logam mulia

Ayo Kenali Logam Mulia yang Ada di Dunia Ini!

Logam mulia adalah jenis logam yang tahan terdapat proses korosi dan proses oksidasi. Beberapa contoh dari logam mulia adalah rutenium, rhodium, perak, platina, emas dan lain sebagainya. Sifat dari logam tersebut adalah memiliki ketahanan yang sangat kuat, tidak dapat berkarat, tidak berubah secara fisik dan langka atau tidak mudah ditemukan.

Selain itu logam tersebut juga tidak dapat diperbaharui sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan berbagai logam ini. Terutama logam mulia yang tidak pernah berhenti diburu yaitu emas.

Logam mulia, seperti emas dan perak, telah banyak dimanfaatkan sebagai perhiasan maupun sebagai bahan untuk membuat mata uang di berbagai negara, karena harganya yang sangat tinggi. Selain itu, logam tersebut juga seringkali menjadi bahan pilihan tahan karat, seperti untuk lapisan perak yang terdapat di PCB (Printed Circuit Board) dalam rangkaian elektronika. Dalam industri minyak bumi, logam mulia dimanfaatkan sebagai katalis, yang bermanfaat untuk mempercepat reaksi kimia. Contoh logam yang sering digunakan adalah platinum.

Fungsi Berbagai Logam Mulia

logam mulia

Logam mulia juga banyak memiliki fungsi, beberapa jenis logam mulia memiliki sifat konduktif yang sangat bagus karena itu sangat cocok sebagai pelapis maupun menjadi bahan yang memerlukan sifat konduktor listrik.

Tembaga adalah pilihan logam yang bagus untuk hal tersebut, namun logam yang paling bagus adalah perak. Selain itu logam mulia banyak difungsikan juga sebagai bahan mata uang di berbagai negara, seperti emas dan perak.

Beberapa fungsi logam yang adalah sebagai pelapis yang kuat, seperti rhodium yang dapat difungsikan sebagai lapisan pelindung berbagai perhiasan dari bahan logam mulia yang lain. Tidak hanya karena strukturnya sangat kuat, rhodium sendiri juga dapat memancarkan cahaya yang berkilau indah yang dapat membuat perhiasan semakin terlihat cantik. Logam yang satu ini dapat membuat barang yang dilapisinya menjadi lebih awet serta tidak mudah tergores.

Beberapa Jenis Logam Mulia di Dunia

Di dunia ini terdapat berbagai jenis logam mulia, salah satu yang paling terkenal adalah emas. Namun ternyata masih banyak logam lainnya yang juga bernilai selangit dan sangat sulit untuk ditemukan. Berikut ini daftar 5 logam mulia yang ada di dunia.

Emas

Logam yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena sudah sering ditemui di berbagai hal, mulai dari bahan perhiasan hingga hiasan di berbagai menu makanan. Sifat logamnya cenderung elastis dan lunak sehingga akan terasa nyaman untuk dikenakan.

Emas juga mudah untuk dibentuk bahkan ditempa hingga menjadi sangat tipis sekali, selain itu juga bisa dijadikan kawat dengan ukuran super kecil. 1 ons emas dapat ditempa sampai melebar menjadi 100 kaki persegi, atau menjadi 80,5 meter jika dijadikan kawat.

Perak

Selain emas, bahan logam lain yang seringkali dipilih sebagai bahan perhiasan adalah perak. Tampilannya yang putih yang berkilau membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Perak juga dapat digunakan untuk membuat cermin, menjadi katalis untuk mempercepat reaksi kimia, dibentuk menjadi berbagai ornamen penghias rumah hingga menjadi bahan mata uang di berbagai negara.

Rhodium

Secara kasat mata, warnanya hampir sama dengan warna perak yaitu putih keperakan. Rhodium juga memiliki sifat tahan karat bahkan dapat memancarkan kilauan yang lebih cerah hingga dapat merefleksikan objek yang ada di depannya.

Karena sifat itulah, logam ini dimanfaatkan untuk membuat cermin, lampu sorot hingga mesin turbin yang merupakan bagian dari pesawat. Rhodium yang ada saat ini dijual dengan harga yang sangat mahal, hal itu disebabkan oleh sulitnya mendapatkan jenis logam ini. Tidak banyak tempat yang mengandung rhodium sehingga keberadaannya menjadi sangat langka.

Platinum

Platinum juga memiliki warna yang mirip dengan logam mulia perak, akan tetapi secara keseluruhan warnanya lebih cerah dan berkilau. Seperti halnya emas dan perak, platinum juga seringkali dipilih untuk menjadi bahan dari perhiasan, mulai dari cincin hingga kalung.

Selain itu platinum juga merupakan bahan unggulan dalam pembuatan peralatan kedokteran, berbagai senjata dan industri lain yang membutuhkan bahan dengan sifat anti korosi. Harganya yang tergolong fantastis juga dapat dimaklumi karena keberadaannya yang memang langka.

Iridium

Selain tahan terhadap korosi, iridium juga mampu bertahan dalam suhu yang ekstrem, hingga mencapai 2000 derajat celcius. Jenis logam mulia ini berwarna putih dan memiliki struktur yang keras. Namun sayangnya iridium tidak tahan lama dan cukup rapuh. Logam mulia ini kebanyakan ditemukan di bagian kerak bumi dan meteorit.

Logam yang Lebih Mahal dari Emas

Emas terkenal dengan harganya yang stabil dan mahal, selain itu jenis logam mulia ini juga sangat sulit ditemukan. Namun masih ada jenis yang lainnya yang harganya ternyata jauh lebih mahal dari emas. Berikut ini jenis logam tersebut.

Francium

Jenis logam mulia yang dijual dengan harga paling fantastis adalah francium. Logam ini adalah logam yang sangat reaktif, dimana hanya dapat bertahan selama 22 menit saja setelah dibentuk di dalam laboratorium. Setelah itu logam tersebut akan menguap. Francium dijual seharga Rp 13 triliun per gramnya.

Karbon

Ada beberapa jenis karbon yang dengan mudah ditemukan seperti batu bara dan grafit, dimana harganya juga tidak mahal. Namun karbon yang dihargai mahal adalah ketika atom karbon di daur ulang, dan menjadi karbon murni dengan bentuk yang padat. Karbon ini juga merupakan salah satu unsur pembentuk berlian. Per gramnya karbon murni tersebut dijual seharga Rp 877 juta.

Plutonium

Plutonium adalah salah satu jenis logam mulia berat yang dipilih sebagai bahan utama untuk pembuatan senjata nuklir beserta reaktornya. Karena logam mulia ini dapat mempertahankan reaksi berantai yang ditimbulkan oleh nuklir, sangat radioaktif dan juga memiliki sifat menghancurkan.

Lanthanum

Tidak seperti tekstur umum dari logam mulia, jenis logam mulia lanthanum justru sangat lembut dan dapat dipotong dengan menggunakan pisau dapur. Walaupun keberadaannya tergolong langka dan cukup mahal, akan tetapi logam ini tidak memiliki banyak kegunaan.

Lanthanum memiliki senyawa yang dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, beberapa diantaranya adalah menjadi katalisator, lampu busur karbon yang digunakan dalam lampu dengan cahaya sangat terang seperti lampu studio dan lampu proyektor, dan kegunaan lainnya. Per gramnya logam ini dihargai Rp 864 ribu.

Platinum

Logam yang satu ini memiliki daya tahan yang sangat hebat terhadap proses korosi, termasuk dalam lingkungan dengan suhu yang sangat tinggi. Sayangnya jumlahnya sangat langka dan hanya beberapa ton saja yang dapat dijual dari pertambangan setiap tahunnya.

Selain dimanfaatkan untuk bahan berbagai perhiasan, platinum juga digunakan dalam industri mobil, kedokteran, hingga industri obat-obatan. Logam ini di jual seharga Rp 810 ribu per gramnya.

Secara keseluruhan, logam mulia memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan dalam berbagai bidang. Mulai dari manfaat sebagai bahan untuk memproduksi barang-barang sederhana seperti kaca, hingga bahan penting untuk berbagai kegiatan militer seperti pembuatan senjata dan roket astronot. Setiap logam mulia memiliki struktur dan sifat uniknya masing-masing, karena itu bidang pemanfaatannya juga sangat beragam.

Karena kelangkaan serta kesulitannya yang tinggi untuk mendapatkan berbagai logam yang eksklusif ini, harganya juga tidak murah. Bahkan ada beberapa jenis logam yang dijual dengan harga fantastis, melebihi emas, walaupun kegunaannya juga tidak terlalu banyak.

Logam mulia juga merupakan pilihan yang sangat baik sebagai investasi jangka panjang. Walaupun tidak dapat langsung dirasakan hasilnya, akan tetapi investasi ini resiko kerugiannya juga kecil mengingat harga dari logam itu sendiri yang cederung stabil. Bahkan sangat mungkin selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan sumber yang semakin menipis dan permintaan pasar yang masih tinggi, mengakibatkan logam ini mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *