jenis warna gold

10 Warna Emas Unik dan Menawan Mulai dari Kuning Hingga Hitam!

Ketika membicarakan tentang emas, pasti kita sudah terbayang akan warna dan kilaunya yang indah. Tidak lupa pula perhiasan emas sering kali bertabur berbagai jenis batu mulia untuk meningkatkan kecantikannya. Namun, tahukah kamu ada banyak jenis warna emas selain kuning?

Warna emas yang sering kita lihat adalah kuning, putih, dan rose gold. Namun ternyata, ada banyak warna emas lainnya seperti biru, ungu, hingga hitam, loh! Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya mengenai berbagai warna emas yang bisa kamu temukan di pasaran!

Warna Emas

jenis-jenis warna emas
Foto via vivalatina-shop

Seperti yang kita ketahui, emas identik dengan warna kuning berkilau. Untuk perhiasan sendiri, selain emas kuning, emas putih dan rose gold menjadi pilihan yang populer karena memiliki keindahannya masing-masing.

Ketiga warna tadi sangat populer di pasaran, tapi bukan berarti pilihannya hanya itu-itu saja. Ada 7 warna lainnya yang bisa kamu dapatkan sesuai selera dan kebutuhan. Lalu, apa sih perbedaan dari 10 warna emas ini? Apa hanya berbeda dari tampilannya saja? Kepoin penjelasan selengkapnya di bawah, ya!

1. Emas Kuning

Cincin Kawin Emas
Cincin Kawin Emas Kuning – VnCo Jewellery

Yang pertama adalah emas kuning yang sudah dipakai sejak zaman dahulu kala. Warna kuning emas ini berasal dari campuran emas murni dengan tembaga dan perak, yang biasanya memiliki perbandingan 75:25.

Emas kuning menjadi pilihan banyak orang karena memberikan kesan klasik dan elegan. Selain itu, juga cocok untuk berbagai warna kulit, sehingga membuat pemakainya tampil semakin menarik. Emas kuning juga bersifat hypoallergenic, sehingga tidak menyebabkan iritasi kepada pemakainya karena tidak menimbulkan alergi.

Untuk harga emas kuning umumnya lebih mahal daripada emas berwarna lainnya karena tingkat ketahanan dan kekuatannya. Emas kuning juga lebih cocok menjadi alat investasi karena nilainya yang selalu naik setiap tahunnya.

2. Emas Jingga

Perhiasan emas warna jingga
Foto via sukkhi

Selanjutnya, ada warna emas jingga yang terbuat dari campuran emas murni, perak murni, dan tembaga. Perbedaannya cukup mencolok, karena emas jingga memiliki warna yang lebih hangat daripada emas kuning. Emas jingga memberikan kesan vintage pada aksesoris.

Untuk warnanya sendiri kamu bisa memilih dengan menentukan komposisi bahannya. Jika kamu menginginkan rona jingga yang lebih pekat, maka bisa mengurangi jumlah perak putih dan menambahkan tembaga. Begitu pula sebaliknya, jika ingin memiliki warna jingga yang lebih pudar, gunakan perak putih lebih banyak daripada bahan campuran lainnya.

3. Emas Coklat

gelang emas warna coklat
Foto via Oh My Gold

Untuk mendapatkan warna emas coklat, kamu perlu mencampurkan emas murni, perak murni, dan palladium. Jenis emas berwarna coklat ini juga sering menjadi perhiasan seperti cincin dan anting.

4. Emas Putih

cincin tunangan emas putih
Cincin emas putih V&Co Jewellery

Emas putih juga menjadi salah satu pilihan warna emas yang populer. Warna putih keperakan ini merupakan hasil dari campuran emas murni dengan perak, timah, atau nikel. Biasanya, emas putih juga akan dilapisi dengan rhodium agar warnanya semakin mengkilap.

Emas putih menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir sebagai cincin pertunangan dan pernikahan karena memberikan kesan yang modern dan kasual. Harganya pun relatif lebih murah daripada dengan emas kuning, sehingga bisa kamu jadikan sebagai alternatif cincin kawin agar lebih hemat namun tetap tampil mewah bersama pasangan.

5. Emas Abu-abu

cincin emas warna abu-abu
Foto via nagijewelers

Apa bedanya emas abu-abu dengan emas putih? Secara sekilas keduanya tampak mirip, tetapi  emas putih akan terlihat lebih mengkilap, sedangkan emas abu-abu tidak. Bahan dasarnya pun berbeda. Emas abu-abu terbuat dari campuran emas murni, besi, dan tembaga.

6. Emas Rose Gold

tips memilih perhiasan sesuai kepribadian
Set perhiasan emas Rose Gold – V&Co Jewellery

Warna emas selanjutnya yang tidak kalah populer adalah emas rose gold. Dengan warna kemerahan yang cantik, membuat siapa saja yang melihatnya jadi tertarik.

Warna rose gold terbuat dari campuran emas murni dan tembaga, sehingga menghasilkan warna pink terang yang cocok digunakan untuk semua warna kulit. Selain itu, harga perhiasan rose gold juga lebih murah karena tembaga tergolong dalam logam yang dibandrol dengan harga murah. 

Meskipun demikian, warna emas ini juga memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, jadi bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan cara perawatan yang tepat.

7. Emas Hijau

Warna emas hijau cincin tunangan
Foto via u7jewelry

Warna emas hijau langka ditemukan dan hanya digunakan untuk perhiasan berharga dengan jumlah yang terbatas, sehingga harganya jauh lebih mahal dibandingkan warna lainnya. Rona hijau ini didapatkan dari campuran emas murni, perak, dan timah. Untuk warnanya sendiri bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu karena mengandung perak yang dapat berubah warna.

8. Emas Ungu

Cincin emas warna ungu
Foto via Flickr

Pasti kamu heran kan ketika membaca warna emas ungu pertama kali? Nyatanya, warna emas ungu ini memang ada meskipun termasuk jarang dan langka. Pemakaian emas ungu biasanya digunakan untuk perhiasan yang sangat eksklusif. Rona ungu pada emas ini berasal dari campuran emas murni dan logam ungu, yaitu indium dan alumunium. 

Emas ungu memiliki karakter yang rapuh dan mudah rusak, sehingga pengerjaannya pun membutuhkan kehati-hatian yang lebih. Ini juga yang menjadikan alasan emas ungu jarang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan. Namun emas ungu banyak digunakan sebagai hiasan atau pelengkap dalam perhiasan untuk menambah keindahan.

9. Emas Biru

cincin emas biru
Foto via diamondere

Seperti halnya emas ungu, emas biru juga bukan merupakan logam yang bisa menjadi bahan pembuatan perhiasan fungsional. Rona biru didapatkan dari campuran emas murni dengan oksida logam biru seperti kobalt atau timbal. Perhiasan dengan tambahan emas biru akan menambah kesan mewah dan elegan untuk menyempurnakan  penampilan pemakainya.

10. Emas Hitam

cincin emas hitam
Foto via giliarto

Terakhir adalah emas hitam yang merupakan emas murni yang dicampur dengan kobalt, kemudian melalui proses ilmiah yang canggih dengan coating berwarna hitam. Tenang saja, warna hitam ini permanen dan tidak mudah pudar, kok, sehingga keindahannya tetap terjaga.

Penggunaan kata ‘emas hitam’ sendiri sebelumnya untuk menyebutkan batu bara dan minyak bumi. Akan tetapi, setelah muncul emas hitam, pemakaian penyebutan tadi jadi berbeda makna yang sebelumnya sebagai metafora, kini menjadi wujud yang nyata.

Kepopuleran emas hitam semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena warnanya yang unik dan memberikan kesan edgy untuk pemakainya. Warna emas ini juga cocok banget untuk kamu yang kurang menyukai perhiasan bling-bling dan mencolok.

Setelah mengetahui 10 warna emas di atas, mana nih yang paling menarik perhatianmu? Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan akan perhiasan sebelum memilih keindahannya agar kamu tidak menyesal setelah membeli, ya.

Tidak lupa juga untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan, jangan sampai pilih salah cincin tunangan dan pernikahan agar bisa tampil serasi bersama pasangan. Yuk kepoin berbagai desain cincin menarik dan perhiasan lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai mahal di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *