Tips Memilih Cincin Pernikahan dan Alasan Memilih Cincin Kawin Custom

Tips Memilih Cincin Pernikahan dan Alasan Memilih Cincin Kawin Custom

Cincin menjadi hal penting yang harus dipersiapkan dalam sebuah pernikahan. Tidak sekedar sebagai barang, karena cincin menjadi bagian upacara sakral perubahan fase hidup anak manusia. Tidak heran setiap pasangan berusaha memilih yang terbaik, salah satunya dengan memilih cincin kawin custom. Digunakan sebagai simbol penyatuan dua pasang manusia, memilih cincin kawin bukan perkara mudah.

Dibutuhkan beragam pertimbangan antara kamu dan pasangan. Jangan sampai cincin yang dipilih mengecewakan salah satunya. Itulah mengapa banyak pasangan memilih cincin kawin custom atau memesan khusus dengan desain yang dibuat. Kamu tertarik memesan cincin pernikahanmu secara khusus? Ketahui dulu pertimbangan dan alasan untuk memesan cincin kawin secara custom.

5 Pertimbangan Penting Sebelum Memesan Cincin Kawin Custom

Beberapa pertimbangan memilih cincin kawin custom perlu kamu dan pasangan dipertimbangkan. Pertimbangan ini agar tidak salah pilih dan kecewa kemudian hari. Apa saja hal yang perlu jadi pertimbangan? Berikut ulasannya untuk kamu. Setidaknya ada 5 pertimbangan untuk menemukan cinci terbaik sebagai berikut ini:

1. Menyesuaikan budget

Pertimbangan pertama dan paling penting adalah budget atau anggaran dana yang ada khusus untuk pembelian cincin. Jangan lupa dalam acara pernikahan ada banyak kebutuhan yang membutuhkan anggaran tidak sedikit, jadi jangan sampai terlalu menghabiskan banyak dana untuk cincin dan melupakan kebutuhan lain.

Tentukan dulu besaran budget untuk cincin kawin custom dengan kesepakatan kamu dan pasangan. Dengan demikian ketika memesan kamu dan pasangan bisa menahan diri tidak membeli di atas budget. Dalam hal ini dibutuhkan komitmen yang sama antara kamu dan pasangan.

2. Memilih Model Cincin Kawin

Setiap pasangan tentu ingin memiliki cincin kawin yang spesial. Banyaknya pilihan model cincin kawin yang ditawarkan sering kali malah membuat bingung. Tipsnya kamu bisa memilih model yang sesuai dengan karakter yang kamu dan pasangan sukai. Desain simpel dan elegan cocok untuk kamu yang menyukai gaya klasik. Tips lain adalah memilih model cincin kawin sebaiknya menyesuaikandengan aktivitas yang dilakukan. Jika kamu atau pasangan adalah pekerja lapangan hindari memilih cincin bermata batu mulia seperti berlian. Sebab berisikocepat rusak saat digunakan sehari-hari lebih baik pilih yang simpel namun berkesan.

3. Memilih Bahan Logam Cincin Kawin

Kamu bisa memilih bahan logam cincin kawin custom sesuai kebutuhan. Bahan cincin kawin tidak hanya terbuat dari logam emas, ada juga palladium, perak hingga titanium. Setiap bahan logam tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Ketahui masing-masing kekurangan dan kelebihan setiap bahan logam. Dengan demikian kamu dan pasangan bisa memilih mana yang paling cocok untuk dipilih.

4. Waktu Pembuatan

Memilih cincin kawin custom artinya kamu dan pasangan harus siap dengan waktu pembuatan yang tidak sebentar. Berbeda dengan membeli di toko cincin langsung kamu bisa membeli dan langsung membawa pulang. Karenanya jika memilih cincin secara custom kamu dan pasangan harus memesannya jauh hari.

Penting untuk menanyakan pada vendor berapa lama waktu yang mereka butuhkan. Biasanya estimasi waktu pembuatan bisa berbeda-beda, bergantung teknik dan desain yang dibuat. Bisa dalam rentan waktu 15 sampai 30 hari. Tinggal kamu menyesuaikan dengan tanggal pernikahan agar bisa selesai sebelum hari tersebut tiba.

5. Pilih VendorTerpercaya

Tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah memilih vendor terpercaya untuk membuat cincin kawin custom. Hal ini penting agar kamu tidak kecewa nantinya. Cobalah melakukan survei untuk mengetahui kredibilitas vendor cincin kawin. Kamu bisa melakukan survei beberapa toko perhiasan, melihat review pembeli serta fasilitas yang ditawarkan. Vendor yang memiliki pengrajin berpengalaman dan memiliki koleksi perhiasan menawan memiliki nilai lebih.

Alasan Mengkustom Cincin untuk Pernikahan

Membutuhkan waktu yang lebih lama dan harga yang bisa lebih mahal, mengapa cincin kawin custom digemari? Tentu ada alasan mengapa kamu dan pasangan perlu memilih cincin custom untuk cincin pernikahan. Berbagai alasan ini mungkin tidak berlaku untuk semua pasangan. Nah, jika kamu butuh alasan untuk menentukan memilih cincin secara custom atau tidak, berikut di antaranya:

  • Lebih personal

Memilih cincin kawin custom memungkinkan kamu dan pasangan memilih desain dan bahan logam secara personal. Kamu dan pasangan bisa memilih sendiri menyesuaikan karakter untuk di aplikasikan pada cincin. Kamu bahkan bisa membuat desain khusus sendiri menyesuaikan karakter kamu dan pasangan. Biasanya pasangan pengantin yang memesan cincin custom menggunakan desain dengan simbol yang mengandung makna yang personal bagi pasangan calon pengantin. Misalnya menggunakan desain berbentuk bunga lili karena bunga tersebut memiliki cerita khusus bagi keduanya.

  • Tidak mainstream

Model cincin kawin yang dijual di pasaran tentu sangat umum dan memiliki banyak duplikat. Dengan memesan cincin kawin secara custom, kamu dan pasangan bisa mendesain sendiri sesuai keinginan. Baik desain atau model, bahan logam yang digunakan atau pun penggunaan batu mulia jika mau. Jika tidak memiliki kemampuan desain sendiri kamu bisa meminta vendor mewujudkan gambaran desain yang kamu dan pasangan inginkan. Jangan ragu menyampaikan setiap keinginan cincin impian kamu dan pasangan, vendor dengan tenaga ahli akan membantu setiap keinginanmu. Dengan demikian cincin pernikahan kamu tampil beda dengan yang lain.

  • Bisa menyesuaikan ukuran

Sering kali ketika memilih cincin kawin di toko, sudah mendapat model yang sesuai namun ternyata tidak ada ukuran yang pas. Menyebalkan sekali, bukan? Terlebih jika waktu tanggal pernikahan sudah dekat. Dengan memesan secara custom kamu dan pasangan bisa meminta ukuran yang pas untuk cincin yang akan dibuat. Pembelian custom juga membuat kamu menyiapkan waktu lebih lama untuk pemesanan. Jadi kalau pun ukuran masih kurang sesuai dapat segera diperbaiki.

  • Dijamin lebih memuaskan

Kamu dan pasangan tentu ingin yang terbaik untuk cincin pernikahan. Apalagi cincin kawin adalah simbol penyatuan dua manusia yang diniatkan sepanjang usia. Cincin tersebut akan digunakan dalam waktu yang lama karenanya jika cincinnya tidak sesuai kekecewaannya bisa membekas dalam waktu lama.

Memesan cincin secara khusus sesuai keinginan bisa menjadi jalan untuk hasil yang memuaskan. Meski harganya bisa lebih malah namun kepuasan yang diperoleh bisa sebanding dengan harganya. Demikian pertimbangan yang diperlukan untuk memilih cincin pernikahan serta alasan yang dibutuhkan untuk memilih cincin kawin custom. Tentu pilihan ada di tangan kamu dan pasangan untuk memilih yang terbaik dan paling cocok.

Ingat cincin kawin bukan untun dipakai sebulan dua bulan tapi dalam waktu yang lama. Karenanya harus memilih yang paling cocok bagi kedua calon pengantin. Dalam hal ini kamu dan pasangan juga perlu banyak berbicara keinginan masing-masing agar cincin yang jadi nanti sesuai keinginan keduanya. Ciptakan cincin kawin custom impian untuk kamu dan pasangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.