Model gelang tangan emas putih

Desain-desain Gelang Emas yang Unik!

Gelang emas adalah sejenis perhiasan yang digunakan dengan cara dilingkarkan di pergelangan tangan. Material bahan utamanya pun beragam, salah satunya logam emas.

Gelang seringkali dipilih sebagai pelengkap penampilan untuk berbagai acara, formal maupun non-formal. Selain karena bentuknya yang sangat beragam, gelang juga memiliki nilai yang berpengaruh terhadap status sosial seseorang. 

Tidak hanya kaum wanita saja yang menyukai perhiasan jenis gelang, meskipun memang penggemar gelang lebih banyak dari kaum perempuan. Namun, kaum pria juga banyak yang menaruh minat untuk membuat pergelangan tangan mereka tidak terlihat kosong. Seiring perkembangan zaman, perhiasan gelang telah mengalami berbagai macam perubahan. Mulai dari fungsinya hingga jenis-jenisnya.

Pada zaman dahulu gelang dikenal sebagai salah satu simbol status keturunan bangsawan atau raja dari sebuah wilayah. Namun, di zaman modern gelang dari logam emas sudah dapat digunakan oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.

Harganya memang tergolong mahal, akan tetapi dengan adanya beragam material bahan pilihan untuk perhiasan gelang, harganya pun bisa menjadi lebih murah. Peminat perhiasan gelang pun meningkat pesat oleh sebab adanya model-model baru dari para desainer perhiasan dengan mengutamakan kualitas dan harga.

Sejarah Gelang Emas

gelang emas
Gold bracelet GLS0031 – V&Co Jewellery

Di setiap zaman, tren gelang terus berubah-ubah menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat pada zaman tersebut. Perhiasan yang satu ini juga sudah melewati berbagai perubahan signifikan dengan semakin banyaknya fungsi yang diberikan oleh perhiasan tersebut. 

Berikut ini sejarah dari gelang emas sejak awal kemunculannya, mulai dari sebagai aksesoris hingga fungsi untuk kesehatan. Setiap negara memiliki sejarah tentang gelang yang berbeda-beda, sesuai dengan peradaban mereka pada saat itu.

Gelang Pada Masa Prasejarah

Perhiasan gelang sendiri telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Pada saat itu komunikasi manusia masih sebatas simbol dan isyarat sederhana saja, akan tetapi berbagai bentuk perhiasan terbukti sudah ada.

Di Indonesia sendiri pada saat zaman batu, teknologi manusia masih sangat primitif. Karena itu, mereka hanya dapat memanfaatkan alat seadanya untuk membuat gelang, dan berbagai perhiasan lainnya. Bentuknya pun juga masih sangat sederhana, dengan menggunakan bahan-bahan dari berbagai jenis batu. Ketika memasuki zaman logam, teknologi dalam membuat perhiasan gelang pun mulai berkembang.

Pada saat itu manusia sudah mulai mengetahui teknik melebur logam dan mencetak perhiasan dengan berbagai bentuk. Di zaman ini pula, perhiasan yang terbuat dari emas dan perunggu mulai dapat diciptakan. Sedangkan, awal mula berkembangnya perhiasan gelang modern tidak lepas dari pengaruh Kerajaan Mesir.

Di mana, ada banyak sekali pengrajin perhiasan emas yang mengembangkan bentuk gelang menjadi lebih artistik dan bernilai tinggi. Di zaman tersebut, gelang emas masih dipercaya sebagai jimat untuk menolak musibah, sesuai dengan kombinasi permata yang dipasangkan di gelang tersebut.

Permata yang tepat yang dipasangkan dengan gelang emas, dipercaya memiliki kekuatan mistis tertentu yang dapat melindungi pemakainya. Sekitar tahun 2500 SM, gelang emas ditemukan di Arbydos, Mesir. Tepatnya di makan Raja Zer, dari Dinasti Raja Mesir pertama.

Penemuan tersebut juga membuktikan bahwa pada zaman itu perhiasan emas telah digunakan sebagai simbol dari status sosial. Namun perhiasan emas pertama yang pernah ditemukan adalah pada tahun 5000 SM di wilayah Mesir Kuno. Akan tetapi pembuatannya masih dicampur dengan perak dan perunggu.

Manfaat Dari Gelang Emas

Gelang emas rose gold
Gelang  GLH0073 & GLH0074 – V&Co Jewellery

Gelang dengan material logam emas memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh, terutama untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah, dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini tentu sangat bagus, sebab membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang mencukupi.

Selain itu gelang emas juga dapat membantu tubuh untuk rileks, terutama emas murni 24 karat yang tidak tercampur dengan logam mulia lainnya. Kemudian manfaat lain yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi energi yang ada dalam tubuh pemakainya. Sehingga, tubuh secara perlahan dapat mulai terasa hangat.

Dengan semakin lancarnya darah dan sirkulasi energi, sel-sel tubuh dapat beregenerasi dengan cepat dan daya kerja otak juga semakin efektif. Fungsi dari menggunakan gelang emas telah berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman. Mulai dari bentuk sederhana, hingga bentuk gelang yang telah kita kenal di zaman sekarang.

Perhiasan emas telah menjadi salah satu sarana untuk mengekspresikan nilai-nilai seni, serta menunjukkan kekayaan dari kerjaan maupun bangsa tersebut.Pada masa awal ditemukannya perhiasan gelang, perhiasan ini tidak dapat dikenakan oleh sembarang orang. 

Oleh karena gelang dianggap simbol status sosial pemakainya, sehingga hanya bangsawan, raja atau kepala suku saja yang dapat mengenakannya. Sesuai dengan fungsi dari sebuah gelang, maka semakin tinggi status sosial pemakainya, maka semakin rumit pula desain gelang tersebut. Perhiasan gelang pun juga semakin banyak dihiasi dengan batu-batuan mineral atau permata indah yang berkilauan.

Tujuan Menggunakan Gelang Emas

Ada banyak tujuan mengenakan gelang emas. Seperti di Amerika Latin yang meyakini bahwa mengenakan gelang emas dapat mengusir gangguan setan. Karena itu, bayi yang baru lahir disana biasanya akan langsung dikenakan gelang emas di pergelangan tangannya.

Sedangkan, masyarakat di Asia dan Eropa memiliki keyakinan yang agak berbeda. Tujuan masyarakat mengenakan gelang berbahan emas agar terhindar dari kesialan dan mendapatkan keberuntungan.

Kemudian di wilayah mesir, gelang juga dipercaya bertujuan untuk kepentingan sakral agama dan kepercayaan masyarakat.

Jenis-Jenis Desain Gelang Emas

Ada banyak sekali desain dari gelang yang terbuat dari logam emas. Para pengrajin perhiasan ini menambahkan manik-manik dan ataupun batu permata agar semakin menarik. Desainnya yang beragam, mulai dari yang simple hingga gelang dengan model rantai besar yang mewah. Berikut ini jenis-jenis desain gelang: 

Charm Bracelet

desain gelang unik
Foto: isadoras

Charm bracelet atau bisa juga disebut gelang daya tarik, memiliki desain dengan bandul-bandul cantik sesuai tema dari gelang tersebut. Bentuk bandulnya pun beragam, mulai dari inisial huruf, koin, salib, mutiara, hingga berbagai bentuk yang cantik. Bandul-bandul tersebut membuatnya tampak menarik, pun beberapa gelang yang charmnya dapat diganti sesuai dengan keinginan.

Bolo Bracelet

gelang emas tali serut
Rose gold bracelet – V&Co Jewellery

Tidak hanya terdengar unik pada nama gelang ini, bentuknya pun juga sangat unik dan menarik. Gelang bolo adalah salah satu jenis gelang emas yang bisa disesuaikan (adjustable), didesain begitu chic dan disukai oleh para wanita.

Material yang digunakan pada gelang bolo ini kebanyakan adalah logam emas, dengan berbagai pilihan warna seperti yellow gold, rose gold dan white goldKesan minimalis namun cantik ini memang dimiliki oleh gelang bolo, menariknya lagi, berlian akan membuatnya tampak lebih cantik.

Baublebar Bracelet

Gelang tangan Rose Gold
Gelang tangan Rose Gold – V&Co Jewellery

Sebagian besar penggemar perhiasan gelang, mungkin sudah tidak asing dengan gelang baublebar ini. Gelang yang kedua ujungnya tidak tersambung dan memiliki runcingan seperti spike. Jika gelang spike memberikan kesan berani, namun tidak dengan gelang baublebar ini. Gelang baublebar tetap elegan dan tampak lebih minimalis karena desainnya pun hampir seperti single row.

Bangle Bracelet

 

gelang bangle
White gold bangle – V&Co Jewellery

Jenis gelang yang satu ini sangat banyak ditemukan di suku Madura, dimana tidak hanya digunakan pada pergelangan tangan namun juga kaki. Di masa-masa awal, gelang ini terbuat hanya dari logam mulia emas. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, gelang ini juga dibuat menggunakan berbagai bahan seperti plastik, manik-manik hingga kayu.

Tidak seperti jenis gelang lainnya yang biasanya dikenakan di pergelangan tangan, gelang ini dikenakan di lengan bagian bawah siku. Penggunaannya pun tidak hanya satu gelang, melainkan beberapa gelang secara bersamaan yang membuatnya tampak begitu menarik.

Beaded Bracelet

Gold beaded bracelet
Foto: Simple and Dainty

Sesuai dengan namanya, jenis gelang ini terbuat dari beragam manik-manik. Bentuk yang paling banyak ditemukan adalah manik-manik mutiara, atau batu-batuan mineral dengan berbagai warna.

Namun, seiring berkembangnya zaman, manik-manik ini pun diganti dengan logam emas dengan bentuk menyerupai manik-manik tersebut. Gelang beaded tidak hanya digunakan oleh wanita, namun juga laki-laki. Desain gelang beaded pada mulanya konon memiliki arti tersendiri.

Setiap warna mineral batu-batuan atau manik-manik yang dipilih memiliki arti, dan penggunaannya pun disesuaikan dengan karakter pemakai. Namun, setelah digunakannya logam emas, gelang ini hanya memiliki 3 warna dari rangkaian emas yaitu white gold, rose gold, dan yellow gold.

Model Gelang Emas Pria

gelang berlian pria
Foto: naturaldiamonds

Tidak hanya kaum wanita saja yang menyukai perhiasan gelang, para pria pun juga menyukai perhiasan yang satu ini. Perhiasan tidak melulu diciptakan untuk wanita, tetapi juga untuk pria.

Berbeda dengan kaum wanita, model gelang untuk pria cenderung dikhususkan untuk pelengkap penampilan saja, agar lebih terlihat menarik. Selain itu, gelang emas juga merupakan pilihan yang disenangi para pria untuk menjadi aksesoris di pergelangan tangan, selain jam tangan.

Pada dasarnya, jenis gelang emas pria hampir sama dengan gelang wanita, namun ada beberapa model yang didesain untuk menonjolkan sisi maskulin seorang pria. Hal yang membedakan dengan model gelang wanita biasanya lebih terkesan glamour, dengan berbagai hiasan seperti charm dan batu permata.

Sedangkan, model perhiasan untuk pria jauh lebih sederhana dan tidak memiliki banyak ornamen. Walaupun begitu, gelang ini tetap memiliki daya tarik yang tersendiri bagi pemakainya. Salah satu model gelang pria yang cukup populer adalah model rantai emas, yang sesuai dengan karakteristik pergelangan tangan pria yang cenderung besar. Ukurannya pun beragam mulai dari yang berukuran kecil hingga ukuran tebal yang cukup berat.

Gelang Emas Putih

Gelang berlian
White gold Diamond bangle – V&Co Jewellery

Gelang emas putih juga memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. White gold ini pada dasarnya terbuat dari emas kuning yang dilapisi dengan logam mulia rhodium.

Lapisan tersebut membuat gelang emas putih menjadi lebih berkilau dari gelang emas biasa. Dari luar gelang ini terlihat seperti perak, namun dengan kualitas yang lebih baik. Karena warnanya yang netral, gelang ini juga cocok untuk dikenakan seluruh kalangan usia, untuk berbagai acara.

Tidak berbeda dengan perhiasan dari logam mulia lainnya, gelang ini juga memiliki nilai karat, atau jumlah kandungan emas di dalamnya. Nilai karat dalam perhiasan ini adalah 10 karat, 14 karat, 18 karat dan 24 karat. Gelang emas putih adalah pilihan yang tepat jika ingin terlihat elegan namun juga tidak terlalu mencolok.

Jenis-Jenis Gelang Kaki Emas

Gelang kaki adalah bentuk perhiasan gelang yang dilingkarkan di mata kaki, sebagai aksesoris penampilan. Berasal dari India, gelang kaki emas memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Namun pada dasarnya gelang ini memiliki dua tipe, yaitu fleksibel dan infleksibel.

Gelang Kaki Fleksibel

Tipe gelang kaki yang pertama adalah tipe fleksibel. Uniknya, gelang kaki ini memiliki jarak yang berdekatan atau saling tertaut, dan teknik yang digunakan adalah teknik rantai. 

Biasanya, gelang kaki jenis fleksibel ini memiliki hiasan di sekitarnya seperti berbagai bentuk charm. Karena bentuknya yang cenderung simple, maka gelang kaki ini cocok untuk dikenakan di berbagai acara maupun sehari-hari.

Gelang Kaki In-fleksibel

Sesuai dengan namanya, jenis gelang kaki yang satu ini memiliki bentuk yang keras dan kaku. Cara membuatnya cukup beragam, ada yang menggunakan teknik ukir yaitu dengan memahatnya sesuai dengan pola yang sudah ditentukan hingga terbentuk gelang kaki cantik. Gelang kaki yang satu ini kebanyakan juga menghasilkan suara gemerincing akan tetapi tampilannya cenderung etnik, sehingga tidak dapat dikenakan bebas di berbagai acara.

Harga Gelang Emas

Namira Gold Bracelet
Namira Gold Bracelet – V&Co Jewellery

Harga dari gelang emas tidak mengalami banyak perubahan setiap tahunnya walaupun nilainya cenderung semakin meningkat. Mahal atau tidaknya perhiasan tersebut tergantung  dari kandungan karat emasnya, yang paling mahal tentunya adalah gelang emas 24 karat. Selain karat faktor yang menentukan harga dari gelang emas adalah berat yang diukur berdasarkan gram.

Kemudian faktor penentu selanjutnya adalah desainnya, gelang yang memiliki desain rumit harganya juga akan lebih mahal dari gelang dengan desain simple. Sedangkan untuk harganya, biasanya sangat ditentukan dari berat gelang yang akan dibeli. Sebelum membeli perhiasan gelang, pastikan melakukan pengecekan harga terlebih dahulu.

Karena untuk kustom perhiasan, tentu saja membutuhkan biaya pengerjaan, dan biaya ini berbeda dengan harga bersih dari gelang tersebut. Namun bagi para penggemar gelang emas, harga tambahan menjadi tidak terlalu dipusingkan karena yang utama adalah hasil akhirnya.

Selain itu, berinvestasi di perhiasan emas kini semakin menjamur. Bukan hanya kualitas perhiasan yang bagus, tetapi nilai dari emas sendiri juga jarang menurun di setiap tahunnya. Sehingga menjadikan investasi emas sebagai bisnis yang menjanjikan untuk jangka panjang.

Gold Bangle GLH0069
Gold Bangle GLH0069 – V&Co Jewellery

Dengan begitu banyaknya pilihan perhiasan gelang, dan juga harganya yang bervariasi, memberikan banyak pilihan bagi peminat perhiasan ini. Ditambah lagi seiring  dengan berkembangnya zaman, baik model dan jenis dari gelang emas itu sendiri juga semakin berkembang.

Jadi, dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, dan juga acara yang ingin dihadiri. Tidak hanya itu, mengenakan gelang emas juga ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya melancarkan sirkulasi darah dan aliran energi dalam tubuh, sehingga secara keseluruhan tubuh terasa lebih segar dan tidak mudah terkena penyakit. 

Jika tidak terlalu suka dengan jenis perhiasan yang terlihat sangat mencolok, maka gelang emas putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain tetap terlihat elegan dan melengkapi penampilan dengan sangat baik, jenis gelang tersebut juga tidak terlalu mencolok.

Bentuknya yang terlihat berkilau, membuat banyak penggemar perhiasan emas juga tertarik untuk menggunakan gelang berbalut emas putih ini. Untuk melengkapi aksesoris penampilan, gelang kaki emas akan memberikan tambahan kesan cantik di kaki. Pilihan modelnya juga sangat beragam, bagi yang ingin model simple atau sedikit lebih banyak ornamen.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *