manfaat anting emas

Manfaat Anting Emas Bagi Kesehatan

Anting emas sudah menjadi perhiasan yang tidak hanya melengkapi penampilan, tetapi juga menjadi sebuah penanda. Anting dikenal sebagai perhiasan yang identik dikenakan oleh wanita sejak lahir. 

Sebab, para orang tua biasanya akan memasangkan anting ditelinga bayi perempuannya sebagai pembeda antara perempuan dan laki-laki. Namun, kini fungsi anting lebih ke persoalan penampilan bagi pemakainya.

Warna emas pada anting memberikan sentuhan tersendiri bagi penampilan pemakainya. Pun, beragam model anting saat ini lebih mudah untuk dipadu padankan dengan busana pemakainya.

Perhiasan anting ini juga memiliki banyak keunggulan, yang membuatnya selalu menjadi perhiasan favorit berbagai kalangan usia.

Salah satunya perhiasan ini dapat bertahan cukup lama tanpa berubah bentuk maupun warna. Bahkan setelah sering terkena air maupun unsur yang kurang baik untuk logam mulia lainnya. Anting juga merupakan pilihan yang tepat untuk busana yang berwarna cerah seperti merah dan kuning.

Sedangkan untuk anting emas putih, memadukan busana berwarna lebih netral merupakan pilihan yang bagus. Seperti warna abu-abu, putih maupun hitam.

Ada berbagai model anting emas yang tersedia di pasaran, dengan kisaran harga yang beragam. Bahkan, ada model anting simple yang dapat dikenakan sehari-hari untuk pemanis penampilan tanpa acara khusus.

Sejarah Anting Emas

anting emas
Gold earring GWD0002 – V&Co Jewellery

Perhiasan anting emas lebih identik dengan kaum wanita. Sejak usia dini, biasanya orang tua sudah memasangkan anting di telinga anak perempuannya. Perhiasan anting sendiri telah dikenal peradaban manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Pada 5000 tahun yang lalu, ditemukan sebuah bukti arkeologis dari situs Persepolis, Persia Kuno.

Bukti tersebut berbentuk sebuah lukisan yang menggambarkan zaman kekaisaran Persia, dimana sang kaisar mengenakan anting di kedua telinganya. Tidak seperti zaman sekarang, zaman dahulu perhiasan anting digunakan sebagai penanda bagi kaum pria bahwa dirinya adalah prajurit.

Tidak hanya itu, namun anting juga telah digunakan sebagai penanda status sosial seseorang dalam masyarakat. Bagi para prajurit sendiri, anting tersebut dianggap sebagai jimat yang dapat melindungi dirinya yang harus selalu dikenakan ketika sedang dalam peperangan.

Hampir sama dengan para prajurit, para nelayan juga mengenakan anting emas sebagai penanda kesuksesan mereka mendapatkan banyak kekayaan dari laut. Kedua profesi tersebut sama-sama melihat anting sebagai simbol yang mewakili kekuatan kaum pria.

Anting Bagi Kaum Pria

Pada bangsa Yunani tercatat telah mengenal perhiasan anting sejak 2000 tahun SM. Saat dimana kaum wanita di Yunani waktu itu memanfaatkannya sebagai pelengkap untuk mempercantik penampilan mereka. Namun, bagi kaum pria justru mereka tidak menyukainya, karena anting dinilai sebagai simbol dari kelemahan.

Melimpahnya cadangan emas pada saat itu, membuat model anting emas semakin berkembang dari waktu ke waktu. Mulai dari model yang sederhana, yaitu bulatan seperti cincin yang berukuran besar dan pinggirnya yang tipis.

Hingga kini, beragam bentuk anting pun berkembang menjadi berbagai ukuran. Bahkan dari bukti yang tercatat dalam sejarah, telah ditemukan anting emas yang berbentuk bulan sabit dan bentuk perahu. Anting tersebut diketahui digunakan oleh kaum Yunani pada masanya.

Walaupun merupakan perhiasan yang vukup penting, akan tetapi tren anting emas ini sempat tenggelam di abad ke-17. Saat dimana rambut palsu dan berbagai hiasan kepala yang menutupi telinga sedang banyak diminati berbagai kalangan.

Namun pada abad ke-20, perhiasan anting kembali menjadi favorit kalangan muda-mudi. Seiring dengan ditemukannya teknologi, terdapat alat yang dapat melubangi daun telinga tanpa rasa sakit. Seperti jenis anting jepit yang mudah dilepas dan dipasang kembali.

Manfaat Anting Emas Untuk Kesehatan

model perhiasan emas
Velda Diamond Earring – V&Co Jewellery

Tidak hanya dapat mempercantik penampilan saja, perhiasan anting emas ternyata juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Mengenakan anting emas dipercaya dapat memberikan efek ketenangan pada tubuh, terutama yang terbuat dari emas 24 karat.

Selain nyaman ketika dikenakan, anting merupakan salah satu perhiasan emas yang direkomendasi sebagai penenang alami sekaligus menjaga kestabilan emosi. Selain itu anting emas juga bermanfaat untuk membantu sistem sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Dengan manfaat tersebut, maka peredaran oksigen dalam tubuh akan terus stabil dan secara keseluruhan dapat membuat tubuh terasa lebih sehat. Ditambah lagi juga dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Sebagai aksesoris yang dapat menunjang penampilan, anting juga memiliki beberapa fungsi lain. Selain dapat melengkapi keseluruhan penampilan, anting emas juga berfungsi untuk membuat wajah terlihat semakin menonjol secara keseluruhan.

Pemilihan anting yang tepat juga dapat membuat penampilan semakin terlihat mengesankan. Karena itu, menentukan model anting penting untuk diperhatikan sesuai dengan pakaian yang dikenakan.

Anting emas dapat menutupi kesan kosong yang terkadang muncul dengan potongan rambut yang pendek. Model dari anting sendiri dapat disesuaikan dengan model busana, agar dapat saling melengkapi.

Merendam Anting Emas Dalam Air Hangat

mmebersihkan perhiasan
Foto via WikiHow

Merendam anting emas dalam air hangat merupakan salah satu cara untuk menjaga perhiasan tersebut tetap berkilau. Caranya memang sangat mudah untuk dilakukan, akan tetapi hasilnya efektif dan menjaga perhiasan dalam kondisi bersih usai dikenakan.

Yang perlu dilakukan hanya menyiapkan air hangat dan rendam anting emas di dalamnya sekitar 5 hingga 10 menit. Sebaiknya hal ini dilakukan setidaknya seminggu sekali. Namun, jika sering dikenakan maka sebaiknya direndam lebih sering. Usai direndam, anting emas dapat dikeringkan menggunakan lap yang terbuat dari bahan yang lembut.

Penggunaan bahan yang berserat seperti tisu tidak disarankan karena dapat meninggalkan bekas di permukaannya. Setelah bersih, anting emas sebaiknya diletakkan di tempat dengan temperatur tidak terlalu lembab dan di atas permukaan yang lembut.

Macam-Macam Anting Emas

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan kreatifitas, perhiasan anting emas juga telah mengalami banyak perubahan dan penambahan model. Berikut ini berbagai model dari anting emas.

Anting Emas Bulat

Carrissa Gold Earring
Carrissa Gold Earring – V&Co Jewellery

Dari berbagai model anting emas yang ada dipasaran, model anting emas bulat merupakan salah satu model klasik yang tidak terpengaruh oleh zaman.

Desainnya yang berbentuk bulat dan simple, membuat perhiasan yang satu ini mudah untuk dipadukan dengan gaya apapun, tanpa terlihat berlebihan. Peminatnya pun datang dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran hingga selebritis dunia.

Anting emas bulat memiliki berbagai pilihan jenis yang dapat disesuaikan. Beberapa diantaranya adalah anting bulat diameter besar, anting bulat berpola, anting bulat berwarna hingga anting bulat twist. Berikut ini perbedaan dari model anting emas bulat.

Hoop Earrings

hoop earrings

Anting model ini kebanyakan didesain tanpa menggunakan tambahan batu permata. Bentuknya hanya polos sederhana saja, karena itu mudah untuk dipadukan dengan busana apapun. Terutama, busana untuk acara yang tidak resmi bersama teman atau kerabat.

Walaupun sederhana, namun anting model ini sudah dapat membuat penampilan menjadi lebih stylish. Akan sangat cocok dipadukan dengan berbagai gaya, busana, dan kesempatan. Sebab anting model ini akan menyeimbangkan penampilan secara keseluruhan.

Beads Earring

model anting wanita
Gold earrings GWH0056 – V&Co Jewellery

Model anting ini tergolong unik, sebab pada anting jenis beads memiliki rangkaian mutiara atau batu permata yang disusun mengikuti rangka anting. Sehingga, anting ini memberikan kesan shiny dan mewah saat digunakan.

Tentu saja, menggunakan anting ini juga tidak seperti anting simple kebanyakan. Karena, anting ini tergolong kedalam model ekslusif, maka sebaiknya digunakan pada acara yang lebih formal.

Round Drop Dangle Earrings

Adel Diamond Earring
Adel Diamond Earring – V&Co Jewellery

Meskipun memiliki nama yang cukup panjang, namun model anting emas yang satu ini memiliki bentuk bulat yang cantik. Desainnya yang unik membuat anting ini juga cukup banyak diminati. Anting round drop dangle ini memiliki kesan dewasa karena didesain sangat elegan. Beberapa diantaranya seperti lapisan anting yang dibuat doff, ukiran mewah pada bagian tengah, maupun susunan anting yang eye catching.

Round Twist Hoop Earrings

Round Twist Hoop Earrings

Diantara berbagai model anting emas berbentuk bulat, model twist ini memiliki bentuk yang paling berbeda. Bentuk dasarnya masih bulat akan tetapi desainnya dibuat memutar atau seolah melilit rangka anting. Model unik tersebut dapat memberikan kesan modern namun tetap simple dan tidak berlebihan.

Model Anting Custom

model anting permata custom
Monieka Gold Earring – V&Co Jewellery

Jika dari berbagai pilihan model anting emas masih kurang sesuai dengan selera, ada banyak tempat perhiasan yang menerima custom perhiasan. Dengan pilihan ini, maka bentuk, ukuran dan bahkan nama pribadi bisa ditentukan sendiri oleh masing-masing orang.

Akan tetapi, dari sisi harga tentunya juga akan berbeda dengan perhiasan anting emas lainnya yang sudah jadi. Selain itu, juga diperlukan waktu tertentu untuk membuat anting emas custom ini, tergantung dari tingkat kesulitan si pemesan sendiri. Walaupun begitu, hasil akhirnya juga akan lebih sesuai dan memuaskan, karena semuanya bisa di kustomisasi sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Pilihan untuk membuat anting emas custom sendiri menjadi sangat berguna, terlebih ketika ingin mendapatkan perhiasan anting yang spesial. Baik untuk acara khusus, maupun sebagai tambahan koleksi yang unik dan tidak ada duanya.

Model Anting Rose Gold

anting rose gold
Judith Gold Earring – V&Co Jewellery

Bagi yang sudah bosan dengan pilihan anting emas kuning biasa dan emas putih, memilih warna rose gold adalah pilihan yang bagus.  Warna rose gold sendiri didapatkan dari mencampurkan bahan emas murni dengan logam lainnya. Pencampuran tersebut menghasilkan perhiasan dengan warna pink keemasan yang cantik.

Alasan mengapa anting rose gold kini lebih disukai, karena warna dari perhiasan ini cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan dengan yang lain. Tidak seperti perhiasan emas putih yang hanya dilapisi saja dengan rhodium, yang tentunya akan dapat memudar seiring waktu.

Desain Anting Emas Terbaru

Dengan semakin populernya tren anting emas, terutama di sosial media, kini mulai bermunculan berbagai desain anting emas terbaru. Bentuknya pun beragam mulai dari anting yang menjuntai hingga bentuk bunga hingga hewan seperti angsa. Berikut ini beberapa desain anting emas terbaru.

Ear Climber Cuff

Anting model ini adalah pilihan yang tepat untuk yang suka segala sesuai yang tampak minimalis. Desain dari anting ini sangat unik, merekat pada bagian daun telinga dari atas kebawah. Ada berbagai bentuk yang menarik dan cantik pada anting ear climber cuff, namun anting ini dapat memberikan kesan yang begitu elegan.

Flower Earrings Studs

Anting model bunga kembali mencuri minat banyak orang, dengan bentuk mini yang identik namun pemakaiannya mirip dengan ear climber. Bentuk bunganya sendiri merupakan bagian dari fish hook anting tersebut. Sangat cantik dan sederhana, terlebih dalam perpaduan busana yang anggun akan tampak begitu manis.

Angel Wings Earrings

Tren seputar Korea juga tidak ketinggalan digunakan dalam model anting, salah satunya adalah anting yang berbentuk sayap. Kebanyakan bentuk anting yang satu ini memiliki rantai kecil yang memanjang, dan dihiasi dengan batu mulia yang cantik.

Anting ini memang tampak sedikit lebih besar, kadang-kadang bentuknya menutupi bagian daun telinga. Namun, untuk tampil lebih eksentrik tentu saja sangat disarankan.

Dangle Earrings

Bagi yang ingin menambah gaya penampilan dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, bentuk anting emas ini adalah pilihan yang tepat.

Anting emas ini memberikan kesan mewah dan glamour bagi pemakainya, selain juga bentuknya bisa bermacam-macam mulai dari segitiga, persegi bahkan lingkaran. Anting yang menjuntai memang selalu tampak elegan. Pun, anting ini juga tergolong anting dengan desain minimalis.

Mismatched Earrings

Sesuai dengan namanya, anting ini memiliki bentuk yang tidak sama antara anting kiri dan kanan. Namun, justru perbedaan itulah letak uniknya.

Bentuknya yang cenderung kecil sebelah sisinya, memberikan keleluasaan untuk berkreasi. Memasangkan anting yang tidak sama namun terlihat bagus saat dikenakan bersamaan adalah ide yang bagus.

Ragam Harga Anting Emas

harga anting emas putih
Rachel Gold Earring – V&Co Jewellery

Anting emas memiliki rentang harga yang cukup beragam, hal tersebut dikarenakan tingkat kerumitan model menjadi faktor penentu harga akhirnya.

Untuk model anting emas yang simple, harganya berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung bahan dan desainnya. Namun, untuk model anting yang memiliki banyak detail maka harganya pun sedikit lebih mahal, yaitu mulai dari jutaan hingga belasan juta.

Sedangkan untuk anting custom harganya dapat menjadi lebih mahal lagi karena termasuk jasa pembuatannya. Jumlahnya juga bervariasi, tergantung pada toko perhiasan itu sendiri. Harga dari anting emas ini dipengaruhi oleh kadar karatnya, serta jumlah gramnya. Sehingga harganya bisa berubah-ubah sesuai dengan harga emas dunia.

Selain itu harga anting emas juga bisa mencapai jutaan bahkan hingga ratusan juta rupiah jika dihiasi dengan berbagai batu-batu mulia. Contohnya seperti anting berlian yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu juga ada safir, ruby dan zamrud yang seringkali dipilih untuk melengkapi sebuah perhiasan anting emas.

Penutup

anting emas putih

Pada intinya perhiasan anting menawarkan tambahan aksesoris kecil namun dapat memberikan efek yang cukup berkesan bagi keseluruhan penampilan. Perhiasan yang satu ini juga memiliki berbagai model mulai dari model yang sederhana hingga desain yang rumit. Bahkan, pilihan untuk memesan anting custom yang dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Dengan banyaknya model tersebut maka anting juga menjadi perhiasan emas yang cukup bagus untuk dikenakan di berbagai acara baik acara santai maupun acara formal. Perawatan yang dibutuhkan agar anting tidak akan kehilangan kilauan dan kecantikannya juga tergolong cukup mudah.

Hanya perlu direndam dalam air panas selama beberapa menit setelah dikenakan. Dari sisi harga, anting dijual dengan harga yang cukup bervariasi, mulai dari harga ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Sehingga pembeli leluasa untuk menentukan pilihan yang tepat dengan selera dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Keunggulan lain dari anting yang membuatnya selalu diminati adalah ketahanannya. Dengan perawatan yang sesuai dan tempat penyimpanan yang baik maka perhiasan yang satu ini juga akan tahan lama. Terlebih untuk digunakan selama bertahun-tahun bahkan hingga puluhan tahun. Dan, bagi kalian yang akan melangsungkan pernikahan, anting juga bisa dijadikan sebagai mahar pernikahan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *