Cincin Lamaran Emas, Perhiasan Tepat di Momen Berharga Bersama Pasangan

Cincin Lamaran Emas, Perhiasan Tepat di Momen Berharga Bersama Pasangan

Jelang Momen penting bersama pasangan, tentu saja ada banyak hal yang harus Kamu persiapkan. Salah satunya mempersiapkan cincin lamaran emas. Dalam urusan memilih cincin, Kamu bisa mengajak pasangan Kamu ada membelinya sendiri, dengan tujuan untuk memberinya kejutan.

Banyaknya pilihan model cincin lamaran emas, pastikan dahulu sebelum membeli cincin lamaran beberapa hal dibawah ini. Tujuannya agar Kamu bisa menemukan cincin lamaran yang sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.

Apa itu Cincin Lamaran?

Cincin lamaran adalah cincin yang biasanya dilengkapi dengan berlian atau batu permata yang diberikan oleh seorang pria kepada tunangannya pada hari pertunangan. Sangat romantis, tapi tahukah Kamu bahwa sejarah cincin lamaran tidak seromantis sekarang ini. Kebiasaan memakai cincin lamaran sudah ada sejak abad ke-2 SM. Pada masa itu, orang Romawi kuno biasanya mengenakan cincin yang terbuat dari besi, batu, tulang, atau tembaga untuk menandai kontrak bisnis atau untuk menegaskan cinta dan kepatuhan bersama.

Bangsa Romawi kuno juga mengenal kebiasaan memakai dua cincin lamaran, yaitu cincin besi yang dikenakan di rumah dan cincin emas yang dikenakan di depan umum. Saat itu, Paus Nicholas I menyatakan bahwa cincin lamaran melambangkan niat seorang pria untuk mengawinkan emas sebagai bahan paling populer untuk cincin lamaran emas. Sementara itu, cincin lamaran yang menggunakan berlian pertama kali muncul pada tahun 1477, ketika Archduke Maximilian dari Austria melamar Maria dari Burgundia.

Cincin berlian Maximillian memulai tren di Eropa dan di seluruh dunia bahwa cincin lamaran berlian melambangkan siapa seorang wanita. Cincin itu juga menunjukkan status sosial dan keuangan pria yang dinikahinya.

Apa Perbedaan Cincin lamaran dan Cincin Pernikahan

Perbedaan cincin lamaran dan cincin pernikahan ditentukan oleh beberapa hal diantarnya waktu pemberiannya, desain cincinnya, maupun posisi pemakaian cincin tersebut. Mari kita ulas satu persatu:

1. Waktu Memberikan

Dalam budaya Barat, cincin lamaran adalah cincin yang diberikan kepada calon pengantin saat seorang pria melamar. Ketika seorang wanita setuju untuk menikah, cincin lamaran akan ditempelkan di jarinya. Sedangkan pria umumnya tidak memakai cincin lamaran. Adat istiadat di Indonesia hampir sama yaitu ada pasangan yang bertukar cincin pada saat melamar dan disaksikan setiap keluarga, ada juga cincin lamaran yang diberikan oleh pria dan hanya dikenakan oleh wanita.

Secara simbolis, cincin lamaran ini menandakan keterikatan atau komitmen untuk tetap bersama pasangan hingga hari pernikahan Kamu. Sedangkan cincin pernikahan diartikan sebagai cincin kawin yang diberikan kepada seorang wanita oleh seorang pria dan sebaliknya pada saat prosesi pernikahan. Secara simbolis, cincin kawin berarti mengikat janji hidup bersama selamanya.

2. Desain

Dalam setiap pertunangan, desain cincin lamaranumumnya dilengkapi dengan berlian atau batu permata di bagian tengah cincin. Sedangkan cincin pernikahan cenderung memiliki desain simpel tanpa hiasan berlian berukuran besar dan terbuat dari emas atau perak.

3. Posisi Pemasangan Cincin

Secara tradisional, cincin lamaran dikenakan di jari manis tangan kiri. Bagaimana dengan cincin kawin? Orang Romawi kuno percaya bahwa tangan kiri tidak bisa diandalkan dan tidak membawa kebahagiaan. Dengan demikian, tradisi pemasangan cincin pada jari manis tangan kanan juga berlangsung di beberapa negara yaitu Norwegia, Denmark, Austria, Polandia, Bulgaria, Rusia, Georgia, Ukraina dan Yunani.

Sedangkan pada abad ke-18, mengenakan cincin pernikahan di tangan kiri merupakan tradisi di beberapa negara. Di Lebanon, Turki, Suriah, dan Brasil. Sedangkan cincin lamaran biasanya dikenakan di jari tangan kanan dan, setelah menikah, di jari kiri. Beberapa negara lain yang memiliki tradisi mengenakan cincin pernikahan di tangan kiri adalah Australia, Prancis, Amerika Serikat, Inggris Raya, Finlandia, dan sebagian besar negara Asia.

Tips Hemat Membeli Cincin

Saat ingin membeli cincin lamaran, Kamu harus mempersiapkan dengan matang. Bahkan jika Kamu ingin memberikan yang terbaik kepada pasangan Kamu, Kamu tidak perlu menghabiskan anggaran berlebih dari budget yang telah Kamu tentukan hanya untuk membeli cincin lamaran emas. Hal terpenting setelah pertunangan adalah mempersiapkan pernikahan dan kehidupan setelah menikah. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips hemat cara memilih cincin lamaran, agar tidak membebani Kamu di kemudian hari.

1. Manfaatkan Potongan Harga

Tidak ada salahnya membeli cincin lamaran emas saat toko emas menawarkan diskon. Biasanya toko cincin emas menawarkan promosi khusus di akhir tahun dan hari Valentine.

2. Tidak Perlu Cincin Berlian

Tidak ada peraturan yang mewajibkan cincin lamaran dan cincin pernikahanbarus dari bahan berlian. Jika ingin berhemat, ada banyak jenis batu permata lain yang juga cantik tapi lebih murah dari berlian, misalnya saja cincin lamaran emas.

3. Pilih Material dan Model yang Tepat

Untuk menghemat biaya, Kamu bisa memilih bahan cincin lamaran yang lebih murah dibandingkan berlian yang biasanya lebih mahal, misalnya saja cincin lamaran emas. Namun, beberapa pasangan juga kerap memilih model yang tipis. Ada resiko patah jika bahan cincin berkualitas buruk. Karena cincin akan dipakai untuk waktu yang lama, bahan yang bagus harus dipertimbangkan.

4. Bandingkan Harga

Sebelum membeli cincin lamaran emas, Kamu harus melakukan riset ke beberapa toko untuk menemukan harga yang paling murah. Usahakan membeli cincin lamaran jauh-jauh hari, agar Kamu bisa memastikan model, ukuran dan harga yang sesuai dengan keinginan Kamu.

Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli Cincin Lamaran Emas

Cincin Lamaran Emas, Perhiasan Tepat di Momen Berharga Bersama Pasangan

Jika ditanya kenapa harus membeli cincin lamaran emas saat melamar pasangan, dibandingkan dengan logam mulia lainnya. Selain harganya yang terjangkau, ada berbagai keunggulan lain dari emas.

1. Tampilan Emas yang Berkilau dan Mewah

Cincin lamaran emas memiliki kilau unik yang tidak dapat ditemukan pada logam kuning lainnya seperti kuningan. Kilau emas tampak lebih bersih dan hangat, membuatnya tampak mewah dan berharga.

2. Tidak Berkarat dan Tidak Menyebabkan Alergi

Emas merupakan logam non reaktif seperti besi atau tembaga, sehingga tidak akan berkarat meskipun terkena air atau udara yang lembab. Selain itu emas tidak menyebabkan alergi sehingga aman untuk semua orang. Agar cincin emas tidak mudah ternoda dan menimbulkan alergi, pilihlah cincin lamaran emas 18K.

3. Tidak Termakan Waktu

Cincin lamaran emas tidak akan pernah ketinggalan zaman. Walaupun trend dan model terus berubah, tetapi emas tetap menjadi salah satu logam mulia paling populer dan disukai banyak orang. Selain itu, cincin emas juga akan mempertahankan nilainya selama bertahun-tahun dan harganya tidak akan turun drastis, jika Kamu ingin menjualnya lagi. Sehingga saat Kamu ingin memperbarui cincin lamaran emas, akan memungkinkan jika Kamu menjual cincin lama Kamu terlebih dahulu.

Itu dia beberapa hal yang perlu Kamu ketahui sebelum membeli cincin lamaran emas di momen berharga bersama pasangan Kamu. Selain itu, harga cincin emas yang stabil akan berguna juga untuk investasi jangka panjang, lho!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.