Cincin berlian di jari

Mengenal Comfort Fit Ring dan Keunggulannya, Beda Dengan Cincin Biasa!

Ketika memilih cincin berlian atau diamond ring, kebanyakan orang hanya melihat desain, ukuran, dan kualitasnya saja. Padahal ada satu detail penting yang harus ikut diperhatikan jika kamu ingin membeli cincin berlian. Terutama untuk cincin di jari yang kamu gunakan sehari-hari. 

Sebagai salah satu cara mengungkapkan cinta dan komitmen, cincin yang kamu berikan harus memperhatikan kenyamanan penggunanya. Hal ini membuat comfort fit ring kian populer. Jika melihat dari namanya, sekilas kita akan berpikir bahwa comfort fit ring hanya berbicara seputar ukuran cincin saja.

Namun, setelah membaca ini, kamu akan mengetahui bagaimana konsep comfort fit ring yang sebenarnya. Setelah itu, kamu akan semakin yakin untuk berpindah dari standard ring ke comfort fit ring.

Apa itu comfort fit ring?

Apa itu comfort fit ring?
Foto: Alpine Rings

Comfort fit ring tercipta karena pembuat cincin ingin memberikan kenyamanan kepada para pemakainya. Pada tahun 1930-an, harga emas meningkat secara drastis. Meningkatnya harga emas membuat produsen harus memutar otak untuk tetap melakukan produksi dengan menggunakan konstruksi desain yang lebih tipis.

Memang, karena cincin terbuat dari konstruksi yang lebih tipis, tentu saja harganya akan lebih murah. Namun, masalah baru muncul. Orang-orang mulai protes karena cincin tersebut terlalu tidak nyaman digunakan setiap hari.

Disinilah pembuat cincin memutar otak dengan mengembangkan kenyamanan lewat desain melengkung. Terdapat elemen tambahan berbentuk kubah melengkung di bagian dalam cincin. Inilah komponen comfort fit ring yang meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Dengan kenyamanan tambahan, comfort fit ring memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan standard ring. Lalu, apakah hanya kenyamanan itu saja yang menjadi keunggulan comfort fit ring? Tentu tidak, kami akan memberitahu kamu apa saja keunggulan lain dari comfort fit ring dan bagaimana perbedaannya dengan cincin biasa.

Perbedaan comfort fit ring dan standar ring

cincin tunangan
Foto: V&Co Jewellery

Perbedaan signifikan antara comfort fit ring dengan cincin biasa akan terlihat dari bentuk interiornya. Standard fit ring memiliki desain cincin yang relatif datar dan halus. Berbeda dengan desain melengkung pada comfort fit ring.

Desain standard ring membuat pengguna merasa tidak nyaman ketika harus mengenakannya setiap hari. Desain datar di bagian dalam mungkin akan terasa lebih ketat dan memberi tekanan besar pada jari.

Sedangkan desain comfort fit ring memungkinkan cincin lebih mudah meluncur di jari. Jadi, cincin ini lebih nyaman digunakan setiap hari. Karena itu, proses pembuatan comfort fit ring lebih rumit daripada cincin biasa.

Tidak hanya proses pembuatan saja, cara mengukur ukuran jari ketika membelinya pun berbeda. Jika kamu memilih standard ring, kamu hanya perlu mengukur jari dan menyocokkannya dengan tabel ukuran.

Berbeda dengan standard ring, pengukuran comfort fit ring diambil dari garis tengah – lokasi cincin yang paling menempel pada kulit.  Dari segi ukuran, comfort fit ring berukuran lebih besar (lingkaran luar). Secara khusus, kamu bisa memilih setengah ukuran lebih kecil.

Alasan memilih comfort fit ring

cincin berlian di jari  wanita
Foto: V&Co Jewellery

Ada 4 alasan utama kenapa kamu harus memilih comfort fit ring untuk penggunaan sehari-hari, yaitu:

  • Risiko iritasi rendah

Mereka yang memakai cincin setiap hari untuk jangka waktu yang lama sering mengalami dermatitis kontak. Terutama, jika cincin tersebut menjadi lambang ikatan asmara yang abadi dengan pasangan. Namun, dengan cincin berlian comfort fit, risiko iritasi bisa berkurang karena kontak langsung dengan kulit menjadi lebih minim. Dengan demikian, kamu dapat beraktivitas tanpa khawatir suhu lembab dan kotoran menempel pada kulit.

  • Lebih nyaman

Salah satu aspek unggulan dari cincin berlian comfort fit adalah perhatiannya terhadap kenyamanan penuh bagi pemakainya. Dengan desain yang bebas sudut tajam atau tepian kasar, cincin ini meluncur dengan lembut di sepanjang jari kamu.

Tak hanya nyaman dipakai, comfort fit ring juga mudah dilepas-pasang tanpa perlu bergesekan dengan buku jari atau menarik kulit. Lagi-lagi berkat detail interior yang membulat dan halus. Keunggulan ini pasti bermanfaat bagi kamu yang sering melepas pasang cincin untuk berbagai keperluan, seperti berolahraga, mandi, atau melakukan pekerjaan rumah.

  • Lebih ringan

Cincin comfort fit tidak hanya memberikan kenyamanan fisik, tetapi juga sensasi ringan yang menyenangkan saat digunakan. Dibuat dengan teknologi mutakhir dan menggunakan bahan berkualitas tinggi, cincin ini memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Jadi, saat kamu mengenakannya, jari akan merasa bebas tanpa beban berlebih. Kamu dapat dengan leluasa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa terganggu oleh beratnya cincin di jarimu.

  • Desain klasik dan timeless

Meskipun dipenuhi dengan fitur fungsional yang luar biasa, cincin berlian comfort fit band menghadirkan sentuhan klasik yang tak lekang oleh waktu, sesuai untuk beragam gaya dan selera. Ini karena setiap desain cincin secara harmonis menyatu dengan kelebihan comfort fit-nya.

Jika kamu mencari cincin dengan desain klasik, ringan, dan nyaman dipakai setiap hari, comfort fit ring-lah jawabannya. Cincin jenis ini sudah paket lengkap karena memberikan kenyamanan, menawarkan keindahan dan kualitas terbaik.

Namun, jika kamu masih memilih menggunakan standard ring, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Memastikan besar cincin sudah sesuai setelah mempertimbangkan faktor-faktor yang mungkin menyebabkan perubahan pada ukurannya.
  • Jika jari di area tersebut sedang terluka, lepas cincin dan pastikan luka sembuh total sebelum kembali memakainya. 
  • Pastikan kamu rutin melembabkan, mengeringkan, dan membersihkan area bawah cincin.
  • Sebelum digunakan, periksa kembali cincin kamu, apakah ada kerusakan yang bisa membuat jari iritasi.
  • Lakukan perawatan cincin dengan benar.
  • Jika cincin kamu mengganggu aktivitas sehari-hari, lepas terlebih dahulu. Jangan sampai cincin terjepit atau tergesek.

Untuk mengungkapkan perasaan cinta dan komitmen, sebaiknya kamu memilih cincin dengan kualitas terbaik dan comfort fit ring-lah solusinya!