11 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Cincin Kawin Elegan

11 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Cincin Kawin

Seperti yang kita tahu bahwa cincin merupakan simbol ikatan dari suatu perkawinan. Oleh karena itu sebelum memilih cincin kamu harus mempertimbangkan dulu secara matang-matang agar nantinya kamu tidak merasa telah salah memilih cincin. Tentunya kamu ingin memilikiki cincin kawin elegan untuk pernikahanmu nantinya bisa lebih berkesan.

Banyak yang harus dipertimbangkan dalam memilih cincin kawin seperti misalnya anggaran yang kamu punya, bahan dari cincin, model cincin serta masih banyak hal-hal lainnya yang patut untuk dijadikan bahan pertimbangan. Berikut kami telah merangkum apa saja hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih cincin kawin elegan.

Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Cincin Kawin yang Elegan?

Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Cincin Kawin Elegan?

1. Anggaran

Pertimbangan yang harus dilakukan pertama kali adalah anggaran, berapa jumlah anggaran yang kamu sediakan untuk membeli cincin kawin. Dengan menentukan anggaran terlebih dahulu kamu bisa fokus untuk mencari cincin dengan kisaran harga cincin kawin yang disesuaikan dengan anggaran tersebut.

Sehingga dengan begitu lebih memudahkan kamu dalam memilih cincin. Lakukanlah rembuk terlebih dahulu dengan pasanganmu, kemudian tentukan berapa anggaran yang harus kamu dan pasanganmu alokasikan untuk membeli cincin kawin.

2. Bahan dasar cincin

Pertimbangan selanjutnya yaitu bahan dasar penyusun cincin. Umumnya para pasangan akan memilih bahan dasar untuk cincin kawin mereka berupa emas. Namun kamu di sini tidak harus mengikuti selera orang-orang jika kamu dan pasanganmu lebih suka dengan bahan dasar yang lain, maka pilih saja bahan dasar yang memang kalian inginkan.

Seperti contohnya cincin kawin emas putih, emas kuning, perak, platinum, titanium dan bahan-bahan dasar lainnya. Namun yang paling penting adalah memilih bahan dasar yang disesuaikan dengan jumlah anggaran yang telah kamu alokasikan sebelumnya.

Jika pasanganmu lebih cenderung menginginkan bahan dasar cincin berupa emas namun anggaranmu dirasa kecil, maka sebaiknya kamu memilih cincin emas dengan kadar yang rendah. Kamu bisa memilih cincin emas yang berkode diatas 500. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan anggaran yang terlampau besar.

3. Tanda cincin

Pertimbangan selanjutnya untuk memilih cincin kawin elegan yaitu dengan memberi tanda cincin. Tanda cincin yang dimaksud disini yaitu kamu memberikan tambahan ukiran berupa nama kamu dan pasanganmu.

Kamu bisa tambahkan ukiran nama tersebut di permukaan atas ataupun permukaan bagian dalam dari cincin. Cara ini selain terkesan lebih romantis juga dapat memudahkan kamu untuk menemukan cincin saat hilang.

4. Desain

Toko-toko perhiasan akan memberikan banyak sekali contoh desain cincin kawin yang menarik yang bisa kamu dan pasanganmu pilih. Untuk itu tentukan dulu desain cincin yang menurutmu pantas untuk dikenakan. Jangan terpaku pada desain mana yang paling banyak diminati oleh orang-orang.

Kamu harus bisa menentukan sendiri desain cincin yang seperti apa yang kamu suka. Jika kamu masih bingung kamu bisa sesuaikan bentuk cincin sesuai dengan kepribadianmu.

5. Ukuran cincin

Selanjutnya yaitu perhatikan ukuran dari cincin. Tentunya ukuran dari cincin akan berpengaruh pada harga. Jadi pilihlah ukuran cincin yang sesuai dengan anggaran kamu dan juga seleramu serta pasanganmu.

Jika dirasa cincin tipis terlihat lebih elegan dibanding cincin tebal maka belilah cincin kawin yang tipis sesuai dengan yang kamu inginkan. Semakin tipis cincin tentunya akan semakin memperkecil anggaran yang harus kamu keluarkan karena memang lebih sedikit bahan yang harus digunakan untuk membuat cincin yang tipis.

6. Fleksibel

flexible yang dimaksud disini adalah cincin kawin tersebut dapat dikenakan meskipun kamu melakukan banyak aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu kamu harus pandai dalam memilih cincin yang nyaman untuk terus digunakan.

7. Cincin yang timeless

Pilihlah cincin dengan model yang tidak mati oleh zaman. Maksudnya adalah cincin tersebut masih cocok untuk digunakan hingga bertahun-tahun ke depan tanpa terkesan kuno atau jadul. Karena seperti kita tahu cincin kawin akan dikenakan seumur hidup oleh karena itu pilihlah cincin kawin yang timeless.

8. Pilih cincin dengan hiasan permata atau berlian

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih cincin kawin elegan yaitu pilihlah cincin yang terdapat batu permata ataupun batu-batu lainnya yang memiliki kilau indah. Adanya permata di cincin tentunya akan menambah nilai estetika dari cincin tersebut. Jika anggaran dirasa cukup besar maka tidak ada salahnya untuk memilih cincin dengan batu berlian di atasnya.

9. Bahan dasar berbeda

Jika ternyata ada perbedaan pendapat antara kamu dengan pasanganmu tentang bahan dasar yang harus digunakan pada cincin kawin, maka kamu bisa mencari solusi dengan membuat cincin kawin dengan bahan dasar yang berbeda namun model cincin yang sama. Itu akan semakin menambah elegan cincin yang kamu dan pasanganmu gunakan.

10. Kualitas cincin kawin

Kualitas suatu cincin tentunya akan berbanding lurus dengan kualitas yang dimiliki oleh toko perhiasan yang menjual cincin tersebut. Jadi kamu harus pertimbangkan di mana akan membeli cincin tersebut. Namun hal itu juga tidak cukup menjamin, agar lebih amannya kamu harus lihat apakah dalam cincin tersebut terdapat keterangan mengenai kadar cincin emas serta pembuat cincin.

11. Perawatan cincin

Pertimbangan selanjutnya yaitu pilihlah cincin kawin yang memiliki perawatan tidak terlalu rumit. Dengan begitu Anda tidak akan disibukkan hanya untuk mengurus cincin tersebut.

Cincin kawin merupakan hal yang sangat penting oleh karena itu kamu tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Terlebih memilih cincin saat mendekati hari pernikahan. Lakukanlah persiapan sebelumnya, pilihlah cincin jauh-jauh hari sebelum resepsi pernikahanmu dilangsungkan sehingga kamu dan pasanganmu lebih banyak waktu untuk memikirkan model cincin yang pas untuk kalian kenakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.