Cara memilih perhiasan emas

7 Cara Memilih Perhiasan Emas, Simak Apa yang Wajib Dipertimbangkan!

Perhiasan emas telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak zaman kuno. Emas tidak hanya menjadi simbol kemewahan dan material, tetapi juga memiliki nilai sentimental yang mendalam. Tidak heran bila banyak orang memilih perhiasan emas untuk berbagai tujuan, misalnya gaya, simbol momen penting, hingga investasi. Maka dari itu cara memilih perhiasan emas tidak boleh sembarangan.

Memilih perhiasan emas untuk cincin kawin, kalung, gelang, anting-anting baik itu sekadar untuk gaya maupun investasi, kamu harus mengetahui langkah-langkah yang tepat. Pahami juga beberapa pertimbangan mulai dari kadar emas, desain atau model, hingga nilai investasinya. Jangan sampai salah memilih perhiasan emas sampai berujung menyesal dan rugi, ya. Yuk simak cara memilih perhiasan emas dan apa saja yang wajib dipertimbangkan!

1. Kualitas atau Kadar Emas

cincin emas rose gold
Cincin emas rose gold CCSD0006 & CCH0322 – V&Co Jewellery

Sebagai logam mulia yang digunakan dalam pembuatan perhiasan, kualitas emas menjadi pertimbangan utama yang harus kamu perhatikan. Umumnya, kualitas emas diukur dalam karat (k). Emas 24 karat adalah emas murni yang mencapai 100 persen, tetapi emas murni ini relatif lunak dan cenderung mudah hancur atau remuk. Maka dari itu, perhiasan emas umumnya dibuat dengan campuran bahan lain, sehingga kadar karatnya lebih rendah. Berikut kadar emas menurut standar internasional:

  • 24 karat: emas murni 99,99 persen
  • 22 karat: emas 91,7 persen
  • 20 karat: emas 83,3 persen
  • 18 karat: emas 75 persen
  • 16 karat: emas 66,6 persen
  • 14 karat: emas 58,5 persen
  • 9 karat: emas 37,5 persen

Semakin rendah karatnya, maka harga emas akan lebih murah. Maka dari itu, kadar emas ini harus kamu pertimbangkan. Pilihlah karat yang sesuai dengan gaya hidup atau preferensimu dalam membeli emas. Jangan sampai membeli dengan kadar yang tinggi ataupun rendah tapi tidak sesuai dengan tujuan pembeliannya.

2. Budget

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah soal budget atau anggaran yang akan kamu miliki. Tentukan lebih dulu berapa anggaran yang akan kamu gunakan untuk membeli emas. Anggaran ini akan mempengaruhi karat, berat, dan desain perhiasan emas.

Dalam membuat anggaran pembelian emas, kamu juga harus mempertimbangkan nilai investasi dan tujuan perhiasan emas tersebut. Apakah perhiasan akan kamu gunakan sebagai hadiah untuk orang terkasih, sekadar untuk bergaya, atau simbol momen penting seperti pernikahan atau investasi. Jadi, buatlah anggaran dengan bijak sesuai preferensimu dalam membeli emas.

3. Bandingkan Harga dengan Beberapa Toko

set perhiasan emas putih berlian
Set perhiasan emas putih berlian – V&Co Jewellery

Setelah menentukan anggaran untuk membeli perhiasan emas, selanjutnya adalah membandingkan harga dengan beberapa toko. Misalnya dengan karat dan berat yang sama, berapa harga yang ditawarkan oleh toko-toko yang kamu sudah kamu incar. Lakukan beberapa hal berikut saat membandingkan harga emas:

  • Cari informasi harga emas di beberapa toko yang memiliki reputasi baik. Informasi bisa kamu dapatkan dengan cara menghubungi bagian penjualan atau datang langsung ke toko.
  • Bandingkan harga di beberapa toko supaya bisa menentukan penawaran yang paling kompetitif.
  • Jangan tergiur harga emas yang ditawarkan tanpa memastikan keaslian dan kualitasnya. Namun, jangan pula tergiur dengan harga yang mahal karena belum tentu bisa menjamin kualitasnya.
  • Pilih toko yang menawarkan fasilitas paling menguntungkan misalnya jasa konsultasi gratis, biaya pengiriman, asuransi perhiasan, perawatan, dan sebagainya.

4. Jangan Tergesa-gesa, Ketahui Harga Emas Hari ini

Saat membeli emas untuk berbagai tujuan, kamu tetap harus mencari informasi tentang informasi terkini mengenai harga emas. Bagaimanapun harga emas sangat fluktuatif meski cenderung meningkat. Meski membeli emas untuk simbol momen spesial pun tidak ada salahnya bila kamu tetap mempertimbangkan nilai investasinya.

Belilah emas ketika harganya sedang tidak melambung tinggi. Kamu bisa memantau harga emas beberapa bulan terakhir, dan pilihlah harga paling rendah berdasarkan pantauan tersebut. Hal ini cukup penting apalagi jika kamu membeli emas untuk kepentingan investasi.

5. Sertifikat Autentisitas Emas

tips memilih perhiasan emas
Set perhiasan emas V&Co Jewellery

Belilah perhiasan emas di toko atau merek terpercaya yang bisa menjamin sumber dan keasliannya. Umumnya, pembelian perhiasan emas wajib disertai sertifikat untuk menjamin keasliannya, termasuk kadar atau karatnya. Jangan lupa untuk mencari tahu reputasi toko, produsen atau merek yang akan kamu pilih. Pastikan mereka memiliki sertifikat autentikasi yang sah.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam memeriksa sertifikat autentisitas:

  • Memastikan sertifikan keluar dari lembaga pemeriksaan emas yang terpercaya, misalnya LBMA (London Bullion Market Assosiation), atau lembaga pemeriksaan emas lain yang resmi.
  • Periksa nomor seri pada sertifikat dan pastikan bahwa nomor tersebut cocok dengan yang tertera pada perhiasan yang hendak kamu beli.
  • Periksa pula kesesuaian informasi pada sertifikat, misalnya jenis emas, karat, berat, desain, hingga ukuran dengan perhiasan yang akan kamu beli.

Mengapa pertimbangan keaslian ini sangat penting? Mengingat emas sebagai logam mulia yang harganya cukup tinggi, memastikan keasliannya menjadi hal yang cukup penting. Jangan sampai salah membeli emas palsu atau kadarnya yang nggak sesuai dengan yang penjual tawarkan. Jika hal ini terjadi, bisa dipastikan kamu rugi karena harga yang kamu bayar tidak sesuai dengan kondisi emas yang kamu terima.

6. Pertimbangan Sentimental

Perhiasan emas kadang kala memiliki nilai sentimental yang mendalam, misalnya yang turun temurun dari warisan keluarga, perhiasan emas untuk merayakan momen istimewa, hingga simbol-simbol tertentu. Maka dari itu, pertimbangan nilai emosional dan sentimental seperti ini sangat penting kamu pertimbangkan saat membeli perhiasan emas.

Nilai sentimental perhiasan emas bisa kamu lihat dari kadar emas yang menjadi simbol tertentu, desain yang personal, penambahan batu permata, atau penambahan benda-benda lain seperti sel darah, rambut, hingga sidik jari.

7. Desain dan Gaya

Cincin kawin emas
Gold Wedding Ring – V&Co Jewellery

Perhiasan emas hadir dalam berbagai pilihan desain dan gaya. Biasanya desain perhiasan emas dipengaruhi oleh tren, baik itu desain yang klasik maupun modern. Sebagai perhiasan, kamu harus mempertimbangkan desain yang cocok dengan preferensi penggunaannya. Misalnya perhiasan yang kamu gunakan sehari-hari harus yang cocok dengan busana yang kamu kenakan sehari-hari, tidak menyulitkan aktivitas, dan nyaman untuk berbagai kegiatan.

Bila kamu membeli perhiasan emas untuk momen tertentu misalnya, hanya dikenakan saat pesta atau momen spesial, maka kamu bisa mempertimbangkan desain yang lebih mewah dan cocok dengan busana tertentu. Namun, soal kenyamanan tetap harus menjadi pertimbangan utama, ya! Jangan sampai kamu membeli emas karena desainnya yang mewah tapi justru membuatmu tidak nyaman, bahkan sampai cedera.

Omong-omong soal desain, warna emas juga perlu kamu pertimbangakan. Emas memiliki warna asli kuning, tetapi dalam aplikasinya pada perhiasan bisa direkayasa dengan campuran logam lain atau pelapisan tertentu. Tidak heran bila perhiasan emas punya beberapa pilihan warna, mulai dari warna kuning asli, rose gold, putih atau silver, bahkan hitam. Pertimbangkan pemilihan warna ini sesuai gaya dan preferensi penggunaannya, ya.

Selain itu, ukuran perhiasan juga penting untuk kamu pertimbangkan. Tentunya hal ini sesuai preferensi penggunaannya ya. Ukuran yang pas sesuai kebutuhan akan meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan saat mengenakannya.

Nah, itulah cara memilih perhiasan emas dan beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan. Jangan sampai kamu membeli perhiasan emas yang tidak sesuai dengan preferensi atau kebutuhan, bahkan sampai merugi. Jika kamu sedang mencari perhiasan emas untuk berbagai kebutuhan baik pribadi maupun perhiasan seperti cincin kawin, kunjungi V&Co Jewellery dan temukan berbagai pilihan perhiasan berkualitas dan terpercaya, dengan banyak pilihan desain yang trendi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *