Tips Mencari Cincin Nikah Unik yang Paling Unik!

Tips Mencari Cincin Nikah Unik yang Paling Unik!

Cincin nikah unik tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap pasangan yang akan menikah. Karena, cincin pernikahan menjadi elemen tak terpisahkan nan sakral yang kini seakan menjadi kewajiban yang harus dipersiapkan demi kelancaran sebuah pernikahan. Bentuk dan desain yang dipilih menjadi gambaran kepribadian dua orang yang akhirnya menjadi satu kesatuan yang utuh, sehingga memilihnya memerlukan pertimbangan khusus dan tidak bisa sembarangan.

Keunikan dari sebuah cincin pernikahan dapat didasarkan oleh bentuk, warna, bahan, tema, dan seberapa eksklusif cincin tersebut. Semakin jarang cincin yang kamu punya untuk ditemui di pasaran, tentu harganya akan semakin mahal. Walau, ini pun kembali lagi pada batu dan logam mulia yang akan kamu pilih sebagai bahan cincin nikah unikmu. Meskipun memiliki bentuk yang unik, warna dan bahan yang serasi, dan tema yang tak dipikirkan oleh banyak orang, jika diproduksi secara banyak atau berlebih maka akan kehilangan keunikannya.

  • Bentuk

Di pasaran, memang sekarang bentuk cincin nikah sendiri yang terbanyak masih berupa band lingkaran dengan mata cincin yang variatif. Akan tetapi, sekarang sudah banyak pengrajin yang memberikan alternatif lain untuk bentuk cincin nikah unik itu sendiri dan kamu bisa memilih.

Ada cincin yang bermotif batik, ada juga cincin yang dibuat dengan bentuk aksara tradisional Indonesia, atau bentuk-bentuk lain yang tidak biasa, seperti daun, kepala naga, mahkota, sampai cincin berbentuk hewan kesayangan kamu!

  • Warna

Bila kamu pergi ke toko perhiasan terdekat, seberapapun mereka berkata tentang cincin nikah unik yang dijual, pasti tidak akan jauh dari cincin emas dan perak. Akan tetapi, sekarang kamu bisa membeli cincin nikah unik dengan berbagai macam warna, mulai dari kuning, putih atau perak, merah muda, merah kecoklatan, hijau, sampai hitam sekalipun. Perbedaan warna ini bukan dikarenakan sepuhan yang diberikan sebagai lapisan atas sekaligus pelindung cincin, melainkan karena bahan-bahan itu sendiri.

Akan tetapi, bila kamu menginginkan warna yang lain, kamu bisa memesannya dari pengrajin juga, kok, dan meminta mereka untuk melapisi cincin dengan lapisan warna! Sehingga kamu bisa memilih semua warna yang ada, tanpa perlu memikirkan apakah ada bahan berwarna seperti yang kamu mau di dunia ini. Tentu saja, bila cincinmu disepuh dengan lapisan warna, kamu perlu merawat cincin secara berkala dan meminta pengrajin untuk melapisinya kembali, supaya kilaunya tetap sama seperti saat kamu membeli.

  • Bahan

Bahan dari cincin nikah unik yang akan kamu miliki, tidak hanya berpengaruh pada warna, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahan yang digunakan untuk cincin nikah sendiri akan memengaruhi kualitas-kualitas yang dimiliki oleh cincin nikahmu, seperti ketahanan terhadap reaksi kimia, korosi, serta goresan.

Bila kamu menginginkan cincin yang tahan gores, unik, dan tidak akan berkarat, kamu bisa berpaling ke bahan zirkonium hitam. Bahan yang satu ini sangat resisten terhadap korosi maupun goresan yang mungkin terjadi. Sehingga kamu bisa memilih cincin ini, terutama bila kamu bekerja di tempat yang menuntut kamu untuk selalu berada di luar ruangan.

Baca: Inspirasi Cincin Kawin Palladium yang Unik

Alternatif bahan lainnya adalah palladium. Nama logam satu ini memang sudah mulai sering didengar di dunia perhiasan, tetapi masih belum banyak orang yang mengenakannya. Bagi kamu yang kurang suka dengan warna emas, bisa menjadikan bahan satu ini sebagai alternatif juga. Warna palladium sendiri memiliki kilau yang sama dengan emas.

Akan tetapi, palladium memiliki kelebihan berupa beratnya yang lebih ringan dibanding cincin dari logam lain, lebih tahan gores, dan tidak mudah berkarat karena air laut. Bila kamu adalah orang yang tidak suka merasa direpotkan oleh kehadiran sebuah cincin, maka cincin nikah unik dari palladium adalah solusi untukmu.

  • Tema

Tema cincin pernikahan juga salah satu aspek yang dapat dipertimbangkan dalam memilih cincin nikah yang unik. Sekarang ini, cincin pernikahan tidak hanya melulu terkesan mewah, elegan, atau mahal. Memang, tidak ada salahnya bila kamu memilih cincin yang mewah dan tiada duanya. Akan tetapi, bagaimana dengan kamu yang memiliki budget terbatas? Solusinya adalah mencari tema-tema yang tidak kalah unik, tapi affordable supaya kamu bisa memiliki sepasang cincin nikah unik tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Apabila kamu dan pasangan adalah futbolista alias pecinta bola, kamu dapat memilih cincin pernikahan bertema sepakbola dengan nama klub bola favoritmu, ditambah dengan ornamen sederhana yang tak kalah berkesan untuk menunjukkan kecintaanmu pada si kulit bundar. Tema film superhero seperti Batman atau Avengers juga dapat menjadi pilihan yang sempurna bagi kamu yang jadi penggemar berat komik DC ataupun Marvel! Menunjukkan hobi dan kesukaanmu dalam cincin nikah nan unik pasti akan terasa lebih bermakna.

Selain dari hobi, kamu juga bisa mencari tema cincin yang jarang menjadi pendekatan orang-orang saat mencari cincin nikah unik. Tema seperti futuristik mungkin adalah salah satu tema yang memiliki makna filosofis yang cukup dalam. Sejalan dengan temanya, maka sepasang kekasih tentu berharap masa depan yang cerah dalam pernikahannya. Salah satu contoh cincin nikah unik bertema futuristik adalah cincin pernikahan yang dapat menyala serupa lampu LED! Menarik sekali, bukan? Yang lebih unik lagi, selain memberikan warna yang berbeda dalam dunia cincin nikah, cincin yang satu ini juga bisa kamu jadikan penerangan darurat saat mati lampu. Walau, tentu saja, nyalanya tidak akan seterang senter.

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah kamu sekarang sudah mendapatkan inspirasi tentang cincin nikah unik yang kamu inginkan? Jangan khawatir, sebenarnya masih banyak lagi ide-ide untuk cincin nikah unik yang belum dirangkum. Karena cincin nikah unik memiliki banyak ragam dan setiap hari model-model baru selalu bermunculan! Tidak hanya oleh pengrajin luar, tapi pengrajin lokal juga tidak kalah saing dalam berkreasi untuk membuat cincin-cincin unik yang akan menarik minatmu. Coba cari dahulu informasi mengenai pengrajin dan portofolio mereka, kemudian barulah putuskan cincin nikah unik mana yang akan disematkan di jarimu dan pasangan. Ingat, cincin nikah yang kamu pilih, bagaimanapun tetap harus mewakili kepribadian dan diri kamu, supaya kamu nyaman menggunakannya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *