7 Jenis Anting Berlian, Kamu Pilih yang Mana?

Anting berlian merupakan salah satu jenis perhiasan yang didesain dengan menambahkan berlian untuk mempercantik tampilan.

Rangka anting biasanya terbuat dari logam emas yang berwarna putih maupun kuning dengan penambahan batu berlian di bagian tertentu. Penambahan batu berlian ini disesuaikan dengan desain anting itu sendiri. Perhiasan anting menjadi salah satu perhiasan yang banyak diminati oleh banyak orang karena keindahannya.

Salah satu fokus utama yang mempercantik anting adalah dengan batu berlian yang sangat kuat dan menghasilkan kilauan cahaya di segala sisi. Inilah yang menjadi daya tarik tertentu sehingga orang akan jauh lebih tertarik untuk memiliki perhiasan, salah satunya anting.

Berbeda dari anting lainnya, anting dengan batu berlian lebih terkesan elegan dan mewah. Selain digunakan oleh para wanita, kini anting juga digunakan oleh pria, seperti aktor atau entertainer.

Sejarah Anting Berlian

anting berlian cantik

Sebelum ditemukannya anting berlian, pasti manusia telah mengenal berlian terlebih dahulu. Karena anting bertabur berlian merupakan modifikasi dari tampilan berlian sebagai perhiasan, sehingga bisa dipakai oleh kaum hawa.

Anting sudah digunakan oleh manusia kurang lebih sejak 5.000 tahun yang lalu. Salah satu bukti arkeologis, yaitu ditemukan berupa lukisan dinding yang menggambarkan tentara kekaisaran Persia.

Dimana terdapat penggunaan anting oleh tentara tersebut. Penemuan ini berasal dari reruntuhan situs di Persepolis, Persia Kuno.

Dulu, para pejuang Persia menggunakan anting sebagai jimat pelindung yang harus selalu dipakai saat berjuang di medan perang. Oleh masyarakat, anting dianggap sebagai simbol status sosial seseorang. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1930 model anting dibuat untuk para wanita dan dipakai pada daun telinga yang telah dilubangi sebelumnya.

Hal inilah yang membuat wanita sekarang harus memiliki lubang telinga sebagai tempat disematkannya anting.

Sejarah Berlian untuk Perkakas hingga Perhiasan

Sementara itu, kata berlian berasal dari kata Yunani “adamas”, yang berarti tidak bisa dipecahkan atau tidak dapat diubah. Berlian pertama kali ditemukan di India antara 2500 dan 1700 SM pada Zaman Perunggu.

Bukti penemuan berlian tersebut diabadikan dalam dokumen sejarah menggunakan bahasa Sansekerta Arthashastra dan Ratna pariksha. Arthashastra merupakan dokumen pertama yang menjelaskan berlian sebagai komoditas perdagangan. Sedangkan Ratna pariksha mengungkapkan metode tertulis pertama untuk menilai kualitas berlian.

Pertama kali ditemukan, berlian bukan digunakan sebagai perhiasan. Melainkan sebagai perkakas dan mata uang. Namun, pada zaman dahulu pemotongan berlian masih sangat terbatas pada perkakas yang tersedia saat itu.

Seiring berkembangnya zaman, pemotongan berlian pun dilakukan dengan parameter ketat yang mengatur kualitas dan desainnya. Jenis potongan paling awal yakni point dan table cut. Point cut merupakan potongan yang mengikuti potongan alami berlian.

Sementara table cut merupakan jenis potongan pertama yang menggunakan faceting. Lalu berkembang potongan step cut yang mengikuti potongan table cut. Kemudian pada tahun 1940 berkembang lagi jenis pemotongan berlian dengan emerald cut.

Pusat pemotongan pertama berlian adalah di Venesia. Namun pada akhir abad ke-15, Paris, Antwerp, dan Brussels muncul sebagai pusat pemolesan utama di Eropa.

Di ketiga tempat itulah merupakan pabrik pemotong berlian dengan metode baru untuk memoles batu cantik tersebut.

Berlian mulai dibuat untuk perhiasan pada tahun 1600 berupa cincin berlian, yang kemudian berkembang bentuk perhiasan lainnya seperti anting berlian.

Fungsi Anting Berlian

anting berlian

Selain sebagai aksesoris perhiasan, anting dapat menyempurnakan penampilan, sehingga tampak lebih indah dengan adanya taburan berlian. Bentuk wajah menjadi terlihat proporsional jika memakai model anting-anting minimalis dan modern.

Pemakaian anting berlian yang terlihat memukau cocok dipadukan dengan model pakaian tertentu sehingga saling melengkapi. Bagi pemakai yang berambut pendek, anting berlian ini juga berfungsi untuk menutupi bagian kanan dan kiri wajah agar tidak tampak kosong.

Sehingga tampilan wajah pemakainya pun akan semakin berisi dan terlihat lebih anggun. Anting juga bisa digunakan sebagai investasi karena material utamanya menggunakan emas. Memilih berinvestasi menggunakan anting berlian maka akan sangat bermanfaat untuk pemiliknya.

Sebab harga berlian dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang tajam. Harganya pun tidak kalah saing dengan harga tanah. Dengan menyimpan berlian, pemilik akan mendapatkan investasi masa depan yang sangat bagus.

Namun jangan lupa simpan sertifikat khusus sebagai bukti keaslian dari berlian usai membelinya di toko perhiasan. Apabila anting berlian diinvestasikan dalam jangka waktu yang lama, maka keuntungannya pun akan semakin banyak.

Fungsi ketiga adalah sebagai koleksi. Hal ini sering dilakukan oleh para wanita dari golongan konglomerat yang suka mengoleksi anting berlian. Alasannya hanya karena bentuk dan warnanya yang unik. Semakin unik, anting pun akan semakin banyak dicari oleh para kolektor.

Berlian yang unik biasanya ditampilkan di pameran berlian dunia yang mempertontonkan koleksi berlian yang langka.

Manfaat Anting Berlian

Manfaat anting berlian sudah sangat dikenal oleh sebagian besar pecinta berlian. Mereka pun percaya jika memakai anting dengan berlian maka hidupnya akan beruntung. Hal ini berawal dari warna berlian yang memiliki arti dan aura yang berbeda-beda bagi setiap pemilik atau pemakainya.

Manfaat anting berlian lainnya adalah sebagai status sosial, keberuntungan, mengusir energi negatif dan memberikan energi positif pada pemakainya. Hal inilah yang membuat siapapun ingin memiliki berlian. Meskipun harganya cenderung terus meningkat setiap waktu hingga mencapai miliaran rupiah.

Tujuan Memilih Anting Berlian

Mata pemilik berlian yang masih awam tidak akan bisa menentukan keaslian berlian. Kendati demikian, terdapat beberapa ciri-ciri sederhana anting yang mungkin bisa membantu pemilik untuk mengetahui karakteristiknya.

Misalnya, berlian asli tidak akan tergores, tidak akan panas saat dipanaskan, tidak bisa berkabut, mampu menggores apa pun, dan tidak mengapung di air. Ciri-ciri tersebut hanya sebagian kecil saja untuk menentukan keaslian berlian.

Untuk lebih pastinya, pemilik selalu bisa meminta sertifikat keaslian anting berlian tersebut yang dikeluarkan toko perhiasan bonafide. Biasanya toko perhiasan tersebut akan menyertakan sertifikat (dari GIA misalnya) yang akan menjadi jaminan keaslian berlian yang akan dibeli oleh konsumen.

Ciri Anting Berlian Asli

Ciri-ciri anting dengan berlian asli dapat dilihat dari kondisi batu berlian yang tidak mudah tergores dan memiliki kilau yang cantik.

Selain itu berlian asli tidak akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air, tidak rusak meskipun dipanaskan, memiliki sedikit inklusi (perubahan warna). Apabila anting yang dijumpai ada yang tidak bersifat seperti itu, maka sudah dipastikan jika anting berlian tersebut palsu.

Terdapat 3 macam berlian palsu diantaranya zirkonia kubik, Moissanite, dan safir putih.

Koleksi Anting Berlian

Di Indonesia, koleksi anting sendiri sangat bervariasi, dan rata-rata seseorang mengoleksi anting berlian berdasarkan desainnya, seperti:

Three Stone

Three Stone merupakan anting berlian yang tersusun oleh tiga batu berlian secara vertikal, horizontal, maupun miring.

Two Tone

Two Tone merupakan model anting berlian yang terdiri dari 7 susunan batu berlian secara melingkar. Bagaimanapun model antingnya, yang penting terdapat 7 susunan batu berlian secara melingkar pada desainnya.

Eternity

Eternity merupakan desain anting yang terdiri atas lebih dari 3 batu berlian yang susunannya memanjang.

Lotus Carat

Lotus carat merupakan model anting yang berbentuk melingkar atau melengkung, begitu pula dengan desain susunan batu berliannya.

Micro Setting

Micro Setting merupakan desain anting yang cukup unik. Selain menyusun batu berlian secara memanjang, ada pula desain susunan batu berlian lain yang berada di sampingnya. Seperti bentuk melingkar, melengkung, persegi hingga belah ketupat.

Love Series

Love Series adalah koleksi anting berlian yang menampilkan desain hati (love). Koleksi anting ini sangat disukai oleh para remaja karena tampak mewah dan ramai.

Exclusive

Salah satu model anting yang didesain secara khusus (eksklusif) untuk kepentingan tertentu. Model anting berlian eksklusif terkesan sangat mewah dan termasuk limited.

Fashion

Fashion merupakan model anting yang disesuaikan dengan model berbusana saat ini. Anting fashion biasanya memiliki bentuk unik dan kekinian yang sangat populer pada zamannya. 

Dari beberapa jenis koleksi desain anting tersebut, pembeli bisa menemukan anting yang dijual di sejumlah brand berlian terkenal dan terpercaya.

Jenis-Jenis Anting Berlian

anting berlian close up

Anting batu berlian mengandung batu berlian. Batu berlian yang asli merupakan batu permata yang terbentuk dari senyawa karbon yang memiliki struktur kristal. Secara alamiah, batu berlian terbentuk di bagian dalam bumi dengan tekanan dan temperatur yang sangat tinggi yang berumur milyaran tahun.

Dalam memilih anting berlian harus memperhatikan 4 C, yakni color, cut, clarity, dan carat. Color adalah warna dari batu berlian, semakin tidak berwarna berlian maka akan semakin mahal harganya.

Berikut beberapa jenis anting berlian yang banyak diminati oleh kaum hawa yang digunakan sebagai perhiasan maupun koleksi untuk mempercantik penampilannya.

Anting Berlian Anak

Di mulai dari usia muda terlebih dahulu, ada anting berlian anak yang bentuknya sangat disukai oleh anak-anak perempuan.

Mereka lebih menyukai anting yang memiliki bentuk flora, fauna, bunga, tokoh kartun, princess hingga bentuk yang sangat unik dan lucu lainnya. Anting lucu dan imut yang dihiasi berlian yang bersinar membuat keceriaan mereka makin terpancar.

Penampilan anak perempuan pun jadi makin cantik dengan anting yang memancarkan cahaya saat disematkan di telinga mereka.

Anting Berlian Bulat

Anting berlian bulat sangat cocok dipakai oleh perempuan yang memiliki wajah berbentuk oval dan wajah berbentuk hati. Sebab dengan memakai anting yang bulat, maka wajah mereka akan tampak lebih proporsional.

Seseorang yang berwajah oval memerlukan anting berbentuk bulat dengan desain ramai sehingga wajah akan terlihat lebih penuh. Begitu pula dengan seseorang yang memiliki bentuk wajah hati, penampilannya akan menjadi lebih seimbang dengan anting bulat.

Karena mereka memiliki dahi yang lebar, tulang pipi yang kuat dan dagu yang kecil.

Anting Berlian Eropa

Sebagian besar dari mereka mempercayai berlian sebagai azimat dengan umat kristen yang hanya percaya kepada Tuhan mereka. 

Hal ini berlangsung selama kurang lebih 1000 tahun yang menyebabkan popularitas berlian menghilang. Setelah konflik mereda, barulah popularitas berlian kembali naik dan banyak digunakan sebagai permata.

Di Prancis sendiri, mulai abad ke-13, Raja Louis IX dan penduduknya lebih memilih logam emas putih untuk dipadu padankan dengan batu berlian. Dari situlah, muncul industri logam emas putih yang membuat perhiasan seperti anting berlian Eropa.

Perhiasan tersebut memiliki batu berlian untuk mempercantik perhiasan tersebut. Salah satu cirinya adalah memiliki cutting yang simetris dan sempurna.

Anting Berlian Emas Putih

Masyarakat Eropa lebih tertarik dengan mencocokkan emas putih daripada emas kuning untuk batu berlian hingga tercipta anting emas putihSebab emas putih lebih terlihat serasi jika dipasang berlian pada bagian permukaannya.

Emas memang sudah lama menjadi logam mulia favorit semua orang. Akhir-akhir ini emas putih dinilai lebih populer daripada emas kuning karena keindahannya, apalagi jika dipadukan dengan berlian.

Emas putih merupakan perpaduan antara emas kuning yang dicampur dengan logam berwarna putih seperti nikel, perak, dan palladium. Sehingga menghasilkan logam putih yang berkilau. Kemudian, agar warna putih dan kilaunya bertahan lama, logam tersebut dilapisi dengan rhodium.

Anting Berlian Hitam

Anting berlian hitam mengandung batu berlian hitam yang banyak ditemukan di daerah Afrika Tengah dan Selatan.

Batu berlian hitam memiliki grafit inklusi (struktur kristal) yang berbeda sehingga memiliki warna yang agak pekat atau buram. Berlian hitam termasuk kategori berlian fancy. Berlian hitam tergolong sulit dipotong untuk mendapatkan kilau berlian hitam. Namun berlian hitam memiliki harga yang lebih rendah ketimbang berlian tanpa warna.

Meskipun terlihat elegan dan berkelas, berlian hitam ini kurang bisa dijadikan sebagai investasi karena kurang menguntungkan. Berlian berwarna yang biasanya digunakan sebagai investasi utama adalah berlian warna pink, merah dan biru.

Kebanyakan yang memakai perhiasan batu berlian hitam adalah pria. Sebab para pria akan terlihat lebih maskulin ketika memakai perhiasan tersebut.

Anting Berlian Klasik

Anting giwang berlian merupakan salah satu jenis anting klasik. Modelnya sendiri masih menjadi favorit para wanita karena dapat menyempurnakan penampilan tanpa terkesan berlebihan.

Dengan memakai anting giwang berlian, kesan klasik dan elegan akan terpancar di wajah pemakainya. Anting ini juga cocok digunakan saat santai, formal maupun pesta.

Anting Berlian Simple

anting berlian pria

Saat ini banyak perhiasan terutama anting yang dilirik oleh kaum hawa. Sebagian besar dari mereka akan lebih memilih untuk memiliki anting yang simple daripada model anting berlian lain. Karena terkesan tidak membosankan dan bisa dipakai dalam acara apapun.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya tentang anting emas, anting yang termasuk model simple di antaranya anting hoop dan anting ear climbing atau anting cuff. Model anting hoop biasanya dipadukan dengan berlian maupun mutiara yang membuatnya terlihat unik.

Anting hoop sangat cocok digunakan bagi pemakai yang berwajah kotak. Sementara anting ear climbing merupakan anting yang digunakan dari ujung telinga bawah yang memanjang hingga ke atas.

Model anting ini dapat dipadukan dengan anting model cuff yang terlihat simple, namun tetap stylish.

Anting Berlian Model Terbaru

anting berlian simple

Berbeda dengan model anting berlian zaman dahulu, anting model terbaru lebih bervariasi desainnya dan terlihat tidak membosankan. Berikut beberapa anting model terbaru, di antaranya:

Mismatched (anting tindik)

Merupakan jenis anting model yang sangat disukai oleh hampir sebagian besar orang. Sebab model antik tindik terlihat lebih sederhana dan simpel, yang hanya memiliki satu mata saja.

Hoop

Termasuk model anting yang klasik, yang biasanya dipadukan dengan berlian dan mutiara.

Anting Antik era Georgia

Termasuk model anting yang menempel pada bagian daun telinga dan menjuntai ke bawah. Anting ini banyak diminati para pecinta perhiasan antik, meskipun harganya relatif mahal.

Anting antik era Georgia bisa dipilih dengan berbagai macam model yang mewah dan mempesona.

Anting Stud

Anting Stud merupakan anting yang paling popular diantara jenis anting lainnya.

Anting ini sangat cocok dijadikan hadiah untuk kekasih. Salah satu anting yang menjadi prioritas dan favorit banyak wanita adalah anting giwang klasik.

Uniknya, anting ini termasuk fashion yang tak bisa tergantikan dengan anting model terbaru sekalipun.

Selain itu sesuaikan juga dengan wajah pemakai agar terkesan puas membeli anting seharga jutaan hingga ratusan juta.

Cara Membersihkan Perhiasan Anting

Memiliki koleksi perhiasan berlian tentu harus menyempatkan waktu untuk melakukan perawatan atau membersihkannya. Hal ini tentu untuk menjaga perhiasan tetap dalam kondisi yang bersih dan tetap berkilau.

Berikut ini cara membersihkan perhiasan anting di rumah, yaitu:

  • Rendamlah anting  pada air hangat yang telah dicampurkan dengan deterjen cair atau cairan cuci piring.
  • Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada sela-sela berlian. Sikat yang lembut membuat logam pada anting tidak tergores.
  • Sikat juga pada bagian bawah rangka anting.
  • Rendam anting pada larutan air dicampur cairan pencuci piring selama 2 – 3 menit.
  • Bilas cincin dengan air hangat atau air dingin hingga bersih.
  • Keringkan dengan tisu atau handuk lembut hingga benar-benar kering dan tidak ada air yang menempel pada anting.

Berapa Kisaran Harga Anting?

Sebelum membeli perhiasan yang satu ini, pasti pembeli ingin mencocokkan desain dengan harga anting-anting yang ditawarkan.

Anting yang dihias dengan batu berlian ini memiliki harga jual yang tinggi. Hal ini sebanding dengan kekuatan batu berlian yang sangat tinggi dan hanya bisa dihancurkan dengan kekuatan suhu 2000 derajat celcius. Mineral berlian bisa diperoleh dari proses penambangan dari dalam bumi.

Harga anting berlian sendiri bermacam-macam mulai dari yang harganya jutaan hingga milyaran rupiah. Rentang harga tersebut tergantung pada ukuran dari anting tersebut, komposisi berlian di dalamnya, hingga karat dari berlian itu sendiri. Adapun harga anting berhias berlian termahal di dunia mencapai milyaran rupiah.

Anting termahal ini termasuk sepasang anting dengan (berlian biru dan pink) hasil lelang di Jenewa, Swiss pada 16 Mei 2017 silam.

Uniknya, sepasang anting ini dijual secara terpisah. Masing-masing anting memiliki warna dan bentuk yang unik, dengan 14,54 karat untuk berlian biru dan 16 karat untuk berlian pink.

Anting Berlian Stud Mini

Saat ini perhiasan anting sudah menjadi barang berharga yang diincar oleh para konglomerat. Selain untuk perhiasan, anting juga mereka beli sebagai koleksinya yang bisa mereka jadikan investasi yang menguntungkan suatu saat nanti. Anting berlian juga terdiri dari beberapa jenis, yang didesain sesuai dengan kebutuhan seseorang.

Mulai dari untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa dan usia tua. Semua wanita cocok menggunakan perhiasan anting. Perhatikan selalu 4C yang harus diingat sebelum membeli berlian. Selain itu, cocokkan bentuk anting dengan wajah calon pemilik yang berbentuk bulat, oval, hati, maupun kotak.

Hal ini penting karena anting dapat membuat bentuk wajah seseorang semakin berisi dan terlihat proporsional. Semakin tidak berwarna batu berlian, maka harganya pun akan semakin mahal. Ada pula beberapa warna batu berlian yang bisa dijadikan koleksi dan berinvestasi di antaranya warna batu berlian pink, merah dan biru.

Jangan salah, saat sekarang ini, bukan hanya wanita saja yang bisa memakai perhiasan berlian. Laki-laki juga bisa memakainya. Namun untuk laki-laki, pilihlah batu berlian berwarna hitam sebagai perhiasan, agar terlihat lebih maskulin.

Sesuaikan pula harga anting yang akan dibeli dengan kebutuhan dan desain dari anting itu sendiri. Kecuali jika memang ingin mengoleksinya, maka pilihlah berlian yang bisa mendatangkan investasi yang menguntungkan bagi sang pemilik kedepannya.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.