cincin palladium adalah

Cincin Palladium, Cincin Kawin Masa Kini

Cincin palladium adalah salah satu jenis perhiasan yang terbuat dari logam mulia Platinum Group Metal, berwarna putih berkilau alami dan tingkat perkerasan yang tinggi.

Cincin palladium mungkin bukanlah hal yang baru di Indonesia. Mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia memeluk agama islam dimana dalam ajaran Islam ada larangan untuk menggunakan perhiasan berbahan dasar emas bagi laki-laki. Sehingga, tidak seperti calon pengantin wanita yang kebanyakan akan langsung memilih cincin nikah berbahan dasar emas, baik itu emas kuning ataupun emas putih, para calon pengantin pria akan mencari alternatif lain sebagai pengganti logam mulia emas.

Kenapa Cincin Palladium Menjadi Cincin Kawin Masa Kini?

Selain cincin emas dan perak, cincin palladium bisa dijadikan pilihan untuk pasangan yang sedang memilih cincin pernikahan. Di dalam ajaran Islam, laki-laki tidak boleh menggunakan cincin berbahan emas, maka selain cincin yang berbahan perak, palladium juga dapat dijadikan pilihan sebagai bahan cincin bagi laki-laki muslim.

Namun tidak hanya laki-laki muslim yang bisa memakai cincin palladium, karena cincin palladium adalah cincin yang memiliki banyak kelebihan dibanding cincin berbahan emas ataupun perak. Cincin dengan bahan emas kuning akan terlihat bagus saat digunakan dengan orang yang memiliki tone kulit hangat, tetapi jika digunakan oleh orang dengan tone kulit dingin (warna kulit lebih cerah dan pucat) akan terlihat pudar dan pucat.

Emas kuning juga harus dipoles secara berkala untuk mempertahankan kilaunya. Selain itu, emas kuning lebih lunak dibanding emas putih sehingga lebih mudah tergores. Sedangkan emas putih mengandung nikel, sehingga menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Kebanyakan emas putih menggunakan lapisan rhodium untuk membuatnya lebih bersinar. Akan tetapi lapisan rhodium dapat pudar sehingga kamu harus melapisinya lagi setidaknya setahun sekali.

Kekurangan yang dimiliki oleh emas kuning dan emas putih memang bisa membuat orang berpikir ulang untuk membelinya. Hadirnya cincin berbahan palladium, ternyata memberikan opsi lain untuk membuat cincin pernikahan bagi laki-laki. Yuk, simak kelebihan cincin berbahan palladium di bawah ini.

1. Termasuk Logam Berharga

Sama seperti emas, platinum, dan perak, palladium pun termasuk salah satu logam berharga atau logam mulia. Karena itulah palladium merupakan logam yang ideal untuk dijadikan perhiasan. Selain empat logam tersebut, logam lain yang juga biasa digunakan untuk membuat perhiasan seperti tembaga, aluminium, dan tungsten, tidak dianggap sebagai logam mulia.

2. Harga Terjangkau

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, palladium merupakan logam mulia dengan harga yang terjangkau. Selain itu, walaupun paladium termasuk keluarga Platinum dengan keindahan yang hampir serupa, namun harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Platinum.

3. Tahan Lama

Banyak pria yang bekerja di luar ruangan atau senang melakukan aktivitas yang berat dan ekstrem. Karena itulah mereka membutuhkan cincin kawin dengan daya tahan yang kuat dan tidak mudah rusak, seperti palladium.

4. Ringan

Tak seperti platinum, cincin palladium memiliki berat yang lebih ringan. Logam palladium memiliki kepadatan yang lebih rendah, sekitar 40% lebih ringan daripada platinum. Jadi, Anda tak akan merasa risih dan terganggu saat menggunakan cincin kawin palladium untuk sehari-hari.

5. Tidak Mudah Noda

Hal lain yang menjadi keuntungan logam palladium adalah logam ini tidak mudah ternoda. Jika logam perak akan noda seiring berjalannya waktu, maka hal tersebut tidak berlaku untuk palladium. Walaupun telah lama digunakan, paladium tidak akan rusak karena teroksidasi unsur yang mengandung udara. Tak hanya itu, cincin palladium pun tak akan menjadi kusam atau kuning seiring berjalannya waktu.

6. Hypoallergenic

Logam palladium memiliki sifat hypoallergenic atau tidak menimbulkan reaksi alergi. Logam yang mengandung nikel biasanya dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit, misalnya gatal-gatal, ruam, hingga menimbulkan bekas kemerahan. Jadi, jika kamu seringkali alergi saat menggunakan perhiasan dari logam tertentu, maka kamu dapat memilih palladium karena lebih aman untuk digunakan oleh para pemilik kulit sensitif.

7. Murni

Faktor lain yang membuat para pria memilih cincin palladium adalah karena palladium termasuk logam murni. Karena inilah palladium sering disebut 950 palladium. Hal ini juga yang menjadi kandungan standar (95% kandungan palladium) di Amerika Utara dan Eropa Barat jika ingin menggunakan palladium sebagai perhiasan.

Kelebihan-kelebihan cincin berbahan palladium di atas merupakan alasan mengapa cincin palladium menjadi cincin kawin masa kini. Banyak yang menjatuhkan pilihan ke cincin yang berbahan palladium karena dinilai lebih mudah merawatnya dibanding emas kuning ataupun emas putih. Berbicara investasi, cincin palladium masih kalah dibanding cincin berbahan emas. Karena harga cincin palladium ketika dijual lagi, akan turun. Berbeda dengan emas yang memiliki penyesuain harga di setiap tahunnya.

Kekurangan Cincin Palladium

Selain memiliki banyak kelebihan, cincin palladium juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang dimiliki palladium, tidak akan membuat kelebihannya menjadi menurun. Simak, yuk!

1. Tidak semua toko perhiasan mau menerima cincin dari bahan palladium untuk dijual lagi. Hal ini karena cincin palladium belum sepopuler cincin emas.

2. Bahan cincin yang berasal dari palladium masih awam di masyarakat kita.

3. Saat proses pembuatan cincin pernikahan, kadar palladium yang dipakai umumnya hanya sebesar 50-60%. Hal tersebut dikarenakan sifat dari palladium yang terlalu keras sehingga sangat sulit untuk dibentuk jika kadarnya 100%.

4. Jika dibandingkan dengan cincin yang berbahan perak, maka harga cincin palladium lebih mahal.

Di V&Co Jewellery, kamu bisa membuat cincin kawin palladium dengan desain yang sudah ada dan desain custom sesuai keinginan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan bahan logamnya jika ingin. Ingin melihat koleksi cincin kawin V&Co Jewellery? Lihat di sini, yuk!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *