Apakah Harus Memakai Cincin Lamaran

Apakah Harus Memakai Cincin Lamaran?

Lamaran menjadi momen penting bagi dua orang insan yang serius berpacaran. Biasanya momen lamaran ini menandakan keseriusan hubungan antara laki-laki dan perempuan. Nah biasanya dalam momen ini, pasangan akan saling memakai cincin lamaran. Sebenarnya apakah harus untuk memakai cincin lamaran?

Bagaimana Sejarah Cincin Lamaran?

Mungkin kamu penasaran mengapa lamaran erat kaitannya dnegan cincin. Ternyata sebelum cincin dipakai untuk pernikahan, cincin mula-mula dipakai untuk proses perlamaran. Sejarah cincin kawin dalam upacara perkawinan berasal dari abad pertama masehi. Pada masa kekaisaran Romawi, perhiasan cincin digunakan dalam acara perlamaran untuk pertama kalinya. Perlamaran tersebut adalah janji yang dibuat untuk mekawin di masa yang akan datang.

Di masa tersebut tradisi kekaisaran Romawi masih sangat kental dalam masyarakat, sehingga banyak tradisi setempat yang dimasukkan ke dalam ritual perkawinan agama kristen. Salah satunya adalah pertukaran cincin. Di abad ke-9, gereja kristen mulai mencantumkan cincin kawin dalam tata perkawinan mereka. Bahkan dalam sejarahnya seseorang yang belum menikah dan masih dalam fase lamaran hanya memakai cincin untuk wanita saja. Sementara ketika sudah menikah baru keduanya memakai cincin. Seiring perkembangan zaman, ada banyak versi dalam cincin lamaran ini.

Ada sebagian orang yang menyematkan cincin di kedua belah pihak. Namun ada pula yang memilih memakai perhiasan lain seperti kalung. Tentu saja tidak ada aturan baku karena ini adalah simbol komitmen. Maka dari itu, kamu memang bisa memilih model cincin lamaran lucu. Pada dasarnya tidak ada model baku untuk cincin lamaran. Maka dari itu, kamu dan pasangan bisa memilih modelnya sesuai dengan keinginan masing-masing. Jangan lupa untuk memilih bahan serta warna yang disesuaikan pula dengan selera.

Bagaimana Cara Memilih Cincin Lamaran yang Tepat?

Salah satu proses yang perlu kamu dan pasangan lakukan adalah memilih cincin lamaran. Pastinya pemilihan ini harus didasari banyak hal seperti budget hingga selera. Uniknya, kamu juga bisa melakukan cara menentukan cincin kawin dengan berbagai cara terutama berdasarkan kepribadian. Apalagi cincin lamaran tersebut akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Maka, kamu dan pasangan harus memastikan cincinnya sesuai dengan selera. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain dari segi desan. Pertama tentu dari segi budget.

Kamu harus mengetahui alokasi budget sebelum memilih bahan serta desain dari cincin tersebut. Budget biasanya akan membantu kamu untuk mempersempit pilihan bahan cincin, desain serta ornamennya. Kamu juga harus melakukan riset mengenai budget terendah yang bisa kamu siapkan. Dengan begitu, kamu juga tetap bisa mendapatkan cincin sesuai selera meskipun budgetnya terbatas.

Selain budget, kamu juga harus menentukan toko atau tempat yang terpercaya dan pastinya sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. Nah sekarang saatnya mennetukan bahan dasar dari cincin kawin tersebut. Emas merupakan logam mulia yang paling banyak dipilih sebagai bahan dasar cincin.
Tak hanya emas, kamu juga bisa memilih bahan lainnya yang juga sama-sama bisa dijadikan bahan cincin misalnya platinum, palladium, titanium, tungsten, perak hingga emas putih. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera dan karakteristik. Ada yang modelnya berat, ringan hingga ada yang mudah untuk dibentuk.

Pastinya bahan yang terbuat dari emas akan paling mahal. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa memilih cincin dengan kadar emas yang lebih rendah. Dengan begitu, kamu bisa tetap mendapatkan cincin emas meski budget yang dimiliki terbatas. Berikutnya adalah ukuran cincin. Besarnya cincin juga ternyata berpengaruh terhadap harga cincin lamaran yang kamu beli. Ukuran cincin juga dapat disesuaikan dengan selera. Misalnya apakah kamu ingin cincin dengan model tipis dan elegan atau cincin yang mewah dan tampak lebar.

Cincin yang tipis pastinya akan lebih sedikit memakai bahan dasar logam dibandingkan yang lebar. Maka, ukuran dan bentuk cincin ini juga harus disesuaikan dengan budget yang sudah kamu siapkan. Tentunya yang terpenting adalah harus dipastikan bahwa ukuran cincin kawin yang kamu beli sudah pas dengan jari kamu.

Berikutnya adalah desain cincin lamaran. Nah, desain ini sebenarnya bisa ditentukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah cara menentukan cincin dengan karakter atau kepribadian. Beberapa desain mungkin bisa kamu riset terlebih dahulu dengan mana yang benar-benar sesuai selera. Apakah ingin cincin yang simpel, unik atau mewah. Begitu pula dengan ornamen yang akan diletakkan di cincin.

Hal terpenting dalam menentukan cincin untuk apapun kebutuhannya adalah mengenai desain. Kamu dan pasangan perlu menyamakan selera dalam hal desain. Pasalnya cincin ini akan dipakai oleh kedua belah pihak. Maka dari itu, penting untuk menyamakan selera.

2 Model Cincin Lamaran Terpopuler

1. Cincin dengan Inisial Nama

Cincin yang satu ini sangat simple. Inisial pasangan wanita akan dipakai di cincin pria dan inisial pasangan pria akan dipakai di cincin wanita. Cincin ini tentunya sangat romantis apalagi bila dalam acara kamu, keduanya saling bertukar cincin sebagaimana tradisi lamaran pada umumnya.

Jika mau model cincin yang lebih rumit, kamu juga bisa memakai nama. Pada model cincin ini mencantumkan nama dari pasangan. Mereka yang memilih cincin lamaran model ini merupakan pasangan yang cukup kreatif. Mereka cenderung suka melakukan eksperimen terhadap hal umum yang biasa mereka temui, salah satu contohnya adalah cincin lamaran ini.

2. Cincin dengan Ukiran

Bunga dan daun merupakan salah satu objek paling umum yang sering digunakan untuk ukiran cincin. Cincin tunangan emas dengan model bunga dan daun juga bukanlah hal yang asing lagi untuk acara lamaran. Meski demikian, masih banyak yang mencari desain cincin seperti ini karena membuat cincin terlihat lucu dan feminim. Di antara banyak bunga, mawar merupakan bentuk bunga yang paling sering digunakan sebagai objek pada cincin lamaran atau cincin kawin. Bentuk bunga seringkali digunakan pada cincin lamaran atau cincin kawin karena bunga dikenal sebagai tanda atau ungkapan cinta seseorang kepada orang yang dikasihinya.

Dari sekian banyak jenis bunga yang ada, bunga mawar adalah jenis bunga yang paling umum digunakan karena bentuknya yang indah. Selain itu, bunga mawar merah merupakan simbol cinta antara pria dan wanita. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba jenis bunga yang lain. Kini sudah mulai banyak toko perhiasan yang menyediakan model cincin berbentuk bunga lotus dan bunga matahari yang tampak menawan untuk cincin tunangan atau cincin kawin. Tentu saja menyesuaikan dengan selera kamu.

Cincin model daun juga tergolong lucu dan menarik. Bentuk daun yang sederhana membuat cincin lamaran terlihat manis dan anggun saat dikenakan. Bentuk cincin lamaran model daun yang paling umum adalah dengan mengatur agar daun-daun yang menghiasi cincin melingkar mengitari batu permata di bagian tengah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *