bahan logam tersebut juga memang pas untuk dipakai laki-laki dengan karakteristik bahannya. Yuk temukan cincin kawin terbaik untuk pria muslim di V&Co Jewellery!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin