Perhiasan berlian asli

Gelang Berlian untuk Pria dan Wanita

Gelang berlian adalah jenis perhiasan yang dilingkarkan atau dikaitkan di pergelangan tangan. Pada gelang tersebut terdapat batu-batu berlian yang disusun sesuai dengan gaya dan model dari gelang itu sendiri.

Ukuran dari batu berlian juga sangat bervariasi, ada  yang menggunakan batu berlian berukuran kecil dengan desain classy. Namun ada juga gelang yang menggunakan berlian berukuran besar, tentu saja agar tampak penuh dan mewah.

Seiring dengan berkembangnya dunia fashion dan aksesoris, gelang berlian kini tidak hanya digunakan sebagai pelengkap penampilan saja. Akan tetapi, juga sebagai alat untuk menunjukkan status sosial serta investasi alternatif jangka panjang.

Hal itu disebabkan oleh harga dari berlian yang semakin mahal, jelas karena keunggulannya. Gelang berhias permata berlian juga merupakan pilihan yang tepat untuk dikenakan dalam berbagai acara, dengan beragam desain.

Mulai dari desain gelang yang simple, eksklusif, maupun yang plain. Dilihat dari kualitasnya, gelang berlian memiliki kualitas yang  bagus dan bisa bertahan lama. Hal ini mengingat berlian merupakan salah satu batu mulia yang tidak dapat dihancurkan, kecuali dengan menggunakan berlian lainnya.

Sejarah Gelang Berlian

Memilih perhiasan berlian asli
Diamond Jewellery Collection – V&Co Jewellery

Dalam sejarah, perhiasan gelang telah ada sejak peradaban manusia terbentuk. Dalam bahasa Inggris, gelang disebut dengan bracelet yang berasal dari bahasa Latin, brachile, yang berarti “terletak di lengan”. Setiap negara memiliki sejarah ditemukannya gelang, namun secara umum gelang telah ditemukan sejak zaman prasejarah. Bentuk awal dari gelang ini adalah berupa rangkaian manik-manik yang terbuat dari batu, tetapi juga bisa difungsikan sebagai kalung.

Gelang Pada Tahun 5000 SM

Pada tahun 5000 SM, gelang pertama kali ditemukan terbuat dari berbagai bahan seperti tulang, batu dan kayu, di wilayah Mesir Kuno. Saat itu fungsinya adalah sebagai benda yang digunakan untuk kepentingan agama dan spiritual.

Kemudian, mulai ditemukan perhiasan gelang yang terbuat dari emas. Dan salah satu gelang yang paling  terkenal dari zaman Mesir kuno adalah gelang berukiran kumbang Scarab. Kumbang tersebut adalah simbol yang sangat penting karena mewakili kelahiran kembali atau yang disebut regenerasi. Selain itu, juga ditemukan perhiasan gelang yang terbuat dari emas di berbagai peradaban kuno lain.

Beberapa beradaban tersebut ialah peradaban Babilonia, Persia, Yunani Kuno, peradaban Romawi Kuno hingga peradaban India dan China. Sedangkan di wilayah Indonesia sendiri, perhiasan gelang telah digunakan sejak masa awal bercocok tanam atau zaman Hindu-Buddha.

Batu-batuan seperti kalsedon, agate serta jaspis yang memiliki berbagai warna masih menjadi bahan yang digunakan untuk membuat gelang saat itu. Ukuran pada tiap gelang juga bervariasi, mulai dari 4-54 mm hingga 6-17 mm. Selain sebagai perhiasan, gelang juga digunakan sebagai azimat yang dapat menangkal berbagai kesulitan.

Tidak jarang juga berbagai bentuk gelang digunakan sebagai benda untuk menyimpan kekuatan magis. Gelang juga sama seperti perhiasan lainnya, yang digunakan sebagai salah satu penanda mengenai status sosial orang yang mengenakannya.

Pada saat itu hanya keluarga dari raja, golongan bangsawan dan orang yang sangat kaya saja yang bisa mengenakan perhiasan gelang. Bahkan suku-suku tradisional yang ada di Tanah Air. Seperti halnya Suku Batak, Nias, Dayak juga telah mengenal gelang dan berbagai perhiasan lainnya, sebagai penanda sosial khususnya bagi kepala suku.

Manfaat Mengenakan Gelang Berlian

Gelang berlian tidak hanya bagus untuk dipakai di tangan saja, banyak manfaat lain yang dapat diberikan oleh jenis perhiasan satu ini. Hal lainnya adalah bermanfaat untuk menunjang penampilan dan dijadikan investasi jangka panjang. Mengoleksi perhiasan ini tidak akan merugikan. Namun, harus disertai juga dengan sertifikat khusus yang menyebutkan bahwa gelang tersebut memiliki berlian yang asli.

Selain itu, gelang berlian juga seringkali dijadikan pilihan untuk koleksi dengan berbagai model dan ukuran yang ditawarkan. Tidak hanya tahan lama, gelang dengan hiasan berlian juga memancarkan warna unik yang sangat cantik.

Dan semakin unik bentuknya maka akan semakin banyak orang yang akan tertarik untuk memiliki gelang tersebut. Terutama para kolektor perhiasan berlian. Karena itu harga dari gelang berlian dipastikan tidak akan turun, dan cocok untuk dijadikan barang koleksi sekaligus investasi.

Fungsi Dari Gelang Berlian

Gelang berlian
Diamond bangle DB109 – V&Co Jewellery

Gelang berlian memiliki fungsi dasar sebagai perhiasan untuk melengkapi penampilan. Namun, gelang ini juga memiliki berbagai fungsi lainnya yang salah satunya adalah sebagai penanda status sosial seseorang. Dimana gelang ini menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki status sosial yang tinggi, atau dianggap sebagai orang kaya dan terpandang.

Selain itu gelang juga masih dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Perhiasan gelang memiliki berbagai pilihan warna seperti biru, merah, kuning, hijau, orange dan lain sebagainya. Warna yang dipancarkan berlian tersebut menjadi penentu apakah dapat membawa keberungan atau tidak. Karena warna yang berbeda juga dipercaya dapat memancarkan aura yang berbeda juga.

Masing-masing aura tersebut memiliki kegunaan tersendiri, yang jika cocok dengan pemiliknya maka akan dapat mendatangkan banyak keberuntungan. Ada banyak pilihan perhiasan gelang yang cantik dan memiliki keunikannya masing-masing, namun paduan berlian juga membuat gelang tampak lebih elegan.

Tujuan memilih perhiasan yang satu ini adalah kemewahan yang dapat terlihat dari berbagai sudut. Gelang menjadi pilihan paling tepat untuk acara penting seperti pesta, ataupun acara formal lainnya.

Perhiasan yang satu ini juga tidak sulit untuk disimpan serta tidak membutuhkan banyak perawatan, selain dibersihkan dalam kurun waktu tertentu. Seperti beberapa bulan sekali.

Model-Model Gelang Berlian

Gelang dengan taburan berlian memiliki banyak sekali pilihan model, gaya dan ukuran, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini model-model gelang cantik dengan berlian berkualitas:

Model Gelang Berlian Wanita

model gelang berlian wanita
Set Perhiasan Berlian – V&Co Jewellery

Bagi kaum wanita, gelang merupakan salah satu perhiasan yang paling banyak digemari. Baik sebagai penunjang penampilan, maupun hanya untuk mempercantik bagian pergelangan tangan.

Kini sudah ada berbagai macam pilihan desain untuk gelang berlian wanita, disertai dengan berbagai pilihan ukuran. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan gelang, adalah gaya dari masing-masing individu serta menyesuaikan dengan acara atau tempat yang akan dihadiri.

Karena ukuran pergelangan tangan wanita yang cenderung lebih kecil dari pria, maka ukuran lebarnya pun tidak terlalu besar. Walau begitu, model desain gelang ini juga lebih beragam. Mulai dari desain minimalis hingga gelang dengan ukuran lebar dan bertabur berlian.

Model Gelang Berlian Pria

gelang berlian pria
Foto: naturaldiamonds

Perhiasan gelang memang lebih identik dengan kaum wanita ketimbang kaum pria. Namun, tidak sedikit kaum pria yang memang suka menggunakan gelang yang bertabur sebagai aksesoris penunjang penampilan.

Karena selera perhiasan pria berbeda dari wanita, maka desain gelangnya pun berbeda. Gelang yang diperuntukkan untuk pria memiliki ukuran lebih besar dan terkesan maskulin. Hal ini tentunya agar para pria yang senang mengenakan perhiasan gelang tetap memiliki gayanya sendiri.

Gelang pria biasanya sering dipadukan dengan emas putih, sehingga menghasilkan kombinasi yang maskulin dan elegan. Selain itu, kebanyakan desain gelang untuk pria terkesan berbentuk seperti rantai berongga besar. Oleh karena itu, warna emas putih sangat serasi dengan warna berlian yang juga putih berkilau.

Model Gelang Berlian Simple

gelang bangle berlian
Diamond bangle – V&Co Jewellery

Di zaman modern ini, gelang dengan desain yang simple jauh lebih diminati. Alasannya, tidak hanya tampil menawan dengan perhiasan berlian, tentu saja dapat terlihat mempesona dan begitu elegan.

Gelang dengan desain yang simple belum tentu tidak memiliki kesan elegan, seperti model gelang tennis atau gelang single row yang cantik. Model tersebut juga cocok untuk dikenakan sehari-hari, pun dipadukan dengan outfit ke kantor. Desainnya tidak terlalu mencolok, namun tetap dapat menunjang secara baik penampilan pemakainya.

Selain itu, pada gelang dengan desain minimalis seperti single row ini bisa menggabungkan dua gelang bersamaan saat pemakaian. Namun, untuk ke acara yang bukan formal, desain gelang cuff  bisa jadi pilihan terbaik untuk tetap tampil menarik. Akan tetapi, tetap perlu disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan, dan sebaiknya  model  yang dipilih tidak mengganggu.

Model Gelang Berlian Emas

gelang bangle emas
Gelang bangle emas – V&Co Jewellery

Model gelang berlian yang satu ini merupakan salah satu model yang klasik. Karena kombinasi berlian dan emas tidak hanya digunakan dalam perhiasan saja. Akan tetapi, sudah dimanfaatkan untuk berbagai desain yang membutuhkan kesan elegan yang lain dari yang lain.

Untuk perhiasan gelang, emas putih seringkali dipilih sebagai bahan tempat diletakkannya batu berlian. Warnanya yang serasi memberikan kesan elegan sekaligus aura cerah untuk pemakainya. Tidak mengherankan jika kombinasi ini kemudian banyak digunakan baik untuk perhiasan wanita maupun pria.

Tidak hanya emas putih, emas kuning juga tidak kalah cantiknya ketika dipadukan dengan batu berlian dalam perhiasan gelang. Warnanya yang berbeda dengan berlian justru dapat saling melengkapi dan menonjolkan keindahan masing-masing.

Baik emas maupun berlian sama-sama bernilai tinggi sehingga harga gelang berlian emas juga tidak akan murah. Walaupun begitu, harga tersebut menjadi masuk akal mengingat kualitas serta perhiasan gelang itu sendiri yang tidak ada duanya.

Model Gelang Berlian Fashion

Perhiasan emas berlian
Set perhiasan V&Co Jewellery

Fashion tidak selalu berbicara mengenai trend busana saja, namun aksesoris pendukungnya juga selalu mendapatkan model-model terbaru, dimana salah satunya adalah gelang berlian yang masih menjadi favorit.

Gelang fashion ditujukan untuk melengkapi desain busana, dengan gaya yang disesuaikan menurut masing-masing busana. Bagi para pecinta fashion, gelang yang satu ini juga merupakan item yang penting dalam penampilan.

Model Gelang Berlian Eropa

Set perhiasan berlian
Agnes Diamond Bangle & Ring | V&Co jewellery

Sesuai dengan nama modelnya, gelang berlian yang satu ini memiliki model dari negara Eropa seperti model gaya dari Italia serta Prancis. Walaupun berbeda-beda gaya setiap negaranya, namun perhiasan bergaya Eropa memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh model lainnya. Dengan dasar desain yang cukup simple, model gelang  ini menawarkan pilihan perhiasan yang modern sekaligus masih terasa nuansa klasik khas tradisi Eropa.

Cara Mengetahui Gelang Berlian Asli Atau Palsu

Gelang Berlian Asli
Gelang berlian DB000147 – V&Co Jewellery

Ada berbagai ciri khas yang hanya dimiliki oleh berlian asli saja, perlu kejelian untuk dapat melihat apakah perhiasan tersebut palsu atau asli.

Gelang Dengan Berlian Asli

Dilihat dari bentuknya, perhiasan gelang berlian yang asli memiliki bentuk yang kuat dan tidah mudah bengkok apalagi patah. Selain itu,  batu berliannya sendiri juga terlihat berkilauan indah, dan memancarkan warna warni yang tampak begitu mewah. Diantaranya ada warna pink, warna kuning dan warna biru.

Karena berlian merupakan batu mulia yang paling keras di permukaan bumi, salah satu cara untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli adalah dengan menggorekannya ke benda lain. Contohnya adalah kaca, apabila kaca tersebut terdapat goresan dan berliannya masih utuh, maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut asli.

Gelang Dengan Berlian Palsu

Kemudian salah satu bahan yang dimanfaatkan untuk menciptakan berlian tiruan adalah kaca.  Sifat kaca sangat bertolak belakang dengan berlian yang asli, karena itu ada cara yang sangat mudah untuk membedakannya.

Berlian yang asli tidak dapat merefleksikan sesuatu secara jelas, sedangkan kaca bersifat merefleksikan hal-hal yang ada didepannya. Hasilnya berlian asli menghasilkan pencerminan yang buram dibandingkan dengan berlian palsu. Selanjutnya ada sifat cantik yang dimiliki oleh berlian, yang bahkan tidak dimiliki oleh batu mulia lainnya.

Berlian yang asli dapat merefleksikan cahaya dari setiap sisi yang dimilikinya, itulah salah satu alasan mengapa berlian dapat terlihat berkilauan di bawah cahaya apapun. Akan tetapi berlian yang palsu hanya dapat terlihat berkilauan di bagian atasnya saja, sedangkan sisi-sisinya tidak memancarkan kilau yang indah.

Kemudian cara paling mudah lainnya untuk dapat mengetahui gelang yang memiliki berlian asli atau palsu adalah dengan memasukkan gelang tersebut ke dalam air. Berlian yang asli memiliki struktur yang kokoh sehingga berat dari perhiasan tersebut juga tidak ringan.

Ketika dimasukkan ke dalam air, maka gelang berlian yang asli akan langsung tenggelam ke dasar. Sedangkan berlian palsu, yang biasanya dibuat hanya dengan menggunakan material yang murah dan ringan, hanya akan terlihat mengapung di permukaan air saja. Beberapa gelang dengan berlian palsu bisa saja tenggelam ketika dilakukan tes ini, akan tetapi kecepatan tenggelamnya tidak akan secepat yang asli.

Penutup

Gelang dengan taburan berlian merupakan aksesoris yang sangat bagus untuk melengkapi penampilan, terutama ketika akan menghadiri sebuah pertemuan atau acara khusus. Gelang ini juga memiliki banyak sekali pilihan model serta ukuran yang dapat disesuaikan dengan gaya masing-masing individu maupun disesuaikan dengan busananya.

Tidak hanya untuk wanita, akan tetapi kaum pria juga memiliki pilihan gelang berlian yang tentunya memiliki desain yang dikhususkan untuk pria. Selain untuk aksesoris, gelang berlian juga dapat menunjukkan status sosial seseorang, dikarenakan harganya yang sangat mahal dan materialnya yang sulit untuk dicari serta dibentuk.

Bahkan sejak ratusan tahun yang lalu, peradaban manusia sudah menggunakan berlian sebagai penanda status sosial. Di mana, hanya raja atau kepala suku saja yang bisa mengenakannya. Biasanya, batu berlian di letakkan di mahkota raja dan ratu dalam sebuah kerajaan.

Tidak hanya sebagai pelengkap penampilan saja, gelang juga dapat dijadikan koleksi maupun investasi jangka panjang. Hal tersebut dimungkinkan karena harga berlian di pasaran cukup stabil, sehingga tidak akan anjlok dan membuat rugi.

Akan tetapi nilai antik dari perhiasan tersebut bisa dinilai mahal, dan tidak perlu khawatir mengenai ketahanannya karena berlian tidak akan mudah hancur bahkan ketika ditimpa dengan benda berat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *