Mengenal 4 Jenis Perhiasan Perak

Mengenal 4 Jenis Perhiasan Perak

Jelas sekali jika perhiasan perak itu terbuat dari perak. Akan tetapi, perak ini juga termasuk dalam keluarga logam berharga sama seperti emas, palladium, dan platinum.

Perak sejak dulu telah dihubung-hubungkan dengan kemewahan dan kekayaan. Perak banyak dijadikan perhiasan karena warnanya yang cantik dan lunak sehingga mudah dibentuk menjadi aneka ragam perhiasan. Bukan hanya terkenal menjadi perhiasan, perak juga marak digunakan di bidang kesehatan dan teknologi karena perak merupakan konduktor listrik yang baik dan juga merupakan antibakteri.

Tahukah bahwa ada banyak sekali jenis perak di luar sana? Fine Silver, Sterling Silver, Argentium Silver, dan Silver Plate merupakan jenis-jenis perak yang lumrah digunakan. Untuk perhiasan perak sendiri, lebih direkomendasi untuk menggunakan perak jenis Sterling. Mengapa? Mari simak penuturan berikut ini.

4 Jenis Perhiasan Perak

  • Fine Silver

Image result for fine silver

Fine Silver merupakan jenis perak yang paling mendekati emas murni. Komposisinya pun terdiri dari 99,9% perak dan 0,1% campuran logam lain yang tidak terlalu berpengaruh (dapat diabaikan). Tampilan dari Fine Silver ini lebih keabu-abuan dan agak kusam.

Terlepas dari gelar emas murninya, Fine Silver nyatanya memiliki tekstur yang terlalu lembek sehingga tidak cocok untuk dijadikan perhiasan perak. Karena sifat lunaknya inilah apabila dijadikan perhiasan, perhiasaan akan mudah rusak dan kehilangan bentuk seiring berjalannya waktu. Perak satu ini lebih cocok dijadikan sebagai anting-anting atau liontin yang tidak terlalu banyak terkena benturan.

  • Sterling Silver

Simple WR0042 Simple WR0015

Sterling Silver merupakan perak yang terdiri dari 92,5% perak dan 7,5% logam lain (umumnya Nikel atau Tembaga). Perak termasuk logam yang sangat lembut, sehingga pembuatan perhiasan perak memerlukan campuran logam.

Campuran logam inilah yang membuat perak menjadi lebih keras. Bukan hanya untuk mengubah teksturnya, campuran logam lain itu juga berguna untuk menciptakan warna keperakan yang berkilau. Namun sayang, kilau pada perak cenderung lebih cepat pudar. Jenis perak satu ini merupakan jenis perak standar yang digunakan di Amerika Serikat.

  • Argentium Silver

Simple WR0136 Simple WR0192

Argentium Silver merupakan versi modern dari Sterling Silver. 92,5% dari Argentium Silver merupakan perak dan 7,5%-nya lagi merupakan perpaduan antara Tembaga dan Germanium. Sama seperti peran Nikel atau Tembaga pada Sterling Silver, peran Germanium ini adalah untuk membuat perak menjadi tambah keras, tahan lama, dan tidak mudah pudar.

  • Silver Plate

Silver Plate merupakan lapisan tipis yang menutupi permukaan dari metal (biasanya Tembaga) yang jelas membuatnya menjadi jenis perak yang memiliki kadar perak yang paling sedikit dan tidak berharga. Setelah beberapa waktu, lapisan perak ini akan berubah warna dan terkelupas.

Jenis-jenis perak masih ada banyak lagi dan yang membedakannya itu adalah kadar perak dan campuran di dalamnya. Pemilihan jenis perak untuk perhiasan pun bergantung pada bentuk perhiasan yang diinginkan.

Berikut beberapa kelebihan dari perak yang membuatnya lebih menonjol ketimbang saudara-saudaranya, emas, palladium, maupun platinum.

  • Harga perak lebih murah dari logam mulia lain
  • Dapat dijual kembali dengan harga yang tak jauh berbeda dari pembelian
  • Perak merupakan logam lunak sehingga lebih mudah dibentuk-bentuk sesuai keinginan.

Tidak usah khawatir saat memutuskan untuk membeli perhiasan perak karena warnanya yang lekas pudar. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kilau perhiasan perak dengan mudah.

  • Tutupi permukaan loyang kaca dengan aluminium foil
  • Isi loyang yang telah dilapisi aluminium foil dengan air mendidih
  • Tambahkan satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking soda pada loyang
  • Rendam perhiasan perak ke dalam larutan tersebut
  • Angkat perhiasan saat noda pada perhiasan menghilang. Bilas perhiasan dengan air dan keringkan dengan handuk lembut

Setelah bersih, ada baiknya mulai menyimpan perhiasan perak dengan cara yang benar agar tidak terlalu cepat memudar. Salah satu yang paling mudah ialah menyimpannya di dalam kotak perhiasan. Pastikan saat penyimpanan, perhiasan perak tidak disimpan bersama perhiasan lain untuk mencegah terjadinya goresan.

Pastikan juga kotak perhiasan yang dipunya memiliki lapisan anti-noda (dapat diganti dengan kain lembut). Untuk hasil yang lebih maksimal, penambahan Silica Gel Pack pada tempat penyimpanan perhiasan perak dapat mencegah perubahan warna karena uap air yang diserap oleh Silica Gel Pack. Apabila tidak memiliki kotak perhiasan, kantong plastik bisa jadi alternatifnya. Dan akan lebih baik apabila kantong plastik tersebut memiliki zip lock-nya agar substansi lain yang dapat membuat perubahan warna pada perak dapat diminimalisir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.