manfaat kalung berlian

Apa Saja Kegunaan Liontin Emas?

Liontin emas adalah gantungan atau mata yang dapat mempercantik sebuah kalung. Liontin ditambahkan ke dalam rantai kalung dan menjadi center dari kalung. Selain untuk memaksimalkan penampilan, ternyata ada banyak kegunaan liontin emas yang perlu kamu ketahui, lho.

Liontin emas menjadi salah satu perhiasan yang banyak dicari dan digemari oleh para kolektor perhiasan. Bentuknya yang unik dan memiliki banyak model menjadi salah satu alasan mengapa liontin bisa disukai oleh banyak orang. Bentuk liontin emas sangatlah beragam. Ada yang berbentuk hati, segi enam, segi delapan, alfabet, bulat, abstrak dan yang paling banyak dicari ialah liontin dengan bentuk lonjong atau oval. Liontin bisa dipakai menjadi sebuah simbol atau bahkan bisa menjadi hadiah pernikahan.

Umumnya, liontin dirancang menjadi bentuk yang menjuntai ke bawah. Tetapi pada desain yang lebih mdoern, liontin juga dapat dirancang untuk tampil mendatar. Liontin memiliki berat yang berbeda-beda. Walaupun liontin memiliki bentuk yang kecil, tetapi keberadaan liontin banyak diburu oleh kaum wanita maupun para kolektor.

Sejarah Liontin Emas

kegunaan liontin emas
shoperella.net

Kata liontin berasal dari bahasa Prancis Kuno “pedre” dan kata Latin “pedere” yang memiliki arti “menggantung”. Liontin emas sering dijadikan sebagai simbol cinta khususnya simbol keabadian. Asal muasal emas pertama kali diperkirakan sudah ada di dunia sejak 40.000 tahun sebelum masehi. Hal ini didasari dengan adanya penemuan emas di gua-gua di negara Spanyol, di mana sebelumnya ditemukan fosil manusia zaman Paleolitik di dalam gua tersebut.

Emas tidak hanya digunakan untuk perhiasan saja. Sejak tahun 700 sebelum masehi, orang-orang menggunakan emas sebagai alat tukar manusia. Para pedagang Lydian pada masa itu mulai membuat koin-koin yang terbuat dari 63% emas dan 27% perak. Koin ini digunakan mereka sebagai pengganti mata uang saat melakukan transaksi.

Emas sudah masuk ke Indonesia diperkirakan sejak masa kerajaan Sriwijaya pada abad ke 7. Di kerajaan ini banyak ditemukan adanya emas, misalnya arca yang terbuat dari emas, koin-koin emas serta berbagai perhiasan emas. Kemudian, penggunaan emas mulai menyebar luas ke daerah-daerah lain di Indonesia. Kerajaan Jenggala mulai menggunakan koin emas sebagai alat tukar sejak abad ke 11. Dari sana penggunaan emas semakin meluas hingga berbagai kerajaan di Indonesia. Emas dan perak adalah bahan yang sangat indah, dan inilah alasan mengapa secara historis banyak perhiasan yang terbuat dari kedua bahan tersebut.

Kegunaan Liontin Emas

Dari sekian banyak perhiasan yang dijual di pasaran, liontin merupakan perhiasan yang banyak dicari. Tidak hanya kaum wanita, liontin emas juga banyak diburu oleh kaum pria. Bentuk liontin yang unik dan model yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi yang menyukainya. Ada banyak kegunaan liontin emas yang perlu kamu ketahui selain untuk menunjang penampilan.

1 Investasi

Selain memiliki desain yang unik dan menarik, liontin emas juga dapat dijadikan sebagai investasi, loh. Hal ini berlaku untuk liontin yang terbuat dari logam mulia. Liontin emas akan mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu. Jika kamu mempunyai liontin yang sudah bertahun-tahun, maka harga jual liontin emas tersebut akan mengalami banyak peningkatan.

2 Menyempurnakan Penampilan

Desain liontin yang cantik dan memiliki banyak variasi yang dipadu padankan dengan kalung akan membuat kamu yang memakai liontin ini terlihat lebih menarik. Kalung dengan liontin emas dapat menjadi pemanis dan pelengkap penampilan mu, loh. Kamu akan terlihat lebih stylish dan fashionable. Apalagi jika liontin yang kamu miliki ditambah batu mulia, hal itu dapat memberikan kesan yang mewah dan juga elegan.

3 Menunjukan Identitas

Menggunakan liontin emas alfabet yang dikenakan bersama dengan kalung biasanya dapat menunjukkan identitas seseorang. Contonya seseorang bernama Aulia akan memilih liontin dengan inisial huruf “A” atau bahkan menggunakan semua huruf dari unsur namanya untuk dijadikan sebuah liontin.

4 Sebagai Hadiah

Liontin emas juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk teman, kekasih, atau bahkan keluarga. Liontin emas tersebut dapat dapat diberikan pada saat acara ulang tahun, ulang tahun pernikah dan berbagai momen berharga lainnya.

Keunggulan Liontin Emas

Status sosial yang lebih tinggi sangat sering dikaitkan dengan ketertarikan terhadap berbagai benda atau barang yang memiliki nilai estetika. Salah satu ketertarikan terhadap estetika tersebut terbentuk dalam penggunaan dan pembelian perhiasan emas.

Namun, belakangan ini ketertarikan tersebut telah menyebar ke berbagai kalangan di berbagai level sosial. Baik itu untuk mempercantik penampilan, maupun untuk koleksi atau investasi, liontin emas selalu memiliki peminat dari tahun ke tahun.

Memakai liontin emas tidak hanya cocok digunakan di acara-acara khusus atau formal saja, kamu dapat memakai liontin emas dengan desain yang simple untuk dipakai sehari-hari. Keindahan liontin emas yang elegan dan berkilau dapat melengkapi penampilan bahkan hanya ketika dipakai ketika menggunakan pakaian santai sekalipun.

Liontin memiliki berat yang berbeda-beda. Kamu dapat memadukan liontin dengan kalungmu, tetapi sebaiknya kamu memilih warna liontin yang beda dengan kalungmu. Hindari memilih warna yang sama antara liontin dengan kalung. Tentukan pula warna kulit kamu dengan warna kalung dan liontinnya.

Tujuan dari liontin emas adalah untuk mempermudah si pengguna agar bisa memakainya sehari-hari. Juga untuk memudahkan mengganti liontin sesuka hati. Lain halnya dengan kalung emas yang modelnya hanya satu, dan juga dengan tujuan untuk pesta gala atau acara formal. Kalung emas dengan liontin emas adalah pilihan yang tepat untuk menonjolkan simplisitas keseharian. Selain itu dapat menunjukan status kekayaan serta strata sosial seseorang dan gaya hidupnya.

kegunaan liontin emas
craigerdrake.com

Jadi untuk kamu yang sedang mencari liontin emas, kamu perlu tahu kegunaan liontin emas terdahulu sebelum membelinya. Kamu juga harus tahu kondisi kulitmu, karena jika kamu memiliki alergi terhadap emas, maka kamu tidak bisa memakainya. Tetapi jangan khawatir, kamu tetap bisa memiliki liontin emas sebagai koleksi ataupun dijadikan investasi jangan panjang. Karena semakin lama liontin yang kamu simpan, semakin mahal pula harga jual liontinmu nanti.

Jika kamu masih bingung memilih liontin model apa yang ingin kamu beli, kamu bisa melihat rekomendasi milik V&Co Jewellery. V&Co Jewellery memiliki ribuan desain perhiasan yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu dapat memilih desain timeless karena memiliki konsep abadi dan tidak akan termakan oleh zaman Sekalipun kamu sudah memilikinya selama 10 tahun mendatang. Kamu tetap tidak akan ketinggalan zaman.

Itulah beberapa kegunaan dan keunggulan liontin emas yang bisa kami bagikan. Jangan sampai kamu salah beli ya. Pastikan model liontin emas cocok sesuai dengan selera dan cocok dengan budget yang kamu keluarkan. Jadikan liontin emasmu sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.