kalung berlian asli

Cari Tahu Tips Membeli Kalung Berlian, Yuk!

Beragamnya model kalung berlian yang ada di pasaran acap kali membuat bingung para pembeli yang ingin membeli kalung berlian. Berlian adalah salah satu batu paling berharga yang pernah ada. Sudah jelas mengapa berlian memiliki sinar, kilau, dan kecemerlangan yang diminati oleh banyak orang.

Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan keindahan berlian. Perhiasan bertahtakan batu berlian, khususnya kalung, dapat menjadi aksesoris yang sempurna untuk acara apa pun, baik itu formal ataupun kasual, baik itu di masa terdahulu atau zaman sekarang. Terlepas dari bagaimana dan kapan mengenakan kalung berlian, perhiasan tersebut pasti akan menjadi magnet yang menarik perhatian dan pujian dari orang-orang di sekitar si pemakai.

6 Faktor Utama untuk Membeli Kalung Berlian

 

Liontin Berlian
Liontin Berlian DP000257 – V&Co Jewellery

Model kalung berlian begitu bervariasi. Apakah menginginkan berlian yang besar, kluster, atau hanya liontin berlian sederhana yang tergantung pada rantai? Ada pilihan tak terbatas saat membeli jenis perhiasaan ini. Oleh karena itulah, sangat penting untuk memilih berlian yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebelum membeli kalung berlian untuk diri sendiri atau sebagai hadiah:

  • Kenyamanan

Ada banyak desain, bahan, ukuran, dan model kalung berlian. Dari sekian banyaknya pilihan, kamu perlu memilih satu yang paling  nyaman untuk kamu kenakan. Tips pertama, pilihlah kalung berlian yang seolah ‘berbicara’ dan mendukung kepribadianmu.

Entah kamu seseorang yang suka dengan kesederhanaan dengan tampilan minimalis, atau kamu suka menjadi pusat perhatian dengan tampil menonjol. Yang terpenting, pilih model kalung berlian yang paling nyaman dan sesuai jati dirimu. Liontin dan rantai kalung berlian pun tersedia dalam berbagai ukuran, pilihlah yang paling cocok untuk bentuk tubuh.

Perlu kamu ingat bahwa model kalung berlian akan menjadi pusat dari penampilan sang pemakai, tetapi jangan sampai juga kalung tersebut menghalangi karisma dari personalitas diri sendiri. Sang pemakai akan bersinar bersama dengan kalung berlian tersebut, bukan tertutupi oleh kilauannya yang indah.

  • Memilih Gaya

Tips selanjutnya adalah menemukan bentuk dan gaya yang tepat. Apakah lebih suka liontin gaya solitaire yang lebih klasik atau mungkin kamu ingin sesuatu yang sedikit lebih unik dan modern seperti liontin berlian starburst? Apapun itu, gaya kalung liontin berlian harus mencerminkan karakter sang pemakai.

Beberapa hal yang perlu kamu ingat ketika memilih gaya liontin adalah faktor-faktor seperti daya tarik dan fleksibilitas untuk penggunaannya. Ada model kalung berlian yang sesuai dengan tren pada masa tertentu, tetapi ada pula yang memiliki gaya tradisional yang terkesan abadi, dapat kamu gunakan dalam masa apapun.

Kamu juga bisa memadu-padankan liontin kalung berlian dengan perhiasan lain seperti anting dan gelang yang gayanya senada supaya bisa mendukung satu sama lain, bukannya saling tumpang tindih. Kadang ada pula liontin yang desainnya menarik bila dilihat dari dua sisi, sehingga sang pemakai bisa mengenakan liontin tersebut dari atas atau bawah.

  • Kisaran Harga dan Kualitas

Salah satu faktor terpenting dan penentu bagi sebagian besar dari kita adalah harga serta kualitas. Tips selanjutnya pastikan sang pemakai mendapatkan hasil maksimal dari model kalung berlian. Jangan sampai biaya yang kamu keluarkan nanti tidak sesuai dengan hasil yang kamu dapat, apalagi sampai mengecewakan.

Sama seperti beragamnya model kalung berlian, terdapat pula bentuk kualitas dan bahan yang variatif. Ukuran karat dapat bervariasi tergantung pada gaya yang kamu cari. Gaya yang berbeda akan memiliki faktor penentu yang berbeda dalam ukuran kalung berlian. Liontin solitaire sangat mudah dibandingkan antara harga dan kualitasnya karena hanya ada satu berlian di sana.

Sementara itu, untuk model lain perlu pengaturan berlian seperti cluster, pave, halo, dan pengaturan lainnya untuk memberikan bentuk serta karakter yang unik. Jangan lupakan pula faktor penentu kualitas kalung berlian seperti warna, karat, tingkat kejernihan, potongan, dan kelengkapan sertifikasinya. Oleh karena itu, harga yang perlu kamu bayarkan pun pasti memiliki perbedaan yang signifikan. Semuanya tergantung pada ukuran dan pengaturannya sendiri.

Terlepas dari bentuk atau gaya liontin, penting untuk mendapatkan berlian berkualitas tinggi. Selalu bertanya tentang kualitas dan tingkat kalung berlian sebelum membeli. Pastikan sertifikasi dan hasil uji labnya agar lebih pasti.

Jangan langsung percaya dengan apa yang dikatakan oleh penjual karena kebanyakan dari mereka pasti akan mencari keuntungan untuk sisinya sendiri. Tips untuk kualitas berlian yang luar biasa, lihat kalung berlian Forevermark. Kurang dari 1% berlian dapat dianggap sebagai berlian Forevermark di bawah panduan kualitas yang ketat.

Masih banyak dari kita, ukuran adalah pertimbangan paling penting ketika mencari sepotong berlian. Tips selanjutnya lihatlah opsi-opsi seperti liontin berlian dengan beberapa berlian kecil yang membingkai satu berlian yang utuh.

Kadang kala, dengan model kalung berlian seperti ini, kita bisa mendapatkan liontin dengan ukurang yang lebih besar walau kenyataannya jumlah karatnya tidak sebesar itu.

  • Jenis Bahan

Pertimbangan lain untuk membeli model kalung berlian adalah logam yang digunakan untuk membuat liontin dan rantai berlian. Sebagian besar dari kita biasanya sudah memiliki preferensi ketika memilih emas kuning, emas putih atau perak. Namun, perlu diingat bahwa ada opsi lain seperti platinum, rhodium, emas berwarna merah muda, dan perbedaan karat dalam setiap emas.

Pembeli paling sering membeli model kalung berlian yang sesuai dari preferensi mereka, tetapi juga perlu diingat bahwa bahan yang berbeda memiliki tingkat kemurnian yang berbeda pula.

Hal ini akan berpengaruh pada kualitas dan umur liontin berlian. Beberapa jenis logam lebih mudah ternoda atau tergores daripada yang lain. Sebagai bahan perbandingan, pastikan untuk bertanya kepada penjual atau mencari tahu sendiri tentang kualitas dan instruksi perawatan untuk berbagai logam.

  • Panjang Rantai
Liontin Kalung Berlian
Liontin Berlian DP000296 – V&Co Jewellery

Tips yang terakhir dalam membeli kalung berlian, bukan hanya ukuran berlian, panjang rantai juga akan berpengaruh pada biaya yang perlu kamu keluarkan dalam membeli model kalung berlian impian. Semakin panjang rantai, maka semakin mahal pula harganya.

Biasanya panjang rantai kalung berlian dapat kamu sesuaikan dengan preferensi pribadi serta koleksi yang tersedia oleh vendor. Rantai yang pendek biasanya lebih cocok untuk acara formal, sementara rantai panjang lebih pantas dengan gaya kasual.

Panjang rantai standar berkisar antara 40 hingga 60 cm, dengan panjang 45 cm yang paling umum dijual di pasaran. Dengan rantai 40 cm, berlian akan berada di atas tulang dada (kecuali orang tersebut memiliki leher yang tipis, maka berlian akan menggantung lebih rendah). Dengan rantai 45 cm, liontin kemungkinan akan jatuh tepat di sternum. Sementara, rantai 55 atau 60 cm biasanya berlian akan berada lebih rendah dari sternum.

Nah, setelah mengetahui tips-tips membeli kalung berlian,  semoga kamu tidak salah membeli, ya! Sesuaikan dengan kantong dan seleramu, agar semua lebih worth it. Kamu tidak mau kan menjadi sia-sia? Kunjungi webstore V&Co Jewellery yuk, untuk tahu desain kalung berlian yang fashionable dan timeless.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *