8 Model Liontin Berlian Terbaru

Liontin berlian adalah kalung dengan berlian sentral yang dilampirkan oleh lingkaran kecil ke rantai perhiasan yang terbuat dari logam mulia.

Kata ‘liontin’ berasal dari bahasa Prancis Kuno “pendre” dan kata Latin “pedere” yang berarti “menggantung”. Liontin berlian sering diberikan sebagai simbol cinta, khususnya cinta abadi.

Status sosial yang lebih tinggi sangat sering dikaitkan dengan ketertarikan terhadap berbagai benda atau barang yang aesthetic. Namun belakangan ini ketertarikan tersebut telah menyebar ke berbagai kalangan di berbagai level sosial.

Salah satu ketertarikan terhadap aesthetic tersebut berbentuk dalam penggunaan dan pembelian perhiasan berlian. Baik untuk mempercantik penampilan maupun untuk koleksi atau investasi, perhiasan berlian selalu memiliki peminat dari tahun ke tahun.

Perhiasan ini tidak hanya cocok untuk dikenakan di acara-acara khusus saja. Bahkan, liontin berlian sendiri semakin menjadi lebih populer sebagai bagian dari pakaian sehari-hari untuk wanita, juga lelaki dari berbagai kalangan usia.

Keindahan perhiasan berlian yang elegan dan berkilauan dapat melengkapi penampilan bahkan hanya ketika menggunakan pakaian yang paling santai sekalipun.

Menggunakan perhiasan emas yang dihiasi dengan liontin berlian juga akan dapat membuat seseorang semakin terlihat luar biasa di acara formal.

Karena itu tidak ada salahnya untuk memiliki perhiasan dengan liontin berlian. Mengingat perhiasan tersebut dapat membuat seseorang terlihat jauh lebih menonjol, terlepas dari pakaian yang dikenakannya.

Sejarah Liontin Berlian

Liontin Berlian

Berlian telah ditemukan di berbagai penjuru dunia di sepanjang sejarah, salah satunya adalah dari India. India merupakan negara yang diyakini sebagai tempat di mana batu berlian pertama kali ditemukan.

Pada saat itu, berlian dihargai bukan karena kecantikan atau daya tahannya tetapi karena berlian mampu membiaskan cahaya. Ini membuat berlian menjadi batu yang ideal untuk dijadikan jimat dan dekorasi.

Seiring waktu berjalan, berlian dicari untuk tujuan yang berbeda-beda. Selama Abad Kegelapan banyak orang percaya bahwa berlian memiliki kemampuan menyembuhkan. Hingga akhirnya berlian kemudian berevolusi dari benda yang dijadikan obat menjadi barang berharga selama Abad Pertengahan.

Selama lebih dari 1.000 tahun, berlian hanya ada di India. Hingga kemudian pada 327 SM, Alexander Agung, yang merupakan raja Makedonia pada saat itu, membawa berlian pertama dari India ke dataran Eropa.

Namun, baru berabad-abad kemudian berlian mulai dimasukkan sebagai bagian dari perhiasan. Ini pertama kali terjadi pada tahun 1074 ketika mahkota ratu Hungaria dihiasi dengan batu-batu berharga.

Tiga ratus tahun lagi harus lewat sebelum Point Cut ditemukan, sehingga memungkinkan berlian dipotong secara efektif sesuai dengan bentuk aslinya sambil mengurangi limbah. Sampai saat itu, hanya berlian yang dibentuk dengan baik yang digunakan. Semua yang lain dibuang karena tidak ada yang tahu cara memotongnya dengan benar pada zaman itu.

Setelah teknik untuk memotong berlian dengan cara yang benar dikembangkan, tempat berlian di dunia perhiasan mulai berkembang dengan cepat.

Pada tahun 1477 liontin berlian diberikan sebagai tanda pertunangan untuk pertama kalinya. Mary of Burgundy menerima potongan berlian dari Archduke Maximilian dari Austria, sehingga memulai tradisi pria yang mengajukan pernikahan dengan berlian.

Berlian menjadi simbol dari waktu yang lama. Meskipun mereka tidak lagi dilihat sebagai benda yang memiliki kemampuan, kekokohan berlian menyampaikan pesan kesetiaan kepada penerimanya. Dan sejak itu batu mulia yang satu ini terus berkembang menjadi salah satu batu mulia yang banyak diburu sebagai perhiasan, termasuk sebagai liontin.

Baca juga:  Kalung Berlian Simple Namun Elegan

Manfaat Liontin Berlian

Liontin Berlian

Seperti yang disebutkan sebelumnya, alasan orang membeli perhiasan berbeda untuk setiap orang.

Beberapa orang membelinya hanya untuk memiliki sesuatu yang cantik. Sementara yang lain membelinya untuk dipakai dan membuat diri mereka terlihat lebih menarik di depan umum.

Terlepas dari situasinya, liontin berlian bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Walaupun bentuknya kecil, akan tetapi kehadiran liontin ini dapat mempercantik kalung yang dikenakan oleh seseorang, tanpa membuatnya terlalu berlebihan.

Ketika Anda mempertimbangkan daya tahan, sangat jelas bahwa berlian memiliki daya tahan yang terbukti lebih bagus dibandingkan dengan batu mulia lainnya. Bukan hanya terbentuk dari struktur yang kuat secara alami, tetapi liontin berlian merupakan paduan yang tahan terhadap banyak hal.

Dengan emas sebagai rantai dan pengikat liontin, dapat berarti bahwa dalam penggunaannya perhiasan ini akan bertahan lebih lama. Selain kilau dan daya tahan, fungsi liontin berlian adalah sebagai investasi yang sangat bagus.

Mengingat harga berlian yang sangat tinggi dipasaran dan dengan semakin banyaknya peminat yang ingin memilikinya.

Emas dan perak adalah bahan yang sangat indah, dan inilah mengapa secara historis banyak perhiasan dan barang-barang cantik lainnya. Semua itu terbuat dari salah satu atau kedua dari dua logam mulia tersebut.

Tujuan dari liontin berlian adalah untuk mempermudah si pengguna agar bisa memakainya sehari-hari. Juga untuk memudahkan mengganti liontin dengan sesuka hati. Lain halnya jika dibandingkan dengan kalung berlian yang modelnya hanya satu, dan juga dengan tujuan untuk pesta gala atau acara formal.

Kalung emas dengan liontin berlian adalah pilihan yang tepat untuk menonjolkan simplisitas keseharian. Selain itu dapat menunjukkan status kekayaan serta strata sosial seseorang dan gaya hidupnya.

Aneka Model Liontin Berlian

Liontin Berlian Bulat

Ketika memilih liontin berlian, pastikan untuk memilih model dan batu berlian yang berkualitas tinggi yang dipotong dengan baik.

Berlian dengan tingkat kecemerlangan yang tinggi akan berkilau jauh lebih lama daripada berlian yang dipotong buruk dan dapat menjadi kusam dalam waktu singkat. Ada banyak sekali bentuk dari liontin berlian ini, mulai dari yang sangat sederhana hingga liontin yang memerlukan perhatian lebih dalam membuatnya. Berikut ini jenis-jenis dari liontin berlian.

Mata Burung

Liontin ini adalah liontin dengan model kecil yang pas dan nyaman untuk digunakan sehari hari. Model ini sangat cocok untuk dipadukan dengan kalung yang terbuat dari emas kuning atau rose gold, lalu pasangkan dengan baju atasan yang unik.

Liontin ini juga bagus untuk bahan eksperimen warna, baik untuk baju maupun perhiasan.

Jhumkas Jovial

Bagi penyuka pesona dan keluguan berlian, beberapa jhumka hadir dengan kombinasi berlian atau batu permata tunggal. Hal ini untuk menambah kilau dan variasi kalung berlian itu sendiri.

Cocokkan liontin model ini dengan gaun yang berwarna krim atau persik untuk melengkapi penampilan elegan di malam hari.

Liontin chandelier

Mata yang menyukai detail pasti akan jatuh cinta dengan desain chandelier. Model ini memang terlihat sedikit besar dari model lainnya.

Akan tetapi masih menjadi aksesoris yang bagus untuk dipasangkan dengan kemeja maupun pakaian pesta tradisional.

Jenis liontin chandelier dengan berlian dan batu ruby akan terlihat sangat memukau. Tidak tampak terlalu tradisional dan warna merahnya memiliki pancaran energi yang kuat.

Baca juga:  Ingin Beli Cincin Tunangan? Yuk Baca Semua Hal Tentang Cincin Tunangan Dahulu!
Liontin Bundar

Desain berlian berbentuk lingkaran seperti ini sangat cocok dipadukan dengan rantai emas berukuran panjang. Dan biasanya liontin ini terdiri dari sekumpulan berlian, atau berbentuk bulat dengan kaca ditengahnya untk diisi dengan batu mulia lain.

Warna kalung rose gold yang dipadukan dengan model liontin ini dapat menambah kesan feminitas dan daya tarik bagi pemakainya.

Tiga Batu Liontin Berlian

Model tiga liontin batu ini menyimbolkan masa lalu, sekarang dan masa depan sebagai pasangan dan merupakan alternatif yang indah untuk liontin solitaire klasik. Seperti namanya, liontin ini memiliki tiga berlian atau batu permata yang diatur dalam baris vertikal terus menerus. Biasanya batu-batu itu bertambah besar dari atas ke bawah.

Jika Anda tertarik untuk membeli perhiasan sebagai satu set, model liontin ini sangat cocok untuk dipadukan dengan model tiga anting berlian atau cincin. Tampilan tiga berlian tersebut terlihat sangat chic. Jika ingin mencampurnya, cukup tambahkan batu permata favorit untuk menjadi aksesori yang terlihat hidup dan unik.

Liontin Model Tetes Air

Jenis liontin ini terhitung cukup sensual karena menggantung dekat dengan cekungan tulang selangka. Desainer perhiasan telah menciptakan tren fashion tinggi dengan desain unik dan segar untuk segala kalangan.

Dan model ini sangat bagus jika dipadukan dengan balutan emas putih, dalam set berlian berupa kalung, anting-anting, dan gelang.

Liontin Berbentuk Hati

Liontin berbentuk hati sangat cocok untuk dijadikan hadiah kepada pasangan, orang tua, maupun diri sendiri.

Model liontin ini bisa terbuat dari 2 karat berlian atau yang lebih kecil akan tetapi tetap menunjukkan kilau memukaunya.

Liontin Berlian Ukir Nama

Menorehkan nama diatas plat emas putih dan dihiasi berlian di setiap sudut. Atau hanya menghiasi berlian di atas huruf inisial nama sudah menjadi tren populer sejak lama. Bukan hanya untuk wanita saja, tapi penyanyi rapper terkemuka juga suka menggunakan rantai emas dengan berlian yang di desain dengan nama panggungnya.

Liontin berlian ukir nama merupakan pilihan yang bagus untuk seseorang yang menyukai perhiasan yang sangat personal dan langka. Walaupun harganya tidak sama dengan liontin berlian yang sudah jadi, akan tetapi ada kepuasan tersendiri ketika dapat mengenakan perhiasan ini.

Ciri-Ciri Liontin Berlian Yang Bagus

diamond pendant colour

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum memilih liontin berlian yang bagus dan dapat bertahan lama tentunya, seperti berikut ini:

Sertifikasi

Sebaiknya pilih liontin dengan berlian yang memiliki sertifikasi GIA atau AGS. Ini adalah penilaian yang paling andal, sekaligus membantu memastikan pembeli untuk mendapatkan kualitas yang dijanjikan.

Potongan

Sebuah berlian yang dipotong dengan baik dapat memaksimalkan cahaya yang dipantulkannya. Bergantung pada bentuk berlian dan badan pengesah, berlian yang sangat baik dan Ideal adalah batu potong terbaik.

Pembeli juga dapat meminta bantuan dari seorang ahli untuk meninjau berlian secara lebih dekat. Melalui alat bantu khusus yang memiliki resolusi tinggi untuk memastikan kualitasnya.

Warna

Untuk meyakini bahwa berlian yang dipilih adalah berlian dengan kualitas yang bagus, maka pastikan berlian terlihat sedikit putih dan transparan seperti kaca.

Kejelasan

Karena liontin dikenakan langsung di garis pandang, kejelasan dari liontin berlian lebih penting daripada yang dipakai di cincin.

Baca juga:  5 Jenis Perhiasan Berlian Paling Populer yang Bisa Kamu Miliki

Tinjau berlian dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada noda dan inklusi yang ada ketika melihat batu dengan mata telanjang.

Bentuk

Dalam memilih bentuk dari liontin berlian ini, sangat tergantung pada kecenderungan pribadi masing-masing orang.

Ada baiknya untuk melihat-lihat berbagai bentuk terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan.

Biaya Pembuatan Liontin Berlian

Liontin berlian merupakan hadiah yang indah dan mudah diingat. Karena desain klasik dan daya tarik populer mereka, liontin berlian sering disimpan sebagai warisan keluarga dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain itu perhiasan yang sangat personal juga pada dasarnya sangat disukai karena dapat dinilai sebagai benda yang langka yang tidak dimiliki oleh orang lain. Karena itu pembuatan berbagai perhiasan custom menjadi buruan banyak orang. Liontin berlian juga tidak lepas dari salah satu perhiasan yang dipilihin untuk dijadikan custom perhiasan.

Harga yang ditawarkan dari satu jasa pembuat perhiasan dan yang lain cukup bervariasi, tergantung dari kualitas hasil akhirnya hingga bahan-bahan yang digunakan.

Untuk liontin berlian yang cukup sederhana, biasanya dipatok harga mulai dari jutaan rupiah saja.  Berbeda untuk bentuk tertentu yang sedikit rumit dengan ukiran nama, maka harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Namun pada akhirnya, kepuasan personal masing-masing terkadang membuat harga tersebut tidak terlalu mahal. Mengingat tidak ada lagi liontin yang sama persis, sehingga membuat liontin tersebut sangat langka di dunia.

Panjang Kalung Untuk Liontin Berlian

Liontin Berlian Bunga

Gaya liontin juga bervariasi dan dapat mencakup solitaire, slide, dan liontin. Memilih gaya bukanlah satu-satunya komponen untuk membeli kalung.

Panjang kalung untuk liontin berlian juga harus diperhatikan. Panjang rantai standar untuk liontin adalah 18”, namun jika ingin lebih pendek maka bisa menggunakan rantai 16″, 17″ atau 18″.

Kalung dengan liontin berlian terbaik adalah yang dapat menyentuk bagian tengah leher, karena itu panjang yang paling bagus adalah 18”. Ukuran tersebut membuat liontin dapat terlihat menggantung dengan bagus dan tepat di mana biasanya mata tertuju.

Dengan rantai 16”, liontin berlian akan terlihat menggantung di atas tulang dada, kecuali orang tersebut memiliki leher yang tipis, maka intan akan menggantung lebih rendah. Liontin berlian merupakan hadiah yang sangat bagus dan bermakna untuk berbagai perayaan, mulai dari hadiah ulang tahun hingga ucapan selamat.

Untuk memastikan liontin berlian yang didapat merupakan liontin yang berkualitas tinggi, maka perhatikan batu berlian serta logam mulia yang digunakan. Carilah berlian yang bersih dari noda dan inklusi, serta yang menawarkan banyak kilauan. Tidak ada salahnya juga untuk menyesuaikan bentuk liontin atau potongan berlian, dengan calon pemakainya.

Harga liontin akan berkisar dari desain liontin pilihan pembeli. Mulai dari liontin solitaire yang diatur dalam emas putih 18K atau liontin berlian independen seperti mata burung dalam balutan emas kuning 14K. Selain itu liontin berlian yang menunjukkan warna indah dan kilau yang cemerlang dapat menjadi investasi yang sangat bagus untuk jangka waktu yang panjang.

Mengingat harganya yang cenderung stabil dan peminatnya yang selalu ada setiap tahunnya. Kelangkaan liontin berlian juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat harganya melambung tinggi seiring dengan berjalannya waktu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin