Sebelum Invest Emas Antam, Pahami Aspek Fundamental Berikut!

Sebelum Invest Emas Antam, Pahami Aspek Fundamental Berikut!

Melakukan invest emas antam merupakan aktivitas yang sangat menguntungkan. Namun jangan salah meskipun profil resikonya rendah kamu juga perlu memperhatikan aspek fundamental dalam investasi. Salah melakukan bisa-bisa profit kamu tidak akan cepat berkembang. Perlu diperhatikan apa saja aspek fundamental saat melakukan aktivitas investasi. Tanpa kalkulasi yang baik invest emas antam akan terlalu lambat untuk memberikan profit. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memulai investasi menggunakan emas sebagai instrumennya.

Aspek Fundamental Sebelum Invest Emas Antam

  1. Perhatikan Harga Emas

    Masih seperti instrumen investasi lainnya, emas juga tetap berpengaruh pada fluktuasi harga. Untungnya mata uang Indonesia yang tidak terlalu kuat terhadap emas selalu membuat harga dari instrumen tetap stabil. Dalam sejarahnya harga emas sangat jarang sekali turun. Dalam dua dekade terakhir emas selalu naik setiap tahunnya jadi untuk aspek harga ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Investasi emas antam juga cukup dilakukan kapan saja bahkan para pemula. Cari saja harga emas yang sedang lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya jika kamu tertarik.

  2. Vendor Investasi

    Memperhatikan vendor emas juga penting untuk menjaga kestabilan harga jual kembali dari instrumen. Ada berbagai vendor emas di Indonesia yang bagus dalam menjaga harga jual. Vendor seperti pegadaian dan outlet antam dapat menjadi pilihan utama bagi investor pemula. Jangan membeli emas di tempat yang tidak memiliki sertifikat resmi pedagang emas. Hal tersebut karena akan berpengaruh pada harga jual kembali dari emas tersebut. Jadi harus cukup teliti untuk tempat mencari emas sebelum mulai melakukan investasi emas.

  3. Tujuan Investasi

    Kamu juga harus memperhitungkan tujuan dalam melakukan invest emas antam. Apakah kamu memiliki target jangka pendek atau jangka panjang dalam melakukan investasi tersebut. Jadi rencanakan dulu akan dibuat apa hasil dari investasi emas antam tadi. Apabila kamu menjadikannya investasi hari tua maka emas sangat cocok karena semakin lama harganya akan jauh semakin tinggi.

    Sayangnya untuk investasi jangka pendek emas kurang cocok karena volatilitasnya kurang bagus untuk mendapatkan profit secara cepat. Setidaknya dengan tiga aspek utama tersebut kamu sudah bisa memperkirakan bagaimana melakukan manuver investasi. Memang cukup sederhana sekali melakukan investasi dengan instrumen berupa emas. Tidak diperlukan fundamental yang rumit untuk memulainya sehingga cocok untuk pemula.

Kelebihan Melakukan Invest Emas Antam Dibandingkan Instrumen Lainnya

Kelebihan Melakukan Invest Emas Antam Dibandingkan Instrumen Lainnya
Foto: Kompas Money

Sebagai salah satu instrumen paling tua dalam sejarah, investasi emas dapat memberikan kamu keuntungan lebih stabil. Ada beberapa kelebihan yang tidak bisa kamu dapatkan jika menggunakan instrumen lainnya. Berikut ini adalah kelebihan dari melakukan invest emas antam bagi pemula.

  • Mudah Dilakukan

Investasi dengan menggunakan instrumen emas sangat mudah dilakukan bahkan untuk para pemula. Sedikitnya aspek fundamental yang perlu diperhatikan membuatnya sangat mudah diaplikasikan. Kamu cukup membeli emas kemudian menunggu harganya naik untuk dijual kembali. Saat ini juga banyak vendor resmi yang dapat kamu gunakan sebagai salah satu sarana investasi emas. Kamu bisa melakukannya lewat bank, pegadaian, atau outlet antam resmi. Inilah yang membuat emas menjadi instrumen paling mudah untuk para pemula.

  • Harga Selalu Naik

Harga emas dunia hingga saat ini selalu stabil dengan kecenderungan naik. Jadi bagi kamu dengan profil risiko rendah hal ini sangat pas. Untuk tabungan hari tua emas dapat dijadikan solusi lebih baik dibandingkan dengan deposito. Jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dalam jangka panjang. Semakin lama kamu memiliki emas maka harganya akan semakin naik. Bahkan menurut catatan sejarahnya harga emas tidak pernah turun signifikan. Jadi sangat sulit sekali mengalami kerugian ketika melakukan investasi emas. Kamu bisa santai membeli emas dan harganya akan terus naik.

  • Mudah Dicairkan

Emas merupakan investasi yang cukup mudah untuk dicairkan bagi para pemiliknya. Tidak seperti tabungan deposito yang membutuhkan jatuh tempo untuk dapat melakukan pencairan emas dapat dicairkan kapan saja. Jadi bagi kamu yang butuh dana mendadak hal ini sangat menguntungkan. Kamu juga bisa dengan mudah mencairkan emas dimana saja karena vendor penyedia sangat mudah ditemukan.

Bahkan dengan kecanggihan teknologi saat ini kamu dapat mencairkan emas dengan cara daring. Jadi tidak perlu ribet mencari vendor secara langsung. Tiga keuntungan tersebut merupakan ciri khas utama dari investasi emas yang dapat kamu jadikan patokan. Instrumen ini sangat kuat posisinya dan tidak mudah tergeser oleh pergerakan ekonomi global. Jadi pada saat sulit sekalipun harga emas tetap tinggi dan bisa diandalkan.

Kekurangan Investasi Menggunakan Emas Sebagai Instrumennya

Cara Membeli Emas Logam Mulia ANTAM via Online yang Lengkap | BukaReview
Foto: Shutterstock

Dibalik semua kelebihan tersebut pasti ada kekurangan yang membatasi keuntungan kamu. Memang emas sangat aman digunakan sebagai sarana investasi namun masih banyak instrumen lain yang lebih menguntungkan dalam waktu singkat. Berikut ini adalah keuntungan dari invest emas antam.

  • Membutuhkan Waktu Lama

Untuk mendapatkan keuntungan besar dibutuhkan waktu lama jika menggunakan emas sebagai instrumennya. Karena sebab itulah emas sering dijadikan sebagai tabungan hari tua. Karena memang akan sangat menguntungkan semakin lama kamu memilikinya. Untuk investasi jangka pendek mencari keuntungan lewat emas tentu saja sangat sulit. Hal ini disebabkan karena fluktuasi harga emas yang cukup rendah jadi tidak mudah mencari keuntungan dari fluktuasi. Kamu harus bersabar jika menggunakan instrumen ini sebagai sarana investasi.

  • Kecenderungan Naik Cukup Rendah

Apabila kondisi ekonomi sedang stabil kenaikan harga emas cukup rendah. Oleh karena itu pada saat atmosfer ekonomi sedang bagus emas merupakan pilihan terakhir sebagai instrumen investasi. Bahkan dalam jangka panjang belum tentu dapat memberikan hasil yang besar. Meskipun kecenderungan cukup rendah namun keamanannya sering menjadi daya tarik utama dari instrumen ini. Orang dengan prinsip investasi klasik menyukai emas karena faktor keamanannya. Sangat sulit sekali mengalami kerugian dengan menggunakan emas sebagai instrumennya.

  • Dampak Terhadap Ekonomi Riil Tidak Signifikan

Apabila kamu ingin melakukan investasi untuk mengendalikan ekonomi riil maka emas adalah pilihan paling buruk. Dampaknya pada perekonomian tidak terlalu signifikan bahkan dalam jangka panjang. Lebih baik menggunakan saham atau instrumen lainnya jika ingin melakukan hal tersebut. Meskipun memiliki kelemahan namun investasi emas tetap menjadi pilihan bagi para penggemar metode investasi klasik. Orang dengan kegemaran menabung emas tetap menyukai instrumen ini karena sangat aman digunakan. Bahkan dalam kondisi krisis emas dapat digunakan untuk mempertahankan kekayaan.

Jadi secara garis besar apabila kamu ingin metode investasi paling aman gunakanlah emas antam. Apabila kamu ingin mendapatkan profit secara cepat jauhi emas karena profit jangka pendeknya cukup sedikit. Cukup mudah membedakan kapan kamu harus menggunakan emas dan kapan menggunakan instrumen lainnya.

Setelah memahami berbagai kekurangan dan kelebihannya tinggal bagaimana kamu akan memperlakukan emas itu sendiri. Hingga saat ini invest emas antam masih menjadi pilihan karena profil resikonya sedikit. Bagi para pemula emas sangat disarankan karena hampir tidak memiliki resiko.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *