Mengetahui Ciri Liontin Berlian Asli dan Palsu

Mengetahui Ciri Liontin Berlian Asli dan Palsu

Liontin berlian adalah perhiasan paling favorit para wanita setelah cincin. Tak heran, benda cantik yang bergantungan di leher ini menjadi alternatif sebagai pemberian tunangan pada sebagian pasangan. Dengan kecantikan dan keistimewaannya, tentunya kamu menginginkan liontin berlian asli untuk kamu miliki bukan? Bagaimana caranya membedakan liontin berlian palsu dan original? Artikel ini akan membahasnya lebih lanjut.

Apa itu liontin?

Seperti halnya berlian pada cincin, liontin adalah mata yang menhiasi sebuah kalung. Bentuk dari liontin sendiri sangat beragam mulai dari yang simple berbentuk segi empat, bundar, oval dan yang sedikit lebih rumit misalnya berbentuk hati atau karakter tersendiri. Umumnya liontin di desain dengan desain menonjol ke bawah, namun pada desain terbaru juga banyak yang desainnya memanjang ke samping.

Apa keunggulan liontin?

Perhiasan, jenis apapun itu seringkali dijadikan sebagai sebuah pembeda dalam status sosial. Terlebih lagi apabila yang kamu kenakan adalah liontin berlian asli yang harganya lebih eksklusif dari liontin tanpa berlian. Mengenakan perhiasan dalam pertemuan kamu dengan kerabat atau teman akan menjadikannya sebagai tolak ukur sosial kamu dan yang lainnya.

Selain sebagai penunjang status sosial, perhiasan seperti liontin juga sangat efetif untuk menjunjang penampilan kamu lebih elegan, glamor dan tentunya lebih cantik.

Liontin emas dengan berlian bisa kamu kenakan untuk acara formal seperti menghadiri pesta, maupun untuk acara non-formal seperti berkumpul dengan sahabat. Salah satu kelebihan liontin adalah bisa dikenakan dengan berbagai macam jenis pakaian kamu.

Apa bedanya liontin dan kalung?

Banyak yang terkecoh antara liontin dan kalung. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, liontin adalah mata yang bergelantung pada kalung untuk mempercantik kalung yang kamu sematkan di leher. Sementara kalung adalah perhiasan berbentuk garis lurus yang dipakai dengan melingkari leher. Keduanya memiliki material logam mulia seperti emas, perak, dan lainnya.

Kalung bisa dipakai tanpa liontin sementara liontin tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya kalung. Namun, di toko-toko perhiasan bisanya mereka menjual secara terpisah antara kalung dan liontin. Jadi, jangan heran apabila kamu melihat display product dari toko perhiasan online maupun offline, mereka memajang liontin dengan kalungnya, namun saat membelinya yang kamu dapatkan hanya liontinnya saja. Pastikan kamu memiliki informasi sejelas mungkin sebelum membelinya.

Bagaimana Membedakan Liontin Berlian Asli dan Palsu?

Nah, membahas soal liontin berlian, apakah kamu yakin liontin yang kamu akan beli adalah liontin berlian asli? Bagaimana cara membedakan liontin yang asli atau palsu? Sebenarnya, cara membedakan liontin berlian asli atau palsu sama saja dengan membedakan berlian asli pada umumnya. Namun, bila kamu juga belum mengetahui cara membedakan berlian asli, berikut ini kami jabarkan ulang khusus untuk kamu!

Cara mengetahui liontin berlian asli

  1. Menguji dengan hembusan nafas

    Cara pertama untuk mengecek keaslian berlian pada liontin adalah dengan mendekatkan berlian pada mulut, kemudian hembusan nafas ke seluruh permukaan berlian. Hal ini dilakukan guna meningkatkan suhu pada batu mulia satu ini. Bila berlian pada liontin tersebut asli, maka ia akan mengeluarkan kembali panas tersebut dan tidak mengeluarkan kabut sebagaimana kaca yang kamu hembuskan nafas di atasnya.

  2. Menguji dengan kaca pembesar

    Alat satu ini merupakan sebuah alat khusus yang dirancang untuk mengecek keaslian berlian. Setiap batu permata yang asli memiliki inklusi atau cacat yang terbentuk secara alami. Bila sebuah batu permata terlihat terlalu mulus saat sudah di-cek dengan kaca pembesar, maka keasliannya perlu dipertanyakan. Namun, berlian asli yang bagus memiliki nilai inklusi yang stabil, tidak terlalu banyak retakan dan tidak pula terlalu mulus.

  3. Menguji dengan menggoreskan

    Cara selanjutnya adalah menguji keaslian berlian dengan menggorekan batu permata ini kepada permukaan kaca. Jika berlian mengalami gores atau rusak, maka berlian tersebut sangat rendah kualitasnya atau bahkan palsu. Berlian asli tidak akan tergores, malah, kaca tersebut yang harusnya tergores karena berlian memiliki sifat yang sangat keras.

  4. Menguji berlian dengan kertas koran

    Cara yang sederhana dan mudah bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan kertas koran. Tempatkan berlianmu di atas koran kemudian cobalah membaca tulisan yang ada pada koran tersebut. Bila kamu dapat dengan jelas membaca tulisan tersebut, kamu harus berhati-hati dengan berlian pilihanmu karena bisa jadi itu palsu. Karena berlian asli memiliki bias cahaya sehingga tidak memungkinkan tulisan di baliknya bisa terbaca.

Setelah mengetahui ciri berlian asli yang ada pada liontinmu, apakah kamu tertarik untuk membeli liontin berlian? Kamu juga sudah mengetahui keunggulan dari liontin berlian, bukan? Saatnya kamu memilih liontin berlian dari 3 model liontin berlian terfavorit V&Co Jewellery ini:

Model Liontin Terfavorit yang Bisa Kamu Pilih

1 Liontin Berlian Square

Model pertama adalah kalung dengan liontin berlian berbentuk kotak. Cantik sekali ya? Liontin dengan material emas putih ini memiliki 9 pcs berlian benbentuk princess diamond. Bentuk berlian yang kotak dengan jumlah yang pas menjadikannya tampak tebal, elegan, dan glamor.

2. Liontin Berlian Oval

Liontin berlian selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah model yang umum dipakai oleh artis ternama dan orang-orang ternama lainnya. Model ini bisa dibilang ciri khas liontin karena banyaknya toko perhiasan yang menyediakan liontin dengan bentuk oval seperti ini. Tekstur liontin ini juga semakin indah dan glamor dengan adanya 3 bentuk ukuran berlian yang berbeda.

3. Liontin Inisial Nama

Mengetahui Ciri Liontin Berlian Asli dan Palsu

Liontin model ini juga merupakan liontin yang paling banyak di cari. Liontin ini memiliki ciri khas dan keitsitmewaan tersendiri karena mampu menonjolkan personal dirimu lebih elegan. Dengan desain huruf yang bisa kamu pilih sesuai dengan nama depan kamu, liontin ini juga dibumbui dengan berlian sebanyak hingga 13 pcs.

Itulah ketiga model liontin berlian asli yang bisa kamu pilih untuk menunjang penampilan kamu lebih cantik dan glamor. Dengan perhiasan yang tepat, penampilan kamu akan semakin sempurna digabungkan dengan pakaian yang kamu kenakan. Namun, 3 desain liontin berlian di atas selalu cocok untuk dipadukan dengan pakaian jenis apa saja baik formal seperti gaun atau kebaya, maupun pakaian casual seperti kaos oblong dan tanktop.

Selain untuk menunjang penampilan, liontin dengan taburan berlian juga sangat efektif untuk menunjukan status sosial kamu dan menghadirkan nuansa elegan, mewah, serta glamor berada dalam tubuh cantikmu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *