Referensi Cincin Perkawinan dengan Batu Mulia

Referensi Cincin Perkawinan dengan 4 Batu Mulia

Penyematan cincin perkawinan pada akad atau pemberkatan telah menjadi sesi simbolis yang wajib dilakukan. Hal itulah yang juga membuat cincin perkawinan harus selalu dikenakan oleh pasangan yang telah menjadi suami istri.

Cincin perkawinan menjadi sebuah simbol dalam hubungan berkeluarga. Bentuknya yang lingkaran memiliki makna bahwa pernikahan itu layaknya sebuah lingkaran, yaitu tidak ada akhirnya. Sehingga cincin memiliki makna filosofis yang berarti pernikahan itu sifatnya kekal dan abadi.

Cincin ini kerap ditemui memiliki model yang polos. Biasanya cincin yang dikenakan pasangan suami istri terbuat dari emas dengan ukiran nama pasangan di bagian dalamnya. Penulisan ukiran nama tersebut menandakan bahwa seseorang telah memiliki pasangan suami atau istri.

Namun, saat ini telah banyak inovasi yang beragam dari cincin perkawinan. Batu mulia kerap dijadikan pilihan oleh sebagian orang dalam mengkreasikan cincin perkawinan mereka. Aneka ragam bentuk dan jenis dari batu mulia menjadikan penggunanya memiliki nilai plus tersendiri.

Jenis Cincin Perkawinan Batu Mulia

Di dunia ini ada banyak ragam batu mulia. Berikut adalah beberapa jenis batu mulia yang paling sering ditemui di tengah masyarakat:

  1. Berlian

Pasti kamu sudah tidak asing dengan jenis batu mulia yang satu ini. Berlian merupakan salah satu batu permata yang terkenal dan paling berharga di muka bumi. Bentuknya yang menawan, kilauannya yang indah mampu membuat siapa saja terlena olehnya. Hal tersebut menjadikan berlian memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Cincin Perkawinan Exclusive di gambar merupakan salah satu cincin berlian yang dikeluarkan oleh V&CO Jewellery. Cincin perkawinan yang mematok harga Rp 21.000.000-an ini memiliki kualitas yang baik.

Pada cincin perkawinan pria, terdapat 1 buah berlian di bagian tengah dengan kadar 0.19 karat. Sedangkan pada cincin perkawinan wanita terdapat 1 buah berlian di bagian tengah dengan kadar 0.15 karat. Untuk bagian sisi cincin perkawinan wanita dan pria, terdapat masing-masing 12 buah berlian dengan kadar 0.6 karat.

  1. Safir

Safir atau sapphire adalah jenis batu mulia yang lain. Ada banyak ragam warna dari batu safir. Namun, warna yang paling terkenal dan umum di tengah masyarakat adalah blue sapphire.

Blue sapphire termasuk dalam golongan batu mulia dengan harga yang tinggi. Para sosialita atau orang kaya kerap menjadikan blue sapphire sebagai alat ukur kekayaan dan status sosial mereka.

Warna biru tua dari cincin perkawinan di atas membuat penggunanya semakin terlihat elegan. Kilau berlian yang berada di sekitar blue sapphire pun menunjukkan kesan mewah. Plat cincin emas yang tipis disesuaikan agar blue sapphire menjadi nilai jual utama pada cincin perkawinan ini.

  1. Zamrud

Batu mulia zamrud kerap dikenal dengan sebutan emerald. Berbeda dengan berlian yang memiliki warna bening, zamrud memiliki warna hijau. Tentu saja hijau yang terdapat pada batu zamrud memiliki jenis yang beragam pula.

Sampai saat ini, batu zamrud masih langka untuk ditemui di Indonesia. Colombia, Afrika, dan Brazil adalah beberapa negara yang menghasilkan batu mulia indah ini. Dikarenakan kelangkaannya, batu zamrud bisa mencapai harga hingga milyaran rupiah.

Cincin zamrud ini dapat kamu jadikan pilihan. Zamrud dengan warna hijau mengkilap dijamin akan menjadi point of interest di jari manismu. Perpaduan dengan emas kuning pada cincin semakin menjadikan cincin perkawinanmu istimewa.

  1. Ruby

Jenis batu mulia yang kerap dijadikan cincin perkawinan adalah ruby. Warna merah menjadi dasar dari batu ini. Itulah mengapa terkadang orang menyebutnya dengan batu merah delima.

Cincin ruby ini dapat kamu jadikan pilihan. Memang selintas terlihat simpel, tapi batu ruby yang terdapat pada cincin mampu menciptakan kesederhanaan itu menjadi sebuah kemewahan. Kilauan dari ruby berwarna merah delima mampu membuat siapapun jatuh hati melihatnya.

Prinsip 4C Batu Mulia

Batu mulia

Sebelum membeli cincin perkawinan dengan batu mulia, terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan. 4C (cut, color, clarity, carat) merupakan hal yang patut diperhatikan bila kamu penggemar atau calon pembeli berlian.

  1. Cut

Prinsip cut menunjukkan bahwa berlian harus memiliki betuk yang rapi. Meskipun cut bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti “pemotongan”, tapi pada kenyataannya berlian tidak melalui proses pemotongan melaikan pengasahan.

Tak bisa sembarang asah, diperlukan ketelitian dan kesabaran agar bentuk berlian menjadi proposional. Apabila cincin berlian memiliki bentuk dan tekstur yang rapih, maka akan semakin tinggi harganya.

  1. Color

Berlian memiliki berbagai tingkatan warna. Gemological Institute of America (GIA) mengklasifikasikan tingkatan warna berlian tersebut. Adapun warna-warna tersebut berada pada spektrum putih hingga kuning.

Bila kamu pecinta berlian pasti sudah tidak asing dengan grade warna yang dimiliki. Adapun grade yang dimiliki berlian diberi kode dari huruf D hingga Z. Berlian yang memiliki grade D berada dalam kelas yang ideal, sedangkan grade Z berada pada tingkatan paling rendah. Semakin bening warna berlian, maka harganya semakin mahal.

  1. Clarity

Clarity atau kejelasan menjadi faktor lain yang mendorong harga berlian. Seperti yang diketahui, berlian memiliki warna yang bening. Sehingga bila terdapat “kecacatan” pada berlian maka hal tersebut dapat mengurangi harga nilai jualnya.

Terdapat beragam jenis “kecacatan” pada cincin berlian. Noda dan lecet memang terdengar sepele. Namun, kesalahan-kesalahan tersebut justru dapat membuat harga berlian “terjun bebas”.

  1. Carat

Karat menjadi prinsip terakhir dalam 4C. Sama dengan perhiasan lainnya, karat juga menjadi nilai jual tersendiri. Semakin tinggi kadar karat pada cincin perkawinan berlian, maka kocek yang perlu dibayarkan pun semakin besar.

Beberapa penjelasan di atas dapat dijadikan referensi untukmu yang tengah kebingungan mencari cincin perkawinan. Mulailah menabung dari sekarang agar bisa mewujudkan cincin pernikahan yang menawan untukmu dan pasangan.

Memiliki cincin perkawinan dengan batu mulia memang menjadi dambaan setiap wanita, apalagi jika batu mulianya berupa berlian. Siapa yang tidak mau? Cincin kawin dengan sentuhan berlian tidak perlu diragukan lagi kecantikannya. Kunjungi webstore V&Co Jewellery yuk, kalau kamu masih mencari cincin kawin yang cocok dengan seleramu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *