Bagaimana Menentukan Desain Cincin Nikah yang Unik dan Menarik

Desain cincin nikah kadangkali membuat kamu dan pasangan pusing. Tentu saja bisa jadi karena adanya perbedaan pendapat atau memang sulit mendapatkan yang sesuai. Jika kamu dan pasangan ingin punya desain cincin nikah yang menarik dan unik, ketahuilah beberapa caranya berikut ini.

Bagaimana Menentukan Desain Cincin Nikah?

Tentu kamu dan pasangan masih membutuhkan informasi seputar cara tepat untuk memilih bentuk cincin yang pastinya sesuai dengan kepribadian kamu dan pasangan. Ada beberapa hal penting yang memang sebaiknya kamu dan pasangan perhatikan saat menentukan desain cincin nikah.

Pertama adalah dari segi selera bentuknya. Apakah kamu ingin bentuk yang simpel saja? Atau mungkin mau mencari bentuk cincin nikah unik? Semua itu akan memberikan pilihan yang lebih menyesuaikan dengan selera kamu dan pasangan.

Ada beberapa desain cincin nikah yang bisa kamu pilih sehingga cocok dengan kepribadianmu. Pertama adalah model yang klasik. Model seperti ini cenderung klasik dan elegan. Model dan bentuk cincin ini lebih fokus pada berlian dan juga detailnya. Bentuk seperti ini sebenarnya cocok bagi kamu yang memang ingin sesuatu yang simple.

Bentuk berikutnya adalah yang lebih personal. Bentuk cincin kawin memang bisa dibuat sedemikian rupa sehingga disesuaikan dengan kepribadian masing-masing. Misalnya kamu yang feminim bisa memakai cincin dengan paduan warna rosegold.  Jika kamu suka dengan bentuk yang unik, kamu bisa memakai ukiran hati atau jenis ukiran lainnya.

Berikutnya adalah desain yang modern. Pastinya kamu ingin mencari cincin kekinian yang sedang tren. Toko perhiasan pastinya akan memberikan pilihan untuk kamu yang senang dengan desain modern. Misalnya sedang banyak cincin yang bentuknya sangat tipis. Jika sesuai dengan kepribadianmu, mengapa tidak mencoba bentuk desain cincin nikah yang terbaru?

Baca juga:  Wajib Tahu, Ini Perbedaan Cicin Kawin dan Cincin Tunangan

Berikutnya baru kamu bisa menentukan aksen seperti batu berlian. Batu berlian di sini pastinya bervariasi. Ada yang bentuknya besar atau mungkin mau kecil saja. Begitu pula dengan jumlahnya. Kamu bisa memilih cincin nikah berlian yang banyak tapi kecil-kecil atau mau besar namun hanya satu berlian saja. Kamu juga bisa mengkombinasikan dua jenis atau bentuk berlian.

Dari semua itu, kamu dan pasangan juga harus memperhatikan budget yang disediakan. Pastinya semakin rumit dan indah bentuk cincin kawin, harganya akan semakin mahal. Maka dari itu, kamu harus menyeimbangkan keinginan dengan budget yang ada. Kamu dan pasangan juga bisa menentukan dari segi bahan dan kandungan emas yang dipakai.

Bentuk cincin kawin memang beragam dan semakin bisa mengakomodir keinginan kamu dan pasangan. Jadi jangan khawatir sebab bentuknya tidak ada aturan tertentu. Tinggal bagaimana kamu dan pasangan menentukan bentuknya sesuai selera.

Rekomendasi Desain Cincin Nikah yang Unik

Jika kamu dan pasangan adalah sosok yang unik, pastinya desain cincin nikah harus menyesuaikan dengan selera bukan? Maka dari itu, kamu bisa memilih sederet desain cincin nikah yang unik dan juga menarik.

Cincin Nikah Aksara Jawa

Bagaimana Menentukan Desain Cincin Nikah yang Unik dan Menarik?

Saat kamu bosan dengan cincin nikah yang biasanya polos saja atau hanya bervariasi dari bentuk mata cincinnya, maka cincin nikah dari aksara Jawa ini bisa menjadi solusi. Tentunya, kamu tidak harus terpaku pada aksara jawa untuk membuat cincin. Bisa juga dari aksara tradisional lainnya di Indonesia, karena seperti yang kita semua tahu jumlahnya sangat banyak.

Kamu bisa menggantinya dengan aksara Bali, aksara Sunda, dan suku-suku lainnya yang mencerminkan kamu dan pasanganmu. Jangan lupa, pilih juga kata-kata yang bermakna bagi kamu karena jumlah kata yang bisa ditulis tentunya lebih terbatas daripada menulis huruf romawi.

Baca juga:  Pilihan 10 Cincin Kawin Emas Putih Elegan untuk Pernikahanmu

Cincin Nikah Bergaya Boho

Image result for Boho wedding ring

Tren boho-chic sempat mencapai puncak popularitasnya sekitar tahun 2004-2006. Tren yang terinspirasi dari kehidupan para kaum gipsi yang nomaden ini, seringkali disangkutpautkan dengan Kate Moss, Sienna Miller, dan Mary-Kate Olsen, para tokoh fashion yang pasti namanya sering kamu dengar pada tahun tersebut. Gaya ini memang bukan yang paling hits pada masa kini.

Namun, tidak ada salahnya kamu mengecek cincin-cincin nikah unik yang ada di internet, terutama yang bergaya boho. Selain simpel, cincin gaya boho juga memiliki desain yang membuat kamu terlihat lebih feminin dan lembut pada saat yang sama. Hal terbaik dari cincin boho adalah, cincin gaya boho berfungsi pula sebagai statement piece, sehingga akan meningkatkan pula penampilan kamu menjadi semakin trendi.

Cincin Nikah Geometris

Bagaimana Menentukan Desain Cincin Nikah yang Unik dan Menarik?

Sekarang, karena teknologi yang semakin maju, bentuk cincin nikah unik pun semakin beragam dan lebih mudah ditemukan di pasaran, bahkan di kota-kota kecil di Indonesia. Salah satu contoh dari kemajuan teknologi adalah cincin geometris yang tiap sisinya dibuat dengan presisi. Bentuk geometris yang bisa dibuat pada masa kini pun juga bervariasi, bahkan ada cincin yang memiliki desain seperti penjepit kertas.

Namun, yang paling populer sampai sekarang adalah cincin berbentuk persegi dan berbagai variasinya, seperti sudut yang dibuat lebih mulus dan juga pemberian mata batu pada cincin tersebut. Cincin geometris memiliki kesan mutakhir yang diberikan serta memberi sentuhan modern kontemporer, sebuah statement piece yang tidak bisa dilewatkan. Tentu cocok jdi desain cincin nikah yang unik.

Hanya saja, karena bentuknya yang geometris, berbagai cincin geometris kurang praktis untuk pemakaian sehari-hari dan akan memberi ketidaknyamanan bila dipakai dalam waktu yang lama karena bentuk luarnya yang tidak sesuai dengan bentuk sela-sela jari kamu.

Baca juga:  Mencari Inspirasi dari Foto Cincin Kawin Para Artis

Cincin Nikah Berpola Rumit

Bagaimana Menentukan Desain Cincin Nikah yang Unik dan Menarik?

Pola rumit yang kompleks tentunya akan membuat semua orang, baik kamu ataupun orang lain, terpukau karenanya. Cincin nikah unik dengan pola yang tidak kalah uniknya akan mengundang perhatian, karena jarang ada yang mengembari desain ini. Kamu juga harus ingat, jika cincin nikah dengan pola rumit akan mengundang perhatian dan belum tentu cocok dengan pakaianmu.

Salah satu contoh cincin dengan pola rumit adalah cincin nikah syahadah, yang memuat kutipan ayat kesukaan kamu di sana. Tentu, kamu harus menanyakan terlebih dahulu mengenai modifikasi dari desain yang sudah ada, supaya mendapatkan desain terbaik.

Cincin Nikah Terinspirasi dari Alam

Tidak ketinggalan, inspirasi yang bisa kamu gali lebih dalam untuk mendapatkan cincin nikah unik adalah dari alam. Tempat yang kita tinggali ini memiliki banyak sekali contoh-contoh desain yang bisa kamu terapkan untuk cincin nikah yang tiada duanya.

Semisal kamu ingin yang lebih murah, kamu bisa mendesainnya sendiri dan bernegosiasi ke pengrajin lokal yang dekat dari rumahmu. Cincin nikah yang terinspirasi dari alam sendiri memiliki desain yang beragam, tergantung dari gaya si pengrajin. Sehingga kamu akan menemui segudang variasi cincin saat mulai survei dari satu toko ke toko lainnya.

Itu dia sederet hal yang bisa kamu perhatikan saat membuat desain cincin nikah. Pastinya kamu dan pasangan harus kompak dalam hal selera supaya menghasilkan cincin yang unik dan tak biasa. Kalau kamu masih kebingungan bagaimana memilih desainnya, kamu bisa berkonsultasi dengan Jewellery Consultant dari V&Co Jewellery, lho!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin